3 Aplikasi Cek NISN Siswa Paling Akurat, Jangan Panik jika Kelupaan NISN!

Default

Aplikasi cek NISN siswa berguna bagi para pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA untuk melihat atau memeriksa data diri dengan mudah. Aplikasi ini siap membantu seluruh siswa untuk mengetahui NISN mereka.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sendiri merupakan salah satu data penting yang dimiliki siswa di Indonesia. NISN pasti dimiliki oleh setiap siswa yang terdaftar resmi di Kemdikbud.

Terkadang dilupakan, aplikasi ini padahal memiliki kegunaan yang krusial buat para siswa. Kode pengenal ini bisa digunakan untuk berbagai program pendidikan, seperti Ujian Nasional dan masuk ke Perguruan Tinggi.

Jadi, sangat penting sebenarnya mengecek NISN kamu yang masih berstatus siswa dengan aplikasi. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih detail informasi tentang penggunaan aplikasi tersebut.

Penjelasan dan Fungsi NISN

Apa Itu Dan Fungsi NISN E6548
Sumber foto: shutterstock

NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik. Berlaku sepanjang masa, kode ini membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemdikbud. NISN terdiri atas 10 digit angka dengan format: xxxyyyyyyy.

Melansir dari laman Kemdikbud, adapun kegunaan atau fungsi dari NISN tertuang dalam tiga poin utama sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Cara Cek NISN Lewat Aplikasi

Saat ini, hampir semua kebutuhan dilakukan melalui aplikasi yang bisa diakses hanya dari HP, geng. Mengecek NISN termasuk salah satu yang bisa kamu lakukan lewat aplikasi. Jaka merekomendasikan tiga aplikasi berikut yang bisa digunakan.

1. Cek NISN New

Cek NISN New 0ddb9

Aplikasi pendidikan yang dibuat oleh POPSI ini sebenarnya sudah lama ada. Cek NISN New adalah versi pembaruan dari aplikasi yang sama. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan bisa kamu unduh dengan ukuran yang ringan.

Dengan ukurannya yang sangat kecil dan ringan tersebut, aplikasi ini tentunya tidak akan membuat ruang penyimpanan HP menjadi penuh. Meski ringan, aplikasi Cek NISN New siap membantumu menemukan NISN dengan mudah.

Versi Tanggal Rilis Fitur Unggulan Link Download
v9.0 26 Juli 2021 - Klik di sini

2. Cetak Kartu NISN

Cetak Kartu NISN 544bc

Sesuai namanya, aplikasi Cetak Kartu NISN memiliki fungsi yang memungkinkan pengguna untuk bisa mencetak NISN menjadi kartu. Cukup masukkan beberapa informasi untuk mendeteksi nomornya, nomor induk secara otomatis akan keluar.

Lewat aplikasi ini, kamu bisa mengetahui sekaligus mencetak NISN. Aplikasi yang juga tersedia di Play Store ini telah diunduh lebih dari 10 ribu kali dengan rating 4.1. Artinya, aplikasi ini dinilai cukup membantu penggunanya.

Versi Tanggal Rilis Fitur Unggulan Link Download
v030321 3 Maret 2021 - Klik di sini

3. Dapodik All In One

Dapodik All In One B750b

Dapodik All In One diklaim lebih lengkap, karena menyajikan informasi mengenai sekolah, mulai dari guru hingga tenaga kependidikan. Menu-menu yang ada di aplikasi dikategorikan secara detail sehingga dapat dengan mudah digunakan.

Menu-menu yang sudah dihadirkan sesuai dengan kategorinya masing-masing memang menjadi keunggulan dari aplikasi ini. Kelebihan ini akan berguna untuk semakin mempermudah siswa dalam mencari NISN mereka lebih jelas.

Versi Tanggal Rilis Fitur Unggulan Link Download
v2.2 3 Januari 2019 - Klik di sini

Cara Cek NISN Online di Situs Kemdikbud

Cara Cek NISN Online Di Situs Kemdikbud F6cc7
Sumber foto: Kemdikbud

Selain dari aplikasi, mengecek NISN juga bisa dilakukan melalui situs resmi Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud). Cek NISN Kemdikbud bisa menjadi alternatif atau jika kamu tidak ingin mengunduh aplikasi.

  1. Buka situs resmi Kemdikbud di sini.
  2. Masukkan nama lengkap siswa.
  3. Masukkan data tempat dan tanggal lahir.
  4. Masukkan nama ibu kandung siswa.
  5. Centang opsi Captcha.
  6. Klik Cari Data.
  7. Data NISN akan muncul.

Daftar Aplikasi Cari NISN Siswa & Cek NISN Online di Situs

  • Cek NISN New
  • Cetak Kartu NISN
  • Dapodik All In One
  • Cek NISN Online di Situs Kemdikbud

Akhir Kata

Itulah ulasan tentang aplikasi cek NISN siswa dan cara menggunakannya yang sudah Jaka berikan. NISN online juga bisa kamu akses melalui situs resmi Kemdikbud. Sekarang, kamu tidak perlu khawatir dan panik lagi jika lupa NISN, geng!

Baca juga artikel seputar Apps, Tech Hack, Games, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Kerja Sampingan Mahasiswa 2a8a0
12 Kerja Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa, Biar Gak Minta Orang Tua!
Aplikasi Belajar Bahasa Inggris 2c373
10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis 2020 | Android & iOS!
13 Aplikasi Keren Android Yang Jarang Diketahui Di 2021 Canggih Banget 068df
13 Aplikasi Keren Android yang Jarang Diketahui di 2021, Canggih Banget!
Game Offline Android Terbaik 2020 F3fb6
23 Game Offline Android Terbaik 2022, Gameplay Menarik & Grafik HD!
Aplikasi Penghemat Baterai Banner F824a
12 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik 2021, Sayangi Bateraimu!
Siswa Sma 8a8b1
10 SMA Terbaik di Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK, Sekolah Kamu Masuk?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal