Aplikasi Pemilu e-Coklit Tidak Bisa Diakses? Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Default

Kenapa aplikasi e-coklit tidak bisa dibuka? Pertanyaan memang ini sering diajukan oleh para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024. Padahal, penggunaan aplikasi e-Coklit terbilang sangat penting untuk membantu pekerjaan mereka.

Sebagai informasi, aplikasi ini adalah salah satu terobosan pemerintah untuk memudahkan tugas Pantarlih dalam melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih jelang Pemilu 2024. Aplikasi ini hanya bisa diakses oleh Pantarlih dan didaftarkan oleh Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) sebelumnya.

Sayangnya, belakangan ini banyak sekali isu yang muncul ketika para Pantarlih hendak menggunakan aplikasi ini. Beberapa diantaranya adalah aplikasi tidak bisa dibuka, terjadi error, tidak bisa login, lemot, dan masih banyak lagi.

Jika kamu juga mengalami masalah yang sama, jangan khawatir! Ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar aplikasi e-Coklit untuk Pantarlih bisa dibuka dengan lancar. Kamu dapat membaca selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Aplikasi e-Coklit Mobile Tidak Bisa Diakses

Cara Menggunakan Aplikasi E Coklit
Sumber foto: Jalantikus - cara mengatasi e coklit tidak bisa login

Biasanya, suatu aplikasi tidak bisa diakses di perangkat karena mengalami kendala teknis. Kemungkinan, beberapa penyebab ini membuat aplikasi e-Coklit tidak bisa dibuka dengan lancar:

  • Aplikasi tidak terinstal dengan sempurna
  • Perangkat tidak terhubung ke internet
  • RAM penuh
  • Penumpukan file cache
  • Bugs di sistem dan aplikasi
  • Aplikasi tidak kompatibel dengan versi HP
  • Aplikasi masih dalam versi beta

Solusi Aplikasi e-Coklit Android Tidak Bisa Dibuka

Nah, untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul saat kamu menggunakan e-Coklit, kamu bisa menjajal beberapa solusi berikut:

  1. Pastikan aplikasi terinstal dengan sempurna. Tunggu proses download hingga 100% dan jangan batalkan di tengah proses
  2. Pastikan perangkatmu terhubung ke internet, baik itu WiFi maupun data seluler. Cek juga apakah koneksinya lancar atau tidak
  3. Bersihkan HP dari file-file yang tidak perlu. Hal ini akan membuat kapasitas RAM dan memori internal jadi lebih lega. File cache yang menumpuk juga bisa dibersihkan
  4. Cek apakah aplikasi kompatibel dengan versi HP-mu. Jika tidak kompatibel, carilah versi yang cocok. Jika masih tidak ada, jangan memaksa instal APK di HP
  5. Tunggu update terbaru dari pengembangan aplikasi e-Coklit. Bugs yang ada cuma bisa dibetulkan oleh pengembangnya. Sebagai langkah awal, kamu bisa melaporkan kendala yang kamu alami ke PPK setempat.

Dengan melakukan beberapa langkah ini, diharapkan kamu bisa segera mengatasi masalah yang terjadi saat mengakses aplikasi e-Coklit ini. Jangan biarkan kesalahan teknis menganggu keberlangsungan pemilu tahun 2024, ya!

Jika masalah masih belum tertangani dengan cara-cara di atas, kamu bisa coba menghubungi customer support. Barangkali, masalahnya datang dari pihak pengembangnya.

Penyebab Aplikasi e-Coklit Mobile Lemot

Selain tidak bisa dibuka, kendala lain yang juga kerap dirasakan para pengguna aplikasi e-Coklit adalah waktu loading-nya yang sangat lama. Jika kamu merasa demikian, penyebabnya bisa jadi karena banyak hal. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Login Dua Akun dalam Satu Perangkat

Pertama, hindari menggunakan satu perangkat smartphone untuk dua akun. Hal ini dikarenakan penggunaan perangkat untuk dua akun bisa menyebabkan eror pada aplikasi.

2. OS Android Sudah Jadul

Kedua, pastikan smartphone kamu memiliki spesifikasi Android OS 6 atau yang lebih tinggi jika ingin mengakses aplikasi e-Coklit. Ini karena aplikasi e-Coklit hanya dapat diakses oleh Android yang memiliki spesifikasi sesuai yang dianjurkan.

3. Belum Punya Akun

Ketiga, jika belum memiliki akun, pastikan untuk membuat akun terlebih dahulu. Khusus aplikasi yang satu ini, pembuat akun harus merupakan petugas Pantarlih yang ditunjuk KPU.

4. Server Penuh

Sama ketika aplikasi e-Coklit tidak bisa digunakan, aplikasi bisa mengalami eror dan down jika diakses oleh terlalu banyak pengguna pada satu waktu. Sehingga, untuk menghindari hal tersebut, pengguna dapat mengakses aplikasi pada malam atau pagi hari.

5. Jaringan Internet Tidak Stabil

Terakhir, pastikan jaringan internet yang digunakan dalam kondisi baik dan stabil saat mengakses aplikasi ini. Hal ini karena internet yang buruk dapat menyebabkan aplikasi e-Coklit menjadi lemot.

Demikianlah beberapa cara praktis yang dapat diterapkan saat menggunakan aplikasi e-Coklit. Dengan menerapkan tips-tips di atas, semoga kamu sebagai pengguna dapat lebih mudah dan nyaman dalam mengakses e-Coklit Mobile. Selamat mencoba dan smeoga membantu!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel Apps atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tags Terkait: Flash News
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal