Cara Setting Access Point Paling Mudah, 100% Works!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 26 March 2020, 10:00
Sudah beli wireless router tapi bingung cara mengaturnya? Ikuti panduan cara setting access point berikut, geng! Sama sekali nggak ribet.

Jaka jamin kalian semua pembaca setia JalanTikus yang sudah terbiasa menggunakan internet, terutama yang sering pake WiFi gratisan, pasti sudah sering mendengar istilah access point.

Singkatnya, access point adalah perangkat yang menjembatani koneksi kamu dengan internet yang kita biasa kenal sebagai wireless access point atau WiFi, geng!

Nah, buat kalian yang sudah menghabiskan duit untuk harga pasang WiFi, penting bagi kalian untuk mengetahui cara setting access point sendiri agar nggak ribet.

Cara Setting Access Point Terlengkap

Pada dasarnya, access point itu tidak menyediakan koneksi ke internet, hanya berfungsi sebagai jembatan antara perangkat pengguna dengan router yang terhubung ke internet.

Tapi, jika kalian sudah pernah menggunakan layanan seperti paket internet IndiHome, mereka memiliki access point yang sudah terintegrasi dengan router, geng.

Bagi kalian yang hanya menggunakan access point tersebut, biasanya pengaturan access point sudah akan ditangani mereka saat proses pemasangan pertama.

Nah, bagi kalian yang ingin menggunakan access point pribadi, kalian tetap harus memahami cara konfigurasi access point sendiri yang akan Jaka bahas di sini!

ADVERTISEMENT

1. Cara Setting Access Point IndiHome

Di sini, Jaka menggunakan router Huawei HG8245H5 tapi bisa digunakan sebagai cara setting access point TP-Link dengan sedikit perbedaan bahasa.

Tidak peduli brand perangkat yang kalian gunakan, pada dasarnya kalian cukup melakukan pengaturan DHCP dan melakukan pengaturan wireless LAN (WLAN).

Buat yang sudah pernah mencoba cara ganti password WiFi IndiHome, seharusnya kalian sudah nggak terlalu asing dengan cara setting access point Indihome berikut!

Note:

Di contoh router Huawei HG8245H5, IP address yang digunakan adalah 192.168.100.1.

Konfigurasi Alamat yang digunakan
IP Address 192.168.100.2 - 192.168.100.254 (Pilih satu dari range ini)
Subnet Mask 255.255.255.0
Preferred DNS Server 192.168.100.1 (Sesuai IP Address router)

Note:

Untuk mempermudah pengaturan jaringan, kalian bisa menggunakan konfigurasi standar yang Jaka gunakan di bawah.

Bagi pemakai IndiHome yang menggunakan perangkat ZTE, cara setting access point ZTE F660 juga kurang lebih sama, hanya berbeda di IP address yang digunakan.

Akhir Kata

Itulah panduan cara setting access point dari Jaka. Jangan kebiasaan apa-apa langsung menelepon CS karena setting access point sendiri itu gampang kok!

Kalau kalian masih merasa kecepetan WiFi masih nggak optimal, coba cek panduan cara mempercepat koneksi WiFi di PC dan Android dari Jaka berikut, geng!

Baca juga artikel seputar WiFi atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT

Cara Bobol Password WiFi dengan WiFi Map, Akses WiFi Tetangga Gratis!

9 Cara Membobol WiFi dengan HP Tanpa Root & Laptop, Bisa Akses Internet Gratis!

7 Cara Hacker Membobol Password WiFi dan Tools yang Digunakannya (Update 2019)

7 Cara Cek IP Address di HP & Laptop Paling Akurat, Sudah Coba?

Kembali Keatas