J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Gadget dan Cara Mencegahnya

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Gadget dan Cara Mencegahnya

Sabtu, 27 Jun 2015, 13:48 WIB
Di jaman sekarang ini siapa sih yang tidak menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-harinya? Hampir setiap orang menggunakan gadget, mulai dari Bapak-bapak, Mahasiswa hingga para Pelajar SD sekalipun.

Di jaman sekarang ini siapa sih yang tidak menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-harinya? Hampir setiap orang menggunakan gadget, mulai dari Bapak-bapak, Mahasiswa hingga para Pelajar SD sekalipun.

Namun terkadang kita lupa, bahwa gadget adalah barang yang sensitif dan mudah rusak, entah itu akibat benturan atau sejenisnya. Namun jika kamu tau cara yang benar dalam merawat gadget kamu, dijamin komponen-komponen di dalamnya akan bertahan lama.

Kali ini JalanTikus akan membahas apa aja sih kebiasaan yang bisa merusak gadget, sekaligus memberikan cara pencegahannya, agar kamu semua bisa merawat gadget kesayangan kamu, karena harga gadget tidak murah loh!

1. Charge Baterai Semalaman - Ditinggal Tidur

Charging Iphone

Ini adalah kasus yang paling umum terjadi. Pasalnya, banyak orang yang malas melakukan charging pada jam-jam tertentu, dan lebih memilih mengisi baterai ketika malam hari dan ditinggal tidur, padahal hal itu salah besar, hal seperti ini dapat menimbulkan bocor-nya baterai dan membuat umur baterai menjadi lebih pendek. Meskipun begitu, ada beberapa model smartphone yang sudah mendukung_auto-stop_, sehingga ketika indikator mencapai angka 100%, arus listrik akan otomatis terhenti.

SOLUSI

Cobalah untuk meluangkan waktu untuk mengisi baterai ketika smartphone memang sedang tidak digunakan, tidak perlu sampe full, paling tidak kapasitas baterai masih dapat menunjang pemakaian, asalnya jangan ditinggal tidur semalaman ya.

2. Tidak Menggunakan Charger Original

Jika kamu membeli smartphone dalam kondisi baru, tentu kamu juga akan mendapatkan charger original bawaan perangkat. Nah, seharusnya charger itulah yang harus kamu gunakan setiap saat untuk mengisi daya baterai.

894498562dd8ff4031bbe9c7c82c758f

Karena jika kamu menggunakan charger lain yang bukan original_(KW, Palsu, Bajakan)_ akan berakibat fatal pada gadget yang kamu miliki. Karena arus dan tegangan pada charger palsu belum tentu sama dengan original.

SOLUSI

Cobalah untuk selalu disiplin dalam menggunakan charger, jangan gegabah dalam pemakaian, hal ini bertujuan agar charger originalnya tidak rusak, sehingga dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

3. Tidak Pernah Dimatikan

Nah, kalau yang ini ibarat tubuh kita yang perlu beristirahat ketika malam hari. Gadget memiliki komponen yang bekerja terus-menerus, bahkan ketika sedang tidak dipakai sekalipun.

78d6be40e77ce0993b4aab88192ebf7e

Oleh karena itu, tidak ada salahnya menon-aktifkan gadget kamu ketika sedang tidak digunakan, ini akan membantu memulihkan_"tenaga"_ komponen gadget kamu agar tetap awet.

SOLUSI

Cobalah untuk menon-aktifkan gadget kamu ketika malam hari atau ketika kamu tidur, karena ketika kamu tidur otomatis kamu tidak akan menggunakan gadget tersebut, bukan? Proses seperti ini mirip dengan tubuh kamu yang membutuhkan istirahat untuk memulihkan tenaga.

4. Data Seluler, WiFi, GPS & Bluetooth Selalu Aktif

Kalau yang satu ini biasanya berbanding lurus dengan pemakaian kamu sehari-hari. Perlu kamu ketahui, fitur-fitur seperti Data Seluler, WiFi, GPS & Bluetooth adalah fitur yang bisa dikatakan sebagai fitur yang paling sering digunakan.

F367fc98665a87ae028165214549f12c

Namun bagi sebagian orang, mereka suka lupa mematikan fungsi-fungsi ini ketika sedang tidak digunakan, tentu hal ini memicu borosnya baterai, bayangkan, hanya Data Seluler saja bisa memakan konsumsi daya baterai sebesar 9%.

SOLUSI

Cobalah untuk memperhatikan kebutuhan di gadget kamu, jika kamu sudah tidak menggunakan WiFi, cobalah untuk menon-aktifkannya, termasuk bluetooh, GPS dan data seluler. Hal ini bisa membuat umur gadget kamu bertahan lama, karena komponen yang bersangkutan lebih sering beristirahat.

5. Tidak Pernah Dibersihkan

Gadget adalah perangkat yang menemani kamu setiap saat. Hampir sama seperti kamu yang perlu membersihkan diri dengan mandi, gadget juga membutuhkan perhatian dalam hal kebersihan, bukan berarti kamu harus memandikannya juga loh ya.

7b0fa70a0ca5f75b556ebb5e7054e8fd

Membersihkan di sini bisa dikatakan seperti merawat bagian layar sentuh yang kotor, speaker yang berdebu hingga minyak-minyak yang menempel akibat pemakaian.

Clean Master Icon
Clean Master (Boost & AppLock)
Apps Cleaning & Tweaking Cheetah Mobile Inc
DOWNLOAD

Artikel Menarik Lainnya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
3 Kesalahan Fatal yang Dapat Melukai Gadget Kesayanganmu

3 Kesalahan Fatal yang Dapat Melukai Gadget Kesayanganmu

COMPARE, Fitur Terbaru JalanTikus Khusus Pecinta Gadget

COMPARE, Fitur Terbaru JalanTikus Khusus Pecinta Gadget

Wow, Charger Ini Bisa Charge 10 Gadget Sekaligus

Wow, Charger Ini Bisa Charge 10 Gadget Sekaligus

8 Tips Merawat Baterai Android Agar Awet

8 Tips Merawat Baterai Android Agar Awet

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal