7 Cara Cek Nomor XL dengan Mudah dan Cepat (Update 2022)

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 07 September 2022, 15:30
Cara cek nomor XL sendiri dan orang lain ternyata bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Simak penjelasan Jaka di sini untuk cara terlengkap 2022!

Cara cek nomor XL adalah hal yang mesti diketahui oleh pengguna provider XL. Sebab, masih banyak orang yang lupa dengan nomor sendiri, entah karena memang tidak menyimpannya langsung di kontak atau mencatatnya.

Meski penting, ternyata masih banyak penggunanya yang belum tahu cara-cara mengetahui nomor sendiri. Padahal, mengetahui nomor sendiri itu penting banget karena kamu butuh untuk melakukan banyak hal, seperti membeli pulsa atau paket internet XL terbaik dan terbaru.

Nah, kalau kamu termasuk orang yang suka lupa dengan nomor HP sendiri, Jaka bakal kasih trik rahasianya. Yuk simak penjelasan Jaka tentang cara cek nomor XL terbaru 2022. Dijamin mudah dan cepat, deh! Check it out!

1. Cara Cek Nomor XL Axiata Melalui Dial Up/USSD

Sama halnya seperti cara cek nomor Smartfren, cara cek nomor XL 4G juga bisa dilakukan melalui menu USSD lewat dial up.

Cara ini bisa dibilang merupakan yang paling mudah dan simpel karena hanya membutuhkan sedikit langkah saja. Berikut adalah urutan langkahnya:

  1. Buka aplikasi Telepon.
  2. Ketik kode USSD *123*7#.
  3. ADVERTISEMENT
  4. Tekan tombol Call dengan nomor XL.
  5. Ketik angka pada opsi Detail nomor XL Anda.
  6. Pilih opsi menu Cek Profile.
  7. Pilih menu Info Kartu XL-ku.

2. Cara Mengecek Nomor XL via Telepon Customer Service

Cara selanjutnya adalah dengan menelepon CS alias customer service XL. Di layanan ini, kamu bisa meminta bantuan mereka untuk cara mengetahui nomor XL.

Terdapat dua nomor call center XL yang bisa kamu hubungi langsung dari nomor XL-mu, yakni 818 dan 817.

818 adalah nomor yang akan menghubungkan kamu dengan IVR (Interactive Voice Response) atau mesin penjawab otomatis.

Kamu tinggal mengikuti instruksi yang diberikan oleh IVR untuk dapat mengetahui nomor XL kamu. Metode ini juga bebas biaya, jadi nggak perlu khawatir!

Nah, kalau kamu menghubungi nomor 817, kamu bakal disambungkan langsung ke Customer Service. Namun, panggilan ini bakal memotong pulsa kamu sebesar Rp350,- per panggilan.

Sementara, kalau kamu ingin cek no XL tapi kebetulan sedang nggak membawa HP dengan nomor tersebut, kamu bisa menelepon ke nomor +6221-579-59817.

Nomor ini bisa kamu telepon dengan menggunakan provider apapun dengan tarif yang sudah ditentukan oleh provider tersebut. Namun, untuk lebih hematnya kamu bisa daftar paket nelpon XL dulu sebelum menelepon pihak CS.

3. Cara Mengetahui Nomor XL via Email

Jika di trik sebelumnya kamu membutuhkan pulsa untuk melakukan panggilan, maka ada cara lain untuk menghubungi customer service XL yang pastinya lebih hemat biaya.

Trik tersebut yakni dengan menghubungi pihak customer service melalui email dan website. Kamu bisa kirim email ke alamat customerservice@xl.co.id.

Selain itu, kamu bisa juga live chat langsung dengan customer service dengan mengunjungi website resmi XL yang beralamat di xl.co.id.

4. Cara Mengetahui Nomor XL Melalui Aplikasi myXL

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar kamu bisa melihat nomor XL milik sendiri adalah dengan menginstal aplikasi myXL di HP kamu.

MyXL adalah aplikasi resmi dari XL Axiata sebagai sarana manajemen data sekaligus untuk memudahkan kamu membeli pulsa atau kuota internet. Di bawah ini adalah langkah-langkah caranya:

MyXL
Apps Productivity PT XL Axiata Tbk
DOWNLOAD
  1. Download dan buka aplikasi myXL.
  2. Login akun myXL.
  3. Lihat nomor XL di halaman utama aplikasi.

5. Cara Melihat Nomor XL Axiata Melalui Website myXL

Kalau kamu belum install aplikasi myXL, masih ada cara lain, kok! Ternyata kamu juga bisa mengunjungi website myXL dari browser untuk mengetahui nomor XL yang kamu gunakan.

Situs ini menyajikan layanan dan informasi lengkap tentang kartu XL pengguna, mirip seperti pada aplikasi myXL. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs https://my.xl.co.id/pre/index1.html#/.
  2. Klik menu Butuh bantuan?.
  3. Login dengan akun Facebook.

Namun, setelah Jaka coba mengunjungi URL tersebut, metode ini sepertinya sudah nggak berlaku lagi di tahun 2022.

Soalnya, saat kamu membuka situs myXL tersebut, alih-alih menemukan tombol untuk login akun XL, kamu malah akan diminta untuk download aplikasi myXL di HP.

6. Cara Cek Nomor XL Sendiri Melalui SMS/Telpon

Sumber foto: Lifehack

Nah, cara berikutnya yang nggak kalah mudah dan praktis adalah dengan mengirim SMS atau melakukan telepon ke teman, keluarga, atau pacar kamu. Lalu, minta mereka mengirimkan nomor kamu.

Jika kamu nggak punya pulsa untuk melakukan hal tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi chatting untuk mengirim pesan ke seseorang. Setelah itu, minta orang tersebut untuk mengirimkan nomor kamu, deh!

Jika dirasa cukup ribet, maka kamu bisa mencoba cara pertama, yakni melakukan panggilan telepon menggunakan kode dial ke nomor *123*7# dan kamu bisa langsung mengetahui nomor yang digunakan.

7. BONUS: Cara Cek Nomor XL Orang Lain

Pasti kamu pernah menerima pesan ataupun telepon dari nomor tidak dikenal, salah satunya menggunakan nomor XL. Kamu pun bertanya-tanya, kira-kira siapa pemilik nomor ini, dan bagaimana cara cek nomornya?

Nah, kamu bisa mencoba cek nomor XL lewat berbagai macam tips dan trik jitu. Salah satunya kamu bisa membaca artikel Jaka yang berjudul Cara Melacak Nomor Telepon Tidak Dikenal Terbaru 2022.

Cara Melacak Nomor Telepon Tidak Dikenal Terbaru 2021, Dijamin Akurat!
Cara melacak nomor telepon yang menghubungi kamu ternyata sangat mudah. Kamu bisa pakai aplikasi atau hanya melalui situs web!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah penjelasan dari Jaka soal cara cek nomor XL Axiata paling update 2022. Cara-cara di atas punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, semua kembali ke kamu sebagai pengguna untuk memilih cara mana yang menurutmu paling mudah, cepat, dan efektif.

Sementara, buat kamu yang ingin cara cek nomor XL yang hilang, kamu bisa langsung menghubungi pihak customer service untuk meminta bantuan, geng.

Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.

Baca juga artikel seputar Cara Cek Nomor atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Harga Paket Internet Tri (3) Update Agustus 2023, Lengkap!

Daftar Harga Paket Internet IndiHome Terbaru Desember 2023, Murah & Lengkap!

Paket Internet Indosat November 2021, Mulai Rp2 Ribuan!

Kembali Keatas