J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Kerugian Menggunakan SD Card di HP Android, Main Game Jadi Lemot?

5 Kerugian Menggunakan SD Card di HP Android, Main Game Jadi Lemot?

Kamis, 20 Jun 2019, 16:00 WIB
SD card yang selama ini dianggap sebagai penolong smartphone dengan memori internal terbatas ternyata dapat menyebabkan kerugian yang mengancam Android kalian.

Memori smartphone yang besar tentu menjadi idaman semua pengguna. Alasannya simpel, semakin besar memori, maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan dalam smartphone.

SD card menjadi solusi bagi pengguna smartphone yang menginginkan storage lebih besar. Meskipun smartphone Android kini sudah banyak yang memiliki memori internal yang besar, namun nyatanya SD card masih laku, geng.

Tapi tahukah kamu mengenai kerugian-kerugian yang dapat kamu alami apabila smartphone Android kalian menggunakan SD card?

Kerugian yang Ditimbulkan Akibat Menggunakan SD Card Pada Smartphone Android

Banyak sekali smartphone Android terbaru yang sudah tidak dilengkapi dengan slot Micro SD. Alasan para produsen tersebut adalah demi kenyamanan konsumen.

Hugo Barra, mantan Wakil Presiden Xiaomi pernah mengatakan bahwa menggunakan SD card pada smartphone Android dapat mengakibatkan lemot, kehilangan data, serta aplikasi yang crash.

Benarkah menggunakan SD card pada smartphone Android-mu dapat merugikan? Apakah hal tersebut hanya strategi dagang supaya konsumen membayar mahal untuk membeli smartphone dengan storage lebih besar?

Daripada bingung, mending langsung saja simak penjelasan Jaka dalam artikel berikut ini.

1. Sulit Mencari File

Kerugian Sd Card Untuk Android 1 7494d

Beberapa jenis smartphone Android memiliki kemampuan untuk mem-format SD card untuk menjadikannya storage internal tambahan.

Meskipun demikian, bukan berarti internal dan external storage tersebut dianggap sebagai suatu kesatuan oleh smartphone-mu.

Terkadang ketika kalian sedang men-download file dengan format yang berbeda dari internet, smartphone akan mengelompokkan file tersebut berdasarkan jenis.

Nggak jarang, smartphone kalian akan menempatkan file-file tersebut di tempat yang terpisah, yaitu di internal dan external memory.

Kalau sudah begini, kalian sendiri yang nantinya akan bingung mencari file-file tersebut. Belum lagi kalau file tersebut menumpuk tanpa kalian sadari dan membuat crash smartphone kalian. Waduh!

2. Kehilangan Data Penting

Kerugian Sd Card Untuk Android 2 C38d5

Ketika smartphone kalian menggunakan SD card, kalian pasti akan menyimpan semua data-data multimedia ke dalam SD card supaya memori internal kalian dapat menampung lebih banyak aplikasi.

Ribuan foto, ribuan lagu, serta ratusan dokumen yang kalian simpan di SD card belum tentu aman lho, geng. Hal ini diakibatkan oleh siklus hidup SD card yang pendek dan mudah rusak.

Semakin sering kalian mengakses data yang berada di SD card, maka kemampuan SD card untuk membaca atau menulis memori yang terbatas menjadi berkurang.

Umur SD card memang bervariasi tergantung merk. Namun, kalau data-data di dalam SD card merupakan data penting, mending di-back up saja deh, geng.

3. Mengurangi Performa Game

Kerugian Sd Card Untuk Android 3 1e0ac

Game yang kalian download di smartphone seringkali membutuhkan space yang sangat besar. Salah satu solusinya adalah dengan memindahkan data-data game ke dalam SD card.

Game yang dimaksud adalah game-game berat dengan grafis HD dan gameplay yang rumit. File-file aplikasi serta progress game tersebut bisa mengambil space hingga belasan giga.

SD card memiliki keterbatasan speed dalam memproses dan mentransfer data. Hal ini akan mempengaruhi performa game yang kalian mainkan.

Chipset flagship serta RAM yang besar belum bisa jadi jaminan untuk memainkan game yang lancar selama kalian menyimpan game tersebut di dalam SD card.

Gejala yang terjadi biasanya game mengalami crash, kualitas grafik yang menurun, dan glitch yang dapat membuat kalian nggak fokus.

4. Menyulitkan Ganti Handphone

Kerugian Sd Card Untuk Android 4 039fa

Sebelum era smartphone, SD card sangat memudahkan kita yang ingin mengganti handphone lama kita dengan handphone yang baru.

Dengan memasukkan SD card yang terisi data-data HP lama ke dalam HP yang baru, semua data akan tersimpan secara otomatis.

Tidak seperti pemikiran orang-orang, SD card smartphone Android memiliki sifat yang berbeda dengan USB atau SD card lainnya.

Data-data yang tersimpan dalam SD card smartphone Android tidak dapat kalian pindahkan ke device atau smartphone lain dengan leluasa.

Ketika kalian mengatur SD card tersebut sebagai penyimpanan lokal Android, maka SD card tersebut akan terkunci dan hanya dapat diakses oleh device aslinya.

Merepotkan sekali yah, geng. Saran Jaka, lebih baik simpan data-data kalian di cloud supaya lebih mudah diakses dan pastinya lebih aman.

5. Smartphone Menjadi Lemot

Kerugian Sd Card Untuk Android 5 10d92

Ketika kalian menggunakan SD card dengan kualitas yang rendah, tidak hanya data yang kalian simpan di SD card saja yang terpengaruh.

Kebiasaan memindahkan data dari smartphone ke SD card atau sebaliknya akan mempengaruhi kecepatan smartphone kalian dalam memproses data.

SD card dengan kualitas tinggi juga tidak akan secepat internal memori dalam memproses data. Mending beli smartphone dengan memori internal besar saja, geng.

Pastinya bete banget ketika kalian sedang menggunakan smartphone kalian untuk bermain game tapi malah lemot dan membuat kalian kalah.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 5 kerugian yang ditimbulkan akibat menggunakan SD card pada smartphone Android. Daripada menanggung resiko seperti diatas, mendingan beli smartphone dengan memori yang leluasa, geng.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian, ya! Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Robin Smartphone Infinite Storage Banner

Robin, HP Android Dengan Memori yang Gak Ada Habisnya

40f4950d52eb4e651a874f70d689b4d7

14 Game Android Hemat Memori Di Smartphone RAM 256 MB (Part 1)

Aplikasi Hemat Kuota Dan Memori Banner

3 Aplikasi Terbaik untuk Hemat Kuota dan Memori Android

Cara Membedakan Sd Card Asli Atau Palsu Fa4ab

2 Cara Mudah Membedakan SD Card Asli atau Palsu

Cara Memindahkan Foto Lagu Video Dari Pc Ke Micro Sd Card Android Banner

Cara Memindahkan Foto, Lagu dan Video dari PC ke Micro SD Card Android

Sd Card Banner

Cara Mengetahui Kecepatan SD Card Langsung dari Android

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal