J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Termasuk Steam, Inilah 5 Pihak yang Mengharamkan Bitcoin

Termasuk Steam, Inilah 5 Pihak yang Mengharamkan Bitcoin

Kamis, 14 Des 2017, 17:00 WIB
Meski populer, banyak digunakan dan diprediksi akan semakin meledak di tahun 2018, ternyata masih ada beberapa pihak yang menganggap Bitcoin haram dan tak layak digunakan. Inilah 5 pihak tersebut.

Mayoritas dari kamu pasti sudah pernah mendengar tentang yang namanya Bitcoin. Ya. Uang elektronik yang ditemukan pada tahun 2009 oleh seorang bernama Satoshi Nakamoto. Mendekati sepuluh tahun sejak kemunculannya, Bitcoin kini sudah jadi sangat populer dan digunakan masyarakat dalam berbagai transaksi.

Meski sudah populer dan digunakan di berbagai transaksi, serta diprediksi akan semakin booming di tahun 2018, ternyata masih terdapat berbagai pihak yang menolak penggunaan Bitcoin bahkan menganggap Bitcoin haram alias tak patut digunakan. Siapa sajakah? Berikut ini Jaka ulas lima pihak yang menolak dan 'mengharamkan' Bitcoin.

BACA JUGA
  • Begini Langkah Cara Beli BitCoin Yang Mudah
  • Begini Cara Mining BitCoin Gratis Yang Mudah
  • Miners! 5 Aplikasi Bitcoin yang Ada di Android Ini Wajib Kamu Download

5 Pihak yang Menolak dan 'Mengharamkan' Bitcoin

1. Steam

Bitcoin Haram 1

Distributor game PC ekslusif yang dimilik oleh Valve ini sejatinya sempat menerima transaksi menggunakan Bitcoin. Namun, pihak Steam kemudian menemukan bahwa biaya transaksi yang dikenakan oleh Bitcoin sangatlah tinggi. Selain itu, Valve menganggap adanya peningkatan ketidakstabilan dari Bitcoin itu sendiri dalam beberapa waktu ke belakang.

Masalah nilai yang sangat fluktatif tersebut jadi faktor yang paling memberatkan Steam untuk menghentikan transaksi menggunakan Bitcoin. Alasan utamanya tentu untuk menghindari pengguna dan pelanggan setia mereka merasa sangat terbebani dengan biaya transaksi yang sangat tinggi dan tidak stabil. Namun, pihak Valve juga menyatakan siap mengaktifkan kembali transaksi menggunakan Bitcoin jika mata uang tersebut telah kembali stabil.

2. JP Morgan

Bitcoin Haram 2

Sebuah perusahaan sekuritas asal Amerika Serikat, JP Morgan, sempat membuat pernyataan cukup menghebohkan di bulan September 2017 lalu. Melalui sang bos, Jamie Dimon, Bitcoin adalah mata uang bodoh yang hanya akan jadi produk gagal di masa depan. Selain itu, dia juga berpendapat jika Bitcoin hanya bisa digunakan untuk transaksi ilegal seperti narkoba, biaya menyewa pembunuh bayaran, atau digunakan untuk orang-orang yang tinggal di kawasan semacam Korea Utara.

Meski demikian, pihak JP Morgan secara resmi menarik kembali anggapan tersebut. Kini mereka bahkan mendukung penuh penggunaan Bitcoin dan menganggap bahwa mata uang yang satu ini di masa depan nantinya akan sama berharganya seperti emas.

3. RBI

Bitcoin Haram 3

Reserve Bank of India (RBI) juga jadi salah satu pihak yang menolak Bitcoin atau menganggap penggunaan Bitcoin haram alias ilegal. RBI sejatinya sempat mendukung penuh perkembangan Bitcoin dalam beberapa tahun terakhir. Namun, nilai Bitcoin yang melambung super tinggi dalam beberapa waktu terakhir membuat mereka tak lagi mendukung uang elektronik yang satu ini.

Pihak RBI menyatakan dengan melambungnya nilai Bitcoin yang tidak masuk akal, menggunakannya sebagai alat pembayaran sah malah akan membahayakan kondisi perekonomian secara umum. Semenjak disampaikannya hal itu, pihak RBI sudah tak lagi menerima transaksi menggunakan Bitcoin.

4. BlackRock

Bitcoin Haram 4

Salah satu perusahaan finansial papan atas asal Amerika Serikat, BlackRock, juga jadi salah satu pihak yang menyatakan keberatannya akan Bitcoin. Nyaris sama seperti perusahaan sebelumnya, BlackRock juga menganggap nilai Bitcoin yang masih sangat fluktuatif sangatlah berisiko khususnya dari segi finansial.

BlackRock yang sangat mementingkan ekuitas dan pemasukan yang stabil tak bisa menerima fluktuasi Bitcoin. Mereka juga memprediksi dengan mudah melambungnya nilai Bitcoin, uang elektronik tersebut juga akan dengan mudahnya kolaps di masa depan nanti.

5. Pemerintah Jepang

Bitcoin Haram 5

Penolakan dari pihak yanbg satu ini tentu terbilang ironis. Pasalnya, Nakamoto yang menemukan Bitcoin berasal dari Jepang. Ya. Pemerintah Jepang belum lama ini menyatakan tak mengakui Bitcoin sebagai mata uang. Melalui sektretaris kabinet, Yoshihide Suga, mereka menyampaikan bahwa Bitcoin bukanlah mata uang layaknya Yen.

Meski begitu, pemerintah Jepang masih mengizinkan adanya transaksi menggunakan Bitcoin. Suga juga menambahkan bahwa setiap transaksi yang menyangkut Bitcoin akan dikenakan pajak. Selain Jepang, beberapa negara bahkan secara lebih ekstrem sudah melarang peredaran Bitcoin secara menyeluruh, sebut saja Cina dan Rusia.

Akhir Kata

Itulah lima pihak yang menolak penggunaan Bitcoin dan menganggapnya sebagai alat pembayaran yang tidak sah. Gimana menurutmu? Apakah kamu setuju dengan anggapan berbagai pihak yang menyebut Bitcoin haram? Atau kamu malah makin antusias untuk menggunakan Bitcoin? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.

Baca juga artikel seputar Canggih atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
6731909db51b931bed00359f3f3d3aea

Jadi Sarana Kejahatan! Inilah 8 Fakta Mencengangkan Tentang Bitcoin

Fakta Tentang Bitcoin

7 Fakta Mengejutkan Tentang Bitcoin yang Belum Kamu Ketahui!

Prediksi Harga Bitcoin 2018 Paling Akurat

Tembus Miliaran! Ini Prediksi Harga Bitcoin 2018 Paling Akurat

Banner Shutterstock Litecoin

Penjelasan LiteCoin, Si Koin Perak Pesaing BitCoin!

Banner Shutterstock Mitosbitcoin

Jangan Tertipu! 4 Mitos Investasi BitCoin Ini Menyesatkan

APPS TERKAIT
Icon Bitcoin
Bitcoin-Qt 0.8.6
Apps Mobistar
Bitcoin Checker Icon
Bitcoin Checker 1.12
Apps Mobnetic
Bitcoin Coid Mobile Aplikasi Trading Bitcoin Icon
Bitcoin.co.id Mobile - Aplikasi Trading Bitcoin 2.0.3
Apps BITCOIN.CO.ID
Luno Bitcoin Wallet Icon
Luno Bitcoin Wallet 4.0.2
Apps Luno
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Fakta Mengejutkan Tentang Bitcoin yang Belum Kamu Ketahui!

7 Fakta Mengejutkan Tentang Bitcoin yang Belum Kamu Ketahui!

Apa itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Mainnya Hingga Untung?

Apa itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Mainnya Hingga Untung?

Tembus Rp 13 Juta Lebih, Bitcoin Jadi Mata Uang Termahal Di Dunia

Tembus Rp 13 Juta Lebih, Bitcoin Jadi Mata Uang Termahal Di Dunia

Cara Mendapatkan Bitcoin Lengkap dan Mudah

Cara Mendapatkan Bitcoin Lengkap dan Mudah

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal