Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!

Default

Banyak manfaat kalau kamu bisa jualan online. Pasalnya, kamu kini bisa menjual apa pun secara online dengan mudah. Alhasil, kamu bisa menjangkau banyak pelanggan kalau tahu cara jualan online.

Ngomongin jualan online, yang tidak kalah penting adalah kamu juga harus tahu cara jualan online tanpa modal baik itu di marketplace atau SosMed. Strategi jualan seperti ini juga harus menjadi perhatian.

Nah, agar kamu bisa jualan online dan memiliki banyak pelanggan, penting juga untuk belajar riset produk. Tujuannya, agar kamu bisa jualan online laris dan produknya disukai target pasar.

Kali ini Jaka bakalan menjelasakan cara jualan online laris di SosMed dan marketplace. Selain itu, agar jualan online laris, tips riset jualan online juga bakalan Jaka kupas sampai tuntas.

Tips Jualan Online Laris Tanpa Modal untuk Pemula

Jualan Online Laris 92085

Jualan online laris butuh banget persiapan yang matang. Kamu pasti tidak mau jualan online laris kemudian langsung sepi karena tidak memuaskan pelanggan.

Jualan online itu seperti lari maraton. Kamu bakalan menjadi bisnis yang diharapakan memberi keuntungan jangka penjang. Makanya, kepuasan pelanggan menjadi syarat utama, dong.

Agar kamu bisa jualan online laris, Jaka sudah menuliskan tips jualan online tanpa modal dan berpotensi laris di pasaran. Yuk, simak sampai selesai, ya!

1. Kenali Masalah Target Market

Ketika jualan online, hal pertama yang harus menjadi hatian adalah kebutuhan pasar. Seseorang membeli suatu produk pasti karena membutuhkannya.

Jaka sangat berharap kamu bisa melakukan riset sederhana untuk mengenali permasalahan target market kamu. Kira-kira mereka punya masalah apa yang bisa kamu bantu dengan produk tertentu.

Contohnya, seorang ibu menyusui merasa kerepotan untuk mengganti popok berkali-kali. Dia butuh banget produk popok yang bisa menyerap pipis bayi berkali-kali dan aman.

Nah, dari sini kamu sudah menemukan permasalahan ibu itu. Berikutnya, kamu harus mencari produk yang berkualitas dan terjangkau untuk menyelesaikan masalahnya.

2. Kenali Keunikan Produk

Langkah kedua sebelum jualan online, kamu harus mengenali produk di pasaran. Kemudian, melakukan penilaian dengan menanyakan kepada calon target market.

Karena tadi Jaka kasih contoh permasalahan popok bayi, kamu harus berusaha mencari informasi tentang harapan ibu-ibu terkait popok berkualitas itu seperti apa. Catat dengan rinci kebutuhan mereka mulai dari kualitas hingga harga yang mereka mau, ya.

Langkah ini berguna banget untuk mengukur kepuasan pelanggan dari sisi kualitas dan kemampuan daya beli. Nah, dari sini kamu juga bisa tahu berapa kali bayi pipis dan sebagainya.

3. Buat Daftar Produk Afiliasi

Setelah langkah 1 dan 2 sudah kamu lakukan, selanjutnya tinggal mencari produk yang relevan. Kamu bisa membuat daftar beberapa produk, kemudian menentukan prioritas.

Nah, selanjutnya kamu bisa memilih produk afiliasi alias produk yang untuk makelaran. Maksudnya, kamu hanya tinggal merekomendasikan produk saja tanpa kulakan. Setelah terjual, kamu bakan dapat komisi sekian persen.

4. Cari Komunitas Pelanggan yang Relevan

Jualan Online Tanpa Modal C518d

Ngomongin target market seperti ibu-ibu, pasti mereka punya komunitas tertentu terkait edukasi mengurus keluarga. Nah, kamu bisa ikut bergabung di komunitas itu.

Setelah komunitas yang relevan dengan produk yang bakal kamu jual online, cari tahu obrolan apa yang paling sering terjadi. Nah, dengan cara ini kamu semakin bisa menggali permasalahan mereka.

5. Pilih Topik dan Gaya Komunikasi

Jualan itu erat banget kaitannya dengan komunikasi. Jaka sangat menganjurkan kamu untuk mengetahui gaya komunikasi target market.

Misalnya, kamu memiliki target market ibu-ibu. Yang harus kamu pelajari adalah penggunaan kata-kata sapaan atau istilah bahasa mereka. Tujuannya, biar obrolan penjual dan pembeli bisa nyambung.

6. Edukasi Target di Media Sosial

Sekarang kamu sudah tahu detail permasalahan, harapan, dan gaya komunikasi target market. Selanjutnya, kamu harus aktif di media sosial.

Caranya, kamu harus menyiapkan konten-konten edukasi terkait permasalahan target market, ya. Kamu butuh untuk membangun kepercayaan mereka sebelum membeli produk.

Buat jadwal posting di media sosial secara rutin. Semakin kamu rutin membagikan konten bermanfaat, calon pembeli mulai percaya dengan kamu. Selanjutnya, kamu siap jualan online tanpa modal.

7. Buat Website

Jualan Online Laris Tanpa Modal A3166

Mungkin langkah ketujuh ini bakalan sulit kalau kamu tidak terbiasa menggunakan media website seperti blog. Tenang, karena kamu tidak sendirian.

Sekarang ini banyak, kok, jasa yang menyediakan pembuatan website. Bahkan, kamu bisa membuatnya secara gratis.

Kamu bisa mendapatkan website gratis menggunakan layanan blogger.com. Buat tulisan yang edukatif secara rutin agar kamu memiliki banyak pengunjung di website.

Nah, seiring dengan banyak pengunjung yang percaya kepada informasi di website kamu, maka potensi jualan online laris melalui website semakin tinggi.

Ditambah lagi, kamu bisa menjangkau pelanggan seluruh Indonesia. Keren banget, kan?

8. Mengumpulkan Testimoni

Kepercayaan juga butuh bukti, dong. Tidak hanya sekedar menawarkan produk, target market bakalan lebih yakin untuk membeli produk kalau ada testimoni.

Testimoni sendiri bisa kamu dapatkan dari supplier yang menyediakan produk. Kamu tinggal minta contoh-contoh testimoni untuk kamu tunjukkan kepada calon pembeli.

9. Buat Penawaran yang Sulit Ditolak

Cara ampuh untuk jualan online laris adalah kamu harus pandai membuat penawaran yang sulit ditolak calon pembeli. Buat seakan-akan mereka merasa rugi kalau tidak membeli produk yang mereka butuhkan dari kamu.

Untuk bisa melakukannya, Jaka kasih saran agar kamu belajar teknik copywriting dan closing. Kedua teknik jualan online ini bakalan sangat membantu untuk mendongkrak penjualan. Serius!

Bagaimana Cara Jualan Online Tanpa Modal?

Cara Jualan Online
Sumber foto: Warranteer

Semua penjual online pasti mau sukses dan jualan online laris. Cita-cita itu juga harus dibarengi dengan belajar ilmu jualan online terbaru.

Berikut ini Jaka akan jabarkan berbagai macam metode jualan online yang mudah dan praktis dengan menggunakan berbagai platform terpercaya. Cekidot!

Cara Jualan Online di Facebook

Facebook termasuk salah satu media sosial paling populer di dunia. Jaka menyarankan kamu tidak melewatkan Facebook sebagai sarana jualan online.

Langkah-langkahnya mudah, kok. Langsung saja Jaka jelaskan cara jualan online di Facebook tanpa modal dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Buat Postingan Menarik

Cara Jualan Online Di Facebook 1
Sumber foto: Shopify

Mau jualan online produk apa, baik menggunakan akun Facebook pribadi maupun akun toko yang kamu buat khusus, tentu harus mengandung konten yang menarik dalam setiap postingan yang kamu buat.

Pastikan isi konten baik foto, caption dan segala detail dalam postingan akan membuat orang tertarik untuk membeli dagangan kamu.

2. Konsisten Melakukan Posting Produk

Cara Jualan Online Di Facebook 2

Selain konten yang bagus, kamu tentu harus konsisten mem-posting barang jualan kamu dalam jangka waktu tertentu.

Selain untuk meningkatkan kredibilitas, rutin mengunggah postingan juga bisa menjangkau teman yang mungkin belum sempat melihat unggahan sebelumnya. Alhasil, jualan online laris bisa kamu capai.

3. Promosi Secara Gratis Maupun Berbayar

Cara Jualan Online Di Facebook 3

Setelah punya konten bagus dan rutin mem-posting, kamu bisa melakukan promosi baik secara gratis maupun berbayar.

Kalau tidak mau keluar biaya, kamu bisa menambah lebih banyak teman di Facebook atau bergabung dengan berbagai macam grup aktif yang kira-kira berminat sama dagangan kamu.

Namun jika mau promosi berbayar, kamu bisa menggunakan fitur Facebook Ads dengan biaya sesuai iklan yang kamu inginkan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa penambah teman. Hanya saja, strategi butuh biaya sesuai jumlah teman yang kamu inginkan.

Cara Jualan Online di Instagram

Selain Facebook, Instagram kini juga jadi salah satu media sosial yang paling digemari. Jadi tentu saja media sosial satu ini pantang banget untuk kamu lewatkan.

Menggunakan Instagram memang cocok banget untuk jualan online. Bahkan, banyak selebritis yang menggunakan akun Instagram untuk promosi.

Caranya gampang sebenarnya. Kamu tinggak ikuti cara jualan online di Instagram di bawah ini, ya:

1. Buat Akun Instagram

Cara Jualan Online Di Ig 1
Sumber foto: Brey.co/Instagram

Buat kamu yang ingin serius berjualan di Instagram, maka pertama-tama kamu wajib membuat akun khusus untuk toko atau jasa kamu.

Buat akun dengan nama, foto hingga bio yang menarik. Selain itu, jangan lupa untuk selalu siap jadi admin yang cepat tanggap.

2. Cari Banyak Followers

Cara Jualan Online Di Ig 2
Sumber foto: Brey.co/Instagram

Makin banyak orang yang mengikuti akun kamu, tentu makin banyak potensi pembeli. Untuk itu, ajak teman dan kerabat kamu untuk follow akun tersebut.

Follow terlebih dulu akun-akun yang potensial atau sekiranya punya minat terhadap barang dagangan kamu. Atau, kamu juga bisa menggunakan jasa penjualan followers dan likes.

3. Buat Postingan Menarik

Cara Jualan Online Di Ig 3
Sumber foto: Brey.co/Instagram

Selain punya banyak followers, kamu kembali wajib membuat konten yang menarik dan berkelas untuk bisa meyakinkan orang agar mau membeli dagangan kamu.

Kualitas foto, caption hingga penggunaan hashtag jadi faktor penting untuk sukses berjualan di Instagram.

4. Berikan Diskon atau Promo Menarik

Cara Jualan Online Di Ig 4
Sumber foto: Brey.co/Instagram

Siapa sih yang tidak tertarik sama yang namanya diskon dan promo? Kamu perlu sesekali memberikan diskon dan promo menarik untuk barang dagangan agar jualan online-mu laris.

Terlebih jika kamu tergolong penjual baru, promo menarik pastinya bakal bikin orang berminat belanja dan nantinya jadi pelanggan setia!

Situs Jual Beli Online
Situs Jual Beli Online Terbaik?
Di era modern ini siapa sih yang belum pernah belanja online? Dari begitu banyak situs belanja online, berikut Jaka kasih rekomendasi 7 situs jual beli online terbaik di Indonesia.
LIHAT ARTIKEL

Cara Jualan Online di LINE

LINE yang notabene adalah salah satu aplikasi chatting terbaik juga banyak digunakan orang untuk menjual produknya secara online. Dengan berbagai fitur yang tersedia, berikut langkah-langkah cara jualan online di LINE.

1. Gunakan LINE@

Cara Jualan Online Di Line 1
Sumber foto: Maceffort/LINE

Kamu perlu menginstal aplikasi LINE@ yang memang diciptakan untuk kamu yang ingin berbisnis menggunakan LINE.

Aplikasi ini menyediakan fitur yang mana akun toko kamu akan diberi username dengan awalan "@". Selain itu, teman yang ada di akun kamu sama artinya dengan followers.

Download: LINE@

2. Buat Posting-an dan Promo Menarik

Cara Jualan Online Di Line 2
Sumber foto: Maceffort/LINE

Sama dengan menggunakan Facebook dan Instagram, kamu tetap harus memproduksi konten yang menarik untuk setiap posting-an yang kamu buat.

Foto berkualitas disertai caption menarik adalah unsur-unsur yang wajib kamu penuhi.

3. Promosi Menggunakan Greeting Message dan Broadcast Message

Cara Jualan Online Di Line 3
Sumber foto: Maceffort/LINE

Salah satu keunggulan menggunakan LINE@ adalah fitur greeting message dan broadcast message yang lebih interaktif.

Gunakan dua fitur tersebut untuk mempromosikan barang yang kamu jual atau jika ada promo-promo menarik yang ingin kamu sampaikan.

Cara Jualan Online di Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu situs jual beli online terbaik di Indonesia. Situs ini wajib kamu gunakan jika memang ingin menekuni bisnis alias berdagang via online. Berikut langkah cara jualan online di Tokopedia:

1. Lakukan Registrasi (Buat Akun)

Cara Jualan Online Di Tokopedia 1

Langsung aja kamu tuju situs atau aplikasi Tokopedia, kemudian lakukan registrasi alias daftar menggunakan akun email, Facebook atau pilihan akun lainnya.

Setelahnya, kamu akan diminta melakukan verifikasi via nomor HP hingga akun kamu selesai diproses. Ikuti saja intruksinya, ya!

2. Buka Toko

Setelah memiliki akun, kamu langsung bisa membuka toko kamu sendiri. Ya, buat dengan nama, foto dan deskripsi yang menarik agar para pengunjung Tokopedia tertarik untuk mampir ke toko kamu.

3. Masukkan Produk

Setelah membuka toko, kamu bisa mulai memasukkan produk-produk dagangan kamu. Mirip seperti yang lain, kamu wajib membuat konten menarik baik dari foto maupun deskripsi barang yang dijajakan. Jangan lupa juga tambahkan promo-promo menarik dalam rentang waktu tertentu.

4. Lakukan Transaksi

Kamu tinggal menunggu pembeli yang tertarik, lalu lakukan transaksi setelah si pembeli memutuskan untuk memesan salah satu barang dagangan kamu. Kirim barang ke pembeli, lalu kamu akan menerima uang hasil pembayaran.

Tokopedia
Tokopedia 2.5.1
Apps Productivity Tokopedia
DOWNLOAD

Cara Jualan Online di Bukalapak

Selain Tokopedia, Bukalapak juga merupakan salah satu situs jual beli online terbaik di Tanah Air. Sudah berusia sewindu, Bukalapak juga wajib kamu gunakan jika ingin berbisnis via online.

Berikut langkah cara jualan online di Bukalapak:

1. Daftar (Buat Akun)

Cara Jualan Online Di Bukalapak 1

Pertama, lakukan proses pendaftaran menggunakan akun email atau Facebook kamu. Setelah proses registrasi berhasil, kamu langsung bisa membuka lapak milik kamu sendiri dengan nama, foto, dan deskripsi menarik yang kamu inginkan.

2. Jual Barang

Kamu sudah bisa memasukkan barang-barang dagangan kamu ke dalam lapak yang sudah kamu buat. Sekali lagi, buat foto dan deskripsi serta promo menarik untuk menarik minat calon pembeli.

3. Kelola Transaksi & Kirim Barang

Setelah ada pembeli yang tertarik dan memesan barang kamu, kelola transaksi dengan mengirimkan barang. Jangan sampai ada kesalahan dalam pengiriman barang baik dari jenis, ukuran, desain, hingga alamat penerima.

4. Terima Pembayaran

Setelah barang sampai ke pembeli, maka kamu akan menerima uang hasil pembayaran barang yang kamu jual. Ingat, pembeli bisa mengambil uangnya kembali jika barang yang diterima gak sesuai dengan yang dipesan.

Bukalapak Icon
Bukalapak - Jual Beli Online 4.3.2
Apps Productivity BukaLapak
DOWNLOAD

Cara Jualan Online di OLX

Khusus buat kamu yang ingin menjual barang bekas yang sudah gak terpakai tapi masih layak pakai, atau kamu ysang sekedar ingin menambah uang jajan dengan menjual barang kepunyaan, maka OLX adalah tempat yang tepat untuk kamu kunjungi.

Berikut Jaka jelaskan tata cara jualan online di OLX:

1. Buat Akun OLX

Cara Jualan Online Di Olx 1

Daftar atau buat akun kamu di OLX dengan menggunakan email atau Facebook kamu. Akun ini berguna untuk kamu membuat iklan untuk menjual barang bekas milikmu.

2. Buat Judul Iklan

Memulai proses penjualan, kamu perlu terlebih dulu membuat judul iklan untuk barang yang kamu jual. Usahakan judul dibuat semenarik mungkin, namun tetap jauh dari kesan membohongi calon pembeli.

3. Pilih Kategori

Setelah judul iklan selesai kamu buat, kamu perlu memilih kategori mana yang pas dan sesuai untuk barang yang kamu jual. Kategori ini penting banget untuk memudahkan calon pembeli menemukan barang dagangan kamu.

4. Isi Deskripsi

Isi deskripsi beserta kelengkapan informasi seputar barang dagangan kamu. Jangan lupa, buat foto yang menarik juga detail agar menggambarkan secara jelas barang dagangan kamu pada calon pembeli.

5. Lengkapi Data Diri

Lengkapi data diri kamu dengan memberikan kontak yang bisa dihubungi. Usahakan kamu dalam status fast response agar calon pembeli jadi lebih yakin dan proses transaksi berjalan lebih cepat.

Olx Icon
OLX (Tokobagus.com) 6.0.7
Apps Productivity Tokobagus
DOWNLOAD

Akhir Kata

Itulah kumpulan cara jualan online tanpa modal terlengkap di berbagai media sosial maupun situs jual beli online. Dengan strategi yang tepat dan banyak belajar, maka kamu semakin mahir jualan online.

Kini, tidak ada alasan lagi untuk kamu bingung gimana cara jualan secara daring tanpa modal. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Baca juga artikel tentang Bisnis Online dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT
Cara Jualan Pulsa 7e35f
4 Cara Jualan Pulsa Online All Operator Paling Mudah dan Praktis
5 Trik Sukses Online Shop Di Instagram Banner
5 Trik Sukses Online Shop di Instagram
Banner Shutterstock Berantasresmi
Berantas Penipuan Online Shop, Ini Solusi Resmi Dari Menkominfo!
Online Shopping1
Berkah Ramadan, Jumlah Konsumen Online Shop di Indonesia Meningkat 400% Saat Sahur!
Cuma Semenit Ribuan Barang Online Shop Ini Ludes Terjual F7b73
Cuma Semenit! Ribuan Barang Online Shop Ini Ludes Terjual
Bekas
Meski Bekas, 20 Barang KEREN Ini Gak Bisa Kamu Temukan di Online Shop!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal