Jangan Lakukan 5 Hal Bahaya Ini Saat Gunakan WiFi Gratisan

22 August 2017

Penetrasi internet di Indonesia mungkin sedang tinggi-tingginya. Pembangunan infrastruktur internet terus dikejar, kawasan pelosok dan kawasan Indonesia bagian Timur pun menjadi target pembangunan berikutnya.

Sayangnya, jaringan internet broadband yang dibangun belum sepenuhnya mampu menjawab ekspektasi pengguna. Itulah kenapa masih banyak yang berburu area hotspot demi mendapatkan akses internet yang lebih stabil dan lebih cepat, khususnya yang gratisan.

Akan tetapi ada bahaya WiFi gratis yang tersembunyi pada saat kamu sedangan menggunakan WiFi gratis. Karena itu, Jaka akan kasih tau kamu tips WiFi gratis agar kamu terhindar dari bahayanya.

Ini Dia 5 Hal Bahaya Wifi Gratisan

1. Bertransaksi Online

Bertransaksi Online

Internet banking dan mobile banking menjanjikan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan. Akan tetapi justru disitulah menariknya transaksi online bagi para penjahat cyber.

Meski internet banking dan mobile banking semakin disempurnakan keamanannya, semua itu akan sia-sia jika kamu tidak berhati-hati saat melakukan transaksi online. Bertransaksi online lewat WiFi gratisan adalah salah satu contohnya. WiFi gratisan biasanya tidak dibangun dengan keamanan tinggi. Itulah kenapa sangat tidak dianjurkan untuk bertransaksi online lewat jaringan ini karena dapat menjadi salah satu bahaya WiFi gratis.

2. Mengakses Sistem Informasi Online Institusi atau Perusahaan

Mengakses Sistem Informasi Online Institusi atau Perusahaan

Seperti yang diketahui, saat ini semakin banyak institusi pemerintah maupun perusahaan yang membangun sistem informasi mereka sendiri. Di sistem informasi inilah mereka menyimpan data-data karyawan hingga data-data sensitif lainnya. Salah satu contohnya adalah sistem informasi akademik mahasiswa. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pembobolan akun, sebaiknya hindari mengakses sistem informasi tersebut melalui jaringan WiFi gratis.

3. Mengakses Informasi-Informasi Sensitif

Mengakses Informasi-Informasi Sensitif

Aktivitas browsing mungkin terdengar biasa saja. Semua orang berselancar mencari informasi di dunia maya. Tapi saat informasi yang diburu adalah informasi sensitif seperti kebenaran akan suatu peristiwa yang sengaja ditutup-tutupi, rahasia negara atau perusahaan yang disebarkan oleh para whistleblower, kamu tidak bisa mengakses informasi-informasi ini begitu saja apalagi melakukannya lewat smartphone tanpa menggunakan proxy sama sekali. Lalu lintas data melalui WiFi gratisan sebenarnya tidak terlalu sulit dibaca ataupun dibajak. Karena itu, ada baiknya kamu membatasi informasi apa saja yang hendak kamu akses lewat jaringan ini.

4. Mengunjungi Deep Web atau Dark Web

Mengunjungi Deep Web atau Dark Web

Deep Web atau Dark Web adalah tempat yang cukup berbahaya. Ada berbagai jenis virus yang tersebar di beberapa situs Deep Web. Bahkan tak jarang ada website yang mematai-matai pengunjungnya, bukan hanya mematai-matai halaman apa saja yang kamu kunjungi.

Dalam beberapa kasus, bukan tidak mungkin webcam, kamera depan, atau microphonemu juga ikut dibajak. Saat mengakses internet di WiFi gratisan kamu juga relatif lebih mudah dilacak. Jadi saat ingin mengakses situs-situs Deep Web, sebaiknya hindari menggunakan WiFi gratisan, apalagi jika kamu sampai melakukan aktivitas ilegal.

5. Melihat Konten yang Tidak Pantas

Melihat Konten yang tidak Pantas

Mengakses konten-konten berbau pornografi memang tidak sepantasnya dilakukan, terlebih melakukannya di area publik seperti area hotspot gratisan. Selain melanggar etika dan norma, melakukan hal tak senonoh seperti ini juga bisa merusak pandangan orang terhadapmu.

Nah itu lah tips WiFi gratisan yang dapat menghindarkan kamu dari bahaya WiFi gratis. Jangan lupa tinggalkan pendapatmu di kolom komentar ya!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar