J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Bersiaplah! Tren Belanja Online Mulai Jadi Kebiasaan di Indonesia

              Bersiaplah! Tren Belanja Online Mulai Jadi Kebiasaan di Indonesia

              00
              Sabtu, 19 Nov 2016, 11:30 WIB
              Tren belanja online sudah mulai menjadi kebiasaan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Perkembangan ini menarik Google untuk melakukan riset agar para marketer e-commerce dapat mempersiapkan langkah sebelum 12 Desember mendatang.

              Tren belanja online sudah mulai menjadi kebiasaan bagi kalangan masyarakat di Indonesia. Smartphone kini menjadi asisten belanja baru bagi masyarakat Indonesia. Apakah kamu salah satu marketer e-commerce?

              Google meluncurkan sebuah riset terbaru sehubungan dengan e-commerce tahun 2016 di Indonesia, Kamis (17/11). Menjelang puncak musim belanja pada 12 Desember ini, para marketer e-commerce diajak untuk mempersiapkan diri untuk jadi yang terbaik menjelang akhir tahun.

              BACA JUGA
              • Google Luncurkan Aplikasi PhotoScan: Foto Masa Lalu Bertemu Teknologi Masa Depan
              • Hasil Terjemahan Google Translate Kini Tidak Ngaco Lagi
              • Jelajah Tempat Seru di Yogyakarta dengan Google App

              Masyarakat Indonesia Gunakan Smartphone Sebagai Asisten Belanja Baru

              E-commerce Pict 1

              Tren yang mendominasi adalah smartphone. Sebesar 43% masyarakat Indonesia sekarang memiliki ponsel pintar. Jika dibandingkan dengan negara seperti Singapura atau Korea Selatan, jumlah ini tergolong rendah (masing-masing 91%).

              Lalu apa yang menarik? Sebesar 71% (angka yang paling tinggi di Asia Pasifik) masyarakat Indonesia mengatakan bahwa ponsel pintarnya adalah perangkat utama untuk online. Indikasi lain adalah meningkatnya waktu penggunaan di ponsel pintar.

              Rata-rata kebanyakan pengguna menghabiskan lebih dari 2 jam (136 menit) tiap harinya di smartphone, dan hanya di bawah 1 jam (52 menit) di komputer desktop. Dengan informasi ini dapat disimpulkan bahwa banyak masyarakat Indonesia menggunakan smartphone mereka sebagai asisten belanja baru.

              Bagaimana dengan Temuan Google?

              E-commerce Pict 2

              Tren e-commerce Indonesia pada tahun 2016, sebagai berikut:

              • Para shopper online Indonesia mencintai situs dan aplikasi yang membantu. Sebesar 92% mengatakan mereka akan membeli lewat sebuah aplikasi atau situs yang memberikan informasi relevan dan membantu.
              • Para shopper ponsel pintar selalu terbuka mengenai pilihannya. Sebesar 87% mengatakan mereka telah berubah pikiran menjadi sebuah merek atau brand di toko setelah membaca informasi produk di smartphone mereka.
              • Perangkat mobile adalah pintu ke toko. Sebesar 77% mengatakan mereka telah mengunjungi sebuah toko atau situs yang berhubungan setelah melakukan pencarian informasi sebuah produk di ponsel mereka.
              • Tren musiman belanja online pada akhir tahun telah mapan sebagai sebuah titik pada kalender e-commerce di Indonesia. Tahun lalu, brand seperti blibli.com dan Lazada melihat adanya kenaikan dalam transaksi sebesar 9x dan 10x atas penjualan rata-rata mereka.
              • Kategori tertinggi dari pencarian produk Indonesia selama musim belanja akhir tahun ialah produk kecantikan dan personal care, gadget dan aksesori, pakaian, serta perlengkapan bayi.
              • Menjelang 12 Desember 2016, pencarian paling tinggi untuk brand e-commerce di Indonesia ialah Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, dan blibli.com.

              Lalu Apa Artinya Bagi Marketer E-Commerce?

              E-commerce Pict 3

              Google telah menyusun lima tips paling top bagi marketer sehingga mereka dapat mengambil keuntungan dari tren ini, yaitu:

              • Segera persiapkan dengan baik kampanye belanja akhir tahun kamu. Gunakan kombinasi pencarian maupun iklan video yang menarik guna mencapai para pembeli.
              • Wajib ada di smartphone. Gunakan Mobile bid adjustments untuk memastikan brand kamu ada saat pembeli berbelanja. Untuk kampanye pencarian, kamu dapat mengirimkan pengguna smartphone ke halaman yang tepat di situs kamu menggunakan mobile URL.
              • Kelola bid kamu secara efisien dan efektif. Gunakan Smart Bidding di AdWords guna memaksimalkan kinerja kamu.
              • Jadikan brand kamu ke dalam lingkup pertimbangan. Targetkan halaman pencarian YouTube yang relevan dengan brand kamu.
              • Jangan lewatkan mereka yang bersedia membeli produk kamu. Monitor anggaran dan tinjau kembali click-share harian agar memastikan tidak kehilangan pembeli. Tingkatkan tawaran dan anggaran, dan jangan lupa tetap buka walau musim liburan telah selesai.

              Nah, itulah hasil riset e-commerce yang sudah dilakukan Google! Ikutin langkahnya, dijamin pembeli bakal datang ke market e-commerce kamu.

              APPS TERKAIT
              Google Play Store 13.5.56
              Apps Google Inc.
              Google Earth Pro 7.1
              Apps Google Inc.
              Google Camera 6.1.021
              Apps Google Inc.
              Blush: Belanja Fashion & Hijab 1.0.1
              Apps Mainspring
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal