• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

3 Cara Scan Barcode & QR Code di HP Android, Bisa Tanpa Aplikasi!

3 Cara Scan Barcode & QR Code di HP Android, Bisa Tanpa Aplikasi!

00
Jumat, 24 Apr 2020, 19:30 WIB
Mau scan barcode di TV, YouTube, atau undangan? Nih, Jaka ulas kumpulan cara scan barcode dan QR code di HP Android dengan mudah dan bisa tanpa aplikasi, loh!

Apakah kamu pernah melihat barcode atau QR code yang ditampilkan pada saat menonton acara TV atau live streaming YouTube? Atau mungkin kamu pernah lihat di undangan pernikahan, geng?

Memang sih, dibanding memberikan secara lisan atau menuliskannya dalam bentuk teks, barcode dan QR code terbilang lebih praktis.

Di sini kamu cukup memindai atau scan barcode dan QR code untuk menampilkan informasi di dalamnya. Bisa berupa tautan untuk menuju situs tertentu hingga alamat di Google Maps.

Buat kamu yang nggak mau ribet, kali ini Jaka bakal ulas kumpulan cara scan barcode di HP Android yang bisa kamu praktikkan sendiri seperti di bawah ini, deh!

Kumpulan Cara Scan Barcode & QR Code di HP Android, Gak Pake Ribet!

Cara scan barcode di HP Android tentu memanfaatkan fitur kamera yang ada pada perangkatmu. Makanya, pastikan fitur ini telah berfungsi dengan baik sebelum kamu ikuti langkah berikut.

Oh ya, dalam ulasan kali ini Jaka akan membagikan beberapa alternatif cara scan barcode, baik menggunakan aplikasi Android, melalui Google Assistant, hingga secara online.

Untuk selengkapnya, kamu tinggal ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini. Check this out!

1. Cara Scan Barcode Lewat HP Android dengan Aplikasi

Pertama, kamu bisa mengandalkan aplikasi bernama QR & Barcode Scanner yang punya ukuran cukup kecil sehingga nggak terlalu membebankan smartphone kamu.

Untuk menggunakan aplikasi barcode scanner di HP Android, kamu tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini, ya!

Langkah 1 - Download Aplikasi QR & Barcode Scanner

  • Download aplikasi QR & Barcode Scanner dan pasang di smartphone kamu. Untuk mendapatkan aplikasi barcode scanner ini, kamu bisa ikuti tautan di bawah ini, geng.
Qr Code Scanner 385ff
QR Code Scanner 1.0
Apps
DOWNLOAD

Langkah 2 - Buka Aplikasi QR & Barcode Scanner

  • Saat pertama kali membuka aplikasi ini, kamu akan diminta untuk mengaktifkan permission kamera untuk mengambil gambar. Ketuk Allow untuk melanjutkan.
  • Setelah kamera diaktifkan, kamu tinggal arahkan QR & Barcode Scanner ke arah barcode atau QR code yang hendak kamu scan, misalnya saat nonton live streaming YouTube.
Cara Scan Barcode Di Hp Aplikasi 01 66643

Langkah 3 - Pergi ke Halaman Situs

  • Selanjutnya bakal langsung ditampilkan isi dari barcode tersebut, misalnya berupa URL yang bisa kamu buka dengan ketuk pada opsi Open.
  • Lalu kamu akan langsung dialihkan ke laman tersebut di aplikasi browser HP, Google Chrome seperti di bawah ini. Mudah banget, kan?
Cara Scan Barcode Di Hp Aplikasi 02 05cc4

2. Cara Scan Barcode di HP Android dengan Google Assistant

Khusus untuk pengguna smartphone Android, kamu juga bisa memanfaatkan salah satu fitur dari Google Assistant, yakni adalah Google Lens untuk memindai barcode dan QR code.

Untuk mengakses Google Assistant sendiri dan memulai scan barcode, caranya pun cukup mudah, nih!

Langkah 1 - Buka Google Assistant di Android

  • Untuk mengaktifkan Google Assistant, kamu bisa menggunakan perintah suara "OK Google" atau menekan tombol Home Android selama beberapa detik.
  • Setelah pop-up Google Assistant dimunculkan, kamu tinggal ketuk ikon Google Lens. Lalu kamu aktifkan perizinan kamera untuk Google Lens dengan ketuk Allow.
Cara Scan Barcode Di Hp Google 01 Cace2

Langkah 2 - Mulai Scan Barcode di Google Lens

  • Kemudian kamu tinggal arahkan kamera Google Lens ke barcode atau QR code yang ditampilkan. Jika kamu scan barcode di TV, pastikan tayangan tersebut jelas dan nggak kabur, ya!
  • Misalnya di sini Jaka bakal ulas cara scan barcode kuis Sahur Segerr Trans7, di mana kamu tinggal pindai, klik pada tautan, dan langsung diarahkan ke laman terkait, geng.
Cara Scan Barcode Di Hp Google 02 8279f

3. Cara Scan Barcode Online Tanpa Aplikasi

Terakhir jika kamu malas pasang aplikasi atau pakai iPhone misalnya, kamu bisa juga ikuti cara scan barcode online berbekal tools yang bisa langsung kamu gunakan lewat browser.

Pada pengguna HP Android disarankan untuk menggunakan Google Chrome, sementara bagi pengguna iPhone disarankan pada Safari ya, geng.

Langkah 1 - Buka Situs Web QR

  • Buka aplikasi browser di smartphone kamu, kemudian buka situs Web QR (https://webqr.com/). Kemudian aktifkan fitur kamera dengan ketuk Allow.
  • Lalu kamu tinggal arahkan kamera pada situs Web QR ke barcode atau QR code yang hendak kamu pindai, geng.
Cara Scan Barcode Di Hp Online 01 04c56

Langkah 2 - Klik Link Barcode atau QR Code

  • Di sini Jaka mencontohkan untuk cara scan barcode atau QR code untuk Google Maps yang biasa kini digunakan untuk undangan pernikahan.
  • Kamu tinggal ketuk tautan yang ditampilkan pada bagian bawah dan kemudian otomatis akan dialihkan ke aplikasi Google Maps dengan lokasi tujuannya, geng.
Cara Scan Barcode Di Hp Online 02 72192

Video: Selain Scan QR Code, Ini Fungsi Canggih Kamera Smartphone yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

Akhir Kata

Nah, begitulah cara scan barcode di HP Android lewat berbagai alternatif yang bisa kamu coba dan pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Tuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu apabila bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel Jaka berikutnya!

Baca juga artikel seputar Scan atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Scanner Hp B4a6d

10 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik untuk HP Android | Ga Butuh Scanner!

Header 8 Fce79

2 Cara Scan Lamaran Lewat HP Dengan Mudah, Gampang Banget!

Cara Membuat Pdf Di Hp Android Banner 3e6e3

3 Cara Mudah Membuat File PDF di HP Android & iPhone, Tanpa Aplikasi!

Cara Membuat Barcode Maps 8a454

Cara Mudah Membuat Barcode Maps di Android dan PC + Cara Scan

Cara Membuat Barcode Banner 567f6

3 Cara Membuat Barcode di PC dan Android 2019 | 100% Gratis

Qr Code

4 Fungsi QR Code yang PASTI Belum Pernah Kamu Ketahui

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal