5 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati, Nomor Hangus Bisa Digunakan Lagi!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 09 September 2023, 12:30
Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati ternyata gampang banget. Berikut panduan cara reaktivasi kartu Telkomsel paling mudah dan ter-update 2023!

Kamu punya kartu SIM Telkomsel yang sudah tidak aktif lagi karena jarang digunakan? Jangan buang dulu, geng. Kartu dan nomor kamu yang sudah mati itu masih bisa diaktifkan kembali dengan beberapa cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati. Kamu tidak perlu datang ke GraPARI atau menelepon Call Center Telkomsel.

Kartu SIM yang sudah mati atau hangus berarti sudah dinonaktifkan oleh provider karena tidak ada aktivitas selama periode tertentu.

Jika nomor Telkomsel milikmu sudah mati dan kamu ingin menghidupkannya lagi, jangan khawatir, geng. Di artikel ini, kami akan memberikan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati dengan mudah. Pastikan kamu baca sampai habis, ya!

1. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Mati Kurang dari 15 Hari

Sumber foto: Liputan 6

Berdasar hasil riset yang dilakukan Jaka, selama kartumu masih memasuki masa tenggang kurang dari 15 hari, maka kartu Telkomsel milikmu masih bisa diaktifkan lagi.

Jika sudah lebih dari 15 hari tapi masih belum genap sebulan pasca masa tenggang, maka kemungkinan nomor tersebut bisa diaktifkan menjadi lebih kecil. Namun, masih bisa, kok, dengan syarat kamu menyebutkan alasan urgent-nya kenapa, geng.

Jika sudah lebih dari sebulan alias melewati masa tenggang, maka kartu Telkomselmu tidak akan bisa diaktifkan lagi karena sudah terhapus by system, mau alasan apapun itu. Mau tak mau, kamu harus membeli kartu perdana baru.

2. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel via Telkomsel E-Care

Sumber foto: Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati secara online

ADVERTISEMENT

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus selanjutnya adalah menggunakan media sosial resmi Telkomsel, baik Facebook, Twitter, atau Instagram (Telkomsel E-Care).

Namun, jika kamu ingin respon yang lebih cepat, Jaka sarankan menggunakan Twitter. Hal ini berdasarkan pengamatan Jaka atas akun Twitter @Telkomsel yang jauh lebih tanggap dalam menanggapi keluhan konsumen.

Berikut panduan reaktivasi kartu Telkomsel:

  1. Buka Twitter.
  2. Kunjungi akun @Telkomsel.
  3. Tekan opsi Pesan Langsung (Direct Message).
  4. Ajukan permohonan dengan format: nomor, waktu dan tanggal masa tenggang berakhir, dan lokasi.
  5. Tunggu hingga admin Telkomsel mengecek status nomor tersebut.
  6. Jika sesuai dengan syarat dan ketentuan, kartu tersebut bisa diaktifkan kembali.

3. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel via Call Center Telkomsel

Sumber foto: Telkomsel - Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati tanpa ke GraPARI

Seperti yang Jaka bilang di atas, jika ternyata masa tenggang kartu Telkomselmu masih kurang dari 15 hari, maka kamu bisa melakukan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati tanpa pergi ke GraPARI.

Caranya, kamu hubungi dulu Call Center Telkomsel di nomor 0807 1 811 811 atau juga bisa di 188.

Berapa biaya mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati? Panggilan ini akan dikenakan biaya Rp300, jadi pastikan kalau kamu sudah cek pulsa Telkomsel-mu, ya!

Nantinya, kamu bisa mengatakan permasalahanmu dengan rinci kepada customer service (CS) yang melayani.

Biasanya, CS Telkomsel tetap akan memintamu untuk datang ke GraPARI dan mengurusnya secara langsung. Namun, dengan menelepon CS Telkomsel, kamu bisa memberitahu pihak provider lebih awal bahwa nomormu yang tidak aktif itu masih dipakai dan akan diaktifkan secepatnya.

4. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel dengan *888*89#

Sumber foto: Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel 2023 - kartu telkomsel hangus tidak ada sinyal

Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan menghubungi nomor UMB alias kode dial *888*89#. Hanya saja, panduan ini hanya berlaku bagi para pemegang kartu Telkomsel prabayar.

Berikut panduan mengaktifkan kartu Telkomsel prabayar dengan *888*89#:

  1. Buka menu Dial.
  2. Hubungi nomor USSD *888*89# menggunakan nomor yang mati.
  3. Pilih opsi "Reaktivasi Kartu".
  4. Pilih opsi "Setuju".
  5. Masukkan NIK KTP dan KK.
  6. Telkomsel akan mengirim SMS pemberitahuan apakah nomor HP bisa diaktifkan atau tidak.

5. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel ke GraPARI Telkomsel

Sumber foto: Selular.ID - Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati dan hilang

Sama seperti kamu mau upgrade atau ganti kartu Telkomsel dari 3G ke 4G, kamu harus pergi ke GraPARI Telkomsel untuk mengurus kartu nomormu yang tidak aktif. Jadi, tak ada cara lain untuk mengaktifkan kartu Simpati Tsel selain datang ke GraPARI ya, geng!

Apa saja yang perlu dibawa? Cukup bawa KTP dan Kartu Keluarga, mengingat biasanya pihak provider bakal mencocokkan datamu atau meregistrasikannya sesuai dengan peraturan Pemerintah.

Layanan ini bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma, kecuali jika kamu terpaksa mengurus kartu perdana baru akibat nomor lamamu sudah memasuki masa tenggang dengan membayar Rp25.000,00.

Apakah Ada Cara Lain untuk Mengaktifkan Kartu Telkomsel?

Jaka juga sempat menemukan cara aktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati dengan modem. Namun, setelah Jaka riset, ternyata cara ini tidak berhasil, geng.

Kesimpulannya, satu-satunya cara untuk menyelamatkan kartumu hanya dengan menghubungi provider Telkomsel secara langsung. Tidak bisa dengan cara lainnya.

Maka dari itu, Jaka ingatkan agar kamu terus memperpanjang masa aktif kartu Telkomselmu. Tak mau kan kamu kerepotan banget karena nomormu tidak aktif dan tak bisa dipakai untuk berkomunikasi?

Ciri-Ciri Kartu Telkomsel Mati atau Hangus

Sumber foto: caranecom - cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah lewat masa tenggang

Jangan heran jika kartu yang telah lama tidak kamu gunakan untuk menelepon atau isi pulsa, jadi hangus dan non-aktif. Seperti yang sudah Jaka jelaskan di atas, kartu layanan seluler memiliki masa aktif yang terbatas.

Tentu saja, masa aktifnya bisa diperpanjang jika kamu membeli dan mengisi pulsa dalam jumlah tertentu, biasanya mulai dari 7 hari, 14 hari, 1 bulan, 3 bulan, bahkan hingga 1 tahun, tergantung jumlah nominal isi pulsa.

Nah, jika kamu tidak mengisinya dengan pulsa, biasanya kartu atau SIMcard tersebut bakal memasuki masa tenggang. Jika sampai masa tenggang kamu belum mengisinya dengan pulsa, maka provider seluler, dalam hal ini Telkomsel, tidak punya opsi lain selain menonaktifkannya.

Seperti apa sih ciri-ciri kartu Telkomsel sudah tidak aktif lagi? Berikut ini tanda-tanda yang paling terlihat.

Kartu nomor yang mati pastinya bakal bikin kamu kerepotan, apalagi jika nomor kontakmu masih tersimpan di SIMcard tersebut.

Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Masuk ke pertanyaan utama, apakah kartu Telkomsel yang sudah mati (termasuk non-aktif atau terblokir) masih bisa diaktifkan lagi? Jaka bakal menjawab, IYA BISA.

Hanya saja, cara mengaktifkannya berbeda tergantung penyebab kartumu hangus atau mati. Jadi, kamu juga harus tahu penyebab kenapa kartu SIM milikmu non-aktif.

Tentu saja, cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati karena tidak diisi pulsa dalam waktu lama bakal berbeda dengan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati terblokir.

Untuk cek masa aktif, kamu bisa lakukan beberapa cara untuk mengetahuinya. Kamu bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel atau layanan UMB.

Nah, untuk selengkapnya, kamu bisa menyimak artikel Jaka berikut ini, ada tambahan cara memperpanjang masa aktif Kartu Telkomsel lainnya:

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel 2021 | SimPATI, As, & LOOP
Masa aktif kartu Telkomsel kamu tinggal sebentar lagi? Jangan sampe dinonaktifkan, ikuti cara memperpanjang masa aktif Telkomsel berikut ini!
LIHAT ARTIKEL

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Produk Telkomsel

Setiap provider telekomunikasi pastinya memiliki syarat dan ketentuan sendiri untuk para pelanggannya, termasuk salah satunya Telkomsel.

Telkomsel telah memperbarui syarat dan ketentuan umum untuk para pengguna layanan miliknya yang sudah mulai berlaku sejak 1 Oktober 2020 lalu yang bisa kamu baca dengan mengeklik link ini.

Adapun sejumlah syarat dan ketentuan tersebut seperti yang Jaka sajikan di bawah ini, yang dirangkum dari situs resmi Telkomsel.

Syarat Penggunaan Produk Telkomsel

Berdasarkan informasi yang tersaji pada website resmi milik Telkomsel, ada beberapa poin persyaratan pengguna yang wajib dipatuhi saat menggunakan produk Telkomsel.

Ketentuan Penggunaan Layanan Telkomsel

Selain persyaratan pengguna, ada juga ketentuan penggunaan yang masih saling berkaitan dan wajib untuk setiap pelanggan patuhi.

Di sini kamu juga akan menemukan jawaban mengenai bisakah nomor yang sudah hangus diaktifkan kembali. Daripada penasaran, mending langsung simak poin-poin pentingnya yang telah Jaka rangkum berikut ini, geng.

Akhir Kata

Itulah kumpulan cara aktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati agar kamu bisa kembali menggunakan nomor Telkomsel milikmu, geng. cara mengaktifkan kartu Simpati Tsel yang sudah mati di atas dijamin mudah dan berhasil, loh!

Perlu diingat, panduan di atas mungkin saja bakal berubah seiring kebijakan Telkomsel. Jadi, untuk memastikannya, sebaiknya kamu langsung saja coba cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati dari Jaka tadi.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Telkomsel atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT

5 Cara Mendapatkan Kuota Gratis 3 4G Terbaru 2021, Internetan Gratis!

4 Cara Dapat Kuota Gratis Telkomsel 2022, Resmi dan Legal!

Daftar Paket Internet Unlimited Semua Operator Terbaru dan Terlengkap 2023

5 Cara Mendapatkan Saldo OVO Gratis 2021, Mudah & Terpercaya!

Kumpulan Cara Internetan Gratis Sepuasnya Terbaru, Solusi Gak Punya Kuota!

Kembali Keatas