Call Center Provider Terlengkap (Telkomsel, XL, Smartfren, Indosat, 3)

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Sunday, 23 August 2020, 15:00
Call Center Telkomsel, XL, Smartfren, Indosat, Tri terlengkap provider di Indonesia bisa kamu dapatkan di artikel ini. Dari telepon hingga media sosial.

Kamu butuh menghubungi call center provider, baik itu Call Center Telkomsel, XL, Smartfren, Indosat, dan Tri? Lantaran alami kendala dengan nomor atau juga masalah seperti mobile network not available.

Namun kamu bingung harus menghubungi ke mana pasalnya koneksi internet bermasalah sehingga kamu nggak bisa mencari informasi harus menghubungi ke mana?

Ternyata masing-masing call center Telkomsel, XL, Smartfren, Indosat, dan Tri nggak hanya menyediakan layanan melalui telepon saja. Namun juga sudah tersedia sejumlah layanan lain seperti email, media sosial, dan aplikasi.

Berikut ini Jaka sudah rangkum dengan lengkap seluruh call center provider Indonesia. Baik call center Telkomsel, XL, Smartfren, Indosat, dan Tri. Simak hingga selesai, ya, geng!

Call Center Telkomsel, XL, Smartfren, Indosat, Tri

Kadang kamu perlu sesegera mungkin untuk menghubungi provider dari nomor HP kamu lantaran ada informasi yang ingin dikonfirmasi seperti paket internet unlimited di operator tersebut atau juga adanya permasalahan jaringan.

Namun, kamu bingung harus ke mana untuk menghubungi call center dari masing-masing provider tersebut. Padahal call center Telkomsel, XL, Smartfren, Indosat, Tri sudah menyediakan sejumlah layanan tambahan di samping telepon.

Sehingga ini akan memudahkan bagi para pengguna untuk menghubungi customer service dari para provider untuk mendapatkan bantuan. Berikut ini adalah rangkuman sejumlah cara menghubungi call center provider Indonesia.

ADVERTISEMENT

Call Center Telkomsel

Call Center pertama ini khusus buat kamu yang menggunakan nomor-nomor kartu di bawah provider pelat merah, Telkomsel seperti nomor kartu As, SimPATI, kartuHALO, dan LOOP.

Pada call center Telkomsel kalian dapat menghubungi untuk mendapatkan bantuan customer service dengan menghubungi nomor 188 khusus bagi pengguna layanan provider Telkomsel yang ingin mengatasi gangguan pada jaringan Telkomsel.

Kamu dapat menghubungi layanan customer care Telkomsel dengan menghubungi 188 bagi pengguna layanan provider Telkomsel atau nomor 0807 1811 811 jika menggunakan sambung telepon tetap. Bisa juga ke nomor +628110 000 333 jika kamu berada di luar wilayah Indonesia.

Ketika kamu menghubungi nomor tersebut kamu dikenakan biaya sejumlah Rp300,- setiap terhubung dengan customer service bagi pengguna kartu prabayar.

Sedangkan bagi yang nggak memakai layanan Telkomsel kamu bisa menghubungi ke nomor, 0807 1811 811 yang akan dikenakan tarif nomor lokal sesuai dengan lokasi di mana kamu menelepon.

Jika kamu berada di luar wilayah Indonesia atau luar negeri kamu dapat menghubungi call center Telkomsel melalui +628110 000 333, di mana kamu nggak akan dikenakan biaya telepon ketika menghubungi nomor tersebut.

Menghubungi Call Center Telkomsel Lewat Email

Selain menggunakan layanan telepon langsung menuju call center Telkomsel. Kamu juga memakai layanan email untuk menghubungi Customer Support dari Telkomsel.

Layanan ini terbuka selama 24 jam sehingga kamu bisa menghubungi pada jam berapapun. Kamu dapat mengirimkan email berisi keluhan, pertanyaan, atau saran melalui email cs@telkomsel.co.id.

Setelah kamu mengirimkan email tersebut pada Telkomsel, kamu perlu menunggu untuk mendapatkan tanggapan dan jawaban.

Namun jangan khawatir, tanggapan yang diberikan oleh Telkomsel cukup cepat lewat email. Apalagi kalau kamu mengalami masalah kartu Telkomsel.

Menghubungi Call Center Telkomsel Lewat Media Sosial

Selain menggunakan telepon ataupun email kamu juga dapat menghubungi customer support dari Telkomsel menggunakan media sosial.

Cara ini cocok buat kamu yang lebih aktif menggunakan media sosial dan nggak memiliki pulsa untuk telepon. Lantaran hampir semua media sosial sudah digunakan oleh Telkomsel untuk menjadi portal komunikasi bagi pelanggannya.

Apabila kamu lebih aktif menggunakan aplikasi media sosial Instagram kamu dapat mencoba mengirimkan Direct Message atau DM ke akun Instagram @Telkomsel.

Kemudian apabila kamu lebih menyukai aplikasi media sosial Twitter lantaran balasannya dapat diterima secara real-time. Maka kamu dapat menghubungi ke akun Twitter @Telkomsel.

Terakhir adalah Facebook, apabila kamu nggak memiliki kedua akun media sosial sebelumnya kamu bisa membuka fanspage @telkomsel dan meninggalkan pesan pada dinding halaman milik mereka atau melalui DM.

Menghubungi Call Center Telkomsel Lewat Aplikasi

Kemudian cara terakhir ini apabila nggak mau harus mengeluarkan pulsa untuk telepon, terlalu lama mendapatkan tanggapan, atau harus menunggu. Kamu bisa menggunakan sejumlah aplikasi yang disediakan Telkomsel untuk mendapatkan bantuan dari customer support.

Aplikasi pertama adalah menggunakan aplikasi MyTelkomsel, melalui aplikasi ini kamu dapat menggunakan menu bantuan atau "Mulai Obrolan Dengan Veronika" yang bisa membantu untuk menjawab pertanyaan atau keluhan.

Aplikasi myTelkomsel juga berguna apabila kamu membutuhkan informasi terbaru mengenai harga paket internet Telkomsel.

Aplikasi kedua adalah menggunakan aplikasi chat messenger Telegram di @Telkomsel_official_bot di sini mirip seperti Veronika pertanyaan dan laporan keluhan akan dijawab oleh AI bot yang tersedia.

Aplikasi yang ketiga juga menggunakan aplikasi chat messenger LINE di @Telkomsel. Melalui aplikasi ini kamu bisa memilih layanan yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan atau kebutuhanmu, geng.

Call Center XL Axiata

Selanjutnya buat kamu pengguna kartu HP di bawah naungan provider XL Axiata seperti XL dan Axis. Sama seperti provider Telkomsel kamu dapat menghubungi call center XL Axiata melalui sejumlah cara.

Cara pertama melalui telepon, kamu dapat menghubungi nomor 817 yang merupakan nomor call center dari XL Axiata khusus bagi pengguna nomor XL dan Axis. Pada nomor ini terbuka selama 24 jam dan bebas pulsa.

Kamu dapat menghubungi layanan customer care XL Axiata dengan menghubungi 817 bagi pengguna layanan provider XL dan Axis atau nomor 021-57959817 jika menggunakan nomor provider lain.

Sedangkan untuk kamu yang menggunakan nomor provider lain kamu dapat menghubungi ke nomor, 021-57959817 di mana kamu akan dikenakan tarif telepon lokal sesuai dengan daerah di mana kamu menelpon.

Selain menggunakan telepon terdapat sejumlah cara lain untuk menghubungi call center XL Axiata, geng. Berikut ini adalah daftarnya.

Menghubungi Call Center XL Axiata Lewat Email

Apabila memiliki jumlah pulsa yang terbatas untuk menghubungi call center XL Axiata melalui telepon, tenang saja masih ada cara menghubungi customer service XL Axiata melalui email.

Kamu cukup mengirimkan email dengan alamat tujuan emailnya ialah customerservice@xl.co.id, kamu dapat mengirimkan email berupa pertanyaan seperti harga paket internet XL, keluhan, dan saran kepada customer service XL Axiata.

Meski kamu butuh waktu beberapa saat untuk mendapatkan tanggapan dari pihak Customer Service dari XL Axiata apabila menghubungi melalui email, geng.

Menghubungi Call Center XL Axiata Lewat Media Sosial

Cara ini cocok buat kamu yang lebih aktif menggunakan media sosial dan nggak memiliki pulsa untuk telepon.

Lantaran kamu bisa menemui sejumlah media sosial sudah digunakan oleh XL Axiata dalam portal komunikasinya bagi pelanggannya.

Media sosial pertama yang digunakan oleh XL Axiata adalah Twitter yang bisa kamu hubungi melalui akun Twitter @myXLCare.

Menariknya adalah akun Twitter ini memberikan tanggapan atau jawaban secara langsung. Kamu juga bisa menanyakan pendaftaran layanan seperti daftar harga paket haji dan umroh XL.

Sehingga apabila kamu mengirimkan cuitan atau DM ke akun ini, kamu akan dihubungi segera oleh pihak Customer Service XL, geng. Jadi nggak perlu khawatir menunggu terlalu lama.

Akun media sosial kedua selanjutnya adalah kamu dapat menghubungi dengan akun Facebook di fanspage @myXLCare, kamu bisa coba tinggalkan pesan pada dinding akun fanspage atau komentar pada unggahan mereka, geng.

Mirip seperti akun Twitter, tanggapan yang diberikan oleh admin media sosial dari fanspage ini cukup responsif dan cepat menanggapi pertanyaan atau keluhan dari pelanggan.

Menghubungi Call Center XL Axiata Lewat Aplikasi dan Chat

Cara terakhir apabila kamu merasa cara-cara sebelumnya mungkin dirasa merepotkan dan kurang simpel. Masih ada cara melalui aplikasi dan live chat, geng.

Apabila kamu sudah mengunduh aplikasi myXL kamu dapat mencoba memulai chat atau obrolan dengan aplikasi tersebut mengenai pertanyaan dan keluhan. Layanan chat ini bisa kamu temui dalam menu "Bantuan" dalam aplikasi.

Dalam aplikasi ini juga kamu dapat mencari informasi atau melakukan transfer pulsa XL Axiata loh, geng.

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi call center XL Axiata melalui live chat yang tersedia di situs atau website official dari XL Axiata.

Kamu tinggal klik tombol di sebelah kanan bawah pada browser milikmu, kemudian isi data diri dan klik "Start Chat". Terakhir sampaikan pertanyaan dan keluhanmu selanjutnya tunggu tanggapan dari pihak customer service XL.

Call Center Smartfren

Pada provider yang ketiga yakni Smartfren bisa kamu hubungi buat kamu yang menggunakan kartu nomor HP seperti Smartfren, NOW, Bisstel, dan Switch.

Kamu ingin mengatasi sinyal Smartfren yang hilang? Kamu bisa telepon ke layanan telepon call center dengan menghubungi ke nomor 888 bagi para pengguna nomor Smartfren yang bebas pulsa dan buka selama 24 jam.

Pas banget kalau kamu alami jaringan Smartfren lemot waktu mengerjakan tugas atau kerjaan di malam hari.

Kamu dapat menghubungi layanan customer care Smartfren dengan menghubungi 888 bagi pengguna layanan provider Smartfren atau nomor 021-50100000 jika menggunakan sambung telepon tetap. Bisa juga ke nomor +62 8811223344 jika kamu menggunakan nomor provider lain.

Apabila kamu sedang nggak menggunakan perangkat HP dan hanya tersedia nomor telepon tetap (nomor telepon rumah) kamu bisa coba menghubungi nomor 021-50100000 untuk pengguna nomor PSTN.

Sedangkan bagi kamu pengguna nomor provider lain, kamu bisa menghubungi call center Smartfren ke nomor +62 8811223344 yang akan dikenakan tarif normal, geng.

Menghubungi Call Center Smartfren Lewat Email

Ada cara lain untuk menghubungi customer care dari Smartfren yakni kamu bisa coba menggunakan email apabila kamu nggak bisa menghubungi lewat telepon.

Kamu bisa menghubungi melalui email di customercare@smartfren.com, kamu hanya perlu mengisi data pribadi seperti nama, nomor telepon, alamat email, dan tipe transaksi nomor.

Selanjutnya kamu dapat mengirimkan email berupa keluhan, pertanyaan, dan saran yang ditujukan kepada customer care Smartfren, geng.

Menghubungi Call Center Smartfren Lewat Media Sosial

Selain menggunakan telepon ataupun email kamu juga dapat menghubungi customer care dari Smartfren menggunakan media sosial.

Cara ini cocok buat kamu yang lebih aktif menggunakan media sosial dan nggak memiliki pulsa untuk telepon. Lantaran hampir semua media sosial sudah digunakan oleh Smartfren untuk menjadi portal komunikasi bagi pelanggannya.

Apabila kamu lebih aktif menggunakan aplikasi media sosial Instagram kamu dapat mencoba mengirimkan Direct Message atau DM ke akun Instagram @smartfrenworld.

Kemudian apabila kamu lebih menyukai aplikasi media sosial Twitter lantaran balasannya dapat diterima secara real-time. Maka kamu dapat menghubungi ke akun Twitter @smartfrenworld.

Terakhir adalah Facebook, apabila kamu nggak memiliki kedua akun media sosial sebelumnya kamu bisa membuka fanspage @smartfren dan meninggalkan pesan pada dinding halaman milik mereka atau melalui komentar di unggahan milik mereka.

Menghubungi Call Center Smartfren Lewat Aplikasi dan Live Chat

Cara terakhir apabila kamu merasa cara-cara sebelumnya mungkin dirasa merepotkan dan kurang simpel. Masih ada cara melalui aplikasi dan live chat, geng.

Apabila kamu sudah mengunduh aplikasi mySmartfren kamu dapat mencoba memulai chat atau obrolan dengan pihak customer care. Layanan chat ini bisa kamu temui dalam menu "Bantuan" dalam aplikasi.

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi customer care Smartfren melalui live chat yang tersedia di situs atau website official dari Smartfren.

Biasanya begitu kamu buka situs resmi dari Smartfren pada browser atau peramban kalian, live chat Smartfren akan secara otomatis terbuka dan menanyakan kebutuhan kalian apa.

Sehingga kamu tinggal menanggapi chat tersebut bisa seputar pertanyaan produk dan layanan atau keluhan yang kamu alami. Misalnya kamu menanyakan harga paket telpon terbaru Smartfren.

Call Center Indosat Ooredoo

Selanjutnya buat kamu pengguna kartu HP di bawah naungan provider Indosat Ooredoo yakni IM3 Ooredoo. Sama seperti provider lainya kamu dapat menghubungi call center Indosat Ooredoo melalui sejumlah cara.

Cara pertama melalui telepon, kamu dapat menghubungi nomor 185 yang merupakan nomor call center dari Indosat Ooredoo khusus bagi pengguna nomor IM3 Ooredoo.

Pada nomor ini terbuka selama 24 jam dan bebas pulsa bagi pengguna pascabayar dan tarif Rp1.000,- per menit untuk nomor prabayar.

Kamu dapat menghubungi layanan customer care Indosat Ooredoo dengan menghubungi 185 bagi pengguna layanan provider IM3 Ooredoo atau nomor 021-30003000 jika menggunakan sambung telepon tetap. Bila kamu berada di luar negeri bisa menghubungi ke nomor +62 81612020 untuk pelanggan pascabayar dan nomor +62 81612050 untuk pelanggan prabayar.

Sedangkan untuk kamu yang menggunakan nomor telepon tetap atau rumah kamu dapat menghubungi ke nomor, 021-30003000 di mana kamu akan dikenakan tarif telepon lokal sesuai dengan daerah di mana kamu menelpon.

Kemudian buat kamu pelanggan Indosat Ooredoo yang berada di luar negeri kamu dapat menghubungi ke nomor +62 81612020 untuk pelanggan pascabayar dan nomor +62 81612050 untuk pelanggan prabayar.

Menghubungi Call Center Indosat Ooredoo Lewat Email

Selain menggunakan layanan telepon langsung menuju call center Indosat Ooredoo. Kamu juga memakai layanan email untuk menghubungi Customer Care dari Indosat Ooredoo.

Layanan ini terbuka selama 24 jam sehingga kamu bisa menghubungi pada jam berapapun. Kamu dapat mengirimkan email berisi keluhan, pertanyaan, atau saran melalui email cs@indosatooredoo.com.

Setelah kamu mengirimkan email tersebut pada Indosat Ooredoo, kamu perlu menunggu untuk mendapatkan tanggapan dan jawaban.

Namun jangan khawatir, tanggapan yang diberikan oleh Telkomsel cukup cepat lewat email. Kamu juga bisa meminta bantuan seperti mengubah kuota edukasi menjadi kuota utama, geng.

Menghubungi Call Center Indosat Ooredoo Lewat Media Sosial

Selain menggunakan telepon ataupun email kamu juga dapat menghubungi customer care dari Indosat Ooredoo menggunakan media sosial.

Cara ini cocok buat kamu yang lebih aktif menggunakan media sosial dan nggak memiliki pulsa untuk telepon. Lantaran hampir semua media sosial sudah digunakan oleh Indosat Ooredoo untuk menjadi portal komunikasi bagi pelanggannya.

Apabila kamu lebih aktif menggunakan aplikasi media sosial Instagram kamu dapat mencoba mengirimkan Direct Message atau DM ke akun Instagram @im3ooredoo. Seperti misalnya menanyakan cara transfer pulsa Indosat.

Kemudian apabila kamu lebih menyukai aplikasi media sosial Twitter lantaran balasannya dapat diterima secara real-time.

Maka kamu dapat menghubungi ke akun Twitter @IndosatCare atau ke akun @IM3Ooredoo. Kedua akun tersebut cukup aktif dalam menanggapi cuitan dari pengguna Indosat di Twitter kok, geng.

Terakhir adalah Facebook, apabila kamu nggak memiliki kedua akun media sosial sebelumnya kamu bisa membuka fanspage @IM3Ooredoo.

Kamu dapat meninggalkan pesan pada dinding halaman milik mereka atau melalui DM. Selain itu mereka juga cukup aktif menanggapi pesan yang disampaikan lewat komentar di unggahn fanspage.

Menghubungi Call Center Indosat Ooredoo Lewat Aplikasi

Kemudian cara terakhir ini apabila nggak mau harus mengeluarkan pulsa untuk telepon, terlalu lama mendapatkan tanggapan, atau harus menunggu. Kamu bisa menggunakan sejumlah aplikasi yang disediakan Indosat Ooredoo untuk mendapatkan bantuan dari customer care.

Aplikasi pertama adalah menggunakan aplikasi MyIM3, melalui aplikasi ini kamu dapat menggunakan opsi chat atau obrolan dengan Indira yang terdapat di lingkaran pojok kanan bawah di aplikasi.

Aplikasi yang kedua menggunakan aplikasi chat messenger LINE di @IM3Ooredoo. Melalui aplikasi ini kamu bisa memilih layanan yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan atau kebutuhanmu, geng.

Call Center Tri

Call Center pertama ini khusus buat kamu yang menggunakan nomor kartu di bawah provider Tri, geng. Cara pertama kamu dapat menghubungi call center Tri melalui telepon pada nomor 132.

Kamu dapat menghubungi layanan customer care Tri dengan menghubungi 132 atau nomor 0896 44000 123 jika menggunakan nomor provider lain.

Panggilan tersebut memiliki tarif Rp300,- setiap kali sambungan ke customer service bagi nomor prabayar. Selain itu kamu juga dapat menghubungi ke nomor 0896 44000 123 yang dikenai tarif normal.

Selain menggunakan telepon terdapat sejumlah cara lain untuk menghubungi call center Tri, geng. Berikut ini adalah daftarnya.

Menghubungi Call Center Tri Lewat Email

Apabila memiliki jumlah pulsa yang terbatas untuk menghubungi call center Tri melalui telepon, tenang saja masih ada cara menghubungi customer care Tri melalui email.

Kamu cukup mengirimkan email dengan alamat tujuan emailnya ialah 3Care@three.co.id, kamu dapat mengirimkan email berupa pertanyaan, keluhan, dan saran kepada customer care Tri.

Meski kamu butuh waktu beberapa saat untuk mendapatkan tanggapan dari pihak Customer Care dari Tri apabila menghubungi melalui email, geng.

Menghubungi Call Center Tri Lewat Media Sosial

Cara ini cocok buat kamu yang lebih aktif menggunakan media sosial dan nggak memiliki pulsa untuk telepon.

Lantaran kamu bisa menemui sejumlah media sosial sudah digunakan oleh Tri dalam portal komunikasinya bagi pelanggannya.

Media sosial pertama yang digunakan oleh Tri adalah Twitter yang bisa kamu hubungi melalui akun Twitter @3CareIndonesia.

Akun Twitter ini memberikan tanggapan atau jawaban secara langsung loh. Bahkan untuk pertanyaan yang cenderung simpel seperti harga paket internet Tri terbaru.

Sehingga apabila kamu mengirimkan cuitan atau DM ke akun ini, kamu akan dihubungi segera oleh pihak Customer Care Tri, geng. Jadi nggak perlu khawatir menunggu terlalu lama.

Akun media sosial kedua selanjutnya adalah kamu dapat menghubungi dengan akun Facebook di fanspage @TriIndonesia, kamu bisa coba tinggalkan pesan pada dinding akun fanspage atau komentar pada unggahan mereka, geng.

Mirip seperti akun Twitter, tanggapan yang diberikan oleh admin media sosial dari fanspage ini cukup responsif dan cepat menanggapi pertanyaan atau keluhan dari pelanggan.

Menghubungi Call Center Tri Lewat Aplikasi

Cara terakhir apabila kamu merasa cara-cara sebelumnya mungkin dirasa merepotkan dan kurang simpel. Masih ada cara melalui aplikasi dan live chat, geng.

Apabila kamu sudah mengunduh aplikasi Bima+ kamu dapat mencoba memulai chat atau obrolan dengan Triva di aplikasi ini mengenai pertanyaan dan keluhan. Layanan chat ini bisa kamu temui dalam menu "Bantuan".

Kamu bisa menanyakan sejumlah informasi yang jarang ditemukan dari layanan Tri, misalnya seperti penjelasan kuota KenDo Tri.

Aplikasi kedua adalah menggunakan aplikasi chat messenger Telegram di @TriIndonesiaCare di sini mirip seperti Triva pertanyaan dan laporan keluhan akan dijawab oleh AI bot yang tersedia.

Aplikasi yang ketiga juga menggunakan aplikasi chat messenger WhatsApp menggunakan nomor resmi 08999800123. Melalui aplikasi ini kamu bisa memilih layanan yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan atau kebutuhanmu, geng.

Akhir Kata

Itu tadi sejumlah cara untuk menghubungi call center provider Indonesia terlengkap, geng. Baik call center Telkomsel, XL, Smartfren, Indosat, Tri semuanya tersedia bukan?

Apakah ada hal lain yang ingin kamu tanyakan kepada Jaka? Share di kolom komentar, ya. Agar Jaka buatkan artikelnya untukmu!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT

Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Modem, Router, Switch, dan Hub!

Daftar & Cara Setting APN Smartfren 4G Tercepat 2023 untuk Android & iPhone

5 Cara Setting APN Telkomsel Tercepat dan Terstabil 2023, Dijamin Ngebut!

Cara Setting APN XL 4G Tercepat 2023, Internet Makin Stabil & Ngebut!

Cara Setting Access Point Paling Mudah, 100% Works!

Kembali Keatas