Cara Mengatasi *#*#4636#*#* Tidak Berfungsi. Ampuh Kunci Sinyal 4G

Default

Koneksi 4G menjadi sebuah keharusan dalam dunia internet masa kini. Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengganti mengganti koneksi 4G hanya cukup dari ponsel saja. Biasanya, pengguna ponsel menggunakan kode rahasia *#*#4636#*#*.

Nah, menggunakan kode *#*#4636#*#* adalah salah satu caranya. Tapi bagaimana kalau kode ##4636## tidak muncul? Supaya kamu tidak bingung, di artikel kali ini Jaka bakal kasih kamu cara mengatasi *#*#4636#*#* Android tidak berfungsi di realme, Oppo, Samsung, Xiaomi dan lainnya.

Penasaran seperti apa mengatasi 4636 tidak berfungsi realme C11 maupun tipe HP lainnya? Mari simak di bawah ini!

Cara Mengatasi *#*#4636#*#* Tidak Berfungsi Tanpa Aplikasi

Apabila jadi tidak berfungsi, kode *#*#4636#*#* Oppo, realme, Samsung, dan HP Android terbaru lainnya biasanya digunakan untuk mengganti koneksi internet jadi 4G.

Nah, kalau kamu mengalami kode *#*#4636#*#* Xiaomi dan tipe lainnya tidak bisa digunakan, maka kamu bisa mencoba cara tanpa aplikasi berikut ini:

Cara 1

*#*#4636#*#* adalah kode rahasia yang digunakan di sebagian smartphone Android untuk mengganti koneksi ke 4G. Namun sebenarnya ada kode rahasia lainnya yang bisa digunakan khusus untuk mengaktifkan 4G di Android saja.

Kamu bisa mencoba cara mengatasi *#*#4636#*#* not working realme di bawah ini:

  • Buka aplikasi Phone di smartphone kamu, yang biasa digunakan untuk menelepon atau mengetik kode.

    4636 Vivo Ca6a0
  • Kemudian, ketik **kode rahasia #673644#* di telepon. Jika tidak otomatis mengarah ke menu selanjutnya, kamu bisa klik tombol call.

  • Setelah itu akan muncul dua pilihan, untuk Enable atau Disable 4G. Pilih Enable 4G untuk mengaktifkan 4G dan selesai!

Akan tetapi, saat Jaka coba di HP Huawei terbaru, kode 4636 Samsung dan tipe lainnya ini juga tidak berfungsi dan tidak bisa digunakan. Setelah Jaka coba, muncul notifikasi seperti di atas ini. Jadi kode ini tidak selalu bekerja di semua smartphone Android ya, geng.

4636 Oppo A3367

Cara 2

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kode *#*#4636#*#* Android yang tidak berfungsi adalah menggunakan kode rahasia lain, yaitu *#800#.

Khusus untuk cara ini umumnya bekerja bagi sebagian besar HP realme. Jika HP realme terbaru kamu mengalami masalah ini, langsung aja dicoba cara ini yuk.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Phone untuk memasukkan kode rahasia tersebut ke dial pad.

    Kenapa 4636 Tidak Berfungsi 6b802
  • Kemudian, ketik *#800# di dial pad smarpthone realme kamu. Tunggu sampai secara otomatis muncul menu dalam Developer Mode yang bisa kamu akses.

4636 Not Working 7fccb
Sumber foto: fauzilblog001
  • Setelah masuk ke Developer Mode, kamu akan dihadapkan oleh pilihan menu. Geser menunya sampai menemukan kategori Telephone dan scroll ke bawah sampai menemukan menu Network Selecting lalu klik menu tersebut.
  • Selanjutnya, kamu harus memilih jaringan yang akan diubah ke 4G. Pilih salah satu jaringan SIM 1 atau SIM 2.
4636 Realme Kode Rahasia Cb04b
Sumber foto: fauzilblog001
  • Terakhir, akan ada pilihan set preferred network type yang akan digunakan. Pilih LTE only, maka secara otomatis akan mengubah jaringan menjadi koneksi 4G.

Saat mencoba cara ini, Jaka menggunakan realme 5 Pro namun ternyata cara ini tidak bekerja di smartphone tersebut. Meskipun tetap muncul Developer Mode, namun tidak bisa digunakan seperti langkah-langkah di atas. Oleh karena itu, Jaka simpulkan tidak semua HP realme mendukung kode rahasia tersebut.

4636 Tidak Muncul 97309

Cara Mengatasi *#*#4636#*#* Tidak Berfungsi dengan Aplikasi

Berikutnya, kamu bisa mengatasi kode *#*#4636#*#* tidak berfungsi di realme dan HP Android lainnya menggunakan aplikasi. Tentunya aplikasi-aplikasi tersebut bisa diunduh dengan gratis di Play Store.

Nah, bagaimana cara mengatasi kode *#*#4636#*#* Android yang tidak berfungsi dengan aplikasi? Kamu bisa simak langkah selengkapnya berikut ini:

1. Pakai Aplikasi 4G LTE Switcher

Cara pertama adalah menggunakan aplikasi 4G LTE Switcher. Aplikasi ini membantu kamu untuk mengubah atau memindahkan jaringan dari 3G ke 4G dengan mudah. Berikut cara-caranya:

4636 Not Working Realme F55b3
  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi 4G LTE Switcher. Jika kamu belum punya, kamu bisa mengunduhnya di Play Store atau klik di sini.
4636 Tidak Bekerja 8beb3
Sumber foto: Play Store
  • Setelah membuka aplikasi, kamu akan langsung masuk ke informasi telepon untuk memilih koneksi 4G atau LTE only.
4636 Tanpa Aplikasi Db2fa

Namun, sayangnya saat Jaka mencoba di smartphone dengan Android 10, justru tidak bisa terbuka karena tidak kompatibel dan lebih bisa digunakan pada smartphone dengan Android versi lawas.

2. Pakai Aplikasi MTK Engineering

Aplikasi kedua yang bisa digunakan bernama MTK Engineering. Aplikasi ini berfungsi untuk masuk ke dalam Developer Mode atau menggunakan pengaturan Android tersembunyi dalam ponsel kamu.

Ini dia cara mengatasi kode *#*#4636#*#* Android yang tidak berfungsi dengan aplikasi MTK Engineering:

4636 Not Working 9ca48
  • Pertama-tama, bukalah aplikasi MTK Engineering terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasinya, dan jika belum kamu bisa download MTK Engineering di sini.
4636 Huawei 0167e
Sumber foto: Play Store
  • Selanjutnya kamu bisa klik menu Android Settings yang ada di bagian atas. Dari menu ini kamu akan dialihkan untuk mengetik kode *#*#4636#*#* tersebut kembali.
4636 Tidak Berfungsi 22d2e

Akan tetapi setelah Jaka coba menggunakan HP dengan sistem operasi Android 10, ternyata versi yang diunduh hanya mendukung Android versi lawas. Jadi aplikasi ini hanya bisa digunakan di Android versi lawas saja.

Cara Menggunakan Kode *#*#4636#*#* di Xiaomi

Ternyata, geng, setelah Jaka coba menggunakan beberapa merek smartphone lainnya, kode ##4636## berfungsi di HP Xiaomi saja.

Jika kamu pengguna HP Xiaomi terbaru dan ingin mengubah koneksi jaringan kamu menjadi 4G, kamu bisa mencoba langkah-langkahnya berikut ini:

4636 Tidak Bisa 1052a
  • Untuk langkah pertama, terlebih dahulu buka aplikasi Phone di HP Xiaomi kamu. Kemudian kamu tekan kode *#*#4636#*#* di dial pad.
4636 Samsung 1ddd6
  • Kemudian, akan muncul menu secara otomatis setelah kamu mengetik kode tersebut. Dari menu halaman testing tersebut, pilih opsi Phone Information1 atau Phone Information2 sesuai dengan kartu SIM yang ingin kamu ubah jaringannya.
4636 Xiaomi 1204b
  • Langkah terakhir, di bagian Set Preferred Network Type, pilih opsi LTE Only untuk mengubah koneksimu menjadi 4G. Selesai! Sekarang ponsel kamu sudah menggunakan jaringan khusus 4G LTE.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan tentang cara mengatasi kode *#*#4636#*#* tidak berfungsi di realme, Oppo, vivo, Xiaomi dan HP Android lainnya. Dengan cara tersebut kamu bisa menikmati koneksi 4G di ponsel kamu.

Semoga artikel Jaka kali ini bermanfaat buat kalian. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Kode Rahasia Iphone Dan Fungsinya Banner E685e
7 Kode Rahasia iPhone yang Punya Fungsi Keren dan Wajib Kamu Ketahui!
Code
10+ Kode Rahasia HP China yang Wajib Kamu Ketahui
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal