Liga MX: Primera División de México

Default

Selamat datang di artikel ini! Di sini kita akan membahas Liga MX, juga dikenal sebagai Primera Divisi n de M xico. Liga ini adalah divisi sepak bola profesional teratas di Meksiko dan merupakan kompetisi klub paling bergengsi di negara tersebut.

BACA JUGA
  • Cara Mengatasi Lupa Password WiFi IndiHome
  • Mod Combo FF Max: Mengoptimalkan Kombinasi Modifikasi dalam Game
  • Cara Menaikkan Limit Shopee Paylater Tanpa Belanja
  • Cara Ganti Akun Pembayaran Google Play: Panduan Lengkap dan Praktis 2024
  • Pinjaman Online Limit Besar: Pilihan Terbaik untuk Kebutuhan Finansial Anda

Latar Belakang

Sebelum adanya Liga MX, tidak ada liga sepak bola nasional di Meksiko, dan kompetisi sepak bola diadakan dalam wilayah geografis yang relatif kecil. Namun pada tahun 1943, liga nasional profesional didirikan dan menjadi fondasi bagi Liga MX yang kita kenal saat ini.

Format Kompetisi

Liga MX terdiri dari 18 klub yang berkompetisi dalam dua turnamen setiap musim - "Apertura" dan "Clausura". Turnamen Apertura biasanya berlangsung dari Juli hingga Desember, sedangkan turnamen Clausura berlangsung dari Januari hingga Mei. Juara dari masing-masing turnamen ditentukan melalui sistem playoff yang disebut "Liguilla", di mana 12 tim teratas bersaing untuk meraih gelar juara.

Reputasi dan Prestasi

Liga MX menduduki peringkat pertama dalam indeks peringkat liga CONCACAF. Menurut IFFHS (International Federation of Football History & Statistics), Liga MX menempati peringkat ke-10 sebagai liga terkuat dalam dekade pertama abad ke-21.

Sejarah Perkembangan

Format liga mulai mengalami perubahan pada akhir tahun 1950-an dan awal tahun 1960-an dengan penambahan fase playoff yang disebut Liguilla. Liga MX menggunakan satu tabel dengan 18 tim yang bermain dalam dua turnamen tahunan, dan 12 tim teratas melaju ke babak Liguilla.

Relegasi dan Promosi

Sistem relegasi di Liga MX ditentukan berdasarkan perhitungan rasio poin per pertandingan selama tiga musim terakhir. Tim dengan rasio terendah akan terdegradasi. Sementara itu, promosi ke Liga MX ditentukan melalui pertandingan dua leg antara juara turnamen Apertura dan Clausura di divisi Ascenso MX.

Keberadaan Penonton

Liga MX menarik perhatian banyak penonton. Rata-rata jumlah penontonnya adalah yang terbesar di Amerika dan ketiga terbesar di seluruh liga olahraga profesional di Amerika Utara.

Catatan Prestasi

Club Am rica telah memenangkan gelar liga sebanyak 14 kali, menjadi klub dengan gelar terbanyak dalam sejarah kompetisi ini. Guadalajara menyusul dengan 12 gelar.

Konklusi

Dalam artikel ini, kita telah membahas Liga MX, kompetisi sepak bola profesional tertinggi di Meksiko. Dari format kompetisinya hingga catatan prestasinya, Liga MX merupakan salah satu liga sepak bola paling menarik dan bergengsi di Amerika Utara.

BACA JUGA
  • Daftar Cheat GTA 5 Terlengkap PS3, PS4, PS5, PC, & Xbox 360 Bahasa Indonesia 2024!
  • 28 Aplikasi yang Disalahgunakan untuk Open BO 2024, Ternyata Bukan Hanya MiChat!
  • 9 Cara Membobol WiFi dengan HP Tanpa Root & Laptop, Bisa Akses Internet Gratis!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal