J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Mengatasi Email dalam Antrean, Dijamin Langsung Terkirim!

Cara Mengatasi Email dalam Antrean, Dijamin Langsung Terkirim!

Rabu, 27 Mei 2020, 20:00 WIB
Bingung email tiba-tiba 'nyangkut' di Outbox? Berikut cara mengatasi permasalahan email dalam antrean. Dijamin ampuh!

Pernah gak email yang hendak kamu kirim gak ke-send dengan baik, bahkan muncul notifikasi "Dalam Antrean"?

Tentu saja kejadian tersebut bikin kita sebel, kan? Apalagi jika email tersebut sifatnya urgent, misalkan saja berhubungan dengan tugas kuliah ataupun deadline pekerjaan yang mepet banget.

Kenapa sih bisa terjadi email 'nyangkut', dan gimana cara memperbaikinya? Tenang aja, geng! Nggak ada yang nggak bisa dilakuin Jaka. Jaka bakal kasih panduan cara mengatasi email dalam antrean yang bikin emailmu tidak terkirim. Berikut ulasan selengkapnya!

Mengapa Email Bisa Berstatus Dalam Antrean?

Email dalam antrean berarti email yang kamu kirim 'nyangkut' di Outbox dan berstatus tertunda/pending. Ada juga yang bahkan berstatus tidak terkirim.

Kok bisa sih? Nah, berdasar penelusuran Jaka, ada 5 penyebab utamanya. Berikut jawabannya!

1. Ada Kesalahan pada Penulisan Alamat Email

1a Custom 169a2

Sumber foto: Support Contact Number - WordPress.com

Nah, untuk yang satu ini biasanya cukup sering terjadi sih, geng. Kitanya udah panik sama permasalahan software atau aplikasi, ternyata sumber masalah utama adalah kesalahan penulisan alamat email.

Kalau seperti ini, maka penyelesaiannya sangat simpel. Kamu bisa mengulangi lagi menuliskan alamatnya sampai benar.

Akan tetapi, jika masih tidak bisa, kemungkinan besar alamat emailnya invalid alias nggak aktif ataupun malah nggak ada sama sekali. Silakan konfirmasi ke sang penerima untuk menanyakan alamat email yang benar ya!

2. Jaringan Internet Bermasalah

2a Custom Fc084

Sumber foto: Medium

Siapa sangka bahwa jaringan internet yang bermasalah jadi salah satu penyebab email 'nyangkut' di Outbox? Dalam beberapa kasus, isu ini bisa jadi masalah serius yang harus segera diselesaikan.

Secara khusus, jika jaringan internetmu kebetulan menggunakan IndiHome, kamu bisa membetulkannya sekaligus memberi feedback pada pihak IndiHome lewat artikel yang sudah Jaka tulis berikut ini.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sederet aplikasi VPN terbaik. Selain memperlancar jaringan, kamu bisa bebas membuka situs apapun tanpa ancaman pemblokiran, geng!

3. Server Email Lagi Down

3a Custom 3e96f

Sumber foto: Medium

Sebenarnya, kejadian ini sangat jarang banget muncul. Namun bukan gak mungkin kejadian ini bisa terjadi, apalagi saat traffic data sedang tinggi-tingginya dipakai, bukan?

Ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan, geng. Langkah paling utama adalah menunggu hingga servernya kembali lagi normal seperti sedia kala.

Namun, jika masih saja tetap, kamu bisa mencoba menggunakan atau memakai layanan email lainnya. Gak kalah bagus kok, yang penting kan sampai!

4. Rejected by System

4 Custom 7c92e

Sumber foto: LeadFuze

Nggak jarang terdapat pengaturan otomatis email di mana beberapa alamat bakal dianggap spam. Bisa jadi, alamat emailmu jadi salah satunya. Wah gimana dong?

Tenang aja, geng. Kamu bisa menghubungi yang empunya email penerima untuk segera memperbaiki pengaturan email yang bermasalah tersebut.

Namun, hal ini biasanya lebih sering terjadi pada email perusahaan, mengingat sistemnya akan di-setting nggak akan menerima email di luar jam kerja, seperti hari libur atau weekend.

5. Versi Aplikasi Belum Update

5 Custom C90f4

Sumber foto: Wiser MLY

Nah, kalau yang satu ini murni 100% kesalahanmu geng. Hal tersebut pastinya membuatmu sadar bahwa mengupdate aplikasi ataupun sistem di HP mu sangatlah penting.

Selain karena faktor aplikasi, bisa jadi sistem sinkronisasimu pada HP mu sedang bermasalah, geng. Tentu saja kalau yang satu ini bisa diselesaikan dengan cara restart (atau reboot, tapi kalau udah terpaksa banget nggak bisa ya!).

Kalau begitu, gimana sih cara mengatasi email yang dalam antrian? Daripada kamu penasaran, simak ulasan Jaka selengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi Email dalam Antrean

Bagi kamu yang ingin tahu cara memperbaiki email dalam antrean, Jaka bakal beritahu panduannya di bawah. Untuk diingat, Jaka akan menggunakan Gmail, mengingat permasalahan ini paling banyak terjadi pada platform Gmail.

Selain itu, karena isu email dalam antrean ini hanya terjadi di smartphone, maka Jaka hanya akan memberi panduan cara mengatasinya via smartphone. Cara ini sama, baik Android ataupun iOS iPhone. Berikut panduannya!

Langkah - 1: Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengupdate OS ataupun aplikasi email yang kamu punya, dalam ini Gmail di Google Play atau Play Store mu masing-masing.

Langkah - 2: Untuk solusi mengatasi email dalam antrean selanjutnya, silakan atur sinkronisasi HP kamu.

1 26bbc

Caranya, buka Settings > Accounts and backup > Accounts. Nantinya di sana kamu akan menemukan beraneka jenis akun yang ada di aplikasi HP mu. Cari akun Gmail.

Langkah - 3: Silakan tap akun Gmailmu, terus tap Sync Account. Nantinya kamu bakal menemukan data-datamu yang terkoneksi dengan email.

2 9fae8

Scroll ke bawah sampai kamu menemukan tulisan Gmail. Silakan turn off/matikan indikator sinkronisasi Gmail yang berwarna biru di sisi kanan.

Langkah - 4: Ada 2 pilihan. Kamu bisa me-restart HP mu dulu biar lebih afdol, atau cukup nyalakan lagi indikator sinkronisasi Gmail kembali.

Langkah - 5: Kalau sudah, buka aplikasi Gmail, lalu seret layar ke bawah untuk mengaktifkan fitur Sync Now.

Jika masih belum berhasil, kamu bisa menghapus cache atau bahkan data yang ada di emailmu. Selesai! Dengan demikian, selesailah sudah cara mengatasi email dalam antrean.

Akhir Kata

Itulah tadi cara mengatasi permasalahan email dalam antrean. Gimana, gampang banget bukan? Jika kamu punya cara lain, kamu bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah. Ikuti terus tulisan Jaka lainnya, ya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengamankan Icloud

4 Cara Mengamankan iCloud dari Hacker, Sebelum Terlambat!

20130709134852_1950

Cara Konversi Video Menggunakan VLC

Cara Edit Photo

Cara Mudah Hapus Background Foto Kamu di Android

Cara Mengetahui Pencuri Wifi Banner

Cara Mengetahui Siapa Saja yang Sedang Mencuri WiFi Kamu

Cara Mengetahui Ip Router Banner

Cara Mengetahui IP Router Bermodal Command Prompt (CMD)

Masker Banner

Cara Membuat Masker Darurat Asap dengan Botol Aqua dan Coca-cola

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal