J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Film Bertema Pelecehan & Kekerasan Seksual, Perempuan Harus Dihormati!

10 Film Bertema Pelecehan & Kekerasan Seksual, Perempuan Harus Dihormati!

Selasa, 18 Feb 2020, 11:00 WIB
Bosan dengan film-film drama yang bikin baper? Nih, Jaka punya beberapa film bertemakan pelecehan seksual yang bisa bikin kamu sadar akan efeknya!

Selain untuk memberikan hiburan, film juga seringkali dimanfaatkan oleh para pembuatnya untuk mengangkat isu-isu sosial yang dapat memicu kesadaran bagi para penontonnya.

Layaknya film tentang perselingkuhan yang bakal bikin kamu berpikir dua kali untuk berselingkuh, film yang mengangkat tema pelecehan sesksual juga dapat memberikan pelajaran tersendiri, geng.

Nah, buat kamu yang mungkin masih menganggap sepele mengenai isu pelecehan seksual, di artikel kali ini Jaka akan bahas beberapa film bertemakan pelecehan dan kekerasan seksual yang bakal bikin kamu tersadar.

Mau tahu apa saja? Yuk, simak daftar filmnya di artikel selengkapnya berikut ini!

Film Bertemakan Pelecehan Seksual Terbaik

Masih menganggap remeh mengenai pelecehan seksual? Atau kamu pernah melakukan catcalling terhadap orang yang nggak dikenal?

Lewat film-film bertemakan pelecehan seksual berikut ini kamu akan sadar bahwa hal itu bukanlah hal sepele dan bahkan bisa menimbulkan trauma tersendiri bagi korbannya lho!

1. The Hunting Ground (2015)

The Hunting Ground 2015 50794

Mengangkat isu pelecehan seksual yang kerap kali terjadi di kampus-kampus di Amerika, The Hunting Ground merupakan film dokumenter garapan sutradara Kirby Dick yang layak untuk kamu jadikan sebagai pelajaran, geng.

Film ini sendiri menyoroti kisah dua orang mahasiswa bernama Andrea Pino dan Annie Clark yang mengalami pelecehan seksual di kampus mereka, University of North Carolina.

Sayangnya, pihak kampus tampaknya nggak begitu peduli dengan kondisi itu sehingga Pino dan Clark akhirnya melayangkan Title IX yang merupakan pasal anti diskriminasi dan pelecehan seksual kepada pihak kampus.

Memuat konten cerita yang sangat inspiratif, film The Hunting Grounds pun kemudian banyak diputar di kampus-kampus di Amerika.

2. Audrie & Daisy (2016)

Audrie Daisy 2016 D1d1d

Bukan hanya mengangkat isu pelecehan seksual saja, film Audrie & Daisy juga cukup menonjolkan tentang isu bullying yang seringkali terjadi di lingkungan masyarakat saat ini, geng.

Film yang tayang perdana di Sundance Film Festival 2016 ini sendiri mengisahkan tentang dua murid SMA; Audrie Pott dan Daisy Coleman yang merupakan korban pelecehan seksual.

Nggak berhenti sampai di situ, penderitaan keduanya berlanjut saat mereka dan keluarga kemudian dijadikan sebagai target cyberbullying oleh netizen setelah foto mereka tersebar di media sosial.

Hingga pada suatu hari, Audrie Pott yang sudah nggak tahan lagi dengan apa yang menimpanya saat itu memutuskan untuk bunuh diri.

3. Precious: Based on the Novel Push by Sapphire (2009)

Precious Based On The Novel Push By Sapphire 2009 B133a

Sesuai dengan judulnya, Precious merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul Push karya Sapphire yang dirilis pada tahun 2009.

Sukses mendapat ulasan positif dari para kritikus, film bergenre drama satu ini mengisahkan tentang mirisnya kehidupan seorang remaja berusia 16 tahun, Claireece "Precious" Jones (Gabourey Sidibe).

Tak seperti anak seusianya yang lain, Precious harus menerima kenyataan bahwa dia seringkali dianiaya oleh ibunya sendiri yaitu Mary (Mo'Nique).

Bukan cuma itu saja, Precious juga menjadi korban pemerkosaan oleh ayahnya sendiri, Carl (Rodney "Bear" Jackson) hingga membuatnya hamil dua kali.

4. The Invisible War (2012)

The Invisible War 2012 B8123

Mendapatkan rating nyaris sempurna yakni 99% di situs Rotten Tomatoes, The Invisible War merupakan film dokumenter tentang pelecehan seksual yang terjadi di ranah kemiliteran Amerika Serikat.

Film ini juga menampilkan sesi wawancara dengan para korban, petugas militer AS, dan sejumlah ahli di bidang kesehatan mental yang membuat ceritanya semakin menarik.

Alhasil, film The Invisible War sukses meraih penghargaan untuk kategori Best Documentary Feature dan Outstanding Investigative Journalism di ajang Peabody Awards dan Emmy Awards.

Tak hanya itu saja, film garapan Kirby Dick ini juga masuk dalam nominasi Best Documentary Feature di ajang Academy Awards ke-85.

5. Bombshell (2019)

Bombshell 2019 7a898

Dibintangi oleh Margot Robbie yang bermain di film Harley Quinn: Birds of Prey, Bombshell merupakan film yang diangkat dari kisah nyata skandal pelecehan Roger Ailes yang merupakan pimpinan Fox News Channel.

Sebelum akhirnya di angkat ke layar lebar, kasus ini sempat menjadi sorotan publik pada tahun 2006 karena Ailes diketahui memanfaatkan jabatannya untuk melakukan pelecehan seksual kepada puluhan karyawan perempuannya.

Nggak jauh berbeda dengan kisah aslinya, film ini menyoroti aksi para pembawa berita dari Fox News Channel; Megyn Kelly (Charlize Theron), Gretchen Carlson (Nicole Kidman), dan Kayla Pospisil (Margot Robbie).

Ketiganya berusaha untuk melawan seksisme serta politik kekuasaan di tempat kerja mereka hingga akhirnya melayangkan gugatan terhadap atasannya, Roger Ailes yang diperankan oleh John Lithgow.

6. Trust (2011)

Trust 2011 D8640

Merupakan film thriller Amerika yang dirilis pada tahun 2011, Trust memfokuskan cerita pada kondisi psikologi seorang anak remaja korban pelecehan seksual yang masih berumur 14 tahun, Annie (Liana Liberato).

Hal itu bermula saat kedua orang tuanya memberikan satu unit laptop sebagai hadiah di hari ulang tahunnya.

Annie yang masih belum tahu bahwa internet dapat membawa bahaya baginya, suatu hari bertemu dengan Charlie (Chris Henry Coffey), laki-laki berusia 16 tahun yang dikenalnya lewat internet.

Malang, saat keduanya bertemu Annie baru mengetahui bahwa Charlie tidak seperti apa yang dikenalnya di internet. Dia adalah pria dewasa yang mungkin seumur Ayahnya.

Dari pertemuan itulah Annie akhirnya kehilangan keperawanannya karena telah diperkosa oleh lelaki yang dikenalnya lewat internet tersebut.

7. Black Snake Moan (2007)

Black Snake Moan 2007 A1e1b

Film bertemakan pelecehan seksual yang terakhir adalah Black Snake Moan yang dibintangi oleh Samuel L. Jackson, Justin Timberlake, dan Christina Ricci.

Film ini mengisahkan tentang Rae Doole (Christina Ricci) yang menjadi korban pelecehan seksual dan ditemukan tak sadarkan diri oleh Lazarus (Samuel L. Jackson) di jalanan.

Lazarus kemudian merawat Rae secara intensif hingga akhirnya kondisi Rae perlahan mulai membaik.

8. Room (2015)

Room 2015 94364

Sukses meraih sejumlah penghargaan di ajang Academy Awards ke-88, Room jadi film tentang pelecehan seksual terbaik berikutnya yang layak untuk kamu tonton, geng.

Film ini mengisahkan tentang Joy (Brie Larson) yang sudah bertahun-tahun lamanya disekap di sebuah gudang kumuh tanpa jendela bersama anaknya yang berumur 5 tahun, Jack (Jacob Tremblay).

Kondisi itu bermula saat tujuh tahun lalu Nick (Sean Bridgers) menculik Joy dan memperkosanya hingga dia hamil dan melahirkan Jack.

Joy selalu berusaha untuk melarikan diri dengan anaknya namun selalu gagal. Hingga pada suatu hari, dia akhirnya berhasil kabur dengan memaksa Jack untuk berpura-pura meninggal karena demam.

9. Three Billboard Outside Ebbing Missouri (2017)

Three Billboard Outside Ebbing Missouri 2017 74f8a

Disutradarai oleh Martin McDonagh dan dirilis pada tahun 2017 lalu, Three Billboard Outside Ebbing Missouri merupakan film komedi kriminal yang menawarkan cerita seru sekaligus menegangkan.

Film ini mengisahkan tentang Mildred Hayes (Frances McDormand), seorang ibu tunggal yang tengah berduka atas pemerkosaan dan pembunuhan yang menimpa putrinya, Angela (Kathryn Newton).

Kejadian tragis yang terjadi tujuh bulan lalu itu akhirnya membuat Hayes harus turun tangan sendiri mencari tersangkanya karena tidak ada perkembangan dalam penyelidikan kasus putrinya tersebut.

10. The Girl With Dragon Tatto (2011)

The Girl With Dragon Tatto 2011 86840

Film terbaik tentang pelecehan seksual yang terakhir adalah The Girl With Dragon Tatto yang disutradarai oleh David Fincher.

Film ini sendiri bercerita tentang petualangan Mikael Blomkvist (Daniel Craig) dalam mengungkap kasus pembunuhan seorang perempuan dari keluarga kaya raya yang terjadi 40 tahun lalu.

Harriet Vanger (Joely Richardson) hilang dan diduga menjadi korban pembunuhan meskipun mayatnya tidak ditemukan.

Dalam pencariannya, Blomkvist dibantu oleh Lisbeth (Rooney Mara), seorang hacker cerdas yang ketika sedang menjalankan tugasnya diperkosa oleh Nils Bjurman (Yorick van Wageningen).

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa film bertemakan pelecehan seksual yang layak kamu tonton untuk dijadikan bahan pelajaran, geng.

Meskipun sekilas mungkin adegan yang ditampilkan cukup membuat kamu kurang nyaman, tapi film-film di atas memiliki pesan moral yang sangat bagus untuk kamu renungi.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
7 Film Terbaik Bertema Prostitusi Sobat Open Minded Wajib Nonton 748d9

7 Film Terbaik Bertema Prostitusi, Ambil Sisi Positifnya!

Banner 66059

10 Film Dengan Keuntungan Terbesar di 10 Tahun Terakhir, Hampir Semuanya Dari Disney!

7 Film Dengan Masa Produksi Terlama Ada Yang Sampai 48 Tahun 01be9

7 Film dengan Masa Produksi Terlama, Ada yang Nyaris 50 Tahun!

Banner 6fd34

Miris! 7 Film Dengan Nominasi Oscar Terbanyak Tanpa Kemenangan Apapun

Film Sutradara Berperan Aktor Utama Banner 77247

7 Film yang Aktor Utamanya Berperan Sebagai Sutradara, Demi Cuan Banyak?

Jadi Banget Ni Baner 58fb6

7 Film yang Dibintangi oleh Satu Orang Pemain Saja, Ceritanya Jadi Ngebosenin?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal