20 Film Kartun Lucu Terbaik & Terbaru 2022, Seru & Menghibur!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 25 Pebruari 2022, 19:30
Cari film kartun lucu buat hiburan penghilang penat? Jaka punya nih rekomendasi film kartun terbaik dan terbaru 2022 yang bakal menghiburmu!

Film kartun atau animasi biasanya jadi film yang paling digemari penonton anak-anak. Karakter yang lucu serta penceritaan yang seru sangat bisa menarik perhatian anak-anak.

Namun sekarang ini, banyak film animasi terbaik yang gak hanya bisa jadi hiburan saja tapi juga bisa jadi konten edukasi loh. Mereka menyelipkan berbagai tema yang seru dan penting agar bisa lebih mudah dicerna anak-anak.

Dengan begitu, film kartun juga gak hanya bisa ditonton anak-anak saja. Namun juga oleh remaja maupun orang dewasa yang suka dengan konten menghibur.

Kamu mau menonton film kartun terbaik bersama keluarga? Bisa banget nih nyontek rekomendasi film kartun lucu terbaik dan terbaru 2022 yang sudah Jaka rangkum. Semua genre ada, mulai dari keluarga, komedi, sampai drama persahabatan. Cus, langsung aja disimak artikel ini sampai habis!

1. Minions: The Rise of Gru (2022)

Film animasi terbaru 2022 yang wajib kamu tonton adalah Minions: The Rise of Gru. Minions 2 adalah sekuel dari spin-off Minions (2015) dari semesta Despicable Me.

Kali ini, film bakal berlatar di tahun 1970-an awal yakni tentang masa-masa kebangkitan Gru (Steve Carrell) menjadi penjahat paling ternama di dunia.

Saat itu Gru masih 12 tahun. Ia sangat ingin bergabung dengan grup supervillain bernama Vicious 6. Gru pun menyusun rencana paling jahat dengan bantuan para Minions. Namun tentu saja semua itu tak akan berjalan lancar.

ADVERTISEMENT

Film ini dijadwalkan bakal tayang pada 1 Juli 2022 mendatang. Kita nantikan ya, geng, kembalinya kelompok Minions yang lucu dan menggemaskan.

Judul Minions: The Rise of Gru
Tayang 14 Oktober 2021
Durasi 1 jam 30 menit
Produksi Illumination
Sutradara Kyle Balda
Cast Steve Carell, Pierre Coffin, Taraji P. Henson, dkk
Genre Animasi, Petualangan, Komedi
Rating TBA

2. Ron's Gone Wrong (2021)

Selanjutnya ada film animasi penutup tahun 2021, yakni Ron's Gone Wrong. Film ini berkisah tentang Barney (Jack Dylan Grazer), seorang anak SMP yang mendapatkan hadiah berupa robot bernama Ron (Zach Galifianakis).

Namun, robot itu ternyata rusak. Sampai-sampai menarik perhatian seorang petinggi perusahaan tempat Ron dibuat yang ingin melindungi kredibilitas perusahaannya dengan segala cara hingga ia rela memburu Ron. Bisakah Barney melindungi sahabatnya itu?

Judul Ron's Gone Wrong
Tayang 31 Desember 2021
Durasi 1 jam 47 menit
Produksi 20th Century Animation, Locksmith Animation,

TSG Entertainment, DNEG Feature Animation
Sutradara Sarah Smith, Jean-Philippe Vine
Cast Zach Galifianakis, Jack Dylan Grazer, Ed Helms, dkk
Genre Animasi, Keluarga
Rating 7.1/10 (IMDb.com)

80% (RottenTomatoes)

3. Hotel Transylvania: Transformania (2022)

Hotel Transylvania: Transformania adalah film keempat dalam franchise Hotel Transylvania. Kali ini masih melanjutkan petualangan keluarga Drac si vampir pemilik hotel yang kocak.

Kali ini, Drac dan menantunya, Johnny, harus berpetualang ke hutan Amerika Selatan demi mencari obat. Mereka tidak sengaja berubah, Drac jadi manusia dan Johnny jadi monster. Jika tak diubah kembali, maka perubahan tersebut bakal jadi permanen.

Judul Hotel Transylvania: Transformania
Tayang 14 Januari 2022
Durasi 1 jam 27 menit
Produksi Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, MRC
Sutradara Derek Drymon, Jennifer Kluska
Cast Andy Samberg, Selena Gomez, Kathryn Hahn, Jim Gaffigan, dkk
Genre Animasi, Petualangan, Komedi
Rating 6.1/10 (IMDb.com)

51% (RottenTomatoes)

4. Encanto (2021)

Kemudian ada film Disney terbaru yakni Encanto. Film musikal satu ini mengambil latar di Kolombia, Amerika Selatan dan menampilkan berbagai budaya khas daerah sana yang cantik dan menakjubkan.

Berkisah tentang keluarga Madrigal yang istimewa. Setiap orang memiliki bakat ajaib masing-masing untuk melindungi komunitas mereka. Semua memilikinya kecuali Mirabel.

Suatu ketika, Mirabel mengetahui kalau keluarganya mulai kehilangan bakat ajaib mereka. Ia pun merasa bertanggung jawab untuk mencari tahu apa yang terjadi demi menyelamatkan keluarganya dan rumah mereka yang ajaib.

Judul Encanto
Tayang 24 November 2021
Durasi 1 jam 49 menit
Produksi Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation Studios
Sutradara Jared Bush, Byron Howard
Cast Stephanie Beatriz, Maria Cecilia Botero, John Leguizamo, dkk
Genre Animasi, Keluarga, Musikal
Rating 7.3/10 (IMDb.com)

75% (RottenTomatoes)

5. Nussa: The Movie (2021)

Film Nussa: The Movie merupakan salah satu film Indonesia terbaik dan terbaru 2021. Film animasi asli Indonesia ini mengangkat cerita web series Nussa yang tayang di YouTube.

Nussa: The Movie menceritakan tentang Nussa (Muzakki Ramdhan) menghadapi tantangan di sekolahnya. Setelah kedatangan Jonni (Ali Fikry), si murid baru yang pintar.

Nussa dan adiknya, Rara (Aysha Razaana), serta kawan-kawan mereka pun harus mempelajari arti sebenarnya dari rasa syukur. Kamu masih bisa menyaksikan film Nussa: The Movie ini di bioskop seluruh Indonesia ya, geng.

Judul Nussa: The Movie
Tayang 14 Oktober 2021
Durasi 1 jam 47 menit
Produksi Visinema Pictures
Sutradara Bonny Wirasmono
Cast Muzakki Ramdhan, Aysha Razaana Ocean, dkk
Genre Animasi, Petualangan, Komedi
Rating 9.1/10 (IMDb.com)

6. Luca (2021)

Film yang satu ini adalah salah satu film original Disney+ Hotstar yang tayang pada Juni 2021 lalu.

Luca menceritakan tentang persahabatan antara bocah laki-laki yang juga seorang monster laut bernama Luca (Jacob Tremblay) dan Alberto (Jack Dylan Grazer) di Italia pada akhir 1950-1960.

Mereka harus menyimpan rahasia besar karena jika ketahuan, mereka bisa dibunuh oleh penduduk desa setempat.

Judul Luca
Tayang 18 Juni 2021
Durasi 1 jam 35 menit
Produksi Pixar Animation Studios, Walt Disney Pictures
Sutradara Enrico Casarosa
Cast Jacob Tremblay, Jack Dylan Grazer, Emma Berman, dkk
Genre Animasi, Petualangan, Komedi
Rating 7.5/10 (IMDb.com)

90% (RottenTomatoes)

7. Adit Sopo Jarwo: The Movie (2021)

Seperti halnya Nussa, Adit Sopo Jarwo: The Movie juga merupakan film animasi Indonesia terbaru yang mengadaptasi kisah dari seri populer anak-anak, Adit Sopo Jarwo.

Kali ini bercerita tentang Adit yang berlibur ke Yogyakarta bersama ayah dan bundanya menggunakan kereta api. Namun di tengah perjalanan, Adit keluar dari kereta api untuk membelikan biskuit untuk bundanya.

Sayangnya, ia malah ketinggalan kereta api. Ia tertinggal seorang diri di stasiun. Hingga akhirnya Adit bertemu dengan Sopo yang saat itu bekerja sebagai porter.

Mereka lalu bertemu dengan Jarwo, dan bersama Sopo dan Jarwo memutuskan untuk menolong Adit dan mengantarkannya ke Yogyakarta.

Judul Adit Sopo Jarwo: The Movie
Tayang 30 April 2021
Durasi 82 menit
Produksi MD Animation, MD Pictures
Sutradara Hanung Bramantyo, Eki N. F
Cast Muzakki Ramdhan, Musripah, Hanung Bramantyo, dkk
Genre Animasi, Fantasi
Rating 7.1/10 (IMDb.com)

8. My Little Pony: A New Generation (2021)

Selanjutnya ada My Little Poly: A New Generation. Film ini bisa kamu saksikan di situs streaming film terbaik, Netflix. Film ini diadaptasi dari karakter mainan My Little Pony yang populer.

Film ini mengambil setting waktu jauh setelah kejadian di film My Little Pony: Friendship is Magic. Di mana saat itu era sihir sudah berlalu dan Twilight Sparkle dan lainnya sudah jadi legenda.

Kisah film berfokus pada tiga jenis pony, earth pony, pegasi, dan unicorn sudah hidup terpisah dalam ketakutan. Lalu ada Sunny Starscout, seekor earth pony yang berusaha menyatukan semua jenis pony agar bisa mengembalikan sihir ke dunia.

Judul My Little Pony: A New Generation
Tayang 24 September 2021
Durasi 91 menit
Produksi Entertainment One, Boulder Media
Sutradara Robert Cullen, Jose Ucha
Cast Vanessa Hudgens, Kimiko Glenn, James Marsden, Sofia Carson, Liza Koshy, dkk
Genre Animasi, Komedi, Fantasi
Rating 6.9/10 (IMDb.com)

90% (RottenTomatoes)

9. Raya and the Last Dragon (2021)

Nah, film kartun terbaru 2021 yang satu ini sangat istimewa, geng. Kamu pasti akan dibuat bersemangat sepanjang menonton karena ada banyak banget unsur budaya Asia Tenggara termasuk Indonesia yang tampil di sana.

Yap, Raya and the Last Dragon memang mengambil inspirasi cerita dari mitos dan budaya di Asia Tenggara. Berkisah ketika naga dan manusia tidak lagi hidup berdampingan di dunia fiksi bernama Kumandra. Hal itu terjadi ketika naga mengorbankan diri demi menyelamatkan umat manusia 500 tahun lalu.

Pengorbanan naga seakan sia-sia karena justru manusia malah hidup saling bermusuhan. Tiap kerajaan ingin berkuasa. Hingga akhirnya, ayah Raya berusaha menyatukan semua kerajaan. Namun sayangnya ia dikhianati. Membuat Raya (Kelly Marie Tran) harus kabur.

Sebelum pergi, sang ayah berpesan agar Raya melacak naga terakhir yang dipercaya masih hidup. Hal itu ia lakukan demi mengalahkan monster jahat yang kembali meneror manusia. Sepanjag perjalanan, ia bertemu banyak teman baru yang akan membantunya menyelamatkan dunia.

Judul Raya and the Last Dragon
Tayang 3 Maret 2021
Durasi 1 jam 57 menit
Produksi Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation Studios
Sutradara Don Hall, Carlos L pez Estrada
Cast Kelly Marie Tran, Awkwafina, Izaac Wang, dkk
Genre Animasi, Fantasi
Rating 7.5/10 (IMDb.com)

10. Wish Dragon (2021)

Wish Dragon garapan Chris Appelhans merupakan film animasi 3D yang berkisah tentang jin dalam sebuah cerita rakyat Timur Tengah.

Kalau kamu sudah menonton film One Thousand and One Nights, Wish Dragon memiliki tema yang mirip tapi dengan sentuhan China.

Perusahaan efek dan animasi asal China, Base FX membuat film fitur pertamanya ini dengan merekrut aktor besar Jackie Chan dan beberapa nama besar lainnya.

Judul Wish Dragon
Tayang 2021
Durasi -
Produksi Base FX
Sutradara Chris Appelhans
Cast Jackie, Chan, John Cho, Jimmy Wong, Natasha Liu Bordizzo, dkk
Genre Animation, Adventure, Comedy
Rating 6.8/10 (IMDb.com)

Film Kartun Lucu Lainnya...

11. Onward (2020)

Dirilis pada Maret 2020, Onwards dibintangi oleh dua aktor film MCU yaitu Tom Holland dan Chris Pratt.

Di film animasi ini kalian akan diajak berpetualang di dunia fantasi di mana tidak ada manusia sama sekali di dalamnya.

Selain dipenuhi dengan humor yang menghibur, film ini juga mengandung pesan moral yang baik sehingga cocok ditonton sebagai hiburan bersama keluarga.

Judul Onward
Tayang 6 Maret 2020
Durasi 1 jam 42 menit
Produksi Walt Disney Pictures & Pixar Animation Studios
Sutradara Dan Scanlon
Cast Tom Holland, Chris Pratt, Julia Louis-Dreyfus, dkk
Genre Animasi, Petualangan, Komedi
Rating 7.5/10 (IMDb.com)

12. Toy Story 4 (2019)

Toy Story sudah memiliki beberapa seri dan kualitasnya sebagai salah satu franchise film animasi pixar terbaik masih bisa dipertahankan sampai film terbarunya.

Film Toy Story 4 masih bercerita tentang kehidupan Woody dan kawan-kawan yang sudah mempunyai pemilik baru, yaitu Bonie.

Seperti halnya di film Toy Story lainnnya, kalian akan disuguhi dengan hiburan yang menarik sekaligus pesan moral yang mendalam saat menontonnya.

Judul Toy Story 4
Tayang 21 Juni 2019
Durasi 1 jam 40 menit
Produksi Walt Disney Pictures & Pixar Animation Studios
Sutradara Josh Cooley
Cast Tom Hanks, Tim Allen, Annie Potts, dkk
Genre Animasi, Petualangan, Komedi
Rating 7.8/10 (IMDb.com)

13. Frozen II (2019)

Film kartun lucu anak yang satu ini mungkin menjadi yang paling ditunggu-tunggu kemunculannya tahun 2019 lalu.

Petualangan Elsa dan Anna masih akan berlanjut, dan di film Frozen II mereka akan menjelajahi dunia yang belum pernah mereka jamah sebelumnya.

Film animasi garapan Disney ini masih akan dibumbui oleh berbagai macam adegan lucu, terutama tingkah laku Olaf yang konyol dan menghibur.

Judul Frozen II
Tayang 22 November 2019
Durasi 1 jam 43 menit
Produksi Walt Disney Pictures & Walt Disney Animation Studios
Sutradara Chris Buck, Jennifer Lee
Cast Kristen Bell, Idina Menzel, Josh Gad, dkk
Genre Animasi, Petualangan, Komedi
Rating 7/10 (IMDb.com)

14. Ralph Breaks the Internet: Wreck-it Ralph 2 (2018)

Ralph Breaks the Internet: Wreck-it Ralph 2 merupakan film Walt Disney Pictures yang ber-genre komedi dan dirilis pada 2018.

Di film kali ini, Ralph dan Venellope harus berpetualang ke dunia internet yang sama sekali belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.

Film ini tidak kalah seru dari seri pertamanya. Ceritanya juga dibumbui berbagai lelucon segar yang dijamin bisa mengocok perut kalian.

Judul Ralph Breaks the Internet: Wreck-it Ralph 2
Tayang 21 November 2018
Durasi 1 jam 52 menit
Produksi Walt Disney Pictures
Sutradara Phil Johnston, Rich Moore
Cast John C. Reilly, Sarah Silverman, Gal Gadot, dkk
Genre Animasi, Petualangan, Komedi
Rating 7.1/10 (IMDb.com)

15. Incredibles 2 (2018)

Penantian panjang selama belasan tahun akhirnya terjawab. Incredibles 2 akhirnya resmi dirilis pada pertengahan 2018 alias 14 tahun setelah serinya yang pertama.

Film produksi Pixar Animations Studios ini masih bercerita seputar keluarga pahlawan yang memberantas kejahatan dengan aksi dan kelakuan yang kocak.

Animasi yang menawan, cerita yang dikemas dengan sangat baik, dan lelucon segar dalam film komedi ini dijamin bisa bikin waktu luang kalian menjadi lebih menyenangkan.

Judul Incredibles 2
Tayang 15 Juni 2018
Durasi 1 jam 57 menit
Produksi Walt Disney Animation & Pixar Animation Studios
Sutradara Brad Bird
Cast Craig T. Nelson, Holly Hunter, Sarah Vowell, dkk
Genre Animasi, Aksi, Petualangan
Rating 7.6/10 (IMDb.com)

16. Spies in Disguise (2019)

Spies in Disguise bercerita mengenai seorang mata-mata yang tidak sengaja diubah menjadi seekor merpati oleh asistennya.

Dengan keterbatasan ini sang mata-mata dan juga asisennya harus bekerjasama dalam membekuk seorang penjahat yang kejam.

Dengan banyaknya komedi yang diselipkan ke dalam film yang satu ini, dijamin kalian bakal bisa buat menghilangkan penat sejenak.

Judul Spies in Disguise
Tayang 25 Desember 2019
Durasi 1 jam 42 menit
Produksi Blue Sky Studios, 20th Century Fox Animation & Chernin Entertainment
Sutradara Nick Bruno & Troy Quane
Cast Rachel Brosnahan, Jarrett Bruno, Claire Crosby, dkk
Genre Animasi, Aksi, Petualangan
Rating 6.8/10 (IMDb.com)

17. Hotel Transylvania 3: Summer Vacation (2018)

Film produksi Sony Pictures Animation berjudul Hotel Transylvania 3: Summer Vacation ini dirilis pada bulan Juli 2018.

Film kartun lucu bikin ngakak ini berkisah tentang drakula yang mencoba untuk berlibur dan menemukan pasangan hidupnya dalam liburannya ini.

Temanya yang berbeda dengan film lainnya membuat lelucon segar yang ditampilkan di dalam film ini khas dan unik. Wajib nonton!

Judul Hotel Transylvania 3: Summer Vacation
Tayang 13 Juli 2018
Durasi 1 jam 37 menit
Produksi Sony Pictures Animation
Sutradara Genndy Tartakovsky
Cast Crai Adam Sandler, Andy Samberg, Selena Gomez, dkk
Genre Animasi, Petualangan, Komedi
Rating 6.3/10 (IMDb.com)

18. Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)

Ternyata film superhero bisa dikemas menjadi film kartun! Spider-Man: Into the Spider-Verse mengisahkan perjalanan Miles Morales pada masa transisi menjadi manusia laba-laba.

Film yang satu ini mengmbil konsep multi-verse di mana karakter spiderman dari dunia yang berbeda dimunculkan bersamaan di dalam sebuah film.

Selain unsur komedinya yang menghibur, art style dari film kartun ini juga keren banget. Gambarnya dijamin nggak bakal bikin kalian bosan ketika menontonnya.

Judul Spider-Man: Into the Spider-Verse
Tayang 14 Desember 2018
Durasi 1 jam 57 menit
Produksi Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, Marvel Entertainment, dkk
Sutradara Bob Persichetti, Peter Ramsey & Rodney Rothman
Cast Shameik Moore, Jake Johnson, Hailee Steinfeld, dkk
Genre Animasi, Aksi, Petualangan
Rating 8.4/10 (IMDb.com)

19. Zootopia (2016)

Sesuai namanya, Zootopia mengambil tema kehidupan para binatang yang dibuat seperti layaknya kehidupan manusia pada umumnya.

Di film anak-anak ini kalian bakalan menyaksikan seekor kelinci dan rubah bekerjasama untuk mengungkap konspirasi, padahal mereka adalah musuh di alam liar.

Film animasi komedi yang satu ini dipenuhi dengan unsur komedi dengan tema binatang yang nggak akan kalian temukan di film-film lainnya.

Judul Zootopia
Tayang 4 Maret 2016
Durasi 1 jam 48 menit
Produksi Walt Disney Pictures
Sutradara Byron Howard, Rich Moore & Jared Bush
Cast Ginnifer Goodwin, Jason Bateman, Idris Elba, dkk
Genre Animasi, Petualangan, Komedi
Rating 8/10 (IMDb.com)

20.The Addams Family (2019)

The Addams Family merupakan film kartun tentang hantu yang bisa kalian nikmati bersama keluarga dan orang-orang terdekat untuk mengisi waktu luang.

Film yang satu ini bercerita mengenai sebuah sebuah keluarga yang memiliki pola hidup yang jauh berbeda dari keluarga pada umumnya.

Perbedaan perilaku ini menyulut konflik ketika anak perempuan dari keluarga Addams sekolah dan bersosialisasi. Banyak hal lucu dan aneh terjadi di sepanjang film.

Judul The Addams Family
Tayang 11 Oktober 2019
Durasi 1 jam 26 menit
Produksi Metro-Goldwyn-Mayer, Bron Creative, dkk
Sutradara Greg Tiernan, Conrad Vernon
Cast Oscar Isaac, Charlize Theron, Chloe Grace Moretz, dkk
Genre Animasi, Komedi, Keluarga
Rating 5.8/10 (IMDb.com)

Akhir Kata

Gimana, geng, rekomendasi film kartun lucu terbaik dan terbaru 2022 yang sudah Jaka berikan di atas? Sudahkah kamu menonton semuanya?

Film-film di atas bukan hanya sekadar film animasi kocak aja. Namun juga menyelipkan berbagai pelajaran hidup yang sangat berharga untuk anak-anak.

Mulai dari pelajaran tentang keluarga, saling menghargai teman, menghargai perbedaan, dan masih banyak lagi. Bisa kamu jadikan sumber edukasi juga nih untuk anak-anak atau pun adik kecilmu. Selamat menonton!

Baca juga artikel seputar Lucu atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

10 Film Kartun Terbaru yang Tayang Tahun 2020 | Menghibur 1000%!

38 Film Action Terbaik & Terbaru 2022, Seru dan Menegangkan!

20 Film India Terbaik & Terbaru 2022, dari yang Menguras Air Mata Hingga Thriller!

51 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Update 2022)

20+ Film Thailand Terbaru & Terbaik 2021, Menegangkan dan Lucu

undefined
Kembali Keatas