Telkomsel Gangguan? Coba Atasi dengan Cara Mudah Ini

Ditulis oleh Fitria Handayani - Sunday, 02 April 2023, 19:25
Jaringan Telkomsel gangguan? Nggak usah panik, geng! Saat sinyal Telkomsel nggak stabil, kamu bisa coba cara mengatasi Telkomsel gangguan berikut ini.

Sebagai salah satu operator telekomunikasi terbesar, bukan berarti jaringan Telkomsel selalu lancar setiap saat. Ada kalanya, Telkomsel mengalami gangguan. Kamu juga mungkin sudah pernah mengalami hal tersebut.

Sejumlah pengguna yang terdampak jaringan Indihome dan Telkomsel down di antaranya di Jabodetabek, Bali, Garut, Bandung, Yogyakarta hingga Papua.

Mayoritas pengguna melaporkan masalah ketiadaan sinyal seluler hingga lenyapnya koneksi internet baik untuk jaringan Indihome maupun Telkomsel. Selain itu, pengguna juga melaporkan koneksi terputus Indihome ke TV kabel.

Namun, nggak usah khawatir! Saat internet Telkomsel gangguan, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini. Simak, yuk!

Penyebab Telkomsel Gangguan

Meski jaringannya tergolong stabil dibanding operator seluler lain, bukan berarti Telkomsel nggak pernah mengalami gangguan, geng.

Tapi, Telkomsel gangguan juga pastinya disebabkan oleh beberapa faktor. Lalu, apa sih yang penyebab Telkomsel gangguan hari ini? Simak jawabannya di bawah ini!

Itulah beberapa faktor penyebab Telkomsel gangguan hari ini. Setelah mengetahui penyebabnya, kamu pun bisa mencari cara mengatasi yang paling tepat.

Cara Mengatasi Telkomsel Gangguan

Pasti kesal, kan, saat jaringan internet Telkomsel gangguan? Selain nggak bisa main game online kesukaanmu, kamu juga nggak bisa mengakses internet dengan nyaman.

Nah, saat mengalami sinyal Telkomsel hilang hari ini, kamu bisa melakukan beberapa cara mengatasi Telkomsel gangguan seperti berikut ini. Simak, yuk!

1. Aktifkan Mode Pesawat

Cara paling mendasar yang bisa kamu lakukan saat internet Telkomsel gangguan adalah mengaktifkan mode pesawat sementara. Lalu, kamu bisa menonaktifkannya kembali.

Cara ini bertujuan untuk me-refresh koneksi pada HP karena ketika mengaktifkan mode pesawat, jaringan diputus sementara dan akan aktif lagi setelah mode pesawat dimatikan.

Sebab, saat jaringan internet tiba-tiba hilang, bisa saja perangkat yang kamu gunakan sedang error atau mengalami masalah yang nggak kamu sadari, geng.

2. Restart HP

Kalau mengaktifkan mode pesawat masih belum bisa mengatasi jaringan yang nggak stabil, kamu bisa mencoba untuk restart HP.

Dengan cara restart HP ini, semua aplikasi akan ditutup dan sistem akan memperbaharui aksesnya.

Setelah itu, akses ke jaringan internet akan menjadi lebih lancar dan lebih ringan. Terdengar klise, tapi wajib kamu coba!

3. Cek Sisa Kuota

Saat internet terputus, coba cek sisa kuotamu untuk memastikan apa Telkomsel gangguan atau justru kuotamu yang sudah habis.

Kalau memang kuotamu sudah nggak tersisa, tentu saja kamu nggak akan bisa mengakses internet sama sekali, geng.

Kamu bisa cek kuota internet Telkomsel melalui aplikasi My Telkomsel. Kalau belum aplikasinya, silakan download pada tautan di bawah ini.

MyTelkomsel APK 4.2.0
Apps Productivity Telkomsel
DOWNLOAD

Cara Mengatasi Telkomsel Gangguan Lainnya...

4. Bersihkan Cache HP

Jaringan internet yang lemot juga bisa disebabkan oleh menumpuknya cache di HP. Sampah-sampah yang nggak penting ini memang hanya memenuhi isi memori.

Untuk itu,kamu harus membersihkan cache HP secara rutin agar nggak tertimbun dan memakan memori pada HP yang kamu gunakan.

Selain bisa mengatasi jaringan yang naik turun, menghapus cache juga bisa menjadi solusi saat aplikasi My Telkomsel gangguan.

5. Cek Lokasi

Meskipun Telkomsel memiliki cakupan area yang sangat luas, bukan berarti semua tempat bisa mendapatkan sinyal internet yang kuat dan cepat.

Untuk itu, coba cek di website Telkomsel untuk memastikan apakah lokasimu masuk dalam coverage area jaringan Telkomsel atau nggak.

Sebab, meskipun lokasimu masuk dalam cakupan area Telkomsel, tapi kenyataannya nggak semua tempat bisa mendapat kualitas sinyal yang sama bagusnya.

6. Setting APN

Selain cara di atas, kamu juga bisa cek Access Point Name (APN) Telkomsel di HP milikmu. Sebab, bisa saja setting APN nggak benar atau bermasalah.

Umumnya, setting APN bisa sangat berpengaruh pada koneksi internet. Sehingga kalau APN bermasalah, internet pun bisa menjadi lemot.

Kalau kamu masih belum tahu cara setting APN Telkomsel tercepat, kamu bisa langsung cek artikel di bawah ini, geng.

Cara Setting APN Telkomsel 3G/4G Tercepat & Terbaru 2020
Inilah cara setting APN Telkomsel tercepat dan terbaru 2023. Yuk, atur setting APN Telkomsel 4G di Android dan iPhone semua operator di sini.
LIHAT ARTIKEL

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel yang Tidak Bisa Connect

Masalah pada jaringan bukan hanya disebabkan oleh Telkomsel gangguan, tapi bisa saja memang kartu Telkomsel milikmu yang error dan nggak bisa connect, geng.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kartu Telkomsel yang tidak bisa connect? Yuk, cari tahu selengkapnya pada artikel di bawah ini!

7 Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Yang Tidak Bisa Connect, Gampang!
Pahadal ada kuota tapi tidak bisa internet Telkomsel? Berikut ulasan beberapa cara mengatasi kartu Telkomsel yang tidak bisa connect, dijamin berhasil!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itu tadi penyebab dan cara mengatasi Telkomsel gangguan, geng. Selain karena operatornya, bisa saja masalahnya juga ada pada HP-mu.

Saat Telkomsel gangguan hari ini, kamu bisa langsung coba cara ampuh mengatasinya seperti yang Jaka jelaskan tadi.

Baca juga artikel seputar gadget atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT

7 Cara Cek Nomor Telkomsel (simPATI, Kartu As, Loop) 2023, Solusi Lupa Saat Lupa!

10+ Cara Hutang Pulsa Darurat Telkomsel Terlengkap, Bisa Bayar Nanti!

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel 2021 | simPATI, As, & LOOP

7+ Cara Mengatasi IndiHome Gangguan dengan Mudah dan Cepat, Dijamin Ngebut Lagi!

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & PC | Auto Ngebut!

Kembali Keatas