Cara Ampuh Mengatasi IndiHome Gangguan (Penyebab + Cara Lapornya)

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 04 Oktober 2020, 15:00
IndiHome gangguan hari ini secara tiba-tiba? Begini nih cara mengatasi IndiHome gangguan lengkap dengan penyebab dan cara melaporkannya!

IndiHome gangguan mungkin sudah menjadi permasalahan yang sering sekali dihadapi para penggunanya.

Apalagi di musim hujan seperti sekarang, tak jarang jaringan internet service provider (ISP) satu ini mendadak melambat atau bahkan nggak bisa terhubung sama sekali.

Padahal, jika mengingat harga paket WiFi IndiHome per bulannya nggak bisa dibilang murah juga, ya, geng. Kan jadi rugi dong!

Nah, buat kamu yang sedang mengalami WiFi IndiHome bermasalah, Jaka akan kasih tips cara mengatasi internet IndiHome gangguan lengkap dengan penyebab dan cara pengaduannya

Internet IndiHome Gangguan Hari Ini? Atasi dengan Cara Ini!

Peristiwa kebakaran gedung Telkom di Pekanbaru yang terjadi beberapa pekan lalu, memang merupakan yang terparah yang menyebakan internet IndiHome gangguan massal di sejumlah titik wilayah.

Namun, ternyata itu bukan menjadi satu-satunya alasan, karena hingga saat ini sejumlah pengguna pun masih ada saja yang mengeluhkan soal yang sama.

Kamu termasuk salah satunya? Kalau gitu nggak ada salahnya buat coba mengatasi IndiHome error sendiri di rumah. Bukan cuma cara mengatasi, di sini Jaka juga akan kasih tahu beberapa cara lapor ke pihak terkait.

ADVERTISEMENT

Penyebab IndiHome Gangguan

Seperti yang kamu tahu dan mungkin juga rasakan, di zaman sekarang ini koneksi internet seolah sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang.

Nggak terlalu mengejutkan, karena berkat internet kini kita dapat melakukan beragam aktivitas dengan lebih mudah dan praktis.

Oleh karena itu, ketika koneksi internet IndiHome bermasalah maka kondisi itu pun akan berefek kepada aktivitas penggunanya yang ikut terhambat.

Tapi, sebenarnya apa sih yang jadi penyebab IndiHome mengalami ganggauan? Berikut adalah jawabannya, geng!

1. Perbaikan/Pemeliharaan Jaringan Internet

Penyebab pertama kenapa internet IndiHome mengalami gangguan yaitu karena sedang dalam proses perbaikan atau pemeliharaan jaringan, geng.

Tentu kamu nggak mau dong sudah bayar mahal-mahal setiap bulannya, tapi kualitas jaringan internet yang diberikan sangat jelek?

Nah, oleh karena itulah kenapa setiap perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan internet sering melakukan pemeliharaan atau perbaikan jaringan, termasuk IndiHome ini.

Kan kalau koneksi lancar, nonton film streaming di Netflix juga semakin menyenangkan.

2. Ada Kerusakan Pada Modem

Penyebab yang berikutnya yaitu karena adanya kerusakan pada kabel optic atau perangkat modem yang dipasang di rumah kamu, geng.

Tapi, untuk memastikan bahwa gangguan memang disebabkan oleh perangkat modem tersebut, kamu bisa cek dulu lampu indikator yang umumnya terdapat pada perangkat.

Kalau ternyata aman-aman saja, kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara yang akan Jaka bahas selanjutnya di bagian bawah.

Cara cek IndiHome gangguan dengan memeriksa perangkat modem ini merupakan yang paling gampang dilakukan, karena kamu nggak membutuhkan alat bantuan apapun.

3. Belum Melunasi Tagihan

Hayo ngaku! Siapa yang pernah ngomel-ngomel karena internet tiba-tiba nggak bisa digunakan, padahal kamu sendiri yang belum bayar tagihan IndiHome?

Kondisi ini juga nih yang seringkali menjadi penyebab jaringan WiFi bermasalah tanpa disadari oleh penggunanya, geng.

Meskipun biasanya penyedia layanan sudah memberikan tenggat waktu untuk melunasi tagihan, tapi kalau sudah melewati batas waktu yang ditentukan maka internet kamu deh yang jadi taruhannya.

Maka dari itu kamu harus rajin-rajin cek aplikasi myIndiHome buat tahu update tagihan bulanan.

Cara Mengatasi IndiHome Gangguan

Nah, sekarang kamu sudah tahu dong beberapa penyebab kenapa internet dari ISP satu ini mengalami gangguan?

Terus sekarang kita harus gimana min? Tenang, geng! Walaupun masalah ini memang bikin bete apalagi kalau internet terputus pas kamu lagi streaming film, tapi di sini Jaka akan bagikan beberapa cara untuk mengatasinya.

Mau tahu apa saja itu? Yuk, simak cara mengatasi IndiHome bermasalah selengkapnya berikut ini!

1. Restart Modem

Cara mengatasi gangguan IndiHome yang pertama yaitu dengan melakukan restart modem yang kamu gunakan. Selanjutnya tunggu selama kurang lebih 3 menit sebelum dinyalakan ulang.

Setelah itu, kamu coba hubungkan lagi perangkat HP, laptop, atau lainnya yang kamu gunakan ke jaringan internet IndiHome.

Meskipun terdengar sepele, tapi kenyatannya cara ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah tersebut lho.

2. Panggil Teknisi

Kalau kamu curiga bahwa gangguan disebabkan karena adanya kerusakan pada kabel optic atau komponen modem IndiHome yang terpasang di rumah, kamu bisa kok memanggil teknisi untuk melakukan pengecekan.

Cara ini sebenarnya merupakan salah satu yang paling ampuh dan efektif karena permasalahan ditangani langsung oleh ahlinya.

Sayangnya, kamu harus agak bersabar karena terkadang teknisi nggak langsung datang dan memperbaiki permasalahan pada perangkat IndiHome kamu.

Nah, sambil menunggu koneksi internetnya pulih lagi, mending kamu main game offline saja deh.

3. Bayar Tunggakan Tagihan

Nah, kalo permasalahan WiFi bermasalah karena kamu belum membayar tagihan, cara mengatasinya apalagi kalau bukan dengan bayar tunggakan.

Kamu masih bisa kok bayar tunggakan tersebut untuk bisa menikmati lagi jaringan internet IndiHome dengan lancar, geng.

Tapi, Jaka kurang tahu apakah saat melakukan pembayaran tunggakan akan dikenakan biaya sanksi atau nggak.

4. Lapor Gangguan ke Pusat Bantuan

Cara mengatasi internet bermasalah yang berikutnya yaitu dengan melaporkan keluhan gangguan ke pusat bantuan IndiHome, geng.

Kamu bisa melaporkannya mulai dari lewat akun media sosial resmi terkait, hingga lewat nomor telepon khusus pengaduan.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai cara lapor gangguan IndiHome, kamu bisa simak penjelasan Jaka di bawah ini.

Cara Lapor IndiHome Gangguan Agar Cepat Diperbaiki

Kamu pasti nggak mau dong uang yang dipakai buat bayar tagihan setiap bulannya terbuang sia-sia karena jaringan internet IndiHome down dan nggak bisa dipakai?

Oleh karena itu, ketika internet kamu mengalami gangguan, sebaiknya segera lapor ke pusat bantuan pihak terkait agar bisa cepat diperbaiki, geng.

Nah, buat kamu yang nggak tahu bagaimana cara untuk melapor gangguan IndiHome, berikut Jaka kasih beberapa pilihan caranya.

1. Cara Lapor IndiHome Gangguan Melalui Contact Center 147

Sumber foto: Sepulsa (Contact center 147 bisa dimanfaatkan untuk melaporkan gangguan).

Cara pertama untuk melaporkan IndiHome yang mengalami gangguan yaitu dengan menghubungi contact center di nomor 147, geng.

Kamu bisa menghubungi nomor IndiHome 147 lewat telepon rumah atau melalui perangkat smartphone dengan menambahkan kode area pada bagian depannya.

Misalnya, kamu tinggal di daerah Cirebon dan ingin melaporkan gangguan internet IndiHome melalui smartphone, maka kamu hubungi nomor 0231147 (0231 merupakan kode area wilayah Cirebon).

Oh iya, selain itu sebelum melakukan panggilan telpon pastikan juga kalau pulsa kamu mencukupi. Karena panggilan ini akan dikenakan biaya kurang lebih Rp1.000 per 30 detik.

2. Cara Lapor IndiHome Error Melalui Twitter

Nggak punya banyak pulsa untuk melakukan panggilan ke nomor contact center IndiHome di atas? Mau minta teman transfer pulsa tapi gengsi? Nggak usah khawatir!

Selain lewat contact center, kamu juga bisa lho melaporkan permasalahan jaringan internet WiFi ini melalui akun Twitter resmi customer service Telkom di @indihome.

Kamu bisa jelaskan keluhan gangguan internet yang dialami dengan mengirimkan Direct Message ataupun mention langsung ke akun tersebut.

Selanjutnya, kamu tinggal ikuti petunjuk yang diberikan oleh adminnya deh, geng.

3. Cara Lapor IndiHome Trouble Melalui Facebook

Buat kamu yang nggak punya akun Twitter, cara alternatif lainnya untuk melaporkan keluhan gangguan internet yaitu melalui media sosial Facebook.

Selain di Twitter, akun resmi Telkom Care ini juga bisa kamu temukan di platform media sosial buatan Mark Zuckerberg ini, geng.

Kamu tinggal cari akun Facebook IndiHome, kemudian ceritakan dan kirimkan keluhan gangguan internet yang dialami melalui fitur 'Kirim Pesan'.

Setelah itu, kamu tinggal ikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan.

4. Cara Lapor IndiHome Bermasalah Melalui Aplikasi myIndiHome

Kalau kamu malas buka media sosial atau nggak punya pulsa buat telpon contact center, alternatif cara lainnya untuk lapor gangguan WiFi yaitu melalui aplikasi myIndiHome.

Kamu bisa manfaatkan fitur 'Bantuan' yang terdapat di dalamnya di mana nantinya kamu akan diarahkan ke halaman chatting dengan Indira.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1 - Buka aplikasi & login akun

Sumber foto: my-indihome (Kamu bisa manfaatkan fitur bantuan di aplikasi myIndiHome untuk lapor gangguan internet).

MyIndiHome 3.01.010
Apps Utilities
DOWNLOAD

Langkah 2 - Pilih menu 'Bantuan'

Sumber foto: my-indihome

Langkah 3 - Pilih 'Lapor Gangguan'

Sumber foto: my-indihome

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa cara mengatasi IndiHome gangguan yang bisa kamu lakukan saat mengadapi kondisi tersebut, geng.

Selain itu, ada juga penyebab serta cara melaporkan gangguan internet produk Telkom satu ini yang perlu kamu ketahui agar nggak panik.

Kalau kamu biasanya ngapain saat internet sedang mengalami gangguan?

Baca juga artikel seputar IndiHome atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

5 Cara Bayar Tagihan IndiHome Terbaru 2021, Mudah dan Praktis!

Cara Mengganti Password WiFi IndiHome Lewat HP & Komputer, Langsung Beres!

Daftar Harga Pasang WiFi Terlengkap 2021 (IndiHome, First Media, Biznet, dll)

Kumpulan Cara Internetan Gratis Sepuasnya Terbaru, Solusi Gak Punya Kuota!

11 Aplikasi Bobol WiFi Terbaik Android 2021, Akses Internet Gratis Sepuasnya!

Cara Membobol WiFi dengan HP Tanpa Root & Laptop, Berasa Jadi Hacker!

undefined
Kembali Keatas