Hai Crazy Rich, Inilah 10 Sekolah Termahal di Indonesia | Bikin Uang Papa Habis!

Default

Semua orang tua pasti ingin memberikan apapun yang terbaik untuk anaknya, baik sandang, pangan, maupun papan.

Hal tersebut mencakup pendidikan yang merupakan aspek penting dalam hidup seorang anak, sejak dini maupun hingga dewasa nanti.

Pendidikan adalah bekal bagi anak untuk masa depannya. Oleh sebab itu, banyak orang tua yang berusaha untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah terbaik - bahkan banyak yang tak peduli soal biaya.

Banyak orang tua yang rela menyekolahkan anaknya ke sekolah mahal, terlebih lagi jika orang tua anak tersebut adalah seorang crazy rich yang tak segan menggelontorkan dana fantastis.

Masalahnya, sekolah-sekolah yang dipilih berikut bukan cuma mahal geng, tapi paling mahal di Indonesia! Mungkin cuma anak-anak sultan aja yang bisa sekolah disini.

Ada harga ada kualitas, ini dia sekolah termahal di Indonesia!

1. SMA Ciputra Surabaya

Sekolah Ciputra 335e2
Sumber foto: DBL Indonesia

Surabaya sebagai kota gudangnya crazy rich juga punya sekolah elit nan mahal yang bahkan mengharuskan calon siswanya untuk memiliki skor TOEFL minimal 500.

Untuk menjadi siswa SMA Ciputra Surabaya juga nggak gampang lantaran jumlah siswa yang diterima sangat terbatas demi mempertahankan kualitas, geng.

Udah masuknya susah, biaya sekolah di SMA Ciputra juga cukup bikin melongo karena SPP per bulannya adalah 4 juta rupiah dengan biaya masuk sebesar 40 juta rupiah.

Semua pengeluarannya worth it kok geng, karena nantinya siswa akan wajib ikut program magang di sebuah perusahaan dan ada proyek khusus yang harus dikerjakan yang tingkat kesulitannya nggak kalah dengan skripsi. Siap menyongsong masa depan banget, kan?

2. Global Jaya School

Global Jaya School D8905
Sumber foto: ASEAN

Jika biasanya satu kelas di sebuah sekolah bisa diisi oleh 40 orang anak, di Global Jaya School siswanya hanya akan ditempatkan dengan 23 teman sekelas, geng.

Selain itu, pengajar di sekolah bonafide ini juga berstandar internasional dan banyak yang berasal dari negara-negara penutur Bahasa Inggris seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

Nggak heran jika Global Jaya School mematok harga selangit untuk orang tua yang ingin anaknya bersekolah di sini, yaitu 15 juta rupiah untuk biaya masuk dan 5 juta rupiah untuk SPP per bulannya.

3. SMA Dwiwarna Bogor

Sma Dwiwarna 10139
Sumber foto: SMA Dwiwarna

Seperti sekolah mahal lainnya, SMA Dwiwarna Bogor juga mengusung kurikulum Cambridge dalam kegiatan belajar mengajarnya.

Fasilitas yang dimiliki juga sangat lengkap, bahkan asrama pun ada di SMA Dwiwarna Bogor.

Para siswa juga diharapkan dapat mengembangkan diri dan keterampilan dengan mengikuti program ekstrakulikuler yang disediakan dari sekolah.

Soal biaya, orang tua harus menyiapkan biaya pendaftaran senilai 2,5 juta rupiah, uang gedung senilai 60 juta rupiah* per tahunnya, dan SPP bulanan sebesar **6,5 juta rupiah. Oh iya, belum termasuk buku dan seragam, ya!

4. New Zealand Independent School Jakarta

New Zealand School Jakarta 83d67
Sumber foto: Now Jakarta

Salah satu sekolah bertaraf internasional paling mahal yang ada di Indonesia adalah The New Zealand Independent School Jakarta yang dulu bernama New Zealand Independent School.

Nggak tanggung-tanggung geng, biaya yang dibutuhkan untuk menyekolahkan anak di sekolah ini bisa mencapai 50 hingga 192 juta rupiah per tahunnya untuk tahun ajaran 2020/2021.

Sekolah mentereng ini menggunakan kurikulum Cambridge, diajar oleh guru-guru yang merupakan Warga Negara Asing (WNA), dan cuma berisi 20 murid satu kelasnya.

5. SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang

Sekolah Pelita Harapan 0889a
Sumber foto: IBYB

Anak SMA yang sekolah di sini bisa dibilang remaja paling elit karena sekolah berkurikulum Cambridge ini menerapkan biaya pendidikan yang mahal banget, geng.

Dana yang harus dikeluarkan untuk bersekolah di SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang adalah sekitar 9.000 dollar AS atau sekitar 130 juta rupiah.

Tentu saja uang sebanyak itu belum termasuk biaya tambahan seperti buku dan seragam.

Uniknya, 30% dari siswa yang menempuh pendidikan di cabang dari sekolah internasional di Swiss ini berasal dari Korea Selatan, loh.

6. Singapore Intercultural School Bona Vista

Singapore Intercultural School 6e328
Sumber foto: NYSN Sports Directory

Dulunya, sekolah yang berlokasi di Jakarta Selatan ini dikenal dengan nama Singapore International School.

Singapore Intercultural School Bona Vista menggunakan kurikulum gabungan antara Cambridge* dan **metodologi Singapura dan menerapkan tes masuk yang lumayan, geng.

Calon siswa harus bisa mendapatkan skor sesuai standar yang telah ditentukan pada bidang akademik tertentu dan lolos uji wawancara.

Untuk bersekolah di SIS Bona Vista, orang tua harus mengucurkan dana 39 hingga 185 juta rupiah - tetapi sekolah ini juga menawarkan program beasiswa, loh.

7. HighScope

Highscope Indonesia 3e85e
Sumber foto: What's New Indonesia

Berbeda dengan sekolah lainnya, HighScope bisa dibilang paling unik karena menggunakan sistem multi age di mana ada 2 grade sekaligus yang belajar bersama-sama dalam satu kelas, geng.

Selain itu, HighScope juga telah memberlakukan pembelajaran secara bilingual dengan kurikulum Cambridge.

Biaya pendidikan yang ditetapkan tentunya sungguh sepadan, geng. Menurut CNBC Indonesia pada 2020 saja, orang tua harus menyediakan 502 juta rupiah untuk menyekolahkan anaknya di SD HighScope sampai lulus.

Selain itu, HighScope diketahui menetapkan biaya masuk sebesar 18 juta rupiah dengan SPP 6,4 juta per bulannya untuk jenjang TK. Mantap, kan?

8. ACG School Jakarta

Acg School B1164

ACG School Jakarta yang berlokasi di Jakarta Selatan ini beroperasi dengan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya, geng.

Sekolah ini memiliki siswa dari 36 negara berbeda dan fasilitas komplit dari laboratorium hingga kolam renang, loh.

Kalau kamu ingin menyekolahkan anakmu di ACG School Jakarta, siapkan uang sebanyak 130 hingga 306,5 juta rupiah per tahunnya - belum termasuk biaya tambahan yang berkisar dari 900 ribu rupiah hingga 37 juta ya, geng.

9. British School Jakarta

British School Jakarta Db9ea
Sumber foto: Now Jakarta

Sekolah yang berada di bawah perlindungan kedutaan besar Britania Raya ini telah ada di Indonesia sejak tahun 1973 dan telah direlokasi dari Pondok Indah ke Bintaro karena peminatnya yang terus bertambah.

Sebagai sekolah internasional, British School Jakarta memiliki beragam fasilitas seperti lapangan tennis, gym, kafetaria, dan lain-lain.

Pantas saja biaya sekolah di BSJ sungguh menguras kantong, bahkan SPP bulanannya mencapai 21 juta rupiah. Kalau mau ikut fasilitas antar jemput, ada biaya tambahan sebesar 9,3 juta per semester.

Kalau dihitung-hitung, kamu harus punya uang sekitar 300 juta rupiah per tahun agar anakmu bisa bersekolah di British School Jakarta.

10. Jakarta Intercultural School

Jakarta Intercultural School 8713c
Sumber foto: Jakarta Post

Awalnya, Jakarta Intercultural School dibangun sebagai sekoleh ekspatriat di Indonesia, geng. Kini, sekolah bergengsi ini menjadi salah satu yang terbaik di Jakarta Selatan.

JIS sendiri didirikan pada tahun 1951 dan saat ini memiliki kurang lebih 2.400 siswa yang berasal dari 60 negara, loh.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat bahkan mengakui bahwa kurikulum JIS memiliki fokus internasional yang kuat dan dianggap sebagai sekolah terbaik di luar negeri jika ingin mempersiapkan siswa untuk kuliah di AS.

Tak heran jika sekolah ini memasang harga 361 hingga 478,6 juta rupiah per tahunnya jika kamu mau menyekolahkan anakmu di JIS.

Akhir Kata

Wow, mahal banget kan, sekolah-sekolah di atas? Meski demikian, sekolah tersebut malah kebanjiran peminat alih-alih bangkrut karena nggak ada yang mau bayar harga selangit.

Hal ini dikarenakan setiap sekolah itu juga sudah menyiapkan fasilitas, pengajar, dan kurikulum yang terbaik agar harga yang dibayarkan sepadan dengan dana yang dikeluarkan, geng.

Untuk itu, banyak orang tua yang rela merogoh kocek dalam-dalam agar anaknya mendapat pendidikan dengan kualitas terbaik. Kamu minat nggak, menyekolahkan anakmu di sini?

Baca juga artikel seputar Sekolah atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia Paling Kaya, Hartanya Sampai Ratusan Miliar!

5 Artis Indonesia yang Suka Naik Angkutan Umum, Padahal Punya Mobil Mewah!

5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!

5 Asisten Artis Indonesia yang Cantiknya Menyaingi Sang Bos, Bagaikan Model!

5 Artis Indonesia yang Pernah Bekerja Jadi Pembantu, Sekarang Kaya Raya!

ARTIKEL TERKAIT
Platinum Is Finding New Uses In Health Care 15bd6
Ini 5 Logam Mulia Termahal di Dunia, Nggak Cuma Bisa Dibuat Perhiasan!
Untitled Design 2021 04 01t164353 204 3ad40
5 Cara Mematikan Suara Kamera iPhone Paling Gampang, Foto Apa Aja Jadi Tenang!
Untitled Design 2021 04 01t191958 729 83a6c
Rumit Banget, 5 Kasus Kriminal Paling Terkenal di Dunia Ini Tak Pernah Terpecahkan!
Untitled Design 2021 03 30t224528 026 7ba8f
8 Pasangan Artis Ini Menikah Lewat Taaruf, Saling Menjaga Sampai Menikah!
Untitled Design 2021 04 01t133610 528 2ef8f
12 Artis Cantik Ini Masih Lajang di Usia Matang | Ada yang Memang Gak Mau Nikah!
Untitled Design 2021 04 01t101105 719 9b686
Catat, Ini 7 Waktu Tidur Ideal Sesuai Kelompok Usia | Tidur Sana, Kesehatanmu Loh~
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal