J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Bahaya Membeli Smartphone Replika yang WAJIB Kamu Ketahui!

7 Bahaya Membeli Smartphone Replika yang WAJIB Kamu Ketahui!

Rabu, 25 Jan 2017, 15:00 WIB
Namun tentunya terdapat beberapa kekurangan smartphone replika atau supercopy. Kekurangan ini bisa menjadi bahaya membeli smartphone replika..

Perkembangan smartphone dunia kini tengah mencapai masa keemasan, dimana smartphone telah menjelma menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Apalagi jika berbicara soal smartphone premium, semua orang tentu ingin memilikinya, berkat tampilannya yang indah dan fiturnya yang canggih. Tentunya, untuk memiliki sebuah smartphone flagship, kita harus merogoh kocek yang cukup banyak.

Berdasarkan hal itu, kini banyak bertebaran ponsel-ponsel supercopy atau replika dari ponsel premium. Ini sebenarnya memang menjadi solusi dan jalan tengah, untuk para low budget, memiliki ponsel bertaraf tinggi yang mereka inginkan. Namun tentunya terdapat beberapa kekurangan smartphone replika atau supercopy. Kekurangan ini bisa menjadi bahaya membeli smartphone replika yang perlu kamu waspadai.

BACA JUGA
  • Ini Bedanya HP Replika, BM, dan Refurbish
  • Nggak Mau Rugi, Apple Jual iPhone Refurbished Secara Resmi!
  • Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Beli Smartphone Refurbish

7 Bahaya Membeli Smartphone Replikasi

1. Tidak ada garansi

Jika kamu membeli sebuah smartphone, biasanya kamu akan mendapatkan garansi, baik itu resmi maupun distributor. Tentunya garansi ini penting, jika kamu mendapatkan barang yang tidak sesuai atau memiliki kerusakan, jadi kamu dapat menukarnya dengan yang baru atau memperbaikinya sesuai kesepakatan yang terdapat pada kartu garansi.

5081d0585f65c79146480a23e99c6fbc

Sumber foto: Foto: caracekterupdate

Namun, berbeda jika kamu membeli ponsel replika, kamu tak akan mendapatkan garansi dari pihak manapun, meski jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan garansi tukar barang dari si penjual, itupun berlaku paling lama hanya satu mingguan saja. Inilah salah satu kekurangan smartphone replika yang perlu kamu pertimbangkan saat ingin membelinya.

2. Spesifikasi jauh dari yang asli

Kekurangan smartphone replika yang kedua adalah spesifikasi yang jauh dari yang asli. Mungkin di antara kamu pernah melihat spesifikasi sebuah supercopy, dimana spesifikasinya sangat menggiurkan dengan harga yang murah, bahkan ada yang sampai melebihi ponsel originalnya sendiri. Jangan dulu terbuai, sejatinya semua itu hanyalah penipuan saja.

9413d8854ea01c1308385a89f8a0efd4

Sumber foto: Foto: reviewhandphone

Para pembuat HP supercopy, tentunya telah memanipulasi sistem ponsel agar spesifikasi asli tidak dapat terlihat, oleh karena itu biasanya, meski memakai aplikasi pihak ke-3 seperti CPU Z, tetap akan terbaca spesifikasi yang telah dimanipulasi. Namun, sebenarnya setiap ponsel replika memiliki spesifikasi yang tak jauh dari ponsel murah.

Cpu Z Icon
CPU-Z for Android
Apps Productivity CPUID
DOWNLOAD

3. Firmware nggak jelas

Jika kita membeli hp original, pastinya kita akan mendapatkan update firmware secara berkala dari vendor pembuatnya. Berbeda dengan supercopy, kamu tidak akan menemukan hal seperti ini, bahkan firmware yang digunakan pun kamu sulit untuk mengetahuinya, karena sistem sudah dimanipulasi sedemikian rupa.

68a62358c66178adfc2f3b1cdc535bec

Sumber foto: Foto: gizmobolt

Kendala seperti ponsel bootloop atau misalnya kamu ingin melakukan factory reset, tentunya semua ini bisa kamu lakukan dengan mudah di ponsel original. Tapi kamu harus ucapkan selamat tinggal, jika kamu memakai ponsel supercopy, karena sulit mencari firmware yang cocok untuk ponsel abal-abal tersebut.

4. Rentan malware

Yang satu ini merupakah bahaya smartphone replika. Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa smartphone supercopy memiliki sistem yang telah dimanipulasi habis-habisan oleh sang pembuat, sebenarnya berakibat sangat fatal. Sistem yang ada tentunya memiliki jauh lebih banyak celah untuk dengan mudah disusupi oleh malware.

58d8f0b5171887fd887f94d3fbc9f959

Sumber foto: Foto: wccftech

Meski di hp original juga dapat disusupi malware, namun hal ini masih dapat diatasi dengan berbagai macam cara. Supercopy yang memiliki sistem tak karuan tentunya, dalam penanganan malware sangatlah rumit dan dengan mudah dapat membuat ponsel menjadi bootloop, bahkan nge-brick.

5. Performa lemah

Sudah kita ketahui, spesifikasi yang dibawa oleh ponsel replika, tentunya jauh dari kata bagus. Biasanya memakai spesifikasi yang sudah cukup kuno dan hardware yang tak jelas pabrikannya. Ini berdampak pada lemahnya performa yang dihasilkan ponsel tersebut.

1e4e626860fcbb0e26fe511cb7da737e

Sumber foto: Foto: fadlotech

Meski banyak penjual yang melabeli ponselnya dengan sebutan HDC, yang biasanya disebut-sebut sebagai ponsel supercopy dengan performa di atas rata-rata, tetap saja, dalam pemakaian sehari-harinya, ponsel tersebut memiliki performa yang tak stabil.

6. Kamera jelek

Tidak bisa dipungkiri, di zaman sekarang, ponsel dengan fitur kamera adalah hal yang mutlak. Kamera membantu kita dengan mudah merekam dan memotret seluruh memori kita. Smartphone original pada umumnya sudah memiliki kualitas kamera yang cukup bagus, meski yang berharga murah sekalipun.

22348350fe16591d82ed24232513ea96

Sumber foto: Foto: syaqiebworld

Namun, ponsel supercopy adalah kebalikannya, rata-rata pada ponsel replika memiliki kamera bawaan yang tak bisa dibilang wajar. Kualitas hasil jepretan yang dihasilkan, sungguh sangatlah buruk, padahal ponsel yang dibuat replikanya adalah ponsel premium, seperti iPhone 6 dan Samsung Galaxy S6, yang notabene memiliki fitur kamera bawaan yang gahar. Inilah salah satu kekurangan smartphone replika yang paling bisa Kita lihat.

7. Build Quality yang tidak wajar

Memang ponsel supercopy adalah ponsel murah yang tetap tidak bisa diharapkan memiliki kualitas sama dengan premium. Namun kualitas pembuatan ponsel tersebut, tetap tidak bisa dibilang wajar-wajar saja, bahkan sangat jelek.

B0922199d6e2967441cb15f16e285c01

Sumber foto: Foto:Gambar: kliknklik

Jika dilihat dari kisaran harga 1-2 jutaan rupiah, jika kamu membeli ponsel original, Build Quality yang kamu dapatkan, sudah cukup baik dan sesuai harga. Berbeda pada ponsel replika, yang terkesan 'asal mirip', body yang dibawa benar-benar terlihat sangat ringkih dan tak presisi. Layar pada ponsel ini pun terlihat kusam dan mudah lecet.

Melihat beberapa kekurangan smartphone replika, tentunya HP replika atau supercopy adalah pilihan yang salah jika kamu membawa budget kamu yang minim untuk membeli hp seperti ini. Karena bahaya smartphone replika juga tidaklah main-main.

Jika kamu tak memiliki cukup budget untuk membeli ponsel premium, lebih baik kamu beralih kepada ponsel menengah ataupun murah, yang sebenarnya sekarang cukup bervariasi dan memiliki kualitas yang bagus. Namun jika kamu tetap ingin membeli ponsel premium, kamu bisa menabung terlebih dahulu, atau memilih jalur kredit yang banyak diberlakukan toko-toko zaman sekarang. Jangan lupa bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT
Iphone Asli

Cara Mudah Membedakan iPhone Asli dan Palsu (Replika)

Kenapa Smartphone China Dibanderol Murah Ini Rahasianya

7 Rahasia Kenapa Smartphone China Bisa Murah!

Spesifikasi Smartphone Berkualitas

PENTING! Inilah Spesifikasi yang Harus Kamu Ketahui Ketika Beli Smartphone Baru

Aplikasi Wajib Hapus Hp Android 9c155

7 Jenis Aplikasi Android yang Wajib Dihapus dari HP Android Kamu

Banner Typingvidyakwikku Ketikuang

Nggak Pake Capek! Ini 5 Cara Hasilkan Uang Dengan Mengetik

APPS TERKAIT
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Commtorresphonetester206jalantikus Icon
Phone Tester (hardware info) 2.0.6
Apps Miguel Torres
Headphones Equalizer Icon
Headphones Equalizer 2.0.8
Apps ManyThingsDev
Camscanner Logo D96a2
CamScanner -Phone PDF Creator 5.17.7.20200311
Apps IntSig Information Co.,Ltd
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
TERKUAK! Begini Cara Smartphone China Merajai Pasar Smartphone di Indonesia

TERKUAK! Begini Cara Smartphone China Merajai Pasar Smartphone di Indonesia

Jadul Atau Lengkap? 5 Ponsel Flagship Ini Masih Menyematkan 3.5mm Audio Jack

Jadul Atau Lengkap? 5 Ponsel Flagship Ini Masih Menyematkan 3.5mm Audio Jack

7 Smartphone Android Jadul Terbaik yang Masih Layak Dibeli Hingga Saat Ini

7 Smartphone Android Jadul Terbaik yang Masih Layak Dibeli Hingga Saat Ini

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Ganti Smartphone Setiap 6 Bulan Sekali

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Ganti Smartphone Setiap 6 Bulan Sekali

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal