5 Kecepatan Motor Listrik Paling Ngebut, Bisa Tembus hingga 300 Km/jam!

Default

Kecepatan motor listrik sering kali dianggap sebagai kelemahan terbesar dari kendaraan ramah lingkungan yang satu ini. Motor listrik sejatinya memang tidak dirancang untuk bisa dipacu dengan kecepatan di atas rata-rata.

Tak bisa dimungkiri, faktor tersebut menjadi salah satu penyebab utama dari banyaknya orang yang masih ragu untuk beralih ke kendaraan jenis ini. Alasan tersebut sah-sah saja untuk dijadikan salah satu pertimbangan.

Untungnya, ternyata ada motor listrik "istimewa" yang dibekali dengan kecepatan tinggi dan bahkan bisa menyaingi motor konvensional berbahan bakar minyak. Meski tidak banyak, setidaknya dapat dijadikan pilihan.

Penasaran dengan deretan motor listrik berkecepatan tinggi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Zero SR

Zero SR
Sumber foto: Zero Motorcycle - Kecepatan Motor Listrik

Zero SR jadi salah satu nama yang mematahkan anggapan bahwa sepeda motor listrik tidak bisa ngebut dengan raihan kecepatan maksimal 199 km/jam. Kerennya, motor listrik ini jadi salah satu yang bisa kamu beli di Indonesia langsung.

Motor listrik ini mampu mengalahkan Ducati Panigale 959 di lintasan drag tahun 2020 lalu. Dalam kondisi baterai penuh, motor ini mampu menempuh jarak 218,8 km. Kemampuan pengisian canggihnya membuat baterai mampu terisi penuh dalam waktu 1 jam saja.

Meski dikategorikan dalam entry level alias motor listrik paling bawah, Zero SR ditawarkan dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Ditawarkan dalam desain futuristik, harga motor listrik ini dibanderol sekitar Rp310 jutaan.

2. Rakata NX8

Rakata NX8
Sumber foto: Motor1 - Kecepatan Motor Listrik

Rakata NX8 adalah motor listrik bergaya sport yang resmi hadir pertama kali di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Motor ini menarik perhatian karena tampil dengan mengusung konsep naked sport.

Spesifikasi Rakata NX8 memiliki dimensi panjang 2.040 mm, lebar 815 mm, dan tinggi 1.040 mm. Motor listrik ini memiliki lampu depan bulat diklam bergaya Japanese retro klasik yang sudah berjenis LED.

Motor Rakata NX8 dibekali baterai 72V 50Ah built-in lithium ion, dengan dinamo penggerak 2.000 watt yang bisa mencapai 85 km/jam. Hadir dengan dua pilihan warna hitam dan putih, motor listrik ini dibanderol sekitar Rp54 jutaan.

3. Nusa Khatulistiwa

Nusa Khatulistiwa
Sumber foto: IST - Kecepatan Motor Listrik

Nusa Khatulistiwa merupakan motor listrik sport Indonesia, karene digarap oleh produsen lokal bernama Nusa Motors. Motor listrik bertenaga baterai ini memang dirancang ada di segmen sport.

Nusa Khatulistiwa disebut menjadi motor listrik premium yang bermain di segmen khusus, seperti merek Tesla hanya saja kendaraan roda dua. Motor ini hadir dalam dua varian, yakni Basic yang memiliki kecepatan puncak 150 km/jam dan TooFast yang bisa digeber hingga 200 km/jam.

Soal harga, motor listrik Nusa ini ditawarkan dengan harga Rp140 juta untuk varian Basic dan varian TooFast dibanderol sekitar Rp180 juta dengan opsi full customize.

4. Lightning LS-218

Lightning LS 218
Sumber foto: IST - Kecepatan Motor Listrik

Lightning LS-218 diklaim sebagai motor listrik tercepat di dunia yang bahkan mengalahkan Suzuki Hayabusa. Padahal, kala itu Suzuki Hayabusa adalah sepeda motor yang mampu mencapai mencapai 310 km/jam

Mencatatkan 350.8 km/jam, Lightning LS-218 pun menjadi motor listrik tercepat di dunia dan mampu bersaing melawan motor konvensional pada umumnya. Motor ini juga memiliki tenaga mencapai 200 horsepower dan torsi 227 Nm.

Desainnya terlihat sangat sporty dan disempurnakan oleh suspensi buatan Ohlins pada bagian depan serta belakangnya. Soal harga, motor listrik ini dibanderol sekitar Rp546 juta.

5. Alva One

Spesifikasi Mesin Motor Listrik Alva One
Sumber foto: Motor1 - Kecepatan Motor Listrik

Alva One adalah sepeda motor listrik full electric vehicle (EV) dengan tampilan desain bergaya urban yang sekilas mirip Honda PCX. Motor listrik ini menjadi produk pertama IMG yang diproduksi di Cikarang.

Motor listrik produksi lokal ini mengusung desain sporty layaknya skutik besar ala Eropa yang saat ini tengah menjadi tren di Tanah Air. Meski bongsor, bodi motor ini tetap lebih ramping dibanding sebut saja Yamaha NMAX atau Honda PCX.

Baterai Alva One sendiri berkapasitas 60V/45Ah yang diklaim dapat digunakan untuk jarak tempuh cukup jauh, yakni sekitar 70 km dalam kondisi penuh. Motor listrik yang dibanderol Rp34,9 juta ini punya kecepatan maksimal 90 km/jam.

Kesimpulan: Mana Motor Listrik Tercepat?

Kebanyakan motor listrik yang saat ini tidak atau belum secepat dibanding motor konvensional membuat pilihan masyarakat pun masih terbatas. Namun, jika kecepatan bukanlah pertimbangan utama, motor listrik lebih memiliki keunggulan pada aspek lain.

Berdasarkan rekomendasi yang sudah Jaka himpun di atas, Lightning LS-218 jelas merupakan pemenang dari motor listrik tercepat. Mencatatkan kecepatan 350.8 km/jam, motor listrik ini bahkan bisa lebih unggul dibanding motor konvensional.

Daftar Kecepatan Motor Listrik Terbaik

  1. Zero SR
  2. Rakata NX8
  3. Nusa Khatulistiwa
  4. Lightning LS-218
  5. Alva One

Akhir Kata

Itulah deretan kecepatan motor listrik terbaik yang membuktikan bahwa kendaraan roda dua jenis ini tidak kalah dibanding motor konvensional dalam hal top speed. Bila diperhatikan, hampir semua daftar di atas merupakan motor listrik jenis sport.

Motor listrik jenis ini memang datang dengan spesifikasi berbeda dibanding kebanyakan motor listrik pada umumnya. Rata-rata, sepeda motor listrik memiliki kecepatan maksimal di angka 70 km/jam.

Hal tersebut juga yang menyebabkan harga motor listrik dengan kecepatan lebih tinggi dibanderol mahal. Tidak seperti motor listrik murah atau terjangkau yang lebih berfokus pada fleksibilitas pengguna.

Baca juga artikel Mobil Tesla Termurah, Motor Listrik Murah Terbaik, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tags Terkait: electric vehicle
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal