J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi ini? Ini 4 Cara Mengatasinya!

Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi ini? Ini 4 Cara Mengatasinya!

Kamis, 18 Jun 2020, 13:00 WIB
Mau download aplikasi, tapi ada error perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini? Ini penyebab dan cara mengatasi biar bisa pakai aplikasinya lagi!

Pernah nggak, saat kamu menjelajah Google Play Store menemukan aplikasi atau game dengan error "Perangkat Anda tidak kompativel dengan versi ini"?

Kalau pernah, pastinya kamu bakalan kesel banget! Terlebih kalau aplikasi atau game tersebut memang mau kamu download dan gunakan, deh.

Namun nggak perlu khawatir, ternyata ada juga cara mengatasi perangkat tidak kompatibel yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Nantinya kamu bisa langsung download dan pakai aplikasi atau game yang kamu inginkan tadi di HP Android kamu, lho. Penasaran bagaimana caranya?

Penyebab Error Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi Ini di Play Store

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu kompatibel, kan? Secara mudah, kompatibel adalah kebutuhan aplikasi dan game di Google Play Store sesuai dengan spesifikasi perangkat HP Android.

Tidak kompatibel pun bisa diartikan kalau spesifikasi perangkat nggak memenuhi kebutuhan dari sebuah aplikasi atau game yang hendak kamu download, geng.

Perangkat Anda Tidak Kompatible Dengan Versi Ini B33f4
Sumber foto: pinterest.com (Bingung kenapa aplikasi tidak kompatibel di HP Android kamu? Temukan jawabannya di sini!

Nah, dilansir dari berbagai sumber ternyata ada beberapa penyebab perangkat tidak kompatibel saat kamu mau download aplikasi di Play Store. Berikut beberapa di antaranya!

  • OS Android tidak sesuai, di mana setiap aplikasi dan game di Play Store pasti mencantumkan kebutuhan minimal OS Android agar dapat berjalan dengan lancar. Pengguna HP Android jadi kemungkinan bakal lebih banyak menemukan error seperti ini.
  • Aplikasi membutuhkan spesifikasi lebih tinggi, yang mana artinya spesifikasi perangkat kamu nggak mendukung untuk menjalankan aplikasi dan game tersebut. Soalnya Play Store memiliki algoritma khusus yang mampu mendeteksi spesifikasi perangkat HP Android.
  • Tidak tersedia di negara pengguna, soalnya beberapa aplikasi dan game hanya dirilis di negara tertentu saja, misalnya khusus untuk region Jepang dan tidak tersedia di Indonesia.

Kumpulan Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di HP Android

Kalau kamu sudah menyadari ketiga penyebab perangkat tidak kompatibel dengan versi ini seperti di atas, kamu pun masih bisa mengakalinya dengan beberapa metode yang sudah Jaka rangkum.

Nggak perlu buru-buru ganti HP Android terbaru, kamu bisa mencoba cara men-download aplikasi yang tidak kompatibel seperti berikut ini, geng.

1. Download Aplikasi yang Tidak Kompatibel di Luar Play Store

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Compatibel Apk Ea156
Sumber foto: apkpure.com

Pertama, kamu download aplikasi yang tidak kompatibel di beberapa situs dan aplikasi alternatif Google Play Store, seperti APKPure, APKMirror, Aptoide, dan lainnya, geng.

Kamu pun nggak perlu khawatir layanan ini punya aplikasi dan game yang nggak update. Jaka pun sudah sering menggunakannya tanpa kendala saat memerlukan update versi aplikasi terbaru.

Oh ya, saat men-download aplikasi yang tidak kompatibel melalui layanan di atas, kamu juga bisa menggunakan file installer berupa APK (Application Package File).

Untuk bisa meng-install file APK di HP Android, kamu pastikan sudah mengaktifkan fitur untuk install aplikasi dari sumber tidak diketahui dengan pergi ke Settings > Security > Unknown Source.

Kalau kamu menemukan file XAPK seperti saat mengunduh aplikasi dan game berukuran besar, kamu bisa baca dulu cara install file XAPK yang sudah pernah Jaka bahas di sini, geng.

Cara Memasang Xapk C5adf
Cara Menginstall XAPK dengan Mudah, Cepat & Tanpa Ribet!
Bingung gimana cara menginstall XAPK di HP Android? Berikut ini Jaka bagikan buat kalian Apa itu XAPK dan gimana cara install XAPK di Android.
LIHAT ARTIKEL

2. Ubah Wilayah Perangkat dengan Aplikasi VPN

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Compatibel Vpn 61138
Sumber foto: whatismyipaddress.com

Kalau ternyata penyebabnya adalah aplikasi tidak tersedia di negara kamu, sebenarnya kamu bisa terlebih dulu mencoba metode pertama dengan file APK.

Namun terkadang walau aplikasi sudah bisa dipasang di perangkat kamu, untuk menggunakannya kamu tetap membutuhkan aplikasi VPN Android, nih!

Nah, di sini kamu bisa terlebih dulu mengubah wilayah perangkat dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk terhubung ke negara di mana aplikasi tersebut bisa digunakan.

Misal, saat kamu mau mencoba game Android terbaru yang biasa terlebih dulu hadir di China, berarti kamu harus menggunakan VPN dan terhubung ke server China terlebih dulu.

Sayangnya bila kamu menggunakan VPN gratis kemungkinan besar akan mendapatkan kendala, seperti aplikasi tidak lancar atau ping merah saat bermain game online multiplayer.

Makanya untuk pengalaman lebih baik, kamu bisa berlangganan akun VPN premium seperti NordVPN dan lainnya, geng.

3. Update Versi OS Android Terbaru

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Compatibel Android Update 53d72
Sumber foto: diginited.com

Kamu mungkin tipe orang yang malas melakukan update versi OS Android karena takut memori internal penuh dan membuat performa perangkat kamu jadi lemot, kan?

Padahal salah satu cara membuat aplikasi menjadi kompatibel adalah melakukan update versi OS Android terbaru, minimal ke versi Android 6.0 Marshmallow.

Kenapa ke versi OS Android tersebut? Soalnya beberapa aplikasi masih sanggup kamu gunakan mulai dari Android 6.0 ke atas.

Berbeda dengan game yang tampaknya butuh spesifikasi minimal yang lebih tinggi, mulai dari Android 7.0 Nougat untuk dapat memainkannya dengan lancar.

4. Gunakan Custom ROM OS Android

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Compatibel Custom Rom 4fde3
Sumber foto: getdroidtips.com

Sudah mencoba update OS Android terbaru, namun ternyata smartphone kamu sudah terlalu jadul dan nggak mendapatkan dukungan lagi? Nggak perlu khawatir!

Kamu juga bisa membuat aplikasi menjadi kompatibel secara "paksa" dengan mengubah versi perangkat berbekal Custom ROM untuk mendapatkan versi OS Android terbaru.

Banyak Custom ROM Android yang populer dan banyak dipakai, seperti CyanogenMod yang kini sudah bertransformasi menjadi LineageOS.

Metode seperti ini memang terbilang ribet dan membutuhkan akses root. Terlebih cara ini juga memiliki banyak celah hingga bisa merusak perangkatmu, lho.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi kumpulan penyebab dan cara mengatasi perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini pada aplikasi dan game Android di Google Play Store.

Jika keempat langkah di atas sudah dilakukan dan belum berhasil, mungkin sudah saatnya kamu buat beli HP Android baru, nih.

Nggak perlu pusing, soalnya ada beberapa HP Android 2 jutaan yang sudah dilengkapi spesifikasi terbaru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga artikel seputar Play Store atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mendownload Aplikasi Terlarang D5892

Cara Mendownload Aplikasi Terlarang yang Gak Ada di Play Store, Mudah!

Download Play Store 01 Eba0e

Cara Download dan Instal Play Store yang Terhapus atau Hilang, Gratis!

Update Google Play 0b678

Cara Update Google Play Store Versi Terbaru | Gampang Banget!

Cara Mengatasi Download Tertunda Di Playstore Banner 2ac2c

Download Tertunda di Google Play Store? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Aplikasi Palsu 95a4a

7 Cara Mengetahui Aplikasi Palsu di Play Store, HP Dijamin Aman!

Banner Jadi 76913

5 Alasan Jangan Download Aplikasi di Google Play Store, Banyak Virus?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Aplikasi Selain Play Store yang Wajib Kamu Coba, Lengkap Banget!

7 Aplikasi Selain Play Store yang Wajib Kamu Coba, Lengkap Banget!

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Terpasang di Android, 100 Works!

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Terpasang di Android, 100 Works!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal