5 Tren NFT Terbesar Sepanjang Tahun 2021, Didominasi Artis dan Gaming!

Default

Tren Non-Fungible Token (NFT) saat ini memang sedang naik daun, geng. Tidak hanya di seluruh dunia, instrumen digitalisasi karya seni yang mirip dengan aset kripto ini pun sangat digemari oleh masyarakat di Tanah Air.

Seperti yang dilansir dari Cointelegraph, Kamis (30/12/2021), volume transaksi NFT tahun ini telah disebut melampaui hingga 18 miliar dolar AS atau sekitar Rp256,7 triliun, lho!

Beragam aset digital mulai dari game, lukisan, karakter dalam game, musik, foto, hingga video pun laris manis diborong para investor maupun kolektor.

Lantas, apa saja tren terbesar yang berkembang di dunia NFT sepanjang tahun 2021 ini? Tanpa perlu basa-basi lagi, langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini, geng!

1. NFT Karya Seni

Bored Ape Yacht Club 8efc1

Sumber foto: Bored Ape Yacht Club

Untuk menjual karya seni secara tradisional, para seniman harus berkeliling dunia terlebih dahulu untuk berpartisipasi dalam sebuah pameran seni atau lelang.

Tentu saja, hal itu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki modal dalam jumlah besar, geng.

Namun, kehadiran NFT tampaknya mampu mendobrak sekat tersebut. Setiap orang pun dapat mencetak, memamerkan, dan menjual karya seni mereka dengan modal yang terbilang kecil.

Tidak hanya itu, dengan hadirnya pasar NFT yang terdesentralisasi, seluruh karya dari para seniman di seluruh dunia juga dapat saling terhubung. Belum lagi, harga NFT karya seni nggak main-main, lho.

2. NFT untuk Kegiatan Amal

Giving Block E3f8a

Sumber foto: The Giving Block

Ada pertumbuhan yang signifikan terhadap jumlah badan amal yang menerima sumbangan mata uang kripto sepanjang tahun 2021 ini, geng. Salah satu platform yang memfasilitasi transaksi semacam itu adalah Giving Block.

Pada tahun ini, sumbangan melalui platform tersebut bahkan melonjak hingga 100 juta dolar AS atau sekitar Rp1,4 triliun, jauh lebih tinggi dari tahun 2020 yang hanya sebesar 4 juta dolar AS.

Perusahaan ini memang bekerja sama dengan platform NFT sehingga sebagian dari hasil lelang dapat langsung masuk ke aset kripto non-profit, geng.

Setidaknya, hasil lelang aset NFT untuk kegiatan semacam ini telah digunakan untuk membangun sekolah dan fasilitas kesehatan di Uganda, Afrika.

3. NFT Metaverse

Ilustrasi Metaverse 1f299

Sumber foto: Blocktopia

Upaya untuk menghadirkan Metaverse, dunia digital yang terdiri 3D augmented reality, memang sedang menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia.

NFT pun pada dasarnya memiliki peranan yang sangat penting dalam Metaverse untuk menjamin keunikan aset virtual seperti halnya penggunaan avatar.

Selain Facebook yang kini telah berganti nama menjadi Meta, sejumlah perusahaan besar lainnya seperti Nike dan Adidas juga sedang berlomba-lomba untuk memasuki tren Metaverse, geng.

Para perusahaan yang Jaka sebutkan di atas juga telah bermitra dengan sejumlah pihak untuk mengembangkan karya seni NFT bagi produk-produk mereka.

4. NFT Game Play-to-Earn

Cara Mendapatkan Uang Di Axie Infinity Apk Aa89c

Sumber foto: Axie Infinity

Konsep play-to-earn sebenarnya bukan hal yang baru lagi dalam dunia game digital, geng. Dalam tren NFT, game berkonsep semacam ini dapat memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan penghasilan saat mereka bermain game.

Misalnya saja, sebuah game dapat mewakili karakter atau avatar unik sebagai aset NFT milik kamu. Tidak hanya itu, item digital lainnya yang kamu temukan saat bermain game pun juga bisa berupa NFT, lho.

Salah satu game dengan sistem NFT yang cukup sering diperbincangkan adalah Axie Infinity.

Setidaknya, game tersebut memiliki kapitalisasi pasar sebesar 9,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp132,2 triliun dan menarik lebih dari 121 ribu pengguna harian.

Melansir dari Dapp Radar, Jumat (10/12/2021), perputaran transaksi di game ini bahkan telah mencapai 51,5 juta dolar AS per hari atau sekitar Rp734,5 miliar, lho, geng.

5. NFT Artis dan Industri Hiburan

Justin Bieber Jual Nft 3d61f

Sumber foto: Instagram/justinbieber

Daftar teratas yang mendominasi tahun 2021 tentu saja adalah tren kolaborasi dunia NFT dengan industri hiburan dan artis-artis ternama, geng.

Misalnya saja pada November lalu, di mana rapper dan penulis lagu Snoop Dogg berhasil melelang kumpulan potret digital dirinya dengan banderol sebesar 700 ribu dolar AS atau setara Rp9.9 miliar.

Kemudian, ada nama penyanyi muda Justin Bieber yang mulai terjun ke dunia NFT, geng. Ia diketahui bekerja sama dengan seniman bernama Gianpiero untuk menjual sejumlah kartun digital bergambar beruang.

Snoop Dogg dan Justin Bieber adalah dua dari sekian banyak publik figur dunia yang bergabung dalam tren NFT. Bahkan, beberapa artis Tanah Air seperti Syahrini ikut menjual NFT berupa avatar dirinya sendiri, lho.

Akhir Kata

Nah, barusan tadi adalah beberapa tren terbesar yang mendominasi pasar NFT sepanjang tahun 2021 ini, geng.

Seperti yang diketahui, kombinasi antara cyptocurrency dan teknologi blockchain ini memang digadang-gadang bakal semakin bersinar lagi di tahun 2022 mendatang. Jadi, kamu jangan sampai ketinggalan, ya!

Baca juga artikel seputar NFT atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

##BACA JUGA

9 Selebriti Ternama yang Terjun ke Dunia NFT, dari Justin Bieber Sampai Syahrini!

Proyek NFT Monkey Kingdom Berhasil Diretas, Kerugian Mencapai Rp18,5 Miliar!

Justin Bieber Rilis NFT untuk Pertama Kali, Jual Karya Seni Unik Bergambar Beruang

5 Aset Kripto ini Diprediksi Bakal Berjaya Saat Web 3.0 Tiba, Bisa Dijadikan Pilihan Berinvestasi!

Syahrini Mulai Terjun ke Dunia NFT, Jual Avatar Berhijab Mirip Dirinya

5 Koleksi NFT Seni Digital Terlaris dalam Seminggu Terakhir, Terjual Ratusan Miliar!

ARTIKEL TERKAIT
Thetan Arena Artwork De303
Saingi Axie Infinity, Thetan Arena Bisa Jadi Game Play-to-Earn Nomor 1: Bisa Cuan Banyak!
Koleksi Nft Seni Digital Paling Laris E358e
5 Koleksi NFT Seni Digital Terlaris dalam Seminggu Terakhir, Terjual Ratusan Miliar!
Foto Randy Bagus Dijual Di Pasar Nft 9ff2a
Wow! Foto Randy Bagus Dibanderol Rp620 Juta di Marketplace NFT Rarible, Mau Beli?
Syahrini Jual Nft 9e27c
Syahrini Mulai Terjun ke Dunia NFT, Jual Avatar Berhijab Mirip Dirinya
Kirim Uang Kripto Lewat Whatsapp 3bb55 44682
WhatsApp Rilis Fitur Baru untuk Transaksi Aset Kripto, Semudah Berkirim Pesan!
City Seoul Metaverse 748a6
Canggih! Seoul di Korea Selatan Bakal Jadi Kota Metaverse Pertama di Dunia
Tags Terkait: gameartis
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal