Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel 2021 | simPATI, As, & LOOP

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 04 August 2021, 19:30
Masa aktif kartu Telkomsel kamu tinggal sebentar lagi? Jangan sampe dinonaktifkan, ikuti cara memperpanjang masa aktif Telkomsel berikut ini!

Cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel sebenarnya bisa dilakukan lewat beberapa cara mudah, bahkan tanpa perlu melakukan hutang pulsa Telkomsel segala, geng!

Layanan yang diluncurkan oleh Telkomsel pun beragam, seperti kartu HALO, simPATI, Kartu As, dan LOOP. Sayangnya, banyak yang belum tahu soal perpanjangan masa aktifnya.

Layaknya operator telepon seluler pada umumnya, pengguna akan diberikan masa aktif kartu dalam jangka waktu yang terbatas. Jika kartu kamu jarang digunakan, maka ada kemungkinan kartu akan dinonaktifkan.

Buat kamu para pengguna kartu Telkomsel yang ingin mengetahui lebih rinci lagi bagaimana cara perpanjang masa aktif kartu Telkomsel 2021, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Memperpanjang Masa Aktif simPATI

Kartu Telkomsel pertama yang akan Jaka bahas kali ini adalah simPATI. Kartu seluler ini termasuk salah satu kartu yang paling banyak penggunanya di Indonesia.

Kualitas pelayanan prima dan juga kecepatan jaringan internet yang baik membuat simPATI banyak diminati di Indonesia.

Ada 3 cara memperpanjang masa aktif Telkomsel jenis simPATI yang bisa kamu gunakan. Berikut ini penjelasan selengkapnya menngenai 3 cara tersebut.

ADVERTISEMENT

1. Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Tanpa Isi Pulsa

Nggak banyak yang tahu kalau sebenarnya kamu juga bisa beli masa aktif simPATI menggunakan pulsa untuk memperpanjang masa aktifnya.

Sayangnya, cara ini hanya berlaku untuk pelanggan simPATI saja. Nah, untuk kamu pengguna simPATI, berikut cara perpanjang masa aktif kartu Telkomsel tanpa pulsa:

  1. Ketik USSD *999# dan lakukan panggilan menggunakan kartu Telkomsel simPATI.
  1. Pilih Paket Lainnya dengan mengetikkan nomor 3.
  1. Pilih Lainnya dengan mengetikkan nomor 5.
  1. Terus pilih Lainnya dengan menekan nomor yang tertera pada pilihan di smartphone kamu hingga memunculkan pilihan Paket Masa Aktif.
  1. Ketikkan angka yang tertera pada opsi menu Paket Masa Aktif.
  1. Pilih Paket Masa Aktif sesuai dengan kebutuhan.

Masa aktif kamu akan diakumulasi dari sebelumnya, informasi akan dikirimkan melalui SMS yang didapatkan setelah kamu membeli paket melalui UMB.

Paket Masa Aktif simPATI ini memang agak sedikit disembunyikan, jadi kamu harus menekan pilihan Lainnya selama beberapa kali hingga menu ini dimunculkan.

Meskipun begitu, cara beli masa aktif Telkomsel 2021 dengan metode satu ini bisa jadi alternatif buat kamu yang mungkin menggunakan simPATI bukan sebagai nomor utama.

Paket Masa Aktif Harga
7 Hari Rp5.000
30 Hari Rp15.000
90 Hari Rp30.000

2. Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel dengan Isi Pulsa

Cara perpanjang masa aktif selanjutnya adalah dengan mengisi pulsa atau penggunaan pulsa untuk paket tertentu.

Alih-alih transfer pulsa Telkomsel untuk memperpanjang masa aktif Telkomsel gratis, mengisi pulsa merupakan salah satu cara terakurat untuk dilakukan.

Saat kamu mengisi pulsa, ada sejumlah masa aktif tambahan yang akan diakumulasikan ke nomormu secara otomatis. Durasinya pun beragam tergantung dengan jumlah pulsa yang kamu beli.

Jumlah Pulsa Masa Perpanjang Masa Aktif
Rp5.000 7 hari
Rp10.000 15 hari
Rp15.000 20 hari
Rp20.000 30 hari
Rp25.000 30 hari
Rp50.000 45 hari
Rp100.000 60 hari
Rp150.000 120 hari
Rp200.000 150 hari
Rp300.000 180 hari
Rp500.000 240 hari
Rp1.000.000 330 hari

Mengisi pulsa bisa kamu lakukan melalui aplikasi MyTelkomsel atau melalui layanan isi pulsa di toko online. Setelah isi ulang pulsa, masa aktif akan diperpanjang dengan sistem akumulasi.

3. Cara Memperpanjang Masa Aktif Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Selain kamu bisa membeli paket khusus melalui USSD untuk melakukan pembelian paket masa aktif, MyTelkomsel juga menyediakan paket isi ulang pulsa dengan berbagai pilihan masa aktif.

Untuk itu bagi kamu yang ingin memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel melalui MyTelkomsel, berikut Jaka berikan langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel di HP kamu.
  2. Klik menu Shop atau ikon troli pada halaman pertama.
  3. Pilih opsi Top Up pada pojok kiri atas.
  4. Lalu pilih varian saldo sesuai keinginan.
  5. Lakukan pembayaran dengan pilih Payment Method. Kamu bisa memilih pembayaran melalui, LinkAja,GoPay,ShopeePay, Dana atau OVO.
  6. Klik tombol Pay untuk menyelesaikan pembayaran.

4. Mengaktifkan Kartu yang Mati

Masa aktif ini bukan sesuatu yang bisa kamu sepelekan. Karena kamu akan masuk ke masa tenggang dan tidak bisa menggunakan pulsa yang ada di HP kamu jika masa aktif sudah habis.

Setelah masa tenggang berakhir, nomor kamu akan dinonaktifkan dan tidak bisa digunakan lagi, dan akan kembali disirkulasikan oleh operator.

Jika masa aktif kartu sudah terlanjur habis atau mati, kamu hanya bisa mengaktifkannya kembali dengan meminta bantuan GraPARI. Pastikan kamu datang 15 hari setelah tanggal masa tenggang.

Kamu juga bisa simak cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel yang sudah mati yang pernah Jaka bahas di artikel terpisah.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati, Bisa Hidup Lagi!
Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati ternyata gampang banget. Berikut panduan cara reaktivasi kartu Telkomsel paling mudah dan ter-update 2023!
LIHAT ARTIKEL

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu As

Selanjutnya adalah cara memperpanjang masa aktif Kartu As. Berbeda dengan simPATI, masa aktif kartu ini tidak diakumulasi. Artinya masa aktif kamu akan disesuaikan dengan durasi yang paling lama.

Meskipun kamu terus melakukan isi ulang, masa aktif kartu kamu tidak akan terakumulasi hanya disesuaikan dengan yang terlama atau pengisian terakhir saja.

Untuk cara memperpanjang masa aktif kartu AS Telkomsel, kamu bisa mengikuti cara-cara yang sudah Jaka sediakan di bawah ini:

1. Menggunakan Pulsa

Kamu yang menggunakan Kartu As dapat memperpanjang masa aktif dengan menggunakan pulsa untuk paket internet, SMS, telepon, dan lainnya.

Selama kamu menggunakan minimum Rp500,-, maka masa aktif akan bertambah menjadi 30 hari terhitung saat masa aktif sebelumnya kadaluarsa.

Mekanisme ini bisa menguntungkan karena kamu hanya perlu menghabiskan pulsa kamu sebesar Rp500,- saja dan masa aktif kamu akan diperpanjang secara otomatis.

2. Mengisi Pulsa

Selain itu, ada juga cara memperpanjang masa aktif Kartu As tanpa pulsa yang dipotong, yakni dengan mengisi pulsa. Durasi yang diberikan pun disesuaikan dengan jumlah pulsa yang dibeli.

Jumlah Pulsa Masa Perpanjang Masa Aktif
Rp5.000 7 hari
Rp10.000 7 hari
Rp20.000 15 hari
Rp50.000 30 hari
Rp100.000 30 hari

Jika kartu kamu sudah terlanjur kehabisan masa aktif, maka nomor kamu akan memasuki masa tenggang. Jika masih belum diaktifkan maka nomor kamu akan mati.

Jadi, jangan cuma cek kuota Telkomsel saja, tapi pastikan juga untuk selalu cek masa aktif kartu.

Karena jika kartu terlanjur mati karena kehabisan masa aktif, terkadang sulit untuk mengaktifkannya kembali meskipun sudah datang ke gerai resmi Telkomsel.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu LOOP

Terakhir adalah cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel LOOP. Kartu yang satu ini tergolong baru bila dibandingkan dengan dua kartu sebelumnya.

Sama seperti Kartu As, mekanisme penambahan masa aktif nomor tidak akan diakumulasi dari pengisian maupun pemakaian sebelumnya.

Namun ada sejumlah harga dan masa aktif yang berbeda dengan tipe kartu Telkomsel lainnya. Berikut ini cara perpanjang masa aktif kartu LOOP.

1. Menggunakan Pulsa

Kamu yang menggunakan kartu LOOP dapat memperpanjang masa aktif dengan menggunakan pulsa untuk paket internet, SMS, telepon, dan lainnya.

Selama kamu menggunakan minimum Rp5.000 maka masa aktif akan bertambah menjadi 30 hari terhitung saat masa aktif sebelumnya kadaluarsa.

Selain itu, ada juga penambahan masa aktif dengan durasi yang lebih panjang tergantung dengan jumlah pulsa yang kamu gunakan.

Penggunaan Pulsa Masa Perpanjang Masa Aktif
Rp5.000 - 50.000 30 hari
Rp50.001 - 100.000 60 hari
Rp100.001 - 250.000 90 hari
Rp250.001 - 500.000 120 hari
Di atas Rp500.000 365 hari

2. Mengisi Pulsa

Sama seperti penggunaan pulsa, kamu dapat mengisi pulsa dengan jumlah tertentu untuk memperpanjang masa aktif nomor, sekaligus mendapatkan POIN Telkomsel untuk ditukar dengan berbagai promo.

Durasi yang diberikan pun akan disesuaikan dengan jumlah pulsa yang kamu beli. Hal ini bisa jadi pertimbangan untuk kamu saat ingin membeli pulsa.

Nah, biar makin jelas, berikut ini lama masa aktif kartu LOOP yang akan kamu dapatkan berdasarkan besaran pulsa yang kamu isi.

Jumlah Isi Ulang Pulsa Masa Perpanjang Masa Aktif
Rp5.000 - 50.000 30 hari
Rp50.001 - 100.000 60 hari
Rp100.001 - 250.000 90 hari
Rp250.001 - 500.000 120 hari
Di atas Rp500.000 365 hari

Cara Cek Masa Aktif Via Asisten Virtual Telkomsel

Kamu pengguna Telkomsel dan ingin cek masa aktif secara mudah? Tenang, bisa menggunakan asisten virtual. Asisten virtual tentu memudahkan kamu mengetahui masa aktif dan juga cek sisa pulsa di HP kamu.

Itulah sebabnya, kamu yang ingin menggunakan asisten virtual Telkomsel untuk membantu cek masa aktif ataupun sisa pulsa, berikut langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi akun resmi Telkomsel di berbagai kanal berikut:
  1. Ketikan "Hai"
  2. Lalu, ketik "Cek Pulsa"
  3. Tunggu beberapa saat, asisten virtual Telkomsel akan mengirimkan informasi sisa pulsa dan masa aktif nomor kamu.

Cara Cek Masa Aktif Via Aplikasi MyTelkomsel

Untuk cek masa aktif, kamu bisa lakukan beberapa cara untuk mengetahuinya. Kamu bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel atau layanan UMB.

Cara yang paling mudah dan efektif adalah menggunakan MyTelkomsel yang dapat kamu unduh gratis di JalanTikus. Kamu tinggal login ke aplikasi menggunakan nomor Telkomsel kamu.

Setelah itu, aplikasi akan memberikan sejumlah informasi seputar kartu Telkomsel kamu. Tak hanya itu, kamu juga bisa membeli paket internet, telepon, voucher, dan banyak lagi.

Namun, kamu membutuhkan koneksi internet untuk bisa terhubung dengan MyTelkomsel. Kalau kamu sedang tidak ada internet, kamu bisa telepon ke *888# dan pilih opsi kedua.

Kamu akan diberikan informasi sisa pulsa dan masa aktif kartu kamu. Mudah bukan?

Akhir Kata

Itulah kumpulan cara memperpanjang masa aktif Telkomsel 2021 dengan mudah dan bisa kamu lakukan dengan dan tanpa internet.

Selalu cek masa aktif pulsa Telkomsel secara berkala karena dengan regulasi yang berlaku saat ini, mengaktifkan kembali kartu yang telah mati bisa menjadi sulit.

Apakah kamu ada pertanyaan seputar cara di atas? Tuliskan pertanyaan kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Kartu Telkomsel atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi

ARTIKEL TERKAIT

Paket Internet Indosat November 2021, Mulai Rp2 Ribuan!

7 Cara Cek Nomor Telkomsel (simPATI, Kartu As, Loop) 2023, Solusi Lupa Saat Lupa!

5 Cara Mengecek Nomor Indosat IM3 Ooredoo Terbaru 2022, Praktis!

7 Cara Cek Nomor XL dengan Mudah dan Cepat (Update 2022)

Kembali Keatas