J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Universitas di Indonesia Masuk Top 100 Asia, Ada Kampusmu Nggak?

Selasa, 23 Feb 2021, 14:00 WIB
Peringkat terbaru dari 4ICU uniRank memuat 10 perguruan Indonesia yang masuk dalam 100 universitas paling populer dan diakui se-Asia. Kampus mana saja?

Memasuki minggu ketiga Februari 2021, lembaga 4 International College & Universities (4ICU) uniRank mempublikasikan daftar 200 universitas paling populer di Asia.

uniRank sendiri adalah direktori pendidikan tinggi internasional terkemuka yang memuat informasi mengenai peringkat lebih dari 13.800 perguruan tinggi yang diakui secara resmi di 200 negara.

Dalam menilai kepopuleran dan bagaimana perguruan tinggi itu diakui, uniRank memiliki kriteria seleksi sebagai berikut:

  • Terlisensi dan/atau terakreditasi oleh institusi terkait di negara masing-masing.
  • Menawarkan program sarjana atau gelar pascasarjana (termasuk magister dan doktoral).
  • Melangsungkan pendidikan terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan non-jarak jauh.

Dari poin-poin tersebut, uniRank kemudian memperoleh 200 universitas di Asia paling populer dan diakui berdasarkan situs resmi perguruan tinggi terkait dan komponen lainnya.

Menariknya, ada 10 universitas di Indonesia yang berhasil menembus peringkat 100 besar dalam peringkat yang dirilis oleh uniRank tahun 2021.

Perguruan tinggi mana sajakah itu? Ayo, cek! Siapa tahu ada kampusmu!

1. Universitas Gadjah Mada (peringkat 28)

UGM 7cb28
Sumber foto: UGM

Universitas yang lebih sering disingkat menjadi UGM ini telah berdiri sejak 19 Desember 1949 di Yogyakarta, Indonesia.

Prestasi yang ditorehkan lembaga ini memang sudah tak terhitung, salah satu yang terbaru adalah pengembangan GeNose sebagai alat pendeteksi COVID-19 lewat hembusan napas.

Selain berada di peringkat 28 dalam 100 perguruan tinggi terpopuler di Asia, UGM juga meraih predikat kampus terbaik di Indonesia 2021 menurut lembaga pemeringkatan universitas yang sama.

2. Universitas Indonesia (peringkat 33)

UI 288bf
Sumber foto: UGM

Universitas Indonesia atau UI yang didirikan pada tahun 1849 dengan nama awal Dokter-Djawa School Batavia adalah salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia.

UI memiliki tiga wilayah kampus yaitu di Depok dan Jakarta Pusat (Cikini dan Salemba) dengan 75% wilayah kampusnya adalah area hijau berupa hutan kota.

Dilansir dari situs resminya, salah satu fakultas di UI, Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) tengah mengembangkan virtual reality sebagai sarana praktikum di masa pandemi.

3. Universitas Pendidikan Indonesia (peringkat 53)

UPI 45391
Sumber foto: Okezone

Bandung memiliki beberapa perguruan tinggi terbaik yang diakui secara nasional maupun internasional, salah satunya Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI.

Jika dahulu UPI memang berfokus pada pendidikan guru, kini UPI memiliki banyak pilihan jurusan yang tidak hanya berkutat di keguruan saja.

Dalam sejarah pendiriannya sejak 1954, UPI beberapa kali sempat bersatu dan berpisah dengan UNPAD atau Universitas Padjadjaran.

4. Universitas Airlangga (peringkat 66)

UNAIR 2c2a5
Sumber foto: Indonesian College

Didirikan berteparan dengan hari pahlawan yaitu 10 November tahun 1954, Universitas Airlangga atau UNAIR diresmikan langsung oleh Presiden Indonesia saat itu, Soekarno.

Awalnya, UNAIR adalah sekolah kedokteran gigi yang menjadi cabang dari Universitas Indonesia sebelum akhirnya berdiri sendiri.

5. Universitas Negeri Yogyakarta (peringkat 70)

UNY Eee30
Sumber foto: UNY Community

Sama seperti dua kampus sebelumnya yang memiliki sejarah yang terkait dengan universitas lain, universitas yang akrab disingkat UNY ini awalnya adalah pengembangan IKIP Yogyakarta.

Maka dari itulah, di tahun-tahun pertama pendiriannya UNY lebih fokus pada pendidikan guru - seperti halnya UPI.

Berdiri sejak 21 Mei 1964, UNY juga merupakan salah satu universitas unggulan di area Yogyakarta.

6. Universitas Brawijaya (peringkat 75)

UB 071e8
Sumber foto: Mamikos

Di Kota Malang, ada pula perguruan tinggi yang kepopulerannya telah diakui di kancah internasional, yaitu Universitas Brawijaya yang berdiri pada 5 Januari 1963.

Universitas yang dulunya sering disingkat UNBRA atau UNIBRAW ini kemudian mengukuhkan akronimnya menjadi UB pada tahun 2008.

Nama Brawijaya sendiri diambil dari nama pendiri Kerajaan Majapahit, Raden Wijaya, dengan harapan mahasiswa yang menimba ilmu di sana akan memiliki prestasi gemilang seperti tokoh tersebut.

7. Universitas Diponegoro (peringkat 76)

UNDIP E16e2
Sumber foto: LPDM EDENTS

Tepat di bawah UB, ada Universitas Diponegoro alias Undip yang juga telah diakui di Indonesia bahkan di tingkat regional Asia.

Nama perguruan tinggi ini diambil dari nama pahlawan nasional Pangeran Diponegoro yang semangatnya menginspirasi pendirian Undip.

Berdiri sejak 9 Januari 1957, Undip awalnya dikenal sebagai Universitas Semarang sebelum berganti nama.

8. Universitas Sebelas Maret (peringkat 83)

UNS 6c11e
Sumber foto: UNS

Menyediakan berbagai jenjang pendidikan diploma, sarjana, pascasarjana, hingga doktoral, universitas yang memiliki akronim UNS ini masih berusia cukup muda karena didirikan pada 1976.

Dahulu, UNS merupakan perguruan tinggi swasta dengan nama Universitas Gabungan Surakarta (UGS).

Salah satu alumni terkenal UMS adalah Mooryati Soedibyo, mantan wakil ketua MPR sekaligus Presiden Direktur Mustika Ratu dan penggagas Puteri Indonesia.

9. Universitas Muhammadiyah Malang (peringkat 91)

UMM Fc03b
Sumber foto: UMM

Tak hanya perguruan tinggi negeri saja, salah satu perguruan tinggi swasta Indonesia yaitu Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM juga didapuk sebagai perguruan tinggi paling terkenal se-Asia.

Kampus yang juga sering disebut kampus putih ini menjadi satu-satunya universitas swasta Indonesia yang masuk daftar - mungkin karena UMM merupakan salah satu universitas yang tumbuh dengan cepat.

Tak heran jika UMM juga diberi amanat oleh PP Muhammadiyah untuk menjadi perguruan tinggi pembina untuk seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia Timur.

10. Universitas Negeri Semarang (peringkat 98)

UNNES Ab687
Sumber foto: Serba Kuliahan

Masih ada satu universitas asal Indonesia yang berhasil masuk ke deretan perguruan tinggi paling diakui se-Asia, yaitu Universitas Negeri Semarang atau UNNES.

UNNES didirikan pada tahun 1965 dan awalnya bernama IKIP Semarang sebelum diubah menjadi Universitas Negeri Semarang pada tahun 2000.

Nah, itu dia 10 universitas dari Indonesia yang disebut paling populer dan diakui se-Asia. Apakah kamu mahasiswa atau alumni dari universitas tersebut?

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal