• HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Cara Membuat Android Support OTG

              Cara Membuat Android Support OTG

              00
              Rabu, 7 Sep 2016, 20:00 WIB
              Cara mudah membuat Android support otg atau bahasa lainnya Android kamu bisa mendukung usb otg agar lebih mudah dalam melakukan transfer file dengan cepat.

              Apakah kamu sering foto-foto dengan ponsel Android kamu dan ingin memindahkannya ke flash drive dengan cepat? Nah, beberapa ponsel Android yang sudah support OTG bisa langsung melakukan transfer file gambar, video, data dari ponsel Android ke flash drive.

              Kamu bisa cek apakah Android kamu sudah mendukung USB OTG atau belum. Namun, bagi kalian yang mempunyai ponsel Android tetapi belum support OTG kami punya solusi untuk membuat Andoid support OTG. Mudah saja kok caranya. Yuk, simak langkah-langkahnya!

              BACA JUGA
              • Ajaib, Ini 11 Fungsi Unik USB OTG Selain Untuk Membaca Flashdisk!
              • Cara Cek Apakah Android Kamu Sudah Mendukung USB OTG atau Belum
              • PENTING! Ini Perbedaan USB OTG dengan USB Host

              Cara Membuat Android Support OTG

              cara-membuat-android-support-otg-10

              OTG adalah kependekan dari On The Go. Maksud dari on the go itu sendiri adalah spesifikasi yang memungkinkan perangkat USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai host, dan memungkinkan perangkat USB lain seperti USB flash drive, kamera digital, mouse, atau keyboard bisa terpasang pada smartphone Android tersebut.

              Nah, apa saja sih manfaat OTG ini? Untuk lebih lengkapnya kamu bisa cek artikel ini:10 Fungsi Unik Kabel USB OTG Selain Untuk Membaca Flashdisk. Fungsi OTG yang paling penting adalah kamu bisa dengan cepat mentransfer data dari ponsel Android ke flashdisk secara langsung. Berikut langkah-langkah cara membuat Android support OTG.

              1. Pastikan Ponsel Android kamu Sudah Di-root

              cara-membuat-android-support-otg-6

              Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan ponsel kamu sudah di-root. Kamu bisa cek cara root ponsel Android. Fungsi root Android ini yaitu kamu bisa menambah, mengurangi atau memodifikasi file-file yang ada di smartphone Android kamu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kustomisasi seperti memaksimalkan kerja smartphone Android kamu, melakukan overclock prosesor Android kamu atau bahkan menghapus aplikasi bawaan yang tidak perlu.

              2. Install Aplikasi USB Host Check

              cara-membuat-android-support-otg-7

              Langkah selanjutnya adalah meng-install aplikasi USB Host Check. Aplikasi USB Host Check ini berguna untuk memeriksa apakah smartphone Android kamu adalah Android support OTG atau tidak. Karena ada beberapa merek ponsel yang memang secara hardware-nya tidak support OTG.

              3. Cek Ketersediaan File Bernama "android.hardware.usb.host.xml"

              cara-membuat-android-support-otg-1

              Setelah sukses install aplikasi USB Host Check, jika muncul pesan "It appears that USB Host supports is not enable on this device. A fix attempt can be performed", itu artinya file yang dibutuhkan agar Android bisa support OTG memang tidak ada. File yang dimaksud bernama android.hardware.usb.host.xml. Jika belum ada, kamu harus membuat file tersebut dengan menggunakan aplikasi notepad atau bisa juga dengan notepad ++.

              4. Buat Dulu File android.hardware.usb.host.xml

              cara-membuat-android-support-otg-3

              Kamu bisa membuat file ini dengan menggunakan aplikasi notepad di komputer kemudian pilih Save As android.hardware.usb.host.xml. Perlu diperhatikan bahwa ekstensi nama file haruslah .xml, dan tipe file harus All file, karena kita harus memperhatikan cara membuat android kamu mendukung usb otg dengan baik dan benar.

              5. Masukkan Kode ini pada File yang Dibuat

              cara-membuat-android-support-otg-2

              Cantumkan kode berikut ini ke dalam file yang kamu buat tadi:

              6. Pindahkan File ke Smartphone Kamu

              cara-membuat-android-support-otg-4

              Pindahkan file android.hardware.usb.host.xml ke smartphone Android kamu di folder etc/permission. Folder permission ini penting agar kamu memperoleh akses untuk membuat Android support OTG. Kamu bisa gunakan aplikasi Root Explorer untuk memindahkan file android.hardware.usb.host.xml.

              7. Buka Kembali Aplikasi USB Host Check

              cara-membuat-android-support-otg-5

              Setelah memindahkan file selanjutnya buka kembali aplikasi USB Host Check dan pilih "re-check". Jika memang tidak ada masalah, maka semua akan dicentang hijau yang artinya ponsel Android yang kamu gunakan ini sudah support OTG.

              Selamat! Kini Smartphone Kamu Sudah Support OTG tanpa root dan Tips Android ini sukses Jaka gunakan pada smartphone ASUS. Nah, jika sudah membuat Android support OTG kamu bisa lebih mudah dan cepat melakukan transfer data, file, gambar, dan video ke media penyimpanan lainnya.

              Itu dia tadi cara membuat Android support OTG. Cara tersebut mengharuskan kamu untuk melakukan root pada smartphone Android kamu terlebih dahulu. Jika kamu bingung melakukan root, kamu bisa melihat tutorial cara root smartphone Android. Nah, bagaimana apakah kamu berhasil? Share pengalaman kamu di kolom komentar ya!

              APPS TERKAIT
              UsbFix 8.156
              Apps usbfix
              StickMount 3.10
              Apps Chainfire
              Intel Android Device USB Driver 1.10.0
              Apps Intel Corporation
              USB OTG Checker 5.5
              Apps HSoftDD
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!