7 Artis yang Gagal Jadi Anggota Legislatif, Nggak Dipercaya Rakyat?

Default

Indonesia sebagai negara demokratis menjunjung tinggi prinsip demokrasi "dari rakyat, untuk rakyat, oleh rakyat" dalam setiap aspek, termasuk pula perihal Pemilihan Umum.

Disebut sebagai pesta demokrasi, ajang Pemilu juga dapat menjadi kesempatan bagi siapapun untuk memilih kandidat wakil rakyat atau bahkan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

Jabatan anggota dewan sendiri memang senantiasa ramai diincar oleh berbagai kalangan - tak hanya akademisi dan politisi murni, beberapa tahun belakangan dunia politik juga mulai dilirik kalangan artis.

Meski terbiasa menghibur rakyat lewat talentanya melalui layar kaca, artis-artis berikut ingin mencoba mewakili rakyat dengan mengejar posisi anggota DPR RI pada ajang Pemilihan Legislatif 2019.

Sayangnya, niat mereka tersebut gagal lantaran tak mampu bersaing dengan kandidat lainnya dari beragam latar belakang. Wah, siapa saja?

Ahmad Dhani

Ahmad Dhani Ee0fe

Selain berkiprah di ranah musik, Ahmad Dhani juga memiliki ketertarikan khusus di bidang politik sejak beberapa tahun terakhir.

Minatnya untuk berpartisipasi aktif dalam politik dibuktikan melalui terjunnya Dhani ke sejumlah Pilkada - yang dua-duanya gagal.

Ia tercatat pernah mengikuti Pilkada Kabupaten Bekasi dan menjadi caleg Partai Gerindra pada Pileg 2019 dan mengumpulkan 40.148 suara.

Bahkan, Dhani tetap mengobarkan keinginannya untuk turun ke Pilkada Surabaya 2020 lalu meski saat itu ia berstatus sebagai seorang narapidana.

Manohara Odelia Pinot

Manohara Odelia Pinot 83310

Majunya Manohara Odelia Pinot di Pemilihan Legislatif 2019 menambah daftar kalangan artis yang maju nyaleg.

Ia membawa nama Partai Nasdem dari daerah pemilihan 1 Jawa Timur yang juga meliputi Surabaya dan Sidoarjo, dan hanya berhasil mengantongi 6.865 suara yang berarti ia tak berhasil maju sebagai pemimpin rakyat.

Manohara sendiri mengaku memilih Partai Nasdem karena partai tersebut tidak meminta mahar maupun dana politik kepada kadernya.

Venna Melinda

Venna Melinda 181ea

Di dunia politik, Venna Melinda bukanlah wajah baru mengingat ia telah merambah dunia politik sejak tahun 2009 dan menduduki posisi sebagai anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrat.

Begitupun pada Pileg 2014, dirinya berhasil lolos ke Senayan dan kembali menjabat sebagai anggota dewan.

Dua kali berhasil, Venna hengkang dari PDI dan menjajal Partai Nasdem seperti halnya Manohara.

Sayangnya, meski mampu meraih sebanyak 57.060, kali ini Venna gagal melenggang ke Senayan lantaran tertinggal 83 suara dari rekan separtainya dari dapil yang sama.

Ratna Listy

Ratna Listy 4899c

Sepak terjang mantan host reality show Indonesia favorit "Bedah Rumah" ini di Pemilihan Legislatif 2019 cukup berbeda dengan rekan selebriti lainnya.

Hal tersebut lantaran Ratna Listy melakukan pelanggaran kampanye di kota kelahirannya sendiri, Madiun, serta mangkir dari panggilan Bawaslu Kota Madiun sebanyak dua kali.

Akibatnya, ia terkena larangan berkampanye selama dua minggu sebelum akhirnya hanya mendapat 2.162 suara saja.

Dengan angka tersebut, wakil dari Partai Nasdem tersebut jelas tak bisa maju ke level nasional.

Denada dan Emilia Contessa

Denada Emilia Contessa B8dfc

Pasangan anak dan ibu Denada dan Emilia Contessa kompak turun di ajang pesta demokrasi Pemilu 2019 dengan sama-sama mengusung Partai Amanat Nasional (PAN).

Emilia yang sebelumnya merupakan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Timur berhasil memperoleh suara tertinggi dibandingkan caleg PAN lainnya di dapil Jatim 4 sebanyak 29.265.

Namun, ia tak bisa melanjutkan perjuangannya karena PAN tak mendapat kursi di dapil Jatim 4.

Sementara itu, sang anak, Denada maju untuk wilayah dapil Jatim 8 dan mendapat suara yang lebih banyak dari ibundanya yaitu 43.573 suara.

Walau begitu, ia gagal mengalahkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan seorang politisi senior dari Partai Golkar yang berhasil melangkah ke Senayan.

Tessa Kaunang

Tessa Kaunang 33219

Pada Pilkada 2019 lalu, Partai Nasdem sepertinya merupakan partai yang banyak dipilih oleh selebriti Tanah Air sebagai gerbang untuk maju menjadi wakil rakyat.

Tak mau ketinggalan dengan Manohara, Venna Melinda, dan Ratna Listy, Tessa Kaunang juga memutuskan untuk menjajal karir sebagai wakil rakyat melalui partai yang diketuai oleh Surya Paloh tersebut.

Menjelang Pemilu, Tessa mengaku optimis setelah melihat respon baik dari masyarakat yang ia temui selama kampanye ke pasar dan pusat perbelanjaan di Surabaya.

Sayangnya, ia malah memperoleh suara paling sedikit dibanding rekan-rekannya sesama artis dengan 1.316 suara saja.

Akhir Kata

Itu dia artis-artis yang gagal maju jadi anggota dewan lantaran tak mendapatkan cukup suara.

Karena latar belakangnya yang kontras, masyarakat seringkali masih kurang percaya untuk memberikan suaranya kepada selebriti yang terjun ke dunia politik.

Kalau kamu, termasuk yang mau memilih artis sebagai wakil rakyat atau tidak, geng? Apa alasannya?

Baca juga artikel seputar Artis Indonesia atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Artis Indonesia Yang Mau Jadi Presiden Banner 87830
5 Artis Indonesia yang Mau Jadi Presiden, Aldi Taher Udah Siap Banget!
Artis Indonesia Yang Jadi Cover Majalah Dunia 1245e
5 Artis Indonesia yang Pernah Jadi Cover Majalah Dunia, Berprestasi!
Artis Indonesia Yang Dulunya Atheis Sekarang Beragama Banner 9ce5e
5 Artis Indonesia yang Dulunya Ateis Sekarang Beragama, Sudah Tobat!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal