Mulai Beroperasi Mei 2024, Inilah Wujud Pabrik Tembaga Terbesar Dunia Milik Indonesia

Default

RI sedang membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) konsentrat tembaga terbesar di dunia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur. Pabrik ini dimiliki oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) dan direncanakan akan selesai pada akhir Mei 2024.

BACA JUGA
  • Jangan Sampai Tergoda! Ini Risiko Apabila Kamu Nekat Download Regedit FF Auto Headshot No Password
  • 156 Link Grup WhatsApp (WA) Jomblo, Bisnis, Viral Terbaru 2024
  • Link Download IGLookup APK dan Cara Buka IG Private Tanpa Follow
  • 7 Game Wik Wik Dewasa Khusus 18+ di HP Android, Bukan untuk Bocil!
  • 11 Chord Lagu buat Nongkrong yang Mudah Dimainkan, Bikin Ngumpul Jadi Seru!

Menurut Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, proyek pembangunan smelter tembaga ini sebenarnya telah diberikan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) pada tanggal 21 Desember 2018 dengan batas waktu penyelesaian lima tahun hingga 21 Desember 2023.

Namun, karena adanya pandemi Covid-19 yang mempengaruhi proses pembangunan, perusahaan mengajukan perubahan jadwal penyelesaian proyek kepada Kementerian ESDM.

Ragam2 11de9
XNX XNX Honeywell Gas Detector Datasheet XNX Digital
Explore the features and capabilities of the XNX Honeywell Gas Detector datasheet xnx digital. Learn about its key features, technical specifications, price, and availability.
LIHAT ARTIKEL

Meskipun jadwal penyelesaian berubah menjadi Desember 2024, Tony menyatakan bahwa pabrik smelter tersebut akan selesai dan mulai beroperasi pada akhir Mei. Pada bulan Juni, pabrik sudah akan dinyalakan meski belum melakukan proses pemurnian konsentrat tembaga.

Xxn Ad478
AWAS Salah Buka! Benarkah XXN 2023 Menampilkan Konten Vulgar 18+?
Daftar singkatan XXN terbaru tahun 2023 beserta penjelasan dan kelebihan serta kekurangannya. Benarkan isinya konten dewasa?
LIHAT ARTIKEL

Smelter ini merupakan smelter single line atau satu jalur terbesar di dunia yang memiliki kapasitas untuk menyerap konsentrat tembaga sebanyak 1,7 juta ton per tahun.

Namun, diperkirakan smelter baru dapat menyerap konsentrat tembaga sebesar 50% pada bulan Agustus dan akan meningkat secara bertahap hingga mencapai 100% pada Desember 2024.

Selvi 3e37e
Selvi Ananda Masuk Butik Mewah Sambil Tenteng Tas Puluhan Juta, Netizen: UMKM Langsung Dilupain!
Istri Gibran Rakabuming Raka jadi sorotan karena gaya hedonnya saat ngemall di Jakarta. Netizen beri sindiran pedas, sebut mereka sudah lupa soal produk lokal usai menang Pilpres. Gimana menurut kamu?
LIHAT ARTIKEL

Tony juga mengungkapkan bahwa dalam enam bulan pertama operasional pabrik, mereka masih perlu melakukan ekspor sebagian konsentrat tembaga.

Jika tidak diizinkan untuk melakukan ekspor, hal ini akan berdampak tidak hanya pada operasional perusahaan tetapi juga pada pendapatan negara.

Harimau Jawa B1e77
Dianggap Sudah Punah, Kini Peneliti Ungkap Tanda-tanda Kehidupan Harimau Jawa di Sukabumi
Jika Harimau Jawa benar-benar kembali ditemukan, maka ini bisa jadi kabar baik, guys. Semoga gak diburu oleh orang-orang tak bertanggung jawab deh!
LIHAT ARTIKEL

"Kami masih membutuhkan sebagian untuk diekspor dalam 6 bulan tersebut. Kalau seandainya tidak dibolehkan (ekspor), tentu akan berdampak bagi bukan hanya operasional perusahaan," papar Tony. "Produksi kita pasti akan kita turunkan dan juga penerimaan negara tentu saja akan berkurang."

Pabrik smelter tembaga ini akan menjadi yang terbesar di dunia dan memberikan kontribusi positif bagi industri pertambangan Indonesia. Diharapkan pabrik ini dapat meningkatkan nilai tambah produk tambang dalam negeri. Keren!

BACA JUGA
  • Daftar Cheat GTA 5 Terlengkap PS3, PS4, PS5, PC, & Xbox 360 Bahasa Indonesia 2024!
  • 9 Cara Membobol WiFi dengan HP Tanpa Root & Laptop, Bisa Akses Internet Gratis!
  • 19 Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi, Praktis dan Pasti Works!
  • 7 Aplikasi Penghasil Uang Terbaru 2024, Terbukti Aman atau Penipuan?
Tags Terkait: Out Of Tech
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal