9 Aplikasi Root Android Terbaik 2022, Akses Seluruh Sistem HPmu!

Default

Aplikasi root Android masih laris manis dicari saat ini. Soalnya, dengan root Android, kita bisa mendapatkan akses ke sistem internal lebih menyeluruh.

Dengan akses super ini, kamu bisa menghapus aplikasi bawaan yang memakan RAM, meningkatkan performa HP dan daya tahan baterai, bahkan melakukan kostumisasi HP sesukamu.

Jaka yakin kamu pasti tertarik melakukannya. Sayangnya, aktivitas root berisiko tinggi. HP kamu rentan terserang virus atau software berbahaya (malware), kesulitan mendapatkan update firmware resmi, bahkan bisa kehilangan garansi.

Kalau kamu memahami risiko dan ingin mencoba melakukan root HP, Jaka punya rekomendasi aplikasi root Android terbaru yang bisa digunakan pemula dengan mudah. Simak artikel ini hingga tuntas, ya.

Disclaimer!

Jaka tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Proses root membawa sejumlah bahaya atau kerugian, terutama jika tidak dilakukan dengan benar.

1. Baidu Root

Baidu Root 528d0
Sumber foto: Baidu Root - Roapps

Baidu Root APK adalah aplikasi root Android yang terdiri dari dua versi, yaitu versi Bahasa Inggris dan China. Kali ini, Jaka akan memberikan versi Bahasa Inggrisnya yang lebih universal dan mudah digunakan.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk root Android mulai dari 2.2 hingga 11. Fitur lainnya seperti uninstall bloatware, peningkatan performa dan daya tahan baterai juga ditawarkan di snii.

Baidu Root APK juga diklaim bebas dari malware dan virus, jadi kamu nggak perlu khawatir akan keamanannya.

Detail Baidu Root
Publiser Roapps
Ukuran 2,3 MB
Versi terbaru 1.0
Update Maret 2022

>>>Download Baidu Root<<<

2. Framaroot

Framaroot 8cb6b
Sumber foto: Framaroot - XDA Developer

Framaroot APK merupakan salah satu aplikasi root Android terpopuler. Hanya dengan satu kali klik, aplikasi ini dapat me-root perangkat Android.

Aplikasi root Android 2022 ini memiliki beragam jenis exploits untuk membantu membuka akses sistem internal seperti Frodo, Aragorn, Legolas, Gandals, Boromis, Pippin, Gollun, Faramir, dan Barahir.

Jika berubah pikiran, kamu juga bisa unroot perangkatmu melalui menu di aplikasi ini. Framaroot cocok digunakan untuk Android 2.2 hingga 4.3.

Detail Framaroot APK
Publiser Alephazain
Ukuran 1.3 MB
Versi terbaru 1.9.3
Update 2022

>> Download Framaroot APK <<

3. Towelroot

Towelroot 8b153
Sumber foto: Towelroot - Geohot

Hanya dengan aplikasi berukuran 100kb ini, kamu bisa mengakses sistem internal HP-mu. Penggunaan Towelroot ini juga sama seperti aplikasi lain, yang bisa me-root Android yang dengan satu ketuk.

Aplikasi ini dikembangkan oleh developer dan hacker populer bernama Geohot. Dia pernah menemukan banyak celah kebocoran data di perangkat Apple dan Sony, loh.

Towelroot bekerja dengan baik di perangkat Samsung Galaxy S5 atau S4. Kamu juga bisa menggunakannya di Nexus 4 atau 5. Tapi kalau perangkatmu berbeda, kamu juga bisa mencobanya.

Detail Towelroot
Publiser Towelroot
Ukuran 110 KB
Versi terbaru 3.0
Update 23 Juni 2022

>> Download Towelroot <<

4. KingRoot

Kingroot F5602
Sumber foto: KingRoot - KingRoot

KingRoot APK merupakan salah satu aplikasi root Android terpercaya dengan jumlah unduhan lebih dari 196 juta. Di tahun 2022, aplikasi ini sudah dites di lebih dari 22.000 model smartphone Android!

Menurut klaim di situs webnya, KingRoot punya tingkat keberhasilan hingga 99%. Kamu nggak perlu utak-atik apapun, tinggal tap satu kali dan aplikasi ini akan mengerjakan semuanya.

Aplikasi root Android tanpa PC ini dapat digunakan secara gratis. KingRoot juga menyediakan menu unroot jika kamu ingin HP-mu kembali ke setelan pabrik.

Detail Kingroot
Publiser Kingroot Studio
Ukuran 10,99 MB
Versi terbaru 5.4.0
Update Januari 2022

>>Donwload Kingroot<<

5. Root Genius

Rootgenius Bb2cd
Sumber foto: Root genius - rootgenius.com

Seperti namanya, Root Genius dapat membuka akses sistem internalmu dengan mudah layaknya seorang yang jenius. Kamu hanya perlu mengklik tombol root dan aplikasi ini akan mengurusnya.

Fitur di aplikasi ini meliputi automasi komplit seperti Set CPU, Tasker, Auto restore dengan Titanium Backup, dan lainnya.

Penggunaannya juga bisa mengatasi performa HP yang lemot dan meningkatkan daya tahan baterai. Root Genius juga bisa menghapus aplikasi pre-installed yang tidak bisa dihilangkan. Oh ya, aplikasi ini mendukung Android 2.3 hingga 5.0.2, ya.

Detail Root Genius
Publiser Root Genius
Ukuran 13 MB
Versi terbaru 2.2.89

>> Download Root Genius <<

6. Key Root Master

Keyrootmaster 167f7
Sumber foto: Key Root Master - Mgyun

Key Root Master bisa jadi aplikasi root Android alternatif untuk kamu. Menawarkan proses yang bersih dan success rate yang tinggi, kamu hanya perlu mengaktifkan satu tombol untuk root Androidmu secara keseluruhan.

Kamu nggak perlu menginstal aplikasi di PC dan menghubungkannya ke HP-mu. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghapus bloatware atau aplikasi bawaan dari smartphone-mu.

Versi terbaru aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 65.000 kali. Oh ya, Key Root Master hanya bisa digunakan untuk Android 2.3 ke atas, ya.

Detail Key Root Master
Publiser Mgyun
Ukuran 2.3 MB
Versi terbaru v1.3.6
Update April 2021

>> Download Key Root Master <<

7. KingoRoot

Cara Root HP Dengan KingRoot Mudah Lengkap Dengan Fungsinya Db061
Sumber foto: KingoRoot - KingoApp

KingoRoot merupakan aplikasi root Android yang dikembangkan oleh KingoSoft Technology Ltd. Hanya dengan sekali klik, proses root diklaim bisa langsung selesai dengan jaminan keberhasilan yang tinggi.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai varian smartphone mulai dari merk ternama seperti Samsung, Sony, HTC, Google, dan lainnya. Penggunaannya juga kompatibel untuk Android versi 1.5 hingga 5.0.

Tak hanya itu, KingoRoot APK juga tersedia dalam versi PC dengan berbagai fitur unggulan, seperti meningkatkan performa, menjaga daya tahan baterai, menghapus bloatware operator, dan lainnya.

Detail KingoRoot
Publiser KingoSoft Technology Ltd
Ukuran 6.3 MB
Versi terbaru 4.8.0
Update Januari 2021

>> Download KingoRoot <<

8. iRoot

IRoot 0fbdc
Sumber foto: iRoot - Mgyun

Satu lagi aplikasi root rekomendasi Jaka yang bisa kamu pakai. iRoot hadir dengan ukuran yang lebih ringan dan antarmuka yang minimalis, membuat proses root Androidmu menjadi lebih mudah.

Versi terbarunya, 3.2.4, dapat digunakan di lebih dari 150.000 HP dan tablet, loh! Bahkan menurut klaim di situs resminya, aplikasi ini sukses membuka akses internal lebih dari 290 juta perangkat.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengakses seluruh sistem Android, flash custom ROM dan kernels, menghapus aplikasi yang tidak terpakai, meningkatkan performa dan daya tahan baterai, dan lainnya. iRoot mendukung Android 2.2 hingga 4.4, ya.

Detail iRoot
Publiser Mgyun
Ukuran 11 MB
Versi terbaru 3.2.4

>> Download iRoot <<

9. vRoot

Vroot 1 1024x702 53c38
Sumber foto: vRoot - vRootinfo

Terakhir, Jaka merekomendasikan vRoot. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim Mgyun, pengembang yang juga meluncurkan Key Root Master dan iRoot.

Aplikasi ini dapat digunakan di 8000 lebih perangkat Android. Namun, kamu membutuhkan PC untuk bisa me-root Androidmu secara keseluruhan.

Kamu juga harus menyiapkan kabel USB untuk menghubungkan HP-mu ke PC. Selain itu, pastikan smartphone-mu memiliki baterai minimal 50% sebelum mulai root.

Jangan khawatir kebingungan memakai aplikasi root Android di PC ini, karena kamu bisa melihat tutorial root-nya di situs web resmi vRoot.

Detail vRoot
Publiser Mgyun
Ukuran 31,3 MB
Versi terbaru 1.7.9.2

>>Download vRoot<<

Apakah Root Aman Dilakukan?

Seperti yang sudah sempat Jaka sebutkan di atas, meski menawarkan kemampuan ekstra, root HP juga memiliki sejumlah risiko bahaya. Umumnya, kerugian ini terjadi ketika terdapat kesalahan saat melakukan proses root.

Proses root membuat ponsel pengguna lebih rentan terserang virus atau software berbahaya (malware). Pasalnya, pengguna bisa dengan mudah mengunduh berbagai aplikasi dari berbagai sumber, yang mana aplikasi ini bisa saja berupa malware.

Pengguna juga akan kesulitan mendapatkan update firmware secara resmi dan harus melakukan update manual. Selain itu, proses root juga kemungkinan besar menghilangkan garansi perangkat yang diberikan oleh vendor kepada pengguna di awal pembelian.

Lebih parah lagi, rooting bisa membuat beberapa aplikasi dan fitur justru berhenti berfungsi. Misalnya, aplikasi perbankan akan sering berhenti bekerja karena aplikasi mendeteksi adanya risiko keamanan. Bahkan, ada kemungkinan perangkat kamu akan mengalami mati total.

9 Aplikasi Root Android Terbaik dan Gratis 2022

Jaka akan mencoba mengurutkan aplikasi root Android terbaik dan gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuka akses keseluruhan HP-mu. Simak daftarnya di bawah!

  • Baidu Root
  • Framaroot
  • Towelroot
  • KingRoot
  • Root Genius
  • Key Root Master
  • KingoRoot
  • iRoot
  • vRoot

Akhir Kata

Demikian rekomendasi 9 aplikasi root Android yang bisa kamu coba. Hampir semua aplikasinya bisa kamu gunakan langsung di HP, namun ada juga yang membutuhkan PC selama proses root.

Proses root memang membawa banyak keuntungan. Namun, kamu juga harus sadar kalau aktivitas ini berisiko tinggi jika kamu belum memiliki pengetahuan atau pengalaman terkait.

Saran Jaka, jika ingin root Android, kamu bisa meminta bantuan kepada kerabat atau orang ahli untuk memastikan tidak ada proses yang terlewat, karena akibatnya sangat fatal. Selamat mencoba!

Baca juga artikel Tips, Apps, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

ARTIKEL TERKAIT
Cara Unroot Android Banner
2 Cara Unroot HP Android Mudah Hanya 1x Klik (Semua HP)
Technology 1940695 1920 F20c3
Apa Itu Root Beserta Kelebihan & Kekurangannya Untuk Android Kamu
Root
Cara Aman Root Android Tanpa Menghilangkan Garansi
Kekurangan Kelehbihan Root Banner
Inilah Kelebihan dan Kekurangan Root Android yang WAJIB Kamu Tahu!
Cara Unroot Android Dengan Aman 6
Mau Garansi Balik? Ini Cara Unroot Android dengan Aman dan Mudah
Tags Terkait: Aplikasi Android
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal