J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Adegan Aksi Termahal Sepanjang Sejarah, Banyak yang Flop?

7 Adegan Aksi Termahal Sepanjang Sejarah, Banyak yang Flop?

Minggu, 18 Okt 2020, 16:30 WIB
Percaya nggak kalau satu adegan bisa makan biaya sampai 100 juta USD? Yuk, cari tahu deretan adegan aksi termhal sepanjang sejarah dunia perfilman.

Proses pembuatan film Hollywood sering kali menghabiskan dana yang luar biasa banyaknya, terutama untuk film dengan genre aksi.

Efek ledakan dan pertarungan yang ada di dalam film aksi membuat genre film ini membutuhkan pendekatan yang sedikit berbeda ketika dikerjakan, juga dana tambahan untuk mengerjakannya.

Beberapa film aksi bahkan harus mengalokasikan dana hingga puluhan juta USD untuk satu adegan saja, dan adegan ini hanya tayang di layar bioskop selama beberapa detik saja.

7 Adegan Aksi Termahal Sepanjang Masa

Bujet gila-gilaan yang dihabiskan oleh sutradara di adegan aksi ini dilakukan karena sang sutradara percaya bahwa adegan tersebut benar-benar perlu dieksekusi dengan sempurna.

Beberapa visi dari sutradara ini memang menghasilkan adegan yang terlihat luar biasa, tetapi beberapa adegan mahal lainnya justru terlihat mengecewakan.

Apa saja sih adegan aksi termahal yang pernah dibuat sampai saat ini? Apakah hasil akhirnya memuaskan? Berikut informasi selengkapnya.

1. Bus Terbang - Swordfish (2001)

Sevendays Com D57ad
Sumber foto: sevendays.com

Swordfish menjadi salah satu film aksi yang digarap dengan sangat ekstravagan. Banyak adegan yang mempertunjukkan mobil mewah juga kegemerlapan dunia lainnya.

Biaya produksi film ini pun tidak tanggung-tanggung. Pihak studio berani menggelontorkan dana hingga 100 juta USD lebih untuk film aksi yang satu ini.

Satu adegan di dalam film ini yang memakan biaya yang luar biasa banyak adalah adegan di mana sebuah bus diangkat keliling kota oleh helikopter.

Proses pembuatan adegan ini menghabiskan dana hingga 15 juta USD untuk segala keperluannya. Sayangnya, film ini terbilang gagal ketika dipasarkan dan hanya mendapat untung sedikit dari bujet pembuatannya.

2. Dinobots - Transformers: The Last Knight (2017)

Interaksyon Philistar Com E5168
Sumber foto: interaksyon.philistar.com

Kebiasaan Michael Bay dalam memasukkan berbagai macam ledakan ke dalam film garapannya memang sudah sangat tersohor, jadi nggak heran kalau salah satu filmnya masuk ke dalam daftar ini.

Adegan ketika Dinobots mengamuk di tempat rongsokan mobil menghabiskan dana hingga 15 juta USD untuk CGI juga untuk keperluan ledakan mobil-mobil rongsokan di tempat itu.

Kondisi ini diperparah dengan pemilihan lokasi syuting adegan tersebut. Adegan ini di ambil di tengah gurun pasir karena terlalu berbahaya jika dilakukan dekat pemukiman.

Hal ini membuat pihak studio harus mengeluarkan biaya lebih untuk keperluan krunya di sana. Itulah kenapa adegan ini bisa menghabiskan dana hingga 15 juta USD.

3. Tabrakan Kapal - Speed 2: Cruise Control (1997)

Firelinephotos 9aefd
Sumber foto: firelinephotos.com

Speed 2: Cruise Control bercerita mengenai pembajakan sebuah kapal pesiar, dan kapal ini diarahkan untuk menabrak tempat pengebran minyak.

Di akhir film aksi ini diperlihatkan sebuah adegan di mana sebuah kapal pesiar besar meledak karena mengalami tabrakan, dan adegan ini ternyata menghabiskan dana hingga 25 juta USD.

Untuk mendapatkan efek yang realistis, kru di film ini membuat 2 replika kapal pesiar untuk kemudian diledakkan untuk mendapatkan adegan ledakan yang sempurna.

Sayangnya, usaha keras ini tidak mampu mengangkat kualitas film ini secara keseluruhan. Speed 2 hanya mendapatkan rating 3.9 di IMDb dan skor Tomatometer 4%.

4. Ledakan Mobil - Spectre (2015)

Nme Com 3801b
Sumber foto: nme.com

Adegan di mana mobil meledak sudah tidak asing lagi di film-film Hollywood modern, tetapi apa jadinya kalau mobil yang diledakan adalah mobil mewah.

Hal ini lah yang terjadi di film Spectre, tepatnya di adegan kejar-kejaran antara sanga agen rahasia dan kelompok penjahat yang menjarnya di kota Roma.

Di adegan film James Bond ini setidaknya 7 mobil Aston Martin DB10 diledakkan, dan hal ini paling tidak menelan biaya hingga 32 juta USD.

5. Balap Kereta Kencana - Ben-Hur (1959)

Pinterest 68283
Sumber foto: pinterst.com

Hal yang agak mengejutkan sebenarnya melihat film yang diproduksi tahun 50an masih masuk ke dalam daftar kali ini.

Adegan ikonik balapan kereta kencana di dalam film Ben-Hur yang dirilis tahun 1959 ini ternyata menghabiskan dana hingga 34 juta USD, angka yang sangat fantastis kala itu.

Meskipun begitu, usaha ini tidak sia-sia karena adegan balap kereta kencana ini menjadi salah satu adegan paling ikonik sepanjang sejarah sekaligus mengantarkan film ini untuk memenangkan 11 piala Oscar.

6. Neo vs Agent Smith - The Matrix: Reloaded (2003)

Entertainment Times Com 87c47
Sumber foto: entertainment.times.com

Adegan perkelahian di anatar Neo dengan pasukan Agen Smith tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan CGI, dan kala itu teknologi CGI belum sebagus saat ini.

Hal ini membuat pihak studio harus rela merogoh kocek yang cukup dalam untuk merealisasikan adegan perkelahian di film sci-fi ini.

Untuk mendapatkan efek pertarungan ini, biaya yang dikeluarkan paling tidak mencapai 40 juta USD.

7. Adegan pertempuran - War and Peace Part III (1967)

Tehmoviedb Org 7ec4a
Sumber foto: themoviedb.org

Satu lagi adegan aksi di film klasik yang masuk ke dalam daftar adegan termahal yang pernah dibuat, sekaligus menjadi yang paling mahal hingga saat ini.

Adegan peperangan yang terjaid di film perang War and Peace Part III menghabiskan dana hingga 100 juta USD, jumlah ini setidaknya seperempat dari dana pembuatan film itu sendiri.

Di tahun 60an CGI belum berkembang dengan baik seperti sekarang ini, jadi efek ledakan yang ada di dalam peperangan ini harus dibuat dengan metode tradisional.

Akhir Kata

Itu dia beberapa adegan di film aksi yang menghabiskan dana yang luar biasa besar untuk merealisaskannya.

Investasi besar-besaran semcam ini mau tidak mau harus dilakukan oleh pihak studio untuk mempermanis film yang mereka produksi.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa menghibur kalian semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Page 098f8

12 Film Action Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Penuh Aksi Gila!

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa Penuh Adegan Mendebarkan Bb449

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

Film Romantis Indonesia 0c9c0

20 Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2020, Awas Baper!

Film Barat Terbaru C7e42

17 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Wajib Nonton!

Cameo Paling Mengejutkan Banner 434ca

7 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, No. 6 Gak Nyangka Banget!

Banner C7b97

7 Artis Hollywood yang Merendahkan Film Marvel, Kesal Karena Gak Diajak Main?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Adegan Film dengan Biaya Termahal, Buat Bayar Artis?

7 Adegan Film dengan Biaya Termahal, Buat Bayar Artis?

7 Adegan Termahal yang Dihapus dari Film, Mubazir Banget!

7 Adegan Termahal yang Dihapus dari Film, Mubazir Banget!

7 Film dengan Adegan Action Paling Ekstrem, Banyak yang Celaka?

7 Film dengan Adegan Action Paling Ekstrem, Banyak yang Celaka?

7 Adegan Film yang Paling Sulit Dibuat, Sampai Bikin Aktornya Pingsan?

7 Adegan Film yang Paling Sulit Dibuat, Sampai Bikin Aktornya Pingsan?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal