J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Musim Hujan? Lakukan 6 Cara Mengatasi Smartphone yang Kehujanan Ini

Musim Hujan? Lakukan 6 Cara Mengatasi Smartphone yang Kehujanan Ini

Sabtu, 25 Feb 2017, 08:00 WIB
Kadang hujan turun tiba-tiba saat kamu mungkin tidak ada persiapan. Kali ini Jaka akan memberikan cara-cara untuk mengatasi smartphone kehujanan.

Menyebalkan bukan saat smartphone kamu terkena air? Karena kemungkinan smartphone menjadi rusak dan harus membeli smartphone baru menjadi sangat besar.

Apalagi sekarang di Indonesia sudah mulai musim penghujan. Kadang hujan turun tiba-tiba saat kamu mungkin tidak ada persiapan. Kali ini Jaka akan memberikan cara-cara untuk mengatasi smartphone kehujanan.

BACA JUGA
  • Trik Mudah Menyelamatkan Smartphone yang Tercebur Air
  • [Tips] Jangan Melakukan 3 Hal ini pada Smartphone yang Basah
  • 4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Smartphone Terkena Air

6 Cara Mengatasi Smartphone Kehujanan

Jangan panik saat smartphone kamu basah karena air hujan atau smartphone kamu tercebur air. Agar smartphone basah kamu dapat terselamatkan dan gak perlu membeli smartphone baru lagi, lakukan cara-cara berikut:

1. Jauhkan Smartphone Dari Area Yang Basah, Lalu Matikan

Smartphone Kena Air2

Saat tiba-tiba terjebak hujan di jalan, mungkin kamu sedang menyimpan smartphone di saku celana. Jika ternyata celana kamu basah, segera pindahkan smartphone kamu ke area lain yang lebih kering. Setelah itu, segera matikan smartphone kamu.

Smartphone Kena Air1

Perlu diingat, meski tidak terlihat smartphone kamu terkena air hujan dengan parah, mematikan smartphone harus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menghentikan aliran listrik di smartphone demi menghindari terjadinya korsleting.

2. Lepaskan Semua Komponen Yang Terpasang Pada Smartphone

Smartphone Kena Air4

Saat smartphone kamu benar-benar basah karena air hujan, segera lepas semua komponen yang terpasang. Bukan komponen mesin smartphone kamu ya, tapi komponen seperti hard case, baterai, kartu SIM dan microSD.

Smartphone Kena Air3

Cara mengatasi smartphone yang kehujanan ini bertujuan untuk menyelamatkan data-data di kartu SIM atau microSD kamu. Agar, dalam kasus jika smartphone kamu tidak dapat terselamatkan, kamu masih punya data yang bisa kamu gunakan ke depannya.

3. Keringkan Semua Bagian Smartphone Kamu

Smartphone Kena Air6

Begitu sampai di rumah, segera keringkan smartphone yang terkena air hujan tersebut. Jika sudah dilepaskan semua komponen yang terpasangnya, kamu coba keringkan dengan menggunakan tisu toilet atau bahan kering yang lembut lainnya.

Smartphone Kena Air7

Untuk bagian mesin smartphone yang kehujanan, kamu bisa menggunakan vacum cleaner atau penghisap debu keyboard/kipas komputer. Tapi jangan terlalu dekat dengan permukaan mesin, karena dikhawatirkan akan membuat beberapa komponen di dalamnya menjadi longgar.

``Penting: Jangan mengeringkan mesin smartphone yang terkena air hujan menggunakan hair dryer walau menggunakan mode 'cold' sekalipun!**

4. Simpan Smartphone di Dalam Tempat Berisi Beras

Untuk melakukannya, kamu harus memasukan bagian mesin smartphone serta bagian lainnya yang telah dipisahkan ke dalam cawan atau tempat lain yang berisi beras, lalu biarkan selama 24-72 jam. Kartu memori dan SIM Card kamu juga bisa menggunakan cara yang sama, namun dalam tempat yang lebih kecil dan waktu yang lebih singkat.

Smartphone Kena Air10

Perlu diingat, menyimpan smartphone yang kebasahan dalam beras hanyalah sebagian usaha untuk membuat smartphone kamu kering sepenuhnya. Bukan cara pasti menyelamatkan smartphone yang kehujanan.

5. Gunakan Molecular Sieve Desiccant

Salah satu teknologi yang menggunakan butiran Molecular Sieve Desiccant adalah Bheestie. Butiran ini bekerja layaknya beras yang menyerap kandungan air di mesin smartphone yang kebasahan, hanya saja berbentuk silica gel.

Smartphone Kena Air9

Yang menarik, saat smartphone kamu basah keran air hujan atau terendam, kamu bisa langsung memasukan smartphone kamu ke dalam Bheestie. Jadi Bheestie bisa digunakan walau baterai smartphone kamu tidak dapat dilepas. Selanjutnya, tinggal biarkan smartphone kamu di dalam Bheestie selama 24-72 jam.

Smartphone Kena Air11

Simple kan? Selain itu, ukuran Bheestie yang kecil membuat kamu bisa membawanya kemana pun. Dengan memiliki Bheestie yang dijual seharga USD 18-30, kamu tidak perlu khawatir jika smartphone kamu tiba-tiba terkena air atau basah karena terjebak hujan.

6. Tes Kembali Smartphone Kamu

Smartphone Kena Air5

Setelah dipastikan bahwa smartphone kamu benar-benar kering, pasang kembali semua komponen smartphone-mu. Silakan lihat apakah smartphone kamu kembali nyala atau tidak.

Smartphone Kena Air8

Jika ternyata saat baterai dipasangkan tidak menyala, coba hubungkan smartphone kamu dengan charger tapi tanpa baterai (biasanya smartphone BlackBerry). Apabila ternyata smartphone kamu menyala saat di-charge tanpa baterai, mungkin kamu harus membeli baterai baru.

Nah, itu tadi cara-cara yang harus kamu lakukan jika smartphone kamu terkena air hujan. Melakukan langkah-langkah tersebut hanyalah usaha untuk menyelamatkan smartphone kamu, bukan jaminan bahwa smartphone kamu akan benar-benar dapat digunakan lagi.

Meski nantinya smartphone kamu benar-benar bisa digunakan kembali, Jaka sarankan untuk segera menjualnya sebagai dana tambahan untuk membeli smartphone baru. Atau kamu bisa kembali menggunakannya jika memang tidak ingin membeli smartphone baru. Pilihannya tergantung kamu.

Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel dari Epi Kusnara lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Bahaya Ngecas Di Colokan Tempat Umum 4

Awas Hacker, Jangan Ngecas Smartphone di Colokan Umum!

Smartphonehack A8cc9

10 Tanda Smartphone Kamu Disadap Hacker, Cek HP Kamu Sekarang!

Nokia 3310 Terbaru Banner

7 Alasan Nokia 3310 Terbaru Akan Kalahkan iPhone 7 di Pasaran

Perbedaan Laptop Gaming Dan Laptop Biasa Banner

Apa Sih Perbedaan Laptop Gaming dan Laptop Biasa? Ini Jawabannya!

Banner Construsitebrasil Personalsite

Mau Bikin Situs Pribadi? Cobain 3 Situs Ini Deh!

APPS TERKAIT
Antutu Benchmark
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
Adm Icon
Android Device Manager 1.1.9
Apps Google Inc.
Despicableme Icon
Despicable Me
Games Gameloft
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
HP yang Bisa Jadi Rokok Elektrik dan 3 Smartphone Lain Dengan Fitur Paling Unik Tahun 2015

HP yang Bisa Jadi Rokok Elektrik dan 3 Smartphone Lain Dengan Fitur Paling Unik Tahun 2015

4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Smartphone Terkena Air

4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Smartphone Terkena Air

Jauhi Smartphone Kamu Sekarang Juga! Atau Tanggung Sendiri Akibatnya!

Jauhi Smartphone Kamu Sekarang Juga! Atau Tanggung Sendiri Akibatnya!

7 Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Smartphone

7 Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Smartphone

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal