J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              HP Murah Samsung Bisa Rata Kanan PUBG? Inilah Fakta Dibalik Misterinya!

              HP Murah Samsung Bisa Rata Kanan PUBG? Inilah Fakta Dibalik Misterinya!

              00
              Senin, 17 Jun 2019, 11:00 WIB
              HP 'murah' Samsung ada yang bisa memainkan game berat PUBG dengan frame rate ektrim? Kok, bisa? Berikut adalah faktanya!

              Seperti yang kita semua ketahui, bermain game berat sekelas PUBG tentunya harus membutuhkan spesifikasi HP yang mumpuni.

              Namun, untuk mendapatkan HP Android dengan spesifikasi gahar tersebut kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam karena pada umumunya HP seperti ini dibanderol dengan harga yang mahal.

              Tapi ternyata, ada lho HP 'murah' Samsung yang bisa memainkan game PUBG dengan settingan grafis high 60 FPS, geng!

              Bagaimana penjelasan sebenarnya? Simak pembahasannya berikut ini ya, geng!

              3 Teori Mengapa Samsung Galaxy A50 Bisa Mencapai 60FPS Saat Bermain PUBG

              Yap, HP tersebut adalah Samsung Galaxy A50 yang dirilis pada tanggal 29 Maret lalu, geng.

              Banyak sekali tech reviewer, YouTuber dan pengguna HP Samsung Galaxy A50 yang shock dengan kemampuan HP ini saat digunakan untuk bermain PUBG.

              Pasalnya, Samsung Galaxy A50 mampu menghasilkan setting-an Smooth-Extreme saat bermain PUBG Mobile.

              Padahal, prosesor dan GPU Samsung Galaxy A50 tidak menggunakan jeroan versi kelas atas karena HP ini memang masuk kategori Mid-End saja.

              Samsung Galaxy A50 ini terhitung 'murah' karena berada dikisaran Rp4 jutaan saja, tetapi bisa memainkan PUBG dengan settingan tinggi.

              Lalu, sebenarnya apa, sih, yang membuat HP Samsung Galaxy A50 ini bisa memainkan game PUBG dengan settingan grafis high? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

              Menggunakan GFX Tools built-in

              gfx_tools

              Banyak yang menduga faktor penyebab HP Samsung Galaxy A50 ini bisa memainkan game PUBG dengan settingan grafis ekstrim adalah karena menggunakan GFX Tools built-in.

              Buat kamu yang belum tahu, GFX Tools adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk membuka settingan FPS ekstrim pada game PUBG, geng.

              Aplikasi ini dipercaya bisa meningkatkan FPS gameplay menjadi lebih baik lagi dengan cara mengurangi beban grafis.

              Oleh karena itu, nggak sedikit para gamer yang menggunakan aplikasi ini untuk mengubah settingan grafis menjadi super smooth.

              Lalu, apakah benar teori yang menyebutkan bahwa Samsung Galaxy A50 ini menggunakan GFX Tools built-in sehingga bisa memainkan game PUBG rata kanan?

              Menurut salah satu vlogger teknologi di channel YouTube miliknya yaitu Sobat HAPE mengungkapkan bahwa hal tersebut nggak benar, geng.

              Jadi, info yang menyebutkan bahwa Galaxy A50 menggunakan GFX Tools built-in ini ternyata hanya hoax belaka.

              Menggunakan GPU Seperti Galaxy S9

              gpu_mali

              Teori lainnya menyebutkan bahwa faktor yang membuat HP Samsung Galaxy A50 mampu memainkan game PUBG rata kanan adalah karena menggunakan GPU yang sama seperti Galaxy S9.

              Sebagai informasi, kedua HP besutan Samsung ini memang sama-sama mengadopsi GPU Mali G72, geng.

              Namun, di Samsung Galaxy A50 jenis GPU yang digunakan adalah Mali G72 MP3 yang tentunya lebih rendah dari Galaxy S9 yang menggunakan GPU Mali G72 MP18.

              Jadi, meskipun menggunakan jenis GPU yang sama dengan HP flagship Samsung Galaxy S9, nayatanya jumlah Multi Processing (MP) Galaxy A50 jauh lebih rendah yang artinya nggak sepenuhnya setara, geng.

              Meskipun begitu, ajaibnya penggunaan GPU Mali G72 di Galaxy A50 ini tetap mampu menjalankan game PUBG di frame rate ekstrim.

              Soalnya, di HP Oppo F11 Pro yang juga menggunakan jenis GPU yang sama nyatanya nggak mampu memainkan PUBG rata kanan layaknya Samsung Galaxy A50 lho.

              Lalu, sebenarnya apa yang membuat HP Samsung Galaxy A50 ini mampu memainkan game PUBG dengan settingan grafis tinggi? Yuk, baca poin selanjutnya setelah ini, geng.

              Versi Vulkan API

              versi_vulkan
              Sumber foto: Sobat HAPE

              Buat kamu yang masih asing dengan kata ini, jadi Application Programming Interface (API) adalah teknologi untuk memfasilitasi pertukaran informasi atau data antara dua atau lebih aplikasi perangkat lunak.

              Singkatnya, API ini digunakan sebagai alat oleh para pengembang aplikasi untuk mengembangkan suatu aplikasi termasuk game.

              Sementara, Vulkan adalah sebuah API yang fokus memberikan performa grafis tinggi yang diklaim mampu memberikan performa yang lebih mumpuni daripada Open GL.

              Menurut riset benchmark yang dilakukan oleh channel YouTube Sobat HAPE menggunakan aplikasi 3DMark, hasilnya menunjukkan bahwa secara hardware, Vulkan dan Open GL ES 3.1 memiliki kemampuan yang setara dengan skor di angka 1.280-an.

              benchmark
              Sumber foto: Sobat HAPE

              Namun, untuk performa Vulkan keduanya terpaut 117 poin. Di mana versi Vulkan yang digunakan pada Samsung Galaxy A50 meraih skor lebih tinggi yaitu 1.384, sementara Oppo F11 Pro meraih skor sebesar 1.267.

              Hal itulah yang menjadi faktor kenapa HP Samsung Galaxy A50 yang meskipun menggunakan GPU yang sama dengan Oppo F11 Pro, namun bisa memainkan game PUBG dengan frame rate grafis ekstrim, geng.

              Akhir Kata

              Itulah fakta sebenarnya mengenai misteri HP 'murah' Samsung Galaxy A50 yang bisa memainkan game PUBG rata kanan, geng.

              Ternyata meskipun memiliki spesifikasi hardware yang sama, tapi jika versi API Vulkan yang digunakan berbeda maka hal itu akan memengaruhi performanya.

              Baca juga artikel seputar Gadget menarik lainnya dari Shelda Audita.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal