Penyebab & Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Telkomsel Terbaru

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 12 October 2022, 20:30
Tidak bisa cek pulsa Telkomsel? Tenang saja berikut ini penjelasan kenapa tidak bisa cek pulsa Telkomsel dan cara mengatasinya terbaru 2021!

Apakah kamu pernah mengalami tidak bisa cek pulsa Telkomsel? Apalagi jika kamu sedang dalam keadaan darurat, pastinya sangat menjengkelkan dan bikin panik dong?

Akan percuma juga jika kamu sudah hutang pulsa Telkomsel dengan tujuan untuk membeli paket internet, tapi ternyata untuk mengecek saldo yang terisa saja nggak bisa.

Oleh karena itu, mengetahui alasan tidak bisa cek pulsa Telkomsel serta cara mengatasinya penting banget nih buat kamu ketahui, geng.

Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

Penyebab Tidak Bisa Cek Pulsa Telkomsel

Tidak ada air kalau tidak ada api, tidak ada cara mengatasi kalau tidak muncul penyebabnya. Ya! Ada beberapa alasan penyebab kenapa kartu Telkomsel tidak bisa telpon dan cek pulsa.

Mengetahui hal ini pun sama pentingnya dengan cara untuk mengatasinya. Karena dengan begitu, kamu jadi tahu langkah awal yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah sebelum akhirnya meminta bantuan ke pusat layanan pelanggan Telkomsel, GraPARI.

Lantas, mengapa saya tidak cek pulsa Telkomsel? Mungkin salah satu dari poin-poin berikut ini yang menjadi penyebabnya, geng.

ADVERTISEMENT

Umumnya, penyebab tidak bisa cek pulsa Telkomsel terparah yaitu saat kartu sudah tidak aktif. Kalau sudah begitu cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati atau tidak aktif bisa menjadi solusi buat kamu coba.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Telkomsel

Pernah bertanya-tanya kenapa tidak bisa cek pulsa Simpati? Atau mungkin kartu As dan Halo?

Sebenarnya, kalau kamu sudah memahami sejumlah alasan kenapa tidak bisa mengecek pulsa Telkomsel, kamu akan bisa mengidentifikasi solusi atau cara mengatasinya.

Berikut ini adalah sejumlah cara mengatasinya sekaligus cara cek pulsa Telkomsel terbaru. Simak hingga selesai, ya!

1. Cek Pulsa Berulang

Sumber foto: Istimewa - Cek Pulsa Berulang

Gangguan jaringan yang tengah bermasalah atau penuh, umumnya akan menyebabkan pengguna yang ingin mengirimkan permintaan untuk cek pulsa melalui kode dial mengalami masalah.

Sehingga cara pertama ini bisa kamu coba sebagai solusi pertama. Caranya cukup mudah yakni kamu hanya perlu mengirimkan kode dial perintah *888# secara berulang.

Kamu bisa juga memberikan jeda waktu dari satu permintaan ke permintaan yang lainnya. Umumnya masalah jaringan ini tidak akan berlangsung terlalu lama.

2. Gunakan Mode Pesawat untuk Sesaat

Sumber foto: Istimewa - Gunakan Mode Pesawat untuk Sesaat

Cara satu ini yang paling umum digunakan oleh para pengguna semua operator ketika mereka tidak bisa mengecek sisa pulsa, yakni dengan mengaktifkan mode pesawat pada perangkat smartphone.

Lantaran fungsi dari mode pesawat ini adalah menonaktifkan seluruh jaringan termasuk jaringan provider, jadi hal ini mirip seperti kamu restart jaringan pada perangkat.

Biasanya kamu memerlukan jeda sekitar satu menit setelah mengaktifkan mode pesawat, sebelum mematikannya kembali untuk memastikan bahwa jaringan yang terhubung pada perangkat benar-benar sudah mengalami penyegaran.

3. Restart HP

Sumber foto: Istimewa - Tidak bisa cek pulsa Telkomsel

Cara ketiga ini juga salah satu cara yang umum dan sering dilakukan ketika pengguna merasa semua langkah yang dilakukan sebelumnya tidak ampuh mengatasi masalah tersebut.

Yakni kamu hanya perlu memulai ulang perangkat smartphone milikmu. Ketika sistem di HP gagal mengeksekusi sebuah program, maka biasanya kondisi ini akan memicu jaringan yang terhubung tidak bisa kamu gunakan.

Sementara itu, me-restart HP memungkinkan perangkat untuk mencari jaringan baru yang lebih baik. Gampang banget, bukan?

4. Cek Pulsa lewat SMS

Sumber foto: Istimewa - Tidak bisa cek pulsa Telkomsel

Biasanya, kalau ingin cek pulsa menggunakan SMS, jaringan akan jauh lebih stabil dan normal dibandingkan dengan menggunakan kode dial, geng.

Kamu tinggal ketik "UL INFO" dan kirim ke 3636. Tunggu beberapa saat maka kamu akan mendapatkan balasan dari pihak Telkomsel tentang jumlah pulsa dan kuota yang tersisa.

Dengan cara cek sisa pulsa lewat SMS ini, kamu tidak akan dikenai biaya apabila kamu merupakan pelanggan kartu Telkomsel prabayar.

5. Cek Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Sumber foto: Istimewa - Tidak bisa cek pulsa Telkomsel

Apabila kamu pengguna tetap dari provider Telkomsel baik prabayar maupun pascabayar, tentu tahu layanan aplikasi MyTelkomsel dong?

Aplikasi yang bisa kamu download baik di Google Play Store atau Apps Store ini menyediakan semua layanan Telkomsel dalam satu aplikasi, termasuk untuk mengecek pulsa.

Salah satunya ada cara cek pulsa Telkomsel terbaru, sehingga kamu tidak perlu repot-repot menggunakan kode dial ataupun melalui SMS, geng.

6. Mengunjungi Sosial Media Telkomsel

Sumber foto: Istimewa - Tidak bisa cek pulsa Telkomsel

Telkomsel juga menyediakan sejumlah layanan melalui media sosial yakni Facebook, Twitter, dan Instagram.

Nah, ketiga media sosial tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengirimkan laporan dan keluhan kartu Telkomsel yang kamu hadapi.

Hanya saja, cara ini biasanya memang akan membutuhkan waktu lebih lama dan ada kemungkinan juga pihak customer care Telkomsel tidak membaca keluhanmu karena tertumpuk oleh keluhan pengguna lain, geng.

7. Menghubungi Call Center

Sumber foto: Istimewa - Tidak bisa cek pulsa Telkomsel

Apabila cara-cara yang paling biasa digunakan tadi tidak berhasil mengatasi masalah kartu Telkomsel tidak bisa cek pulsa, kamu bisa coba cara mengecek pulsa Telkomsel berikut sambil melaporkan kendala tersebut.

Maka kamu bisa coba menghubungi customer care atau call center Telkomsel, geng. Kamu tinggal menelepon ke nomor 188.

Sebagai catatan, kamu nantinya dikenai biaya panggilan senilai Rp300,-/panggilan. Kamu cukup melaporkan masalah di mana kamu tidak bisa cek pulsa Telkomsel.

Akhir Kata

Demikianlah informasi lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi tidak bisa cek pulsa Telkomsel terbaru, geng.

Sebaiknya, sebelum kamu mencoba langkah-langkah yang dirasa terlalu rumit, mending kamu coba cek masa aktif kartu Telkomsel dulu. Siapa tahu ternyata kartunya sudah hangus, kan?

Silakan share dan berikan komentar pada artikel ini untuk dapat terus mendapatkan informasi, tips & trik, serta berita seputar teknologi di JalanTikus.com.

Baca juga artikel seputar Internet atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Harga Paket Internet XL Terlengkap 2022, dari Kuota Terbaru Sampai Unlimited

Paket Internet Indosat November 2021, Mulai Rp2 Ribuan!

Daftar Harga Paket Internet Tri (3) Update Agustus 2023, Lengkap!

Daftar Harga Paket Internet Telkomsel Terbaru September 2023, Banyak Pilihan!

Daftar Paket Internet Unlimited Semua Operator Terbaru dan Terlengkap 2023

Kembali Keatas