Founder Tokopedia

Default

Tokopedia, sebuah perusahaan rintisan di Indonesia, didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tahun 2009. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai salah satu pendiri Tokopedia, yaitu William Tanuwijaya.

William Tanuwijaya: Latar Belakang dan Perjalanan Karir

William Tanuwijaya lahir dan besar di Pematangsiantar, Sumatera Utara. Sebelum mendirikan Tokopedia, ia bekerja sebagai pemilik warnet untuk mendukung kuliah dan kehidupannya. Ide untuk mendirikan Tokopedia muncul saat ia makan siang bersama rekan kerjanya, termasuk Leontinus Alpha Edison.

Awalnya, Tokopedia menghadapi penolakan dari calon investor karena tidak adanya contoh kesuksesan dalam bidang tersebut di Indonesia. Nama pertama yang dipertimbangkan untuk platform ini adalah "Belanjaaman.com" kemudian "Kopaja.com" sebelum akhirnya disepakati menjadi "Tokopedia".

Tokopedia memulai usahanya dengan kantor kecil dan beberapa orang tim. Produk pertama yang dijual di platform ini adalah kaos bertuliskan "Kami Tidak Takut". Pada awalnya, Tokopedia tidak melakukan promosi berbayar dan bergantung pada word of mouth atau rekomendasi dari mulut ke mulut.

Pada tahun 2014, Tokopedia menerima pendanaan sebesar $100 juta dari Softbank Internet and Media serta Sequoia Capital. Tokopedia terus berkembang dengan mengembangkan berbagai layanan seperti Digital Products dan bisnis Fintech. Mereka juga meluncurkan produk bernama Train yang memungkinkan orang untuk membeli tiket kereta.

Pada tahun 2017, Tokopedia pindah ke gedung bertingkat 53 yang dinamakan Tokopedia Tower di Jakarta. Pada tahun yang sama, mereka juga menerima pendanaan tambahan yang dipimpin oleh Softbank dan Alibaba Group.

Tokopedia terus berinovasi dengan meluncurkan tradisi belanja tahunan "Ramadan Ekstra" pada tahun 2018. Tujuan utama Tokopedia adalah membangun Super Ecosystem yang menghubungkan semua layanan dan kebutuhan dalam satu platform.

Hingga bulan Mei 2019, Tokopedia mencatat Gross Merchandise Value (GMV) sebesar Rp. 18,5 triliun.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang salah satu pendiri Tokopedia, yaitu William Tanuwijaya. Ia bersama dengan Leontinus Alpha Edison berhasil membangun Tokopedia menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia. Dengan inovasinya, William Tanuwijaya terus berupaya untuk mengembangkan ekosistem digital di Indonesia melalui kolaborasi dengan berbagai mitra.

Tags Terkait: startupe-commerce
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal