J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Rekomendasi 10 Film Dokumenter Terbaik | Mind Blowing Banget!

Rekomendasi 10 Film Dokumenter Terbaik | Mind Blowing Banget!

Rabu, 3 Jul 2019, 14:00 WIB
Apakah kamu sedang mencari rekomendasi film bagus untuk ditonton? Simak artikel Jaka mengenai film dokumenter terbaik yang menggugah hati dan pikiran.

Film sudah menjadi konsumsi hiburan favorit manusia masa kini. Demi melepaskan penat setelah letih bekerja, salah satu alternatif terbaik adalah dengan menonton film.

Bermacam genre film banyak bermunculan di jagad perfilman. Mungkin kamu sudah seringkali menonton film dengan genre action, horror, romance, dan genre umum lainnya.

Tapi, pernah nggak kalian menonton film dengan genre dokumenter? Film dengan genre ini nggak kalah seru dengan genre lainnya, lho. Bahkan banyak yang akan membuka pikiran dan menyentuh hati kalian.

Film Dokumenter Terbaik yang Menggugah Hati dan Pikiran

Film dokumenter adalah film non-fiksi yang "mendokumentasikan" kenyataan atau realita yang terjadi kepada seseorang, masyarakat, dan lingkungan.

Banyak sekali orang-orang yang jatuh cinta pada film dokumenter karena genre tersebut mampu membuka mata mereka terhadap realita yang terjadi di sekitar mereka.

Selain itu, banyak juga film dokumenter yang menceritakan kisah tragis yang bisa bikin pria tangguh seperti Jason Statham pun menangis.

Supaya kalian nggak makin penasaran, simak artikel Jaka mengenai 10 film dokumenter terbaik yang bisa membuat pikiran terbuka dan menyentuh hati.

1. The Act of Killing (2012)

Film Dokumenter Terbaik 1 3be6a

The Act of Killing mendokumentasikan para pelaku pembantaian orang terduga PKI di kota Medan pada tahun 1965 hingga tahun 1966.

Pembantaian ini tercatat telah menghabisi nyawa 400 ribu hingga 3 juta korban, entah itu bersalah atau tidak bersalah, pria atau wanita, bahkan dewasa dan anak-anak.

Joshua Oppenheimer, seorang sutradara luar negeri bersama timnya, membuat dokumenter ini untuk membuka mata dan pikiran kamu mengenai kekejaman orang-orang yang membunuh terduga anggota PKI.

Untuk kamu yang ingin melihat sisi lain sejarah, kamu wajib banget melihat film ini untuk mengetahui bahwa sejarah negara kita tercinta ini nggak selalu indah.

Keterangan The Act of Killing
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.2 (31.193)
Durasi 1 jam 57 menit
Genre Documentary, Crime
Tanggal Rilis 1 November 2012
Sutradara Joshua Oppenheimer
Pemain Anwar Congo

Herman Koto

Syamsul Arifin

2. Kurt Cobain: Montage of Heck (2015)

Film Dokumenter Terbaik 2 A4b80

Kurt Cobain: Montage of Heck menceritakan sisi lain perjalanan hidup Kurt Cobain, sang ikon musik Grunge pada tahun 90'an.

Keunikan film ini terletak pada angle-nya yang tidak biasa. Banyak film yang lebih fokus pada karir dan kesuksesan Kurt Cobain dan Nirvana.

Namun, film ini lebih mengangkat pada kondisi kejiwaan yang diderita oleh Kurt Cobain, penyalahgunaan narkoba, serta hubungan love-hate relationship antara Kurt dan istrinya, Courtney Love.

Keterangan Kurt Cobain: Montage of Heck
Ulasan (Jumlah Pengulas) 7.5 (26.134)
Durasi 2 jam 25 menit
Genre Documentary, Animation, Biography
Tanggal Rilis 4 Mei 2015
Sutradara Brett Morgen
Pemain Aaron Burckhard

Chad Channing

Don Cobain

3. Jiro Dreams of Sushi (2011)

Film Dokumenter Terbaik 3 8f3b8

Jiro Dreams of Sushi menceritakan mengenai master chef sushi yang sudah lanjut usia bernama Jiro Ono yang memiliki restoran Sukiyabashi di Tokyo, Jepang.

Restoran ini memiliki reputasi yang sangat tinggi karena memiliki 3 bintang Michelin. Film ini berfokus pada Jiro Ono yang terus mengasah skill-nya menyajikan sushi meskipun usianya sudah 85 tahun.

Jiro juga berusaha untuk memberikan kepercayaan pada anak-anaknya untuk meneruskan restoran legendaris yang ia miliki supaya terus berjaya di masa depan.

Keterangan Jiro Dreams of Sushi
Ulasan (Jumlah Pengulas) 7.9 (30.867)
Durasi 1 jam 21 menit
Genre Documentary, Animation, Biography
Tanggal Rilis 15 Maret 2012
Sutradara David Gelb
Pemain Jiro Ono

Yoshikazu Ono

Masuhiro Yamamoto

4. The Overnighters (2014)

Film Dokumenter Terbaik 4 3b40d

The Overnighters mendokumentasikan mengenai sebuah kota kecil di Dakota Utara bernama Williston yang jumlah penduduknya melonjak drastis akibat ditemukannya sumber minyak disana.

Para pendatang baru berharap untuk mendapatkan pekerjaan yang layak di tempat tersebut, mengingat sedang terjadi penurunan ekonomi besar-besaran di Amerika Serikat.

Namun, para penduduk lokal membenci dan menolak pendatang-pendatang tersebut, kecuali Jay Reinke, seorang Pastor yang menerima orang-orang tersebut untuk tinggal sementara di Gereja tempat ia melayani.

Film dokumenter ini lumayan menyentuh hati lho, geng.

Keterangan The Overnighters
Ulasan (Jumlah Pengulas) 7.5 (2.224)
Durasi 1 jam 42 menit
Genre Documentary, Drama
Tanggal Rilis 31 Oktober 2014
Sutradara Jesse Moss
Pemain Jay Reinke

Andrea Reinke

Alan Mezo

5. The Thin Blue Line (1988)

Film Dokumenter Terbaik 5 6a715

The Thin Blue Line merekonstruksikan kisah Randall Dale Adams yang ditangkap dan diberikan hukuman mati pada usia 26 tahun karena tuduhan membunuh seorang polisi pada tahun 1976.

Namun, Randall tidak melakukan pembunuhan tersebut. Sang sutradara mencoba mengangkat kisah ini dan mewawancarai berbagai orang yang terlibat, termasuk Randall.

Film ini mengangkat tentang sistem peradilan yang cacat dengan sangat baik. Setahun setelah film dokumenter ini rilis, hukuman Randall ditangguhkan oleh hakim.

Keterangan The Thin Blue Line
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.0 (19.853)
Durasi 1 jam 41 menit
Genre Documentary, Crime, Drama
Tanggal Rilis 25 Agustus 1988
Sutradara Errol Morris
Pemain Randall Adams

David Ray Harris

Gus Rose

Film Dokumenter Terbaik Lainnya...

6. Capturing The Friedmans (2003)

Film Dokumenter Terbaik 6 B5daf

Andrew Jarecki sang sutradara awalnya membuat film dokumenter yang menyentuh mengenai badut-badut pesta ulang tahun.

Namun, ketika meriset narasumbernya, David Friedman, ia menemukan suatu hal yang mengejutkan.

Saudara laki-laki dan ayah dari David Friedman merupakan tersangka pelecehan seksual pada anak di bawah umur. Film ini kemudian berfokus mengenai penyelidikan tentang keluarga Friedmans.

Dari wawancara kepada korban dan polisi, serta ditambah dengan bukti rekaman-rekaman video keluarga Friedman, keluarga Friedman ditemukan bersalah dan kemudian diadili untuk mendapatkan hukuman yang setimpal.

Wah, mindblowing banget ini, geng.

Keterangan Capturing The Friedmans
Ulasan (Jumlah Pengulas) 7.8 (22.416)
Durasi 1 jam 47 menit
Genre Documentary, Biography
Tanggal Rilis 18 Juli 2003
Sutradara Andrew Jarecki
Pemain Arnold Friedman

Jesse Friedman

David Friedman

7. Gleason (2016)

Film Dokumenter Terbaik 7 3644c

Steve Gleason merupakan seorang mantan pemain football sekaligus seorang ikon yang pernah bermain untuk New Orleans Saint di NFL Amerika Serikat.

Pada usia 34 tahun, Gleason menderita penyakit ALS atau yang biasa dikenal dengan nama Lou Gehrig's Disease, penyakit sama yang diderita oleh Stephen Hawking.

Film ini bercerita mengenai kisah hidup Gleason yang terus bertahan dan tegar menghadapi penyakitnya demi istri dan anaknya yang saat itu belum lahir.

Keterangan Gleason
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.4 (2.184)
Durasi 1 jam 50 menit
Genre Documentary
Tanggal Rilis 29 Juli 2016
Sutradara Clay Tweel
Pemain Steve Gleason

Mike Gleason

Scott Fujita

8. Dear Zachary: A Letter to a Son About His Father (2008)

Film Dokumenter Terbaik 8 A64a4

Seorang pria bernama Andrew Bagby tewas setelah dibunuh oleh pacarnya sendiri yang bernama Shirley Jane Turner. Shirley saat itu sedang mengandung anak dari Andrew ketika diadili.

Sutradara Kurt Kuenne mengumpulkan kenangan-kenangan tentang Andrew yang didedikasikan pada Zachary, anak Andrew yang belum lahir, untuk menunjukkan bahwa mendiang ayahnya sangat dicintai.

Selain itu, film ini juga mengangkat tentang perebutan hak asuh Zachary antara orang tua Andrew dan Shirley, pacar Andrew.

Film ini yang awalnya hanya diperuntukkan bagi kalangan sendiri akhirnya dirilis menjadi film yang indah dan sangat menyentuh.

Keterangan Dear Zachary: A Letter to a Son About His Father
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.6 (29.448)
Durasi 1 jam 35 menit
Genre Documentary, Biography, Crime
Tanggal Rilis Januari 2008
Sutradara Kurt Kuenne
Pemain Kurt Kuenne

Andrew Bagby

David Bagby

9. How to Survive a Plague (2012)

Film Dokumenter Terbaik 9 6aeaa

Orang yang menderita penyakit AIDS pada tahun 80'an merupakan orang-orang yang disingkirkan dan tidak dipedulikan oleh masyarakat, bahkan pemerintah.

Rumah sakit juga dulu menolak merawat pasien-pasien penderita AIDS. Pokoknya, penderita AIDS zaman dahulu benar-benar disingkirkan dan dikucilkan, geng.

How to Survive a Plague mendokumentasikan tentang perjuangan organisasi ACT UP (AIDS Coalition to Unleash Power) untuk menumbuhkan awareness mengenai AIDS dan memanusiakan para penderita AIDS.

Hasilnya bisa kalian lihat sekarang. Penderita AIDS bisa mendapatkan perawatan serta mendapat perhatian khusus dari segala kalangan.

Keterangan How to Survive a Plague
Ulasan (Jumlah Pengulas) 7.6 (3.508)
Durasi 1 jam 50 menit
Genre Documentary, History, News
Tanggal Rilis 8 November 2013
Sutradara David France
Pemain Peter Staley

Larry Kramer

Iris Long

10. The Times of Harvey Milk (1984)

Film Dokumenter Terbaik 10 Dfe5e

Harvey Milk merupakan politisi San Francisco pertama dalam sejarah California yang secara terbuka mengatakan bahwa dirinya adalah seorang gay.

Milk tidak menjalani masa jabatan hingga habis karena nyawanya dihabisi oleh koleganya, Dan White. Meskipun begitu, perjuangannya membawa hasil yang sampai sekarang bisa dirasakan warga Amerika.

The Times of Harvey Milk mengangkat kisah perjuangan Milk yang turut membangkitkan semangat kaum LGBT di Amerika, meskipun Milk telah tewas hampir 40 tahun yang lalu.

Keterangan The Times of Harvey Milk
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.3 (5.222)
Durasi 1 jam 30 menit
Genre Documentary, Biography, History
Tanggal Rilis 20 September 1985 (Finland)
Sutradara Rob Epstein
Pemain Harvey Fierstein

Harvey Milk

Anne Kronenberg

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai 10 film dokumenter terbaik yang menggugah hati dan pikiran versi Jaka. Semoga daftar diatas bisa menjadi rekomendasi bagi kamu yang sedang mencari film terbaik untuk ditonton.

Sampai bertemu di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Terbaik Yang Dibintangi Oleh The Rock A67b1

10 Film Terbaik yang Dibintangi Dwayne "The Rock" Johnson | Ternyata The Rock Jago Melucu

Film Terbaik Keanu Reeves 0812f

10 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi Keanu Reeves | Pernah Main Film Horror?

Gambar 8 Bit Banner2

10 Karakter Film Terkenal yang Digambar Ulang dalam Versi 8 Bit

Header 22 8fbc3

12 Film Bertema Pahlawan dan Kemerdekaan Indonesia, Bangun Semangat Nasionalisme!

10 Situs Download Film Terbaik yang Sepenuhnya Legal

Situs Download Film 477a1

12 Situs Download Film Terbaik & Terlengkap 2020, Gratis!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Film Drama Musikal Terbaik Sepanjang Masa | Bikin Kamu Nangis Bombay!

10 Film Drama Musikal Terbaik Sepanjang Masa | Bikin Kamu Nangis Bombay!

10 Film Terbaik dengan Tokoh Utama Binatang | No. 3 Bikin Nangis Tersedu-sedu!

10 Film Terbaik dengan Tokoh Utama Binatang | No. 3 Bikin Nangis Tersedu-sedu!

10 Rekomendasi Film Indie Terbaik yang Wajib Ditonton di 2019

10 Rekomendasi Film Indie Terbaik yang Wajib Ditonton di 2019

7 Film Layar Lebar Terkenal yang Ternyata Diangkat dari Film Pendek

7 Film Layar Lebar Terkenal yang Ternyata Diangkat dari Film Pendek

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal