11 Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot & Penyebabnya, Dijamin Jaringan Lancar Jaya Kembali!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 22 August 2022, 10:30
WiFi IndiHome lemot bikin aktivitas dunia maya kamu terganggu? Kenali ciri, penyebab, dan cara mengatasi WiFi IndiHome lemot selengkapnya di sini!

IndiHome lemot mungkin menjadi salah satu masalah yang saat ini tengah kamu alami. Pasalnya, layanan WiFi rumahan terbesar di Indonesia yang satu ini seringkali tidak stabil jaringannya.

Tak sedikit pengguna yang mengeluh di Twitter kenapa IndiHome lemot padahal tidak ada masalah sistem dari WiFi yang dipasang itu. Selain itu, ada juga yang sampai bertanya mengapa WiFi IndiHome 10 Mbps lemotnya parah banget.

Oleh karena masalah itulah, Jaka pun bakalan memberikan solusi mengenai bagaimana cara mengatasi WiFi lemot IndiHome di tahun 2022 lewat artikel yang ada di bawah ini. Cara yang Jaka bagikan dijamin ampuh dan bisa langsung kamu praktikan, lho. Penasaran? Yuk, langsung disimak, geng!

Cara Mengatasi Kecepatan Internet IndiHome Lemot

Sumber foto: Google - Cara mengatasi WiFi IndiHome yang bermasalah

Sudah yakin kalau memang WiFi IndiHome lemot dan itu terjadi berbeda dari biasanya? Kalau gitu, sekarang saatnya beralih ke pembahasan cara mengatasi WiFi IndiHome lemot saat main game atau bahkan sekedar browsing.

Terdapat berbagai cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah internet IndiHome tiba-tiba lemot seperti ini.

Kumpulan cara ini sengaja Jaka bahas lebih dari satu karena berbeda penyebab, berbeda pula cara penanganannya. Berikut ini cara-cara yang bisa kalian pakai untuk mengatasi IndiHome di tahun 2022 dan seterusnya.

1. Restart Router yang Digunakan

Router merupakan salah satu perangkat yang sering kali menjadi penyebab kenapa IndiHome lemot.

ADVERTISEMENT

Perangkat yang bertanggung jawab sebagai perantara perangkat yang digunakan dengan internet ini, terkadang mengalami error setelah digunakan beberapa lama yang bisa menyebabkan gangguan kecepatan internet.

Proses restart biasanya akan membantu dalam menghilangkan error yang terjadi pada router yang kalian gunakan, dan sering kali bisa menjadi jalan keluar bagi koneksi internet IndiHome lemot, geng.

2. Batasi Jumlah Pengguna

Selain karena terjadi error pada perangkat yang digunakan, penyebab WiFi IndiHome lemot juga bisa terjadi karena terlalu banyak perangkat yang terhubung.

Jika kecepatan internet IndiHome kalian hanya 10Mbps/s, dan terdapat lebih dari 5 perangkat yang tersambung kecepatan yang diterima oleh tiap perangkat pun akan menjadi sangat kecil.

Terlebih lagi, jika salah satu perangkat melakukan proses download, koneksi pada perangkat lain bisa berkurang secara drastis.

Untuk melihat jumlah pengguna yang aktif caranya masuk ke menu admin, masukkan password router kalian dan lihat seberapa banyak perangkat yang terhubung. Jika memang terlalu banyak, batasi jumlah pengguna agar internet kembali lancar.

3. Hapus Cache pada Browser

Internet IndiHome lemot ketika digunakan untuk browsing? Bisa jadi browser yang kalian gunakan menyimpan terlalu banyak cache.

Cache bisa menyebabkan koneksi internet yang kalian gunakan menjadi lambat karena cache berisi data dari kegiatan browsing yang kalian lakukan sebelumnya.

Terlalu banyak menyimpan cache bisa membebani kerja internet browser, juga menjadi penyebab IndiHome lemot.

Hapus cache pada browser yang kalian gunakan untuk mempercepat koneksi internet pada saat mengakses internet melalui browser yang digunakan.

4. Gunakan Repeater

Kalau misalnya rumah kamu cukup luas dan hanya memiliki 1 modem, pastinya gak semua area mendapatkan sinyal WiFi yang kencang.

Selain mengganti lokasi penempatan router, kamu juga bisa menggunakan repeater untuk memperluas jangkauan. Makin bagus jangkauan, makin stabil dan kencang juga internet di rumah.

Repeater sendiri berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi dan memancarkannya kembali. Membeli repeater bisa jadi salah satu solusi IndiHome lemot yang efektif buat kamu.

5. Upgrade Kecepatan yang Digunakan

Jika cara-cara yang Jaka paparkan sebelumnya tidak bisa mengatasi kenapa IndiHome lemot, mungkin kalian perlu menambah kecepatan paket internet yang digunakan.

Koneksi internet yang terasa lambat ini mungkin terjadi karena memang pola penggunaan internet kalian membutuhkan koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Pilih paket IndiHome yang lebih sesuai dengan kebutuhan kalian untuk meningkatkan kecepatan internet sekaligus menghindari isu-isu lemot seperti ini.

6. Perhatikan Lokasi Router

Tak semua lokasi atau tempat dapat memaksimalkan kinerja router dengan baik, loh. Beberapa titik malah berpotensi menghambat yang akhirnya membuat WiFi jadi lemot.

Apabila router terletak terlalu rendah, tinggi, atau bahkan terhalang berbagai benda di rumah, segera pindahkan ke tempat yang lebih lapang agar koneksi jadi lebih stabil.

Ingat ya, jangan letakkan router di dekat perangkat elektronik lainnya atau pada posisi yang terhalang tembok atau besi.

7. Gunakan Fungsi CMD

Cara setting WiFi Indihome agar stabil main game dan internetan berikutnya adalah menggunakan Command Prompt atau CMD, geng.

Untuk memanfaatkan fungsi CMD dalam mengatasi permasalahan Indihome tidak stabil main game dan internetan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Command Prompt pada laptop atau PC yang sudah tersambung ke WiFi.
  2. Ketik ipconfig pada halaman CMD untuk mengetahui alamat IP.
  3. Ketik ping l (jumlah request bandwidth) (IP address).

Contoh: jika menginginkan bandwidth sebesar 1000 bytes dan IP address kamu adalah 192.168.1.1, maka bisa ketik ping l 1000 192.168.1.1 t. 4. Biarkan jendela CMD tetap terbuka selama kamu menggunakan internet.

Selain cara di atas, masih ada satu metode lagi yang dapat mempercepat koneksi WiFi menggunakan perintah CMD, yaitu:

  1. Buka jendela CMD.
  2. Ketik **cd C:**.
  3. Ketik netsh interface tcp set global autotuning=disabled. Jendela CMD akan berubah tampilan.
  4. Gunakan internet seperti biasa.
  5. Kembalikan ke kondisi semula dengan mengetikkan netsh interface tcp set global autotuning=normal, tunggu notifikasi muncul.

8. Ubah Setting QoS

Sistem operasi Windows 8 dan yang lebih baru mengalkasikan 20% bandwith untuk keperluan update, sedangkan 80% sisanya dialokasikan untuk internet pengguna.

Nah, untuk itu kamu dapat mengatur agar bandwith yang ada dialokasikan sepenuhnya ke kegiatan internetan yang kamu lakukan, geng. Begini caranya:

  1. Klik Start, lalu Run.
  2. Ketik gpedit.msc tanpa kutip.
  3. Klik Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates.
  4. Pilih Network, lalu pilih QoS Packet Scheduler.
  5. Double click pada Limit Reservable Bandwith.
  6. Klik Enable, isikan nilai 0 pada bandwith limit.
  7. Tekan Apply.

9. Mengatur IRPStackSize Menjadi Lebih Tinggi

IRPStackSize adalah parameter pengatur jumlah lokasi stack yang digunakan oleh masing-masing sistem operasi.

Defaultnya, IRPStackSize memiliki nilai 15, tetapi untuk mendapatkan kecepatan internet maksimal kita dapat menambahkannya hingga mencapai angka 50.

Tak perlu panggil teknisi, kamu bisa mencoba praktekkan langkah-langkah berikut:

  1. Klik Start, pilih Run.
  2. Buka Registry Editor dengan mengetik regedit.
  3. Klik opsi HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.
  4. Klik kanan pada file DWORD bernama IRPStackSize.
  5. Klik Modify dan ganti nilai yang ada menjadi 50.
  6. Buat file DWORD baru jika file tak ditemukan.

Jika harus membuat file terlebih dahulu, klik kanan lalu pilih New, klik opsi DWORD Value. Setelah itu, buat nama "IRPStackSize" dan beri value 50.

  1. Klik OK, tutup Registry Editor.
  2. Restart laptop/PC kamu.

10. Taruh Modem di Tempat yang Mudah Dijangkau

Selain meletakkan modem di tempat yang lapang dan terbuka, kamu juga wajib menaruh modem IndiHome di tempat yang mudah dijangkau orang, ya, geng. Hal ini bertujuan jika modem bermasalah, kamu pun bisa langsung menanganinya dengan mudah.

Sebagai saran, kamu dapat melatakkan modem di ruang tengah atau di tengah-tengah meja kerja. Intinya, di lokasi yang mudah dijangkau mata dan tangan, deh.

11. Tingkatkan Kecepatan Internet

Last, but, not least, cara terakhir yang ingin Jaka bagikan ialah berkenaan dengan upgrade kapasitas internet yang kamu gunakan. Biar internet lebih ngebut, cobalah beralih ke paket data yang lebih tinggi dari biasanya.

Kamu dapat konsultasi ke pihak IndiHome terkait paket data yang tersedia dan carilah paket IndiHome murah yang sesuai dengan kemampuan biaya kamu.

Meskipun bakalan menambah beban biaya internetan di rumah, tetapi cara ini biasa dibilang ampuh dalam mengatasi WiFi IndiHome tidak stabil saat main game maupun bekerja.

Ciri-Ciri WiFi IndiHome Lemot

Sumber foto: Google - Tanda-tanda WiFi IndiHome bermasalah

Sebelum masuk ke bagian cara mengatasi IndiHome lemot, kalian perlu tahu terlebih dahulu ciri-ciri gangguan yang terjadi pada koneksi internet IndiHome.

Gangguan semacam ini bisa terjadi sewaktu-waktu karena satu dan lain hal, bahkan terhadap layanan internet dari ISP sekelas IndiHome sekalipun.

Mengidentifikasi ciri-ciri ini juga penting untuk membuat kita jadi lebih mengerti mengenai parameter koneksi internet normal dan sedang mengalami gangguan bedanya seperti apa.

1. Tidak Bisa Tersambung ke Internet

Bukan cuma bikin koneksi internet IndiHome tiba-tiba lemot, gangguan juga bisa menyebabkan perangkat yang kalian gunakan tidak bisa tersambung ke internet sama sekali.

Gangguan semacam ini terkadang memang bisa terjadi dan penyebabnya pun bisa berbeda-beda, dan tentunya cara penanganannya pun berbeda.

Ketika kalian merasa semua perangkat IndiHome telah terpasang dengan semestinya, dan tagihan IndiHome pun sudah dibayar ketika hal seperti ini terjadi, bisa dipastikan sedang ada gangguan jaringan.

2. Koneksi yang Lebih Lambat dari Biasanya

Ketika kalian mengunduh suatu file dari situs tertentu dan melihat bandwidth download yang lebih rendah dari biasanya, belum tentu itu terjadi karena gangguan.

Karena untuk mengukur kecepatan koneksi internet, kecepatan download tidak bisa digunakan sebagai indikator akurat. Sebab bisa saja situs tersebut membatasi kecepatan download para penggunanya.

Untuk memastikan bahwa koneksi internet IndiHome lambat, gunakan situs tes kecepatan koneksi internet kalian seperti Speedtest dan situs-situs lainnya.

Ketika kalian melihat bahwa kecepatan yang ditunjukkan oleh situs tersebut lebih lambat dari biasanya, barulah data ini bisa menjadi patokan bahwa sedang terjadi gangguan saat itu.

Penyebab WiFi IndiHome Lemot

Sumber foto: Google - Penyebab WiFi IndiHome lemot dan tidak stabil

Setelah tahu bagaimana cara mengatasi IndiHome lambat, ada baiknya juga kalian mengetahui tentang penyebab IndiHome lemot.

Mengetahui kenapa WiFi IndiHome lemot bisa membantu kalian untuk melakukan diagnosa sendiri, kira-kira masalah apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab koneksi internet IndiHome tiba-tiba lemot.

1. FUP sudah melebihi batas

Meskipun internet yang kalian gunakan dilabeli sebagai internet unlimited, kebijakan Fair Usage Policy atau yang lebih dikenal sebagai FUP masih diterapkan.

Jika penggunaan internet kalian sudah melebihi batas FUP IndiHome maka kecepatan internet yang digunakan akan secara otomatis dikurangi.

Cara mempercepat IndiHome yang lemot pada kasus ini hanya mungkin dilakukan dengan meng-upgrade paket yang kalian gunakan.

2. Perangkat Rusak atau Error

Faktor yang sering kali luput dari perhatian kenapa WiFi IndiHome lemot adalah kerusakan pada perangkat yang digunakan.

Kerusakan atau error pada router, WiFi yang dipasang, dan kabel optic yang digunakan bisa membuat jaringan internet terganggu dan lebih lambat dari biasanya.

Pastikan bahwa setiap perangkat yang kalian gunakan berfungsi dengan baik untuk menghindari turunnya kecepatan internet yang digunakan.

3. Sedang dalam Perbaikan atau Terjadi Gangguan Jaringan

Faktor yang ketiga ini tidak bisa diakali dengan cara apapun dan kalian hanya bisa menunggu sampai masalah internet IndiHome lemot hilang dengan sendirinya.

Untuk memastikan layanan yang diberikannya selalu dalam kondisi yang terbaik, terkadang proses maintenace dilakukan oleh pihak IndiHome dan hal ini bisa menyebabkan gangguan kecepatan internet.

Selain itu, gangguan jaringan juga bisa saja terjadi karena satu dan lain hal yang membuat internet WiFi IndiHome tiba-tiba lemot.

4. Penempatan Router yang Kurang Tepat

Posisi router juga merupakan faktor yang mempengaruhi kecepatan WiFi yang ada di rumah atau kantormu, loh.

Meletakkan router di ruangan tertutup, terlalu rendah, terlalu tinggi, atau berdekatan dengan perangkat elektronik lain bisa membuat kecepatan WiFi menjadi tidak stabil.

5. Pengguna Terlalu Banyak

Setiap paket WiFi biasanya memiliki batas pengguna tertentu yang dapat tersambung dalam satu waktu, bukan? Nah, pembatasan tersebut dilakukan guna menjaga kualitas layanan internet.

Namun, terkadang jumlah orang yang menyambungkan perangkat ke WiFi bisa menjadi sangat banyak bahkan melebihi batas yang disarankan, geng.

Untuk itu, pastikan WiFi kamu tak diserbu oleh terlalu banyak pengguna yang bisa mengganggu kenyamanan dalam berselancar.

Akhir Kata

Itu dia beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah WiFi IndiHome lemot, geng.

Hal semacam ini memang masih mungkin terjadi pada layanan ISP sekelas IndiHome sekalipun.

Semoga informasi yang Jaka bagikan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar IndiHome atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT

11 Cara Bayar Tagihan IndiHome Terbaru 2022, Mudah dan Praktis!

7+ Cara Mengatasi IndiHome Gangguan dengan Mudah dan Cepat, Dijamin Ngebut Lagi!

9 Cara Cek Tagihan IndiHome Bulanan Online Terbaru 2022, Cuma 5 Detik!

11 Cara Mengganti Password WiFi Rumah Semua Modem IndiHome + ISP Lain, Terlengkap 2023!

Daftar Harga Paket Internet IndiHome Terbaru Desember 2023, Murah & Lengkap!

Kembali Keatas