Bersiaplah! 5 Aplikasi Android Populer yang Mati di 2017!

27 January 2017

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, mendorong banyak pengembang menciptakan berbagai aplikasi populer. Persaingan yang semakin ketat pun membuat para pengembang bahkan membuat aplikasi yang sejenis, guys.

Kalah bersaing, user interface yang kurang menarik, dan harus mengikuti perkembangan teknologi membuat beberapa aplikasi menutup layanannya. Nggak terkecuali untuk beberapa aplikasi Android terpopuler berikut. Didominasi oleh aplikasi sosial media, berikut adalah 5 aplikasi Android populer yang mati di 2017. Apakah salah satunya kesukaanmu?

Inilah 5 Aplikasi Android Populer yang Mati di 2017

1. Picasa

masukkan deskripsi gambar disini

Sebelum hadirnya Google Photos, para pengguna Android terlebih dahulu mengenal aplikasi foto dan video, Picasa. Semenjak dibeli oleh Google sejak 2004, aplikasi ini tetap tidak mampu menggaet banyak pengguna berbasis Android.

Hadir dengan fitur lebih baik, pada akhirnya Google Photos menggerus eksistensi Picasa yang ditutup sejak 2016 lalu. Pengguna diberikan opsi untuk beralih menggunakan Google Photos atau menyimpan data-datanya apabila tidak mau beralih.

2. Vine

masukkan deskripsi gambar disini

Buat kamu yang kenal ZachKing pasti nggak akan ketinggalan akan video lucu yang hanya berdurasi 6 detik. Semenjak diakuisisi oleh Twitter pada 2013, akhirnya aplikasi video pendek ini ditutup. Pada Oktober 2016, situs microblogging ini mengumumkan penutupan Vine.

Namun, Vine tidak benar-benar tutup. Vine saat ini telah berubah nama menjadi aplikasi bernama Vine Camera dengan tetap mempertahankan fitur video pendeknya. Yang membedakannya, jika dulu Vine merupakan aplikasi sosial media, kali ini Vine Camera hanya sebatas aplikasi kamera saja.

Wow! Vine Tidak Jadi Ditutup, Hanya Berganti Nama
Wow! Vine Tidak Jadi Ditutup
Wow! Vine Tidak Jadi Ditutup, Hanya Berganti Nama
Baca

3. Google Hangouts

masukkan deskripsi gambar disini

Dengan hadirnya layanan Google Allo dan Google Duo, membuat Google berpikir untuk menghentikan layanan Google Hangouts. Dalam FAQ terbaru untuk API Google Hangouts, dikabarkan bahwa beberapa fitur Hangouts tidak bisa digunakan aplikasi pihak ketiga mulai 25 April 2017.

Nggak dihentikan sepenuhnya, Google akan memfokuskan Hangouts pada sektor bisnis dibanding sosial media pada umumnya. Hal ini pun sudah dipenuhi dengan kehadiran Google Duo pada layanan video calling dan Allo untuk instant messaging.

4. WhatsApp

masukkan deskripsi gambar disini

Aplikasi Android terpopuler WhatsApp juga dikabarkan akan mati pada awal tahun 2017. Bukan pada semua perangkat, melainkan pada beberapa perangkat lawas seperti Android 2.1, Android 2.2, Windows Phone 7, dan perangkat iOS 6 ke bawah.

Namun sebagian dari kamu masih dapat bergembira. Bagi para pengguna beberapa sistem operasi seperti BBOS, BlackBerry 10, platform Nokia S40 dan Nokia Symbian S60, layanan WhatsApp masih dapat digunakan hingga 30 Juni 2017.

Cara Mudah Mengubah Tema WhatsApp Tanpa Root
Cara Mudah Mengubah Tema WhatsApp Tanpa Root
Cara Mudah Mengubah Tema WhatsApp Tanpa Root
Baca

5. Telegram

masukkan deskripsi gambar disini

Aplikasi yang punya fitur hampir sama seperti WhatsApp ini menawarkan pengalaman berbeda dalam menggunakan layanan instant messaging-nya. Hadir lebih ringan dan adanya fitur game di dalam obrolan membuat banyak pengguna beralih menggunakan Telegram.

Hal yang sama pun dilakukan oleh Telegram yang menghentikan layanan untuk platform Android lawas, mulai versi Android 2.2 hingga Android 3.0. Jadi, pengguna Android minimal menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich untuk tetap menerima versi pembaruan aplikasi Telegram.

Nah, itulah 5 aplikasi Android populer yang mati di 2017. Upgrade sistem operasi atau beralih menggunakan perangkat yang lebih baru bisa jadi solusi. Bagaimanakah menurutmu? Jangan lupa share pendapat kamu pada kolom komentar ya!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar