Cara Mempercepat Jaringan WiFi di Android & PC, Anti Lemot!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 17 Juni 2020, 14:00
Pingin tahu cara memep[ercepat koneksi WiFi Android dan PC? Nah, kamu bisa coba cara mempercepat jaringan WiFi terbaru ini loh, dijamin anti lelet.

Hayo, siapa di antara kamu yang nggak bisa lepas dari internet? Ketergantungan ini membuat jaringan WiFi yang seakan sudah menjadi kebutuhan primer, geng.

Makanya nggak heran kalau koneksi internet WiFi lambat, bakal banyak yang merasa tidak nyaman atau terganggu karena berbagai kegiatan menjadi terhambat.

Namun jangan khawatir, soalnya Jaka punya sejumlah tips cara mempercepat koneksi WiFi Android dan PC terbaru, yang bisa kamu terapkan saat ini juga. Penasaran, kan?

Apa Saja Penyebab Koneksi WiFi Lambat Saat Digunakan?

Sebelum mulai ke pembahasan utama, mungkin banyak di antara kamu yang belum mengetahui kenapa sinyal WiFi sering menjadi lemot, kan?

Nah, faktanya ternyata sinyal WiFi memiliki jangkauan terbatas, apalagi jika kamu tinggal di rumah bertingkat atau bekerja di kantor dengan ruangan luas.

Dengan mengenal penyebab sinyal WiFi menjadi lemot ini, kamu bisa lebih familiar lagi mengenai cara mempercepat jaringan WiFi. Beberapa penyebab jaringan WiFi lemot di antaranya:

1. Kabel LAN Terputus

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek kondisi fisik router dan kabel LAN yang kamu gunakan, geng.

ADVERTISEMENT

Cek apakah kabel LAN sudah terpasang dengan baik atau belum, penempatannya sesuai atau tidak, dan mungkin terputus loh.

Kabel LAN yang terputus otomatis kan mengganggu kekuatan sinyal WiFi yang kamu terima. Maka dari itu, selalu pastikan kondisi perangkat keras yang kamu gunakan untuk mempercepat koneksi WiFi.

2. Posisi Router WiFi Tidak Sesuai

Kemudian, cek kembali apakah kamu meletakkan router di posisi yang benar atau belum.

Nah, faktanya ada beberapa posisi terlarang untuk meletakkan router, antara lain di lantai, dalam ruangan yang tertutup, dekat dengan jendela, dan dekat barang elektronik lainnya, geng.

Mulai dari penyebaran sinyal WiFi yang kurang maksimal hingga terganggu medan elektromagnetik dari barang elektronik lainnya, bisa menyebabkan jaringan WiFi menjadi lemot.

3. Terlalu Banyak Pengguna WiFi

Hal ini sangat umum ditemui saat kamu menggunakan jaringan WiFi publik alias yang berada di tempat umum, seperti kantor, restoran, maupun pusat perbelanjaan.

Pengguna WiFi yang terlalu banyak kemungkinan besar bisa memengaruhi kecepatan internet saat kamu gunakan.

Makanya sangat disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi yang terkunci dan diberi password, agar kualitas internet terjamin dan anti lemot, geng.

4. Download dalam Kapasitas Besar

Nah, apalagi kalau pengguna yang banyak sedang melakukan proses download dalam kapasitas yang besar, seperti film, game, lagu, ataupun hal lainnya.

Proses download yang terlalu banyak bisa mengganggu stabilitas jaringan internet yang diterima oleh para pengguna. Kenapa internet bisa menjadi lebih lemot saat sedang melakukan proses unduhan?

Pasalnya WiFi akan lebih memberi prioritas untuk menyelesaikan proses download terlebih dulu, makanya saat browsing akan terasa lebih lambat.

5. ISP Bermasalah

Jika keempat penyebab di atas ternyata nggak kamu temui, kemungkinan Internet Service Provider (ISP) kamu yang bermasalah, geng.

Trik cara mempercepat jaringan Wifi Andorid dan PC seperti apapun tidak akan bisa berhasil apabila terjadi gangguan pada ISP yang kamu gunakan.

Kalau ISP sudah bermasalah, yang jelas kamu tinggal menunggu perbaikan atau sekiranya menghubungi untuk mendapatkan informasi lebih jelas.

Kumpulan Cara Mempercepat Koneksi WiFi di HP Android & PC Windows 10

Bukan hanya di perangkat Android saja, mungkin di antara kamu juga banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mempercepat koneksi WiFi di PC atau laptop, khususnya dengan Windows 10.

Nah, di bawah ini ada beberapa langkah dan metode mudah yang bisa kamu langsung praktikkan sendiri, bahkan tanpa memerlukan software atau aplikasi tambahan, geng.

Penasaran ada apa saja caranya? Berikut pembahasan selengkapnya!

Cara Mempercepat WiFi Tanpa Software/Aplikasi Tambahan

Metode mempercepat WiFi tanpa software atau aplikasi tambahan umumnya bakal berkaitan dengan router dan ISP yang kamu gunakan.

Trik cara mempercepat koneksi Wifi ini akan difokuskan pada pemaksimalan penggunaan perangkat keras dan juga perangkat lunak bawaan dari WiFi yang kamu gunakan.

Beberapa langkah di bawah ini pula terbukti cukup manjur untuk mengatasi masalah kamu, seperti:

1. Mengubah Posisi Router WiFi

Siapa yang mengira kalau hanya dengan mengubah posisi router WiFi bisa memengaruhi kecepatan internet WiFi yang kamu gunakan?

Cara agar WiFi cepat yang satu ini terdengar simple dan mudah dilakukan, tetapi banyak orang yang justru tidak mengaplikasikan prinsip ini dengan baik yang berakibat pada buruknya kualitas jaringan WiFi.

Nah, untuk menentukan lokasi penempatan router WiFi yang benar kamu bisa ikuti beberapa anjuran, yakni:

2. Mengarahkan Antena Router ke Arah yang Berbeda

Jika kamu perhatikan, umumnya router WiFi memiliki dua antena yang berada di bagian belakang. Antena ini bisa kamu manfaatkan untuk mempercepat koneksi WiFi loh.

Untuk memaksimalkan sinyal yang dipancarkan, kamu bisa mengubah arah dari salah satu antena ke arah lainnya, sehingga masing-masing antena dapat meng-cover berbagai sudut ruangan.

Jika salah satu antena mengarah ke atas, kamu bisa mencoba mengarahkan antena lainnya ke arah samping, geng.

3. Beralih Router yang Lebih Mumpuni

Kamu sudah menggunakan paket internet yang punya kecepatan paling tinggi, tapi masih merasa internet kamu lemot?

Nah, bisa jadi masalah utama kamu datang dari perangkat router yang umumnya masih menggunakan router bawaan dari provider, geng.

Untuk mengatasinya kamu bisa beralih membeli dan mengganti dengan router yang lebih mumpuni dan memiliki kecepatan koneksi yang lebih tinggi.

Selain itu pastikan juga kamu menggunakan perangkat HP dan PC atau laptop dengan spesifikasi mumpuni untuk browsing lebih cepat.

4. Gunakan ISP yang Belum Banyak Digunakan

Terakhir, banyaknya pengguna suatu ISP (Internet Service Provider) bisa saja membuat kualitas internet makin menurun dan lemot.

Jangan tergiur dengan harga yang murah, kamu bisa mulai beralih dan menggunakan ISP yang belum banyak digunakan di daerah sekitarmu.

Hal awal yang mesti kamu lakukan adalah mengecek apakah daerah kamu sudah ter-cover ISP tersebut atau menghubungi customer service terkait untuk informasi lebih detail.

Cara Mempercepat Wifi di PC atau Laptop Windows 10

Browsing buat mencari tugas kuliah atau menonton video YouTube masih lemot?

Jika kamu sudah mencoba melakukan langkah-langkah di atas namun belum berefek signifikan, kamu bisa juga ikuti beberapa cara mempercepat WiFi di PC atau laptop Windows 10 berikut.

1. Mengubah DNS

DNS atau Domain Name System merupakan sebuah protokol yang berfungsi dalam menerjemahkan sebuah halaman web ke dalam IP address.

Sayangnya halaman web dari waktu ke waktu mengalami banyak perubahan dan membuat DNS bekerja keras dalam memuatnya, geng. Mengubah DNS juga merupakan cara agar WiFi cepat yang ampuh.

Metode mengubah DNS alternatif diklaim mampu mempercepat kecepatan internet hingga 20% dibanding jika kamu menggunakan DNS default.

Ada beberapa DNS alternatif yang biasa digunakan, seperti OpenDNS dan Google DNS yang cara mengubah selengkapnya sudah Jaka ulas di bawah ini.

Jika sudah ter-highlight, kamu tinggal klik Properties.

Kamu tinggal memasukkan OpenDNS alternatif, Preferred DNS server: 208.67.222.222 dan Alternate DNS server: 208.67.222.220.

Jika sudah kamu tinggal klik OK dan untuk mendapatkan hasil lebih maksimal kamu tinggal restart PC atau laptop kamu.

Selain menggunakan setting OpenDNS seperti di atas, ada pula DNS 1.1.1.1 yang diklaim bisa memberikan kecepatan internet hingga 10 kali lebih cepat lagi loh.

2. Mengubah Bandwith

Kamu memang akan sulit untuk mengotak-atik bandwith yang diberikan oleh ISP, tapi ternyata Windows juga membatasi bandwith kamu loh.

Sistem operasi Windows memiliki fitur untuk membagi bandwith untuk layanan Quality of Service (QoS) yang terdiri dari Windows Update dan program lainnya.

Untuk mempercepat WiFi di Windows 10, kamu bisa mengatur dan mengubah setting bandwith dengan langkah-langkah berikut.

Sebagai catatan, untuk pengguna Windows 10 Home Edition, kemungkinan tidak bisa menggunakan cara memepercepat jaringan WiFi ini.

Kemudian pada bagian Options: kamu tinggal mengatur Bandwith limit (%): 0, lalu klik OK.

Jika sudah, kamu tinggal restart PC atau laptop kamu untuk mendapatkan hasilnya.

Note:

Mengubah bandwith limit menjadi 0 dapat berisiko mengganggu proses Windows Update dan program terkait lainnya.

3. Flush DNS

Caramempercepat koneksi Wifi ini terbilang sepele, namun melakukan flush DNS untuk mempercepat koneksi internet di Windows 10 terbukti cukup berhasil.

Soalnya dengan melakukan flush DNS kamu akan me-reset cache DNS PC atau laptop yang sedang kamu gunakan untuk menyesuaikan informasi dan ubahan dari sebuah domain.

Untuk melakukan flush DNS, kamu tinggal mengaksesnya menggunakan Command Prompt dengan beberapa langkah mudah berikut.

Demi hasil yang lebih maksimal, kamu bisa memperbarui konfigurasi IP address dengan memasukkan perintah ipconfig /renew dan tekan Enter.

4. IRPStackSize

Untuk pengguna Windows 10, kamu juga bisa menggunakan metode IRPStackSize untuk mempercepat WiFi di PC atau laptop.

Di sini kamu bisa mengubah besaran IRPStackSize untuk dapat menerima data yang lebih banyak dalam satu waktu.

Cara mempercepat jaringan WiFi ini sangat efektif untuk pengguna WiFi dengan bandwith di atas 10Mbps. Untuk pengguna di bawahnya, efeknya mungkin bakal kurang terasa, geng.

Jika pilihan IRPStackSize belum ada, kamu tinggal membuat file DWORD baru dengan klik kanan > New > DWORD (64-bit) Value dan ganti namanya dengan IRPStackSize.

Isi Value data: 50 kemudian klik OK untuk menyelesaikan proses. Demi merasakan efeknya, kamu tinggal restart PC atau laptop kamu.

Cara Mempercepat WiFi di HP Android

Nggak cuma di PC atau laptop Windows saja, Jaka juga punya beberapa tutorial mudah cara mempercepat WiFi di HP Android bahkan tanpa memerlukan akses root loh.

Cara yang akan Jaka ulas kali ini terbukti cukup ampuh dalam mempercepat koneksi WiFi di handphone Android kamu loh.

Nah, daripada makin penasaran mending kamu langsung simak saja selengkapnya di bawah ini ya!

1. Setting Pengaturan Bawaan

Tanpa memerlukan aplikasi tambahan, kamu bisa mempercepat jaringan WiFi menggunakan pengaturan bawaan yang sudah ada di HP Android kamu, geng.

Nah, di sini Jaka mempraktikkan dengan menggunakan HP Android bertipe Xiaomi Redmi 4X yang sudah menggunakan MIUI 10.

Langkah-langkah yang harus kamu lakukan pun terbilang cukup sederhana. Berikut ini urutan cara yang bisa kamu ikuti dalam cara mempercepat koneksi WiFi Android kamu.

Di sini kamu bisa mengatur optimasi jaringan WiFi pada opsi WiFi assistant dan WiFi speed mode.

Kamu juga bisa mengaktifkan opsi Show data usage warning untuk memberikan informasi penggunaan internet menggunakan paket data.

Di sini ada opsi Regular mode untuk membagi bandwith antara aplikasi yang berjalan di foreground dan background secara merata.

Apa pula opsi Extreme mode yang akan mengutamakan bandwith pada aplikasi yang berjalan di foreground. Sementara aplikasi background kemungkinan tidak bisa mengakses internet sementara.

2. Aplikasi WiFi Switcher

Selain itu, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan jaringan WiFi dengan kualitas sinyal yang maksimal.

Jaka sendiri merekomendasikan aplikasi bernama WiFi Switcher yang dikembangkan oleh Cloudie Development yang bisa kamu gunakan tanpa perlu akses root.

Aplikasi penguat sinyal WiFI ini memiliki fungsi yang cukup baik untuk HP kamu. Bagaimana cara menggunakan aplikasi WiFi Switcher? Berikut caranya!

Wifi Switcher 2.3.4
Apps Networking Cloudie Development
DOWNLOAD

Di sini kamu tinggal menetapkan batas minimal kekuatan jaringan WiFi yang kamu anggap lemot.

Kamu juga bisa mengaktifkan opsi Ask Before Switching untuk memberikan notifikasi penggantian WiFi dan Run in Foreground untuk mencegah aplikasi tertutup karena sistem.

Akhir Kata

Nah itulah dia kumpulan cara mempercepat koneksi WiFi yang bisa kamu praktikkan di HP Android dan PC atau laptop Windows 10.

Memang banyak aspek yang mesti kamu perhatikan jika jaringan internet kamu lemot atau nggak stabil?

Nah, apakah kamu punya tips dan trik lainnya? Yuk jangan ragu buat tulis pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ya!

Baca juga artikel seputar WiFi atau artikel menarik lainnya dari Lukman Azis.

ARTIKEL TERKAIT

12 Modem WiFi Terbaik 2020 Semua Operator, Anti Lemot & Murah!

Cara Mengganti Password WiFi IndiHome Lewat HP & Komputer, Langsung Beres!

Cara Mengganti Password WiFi First Media Terbaru, Biar Gak Dicuri!

3 Cara Mudah Daftar Wifi Id 2019 | SMS, UBM, dan Aplikasi

5 Cara Melihat Password WiFi yang Lupa di Android, Bisa Tanpa Root!

Cara Membobol WiFi dengan HP Tanpa Root & Laptop, Berasa Jadi Hacker!

undefined
Kembali Keatas