7 Film Animasi Disney Terbaik Sepanjang Masa, Frozen Gak Termasuk!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 03 Desember 2019, 14:00
7 film animasi terbaik karya Disney yang mendapatkan berbagai penghargaan. Film-film ini juga menyumbang penghasilan super besar buat Disney.

Disney memang terkenal sebagai perusahaan yang memproduksi film-film animasi degan kualitas yang luar biasa keren.

Nggak heran kalau film-film animasinya diterima dengan baik di pasaran dan mendapatkan penghasilan di angka yang fantastis.

Banyak film yang diproduksi Disney berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi seperti Academy Awards dan Golden Globe Awards.

Film Disney Terbaik dengan Berbagai Penghargaan

Meskipun pasar dari film animasi ini ditujukan untuk anak-anak, nggak semerta-merta membuat Disney menurunkan kualitas filmnya baik dari segi cerita, musik, ataupun animasinya.

Kualitas film animasi yang di atas rata-rata ini berhasil menarik hati banyak penonton dan kritikus yang akhirnya menyumbangkan penghargaan yang luar biasa untuk Disney.

Film animasi Disney apa apa aja sih yang tergolong sebagai film animasi terbaik? Yuk simak infonya bareng-bareng.

7. Big Hero 6 (2014)

Sumber foto: elsetge.cat

Big Hero 6 merupakan salah satu film bagian dari franchise Marvel. Hal ini nggak banyak diketahui karena film ini nggak dipromosikan sebagai film Marvel.

ADVERTISEMENT

Salah satu indikator bahwa film ini adalah bagian dari film Marvel, Stanley juga turut menjadi kameo pada bagian akhir film ini.

Film ini bercerita tentang Hiro Hamada, seorang anak jenius dalam upayanya untuk menghentikan penjahat yang menggunakan penemuannya untuk melakukan kejahatan.

Film ini berhasil menjadi film animasi dengan penghasilan terbesar pada tahun 2014. Prestasi ini membuktikan bahwa film ini memang diterima dengan baik oleh orang banyak.

Big Hero 6 juga berhasil menjadi film animasi Marvel pertama yang mendapatkan Oscar. Film ini berhasil memenangkaan penghargaan Best Animated Feature pada Academy Awards ke 87.

Beberapa penghargaan lain juga berhasil diraih oleh film ini pada ajang bergengsi seperti Annie Awards dan Kids Choice Awards.

Film ini mendapatkan rating 7.8 dari IMDb, 89% skor kritikus, dan 91% skor penonton di Rotten Tomattoes.

6. Zootopia (2016)

Sumber foto: pinimg.com

Film yang disutradarai oleh Byron Howard dan Rich Moore ini berhasil menjadi salah satu film animasi Disney yang diterima dengan sangat baik oleh para penggemar film.

Zootopia berhasil memecahkan rekor box office di berbagai negara dan juga menjadi film animasi ke empat yang berhasil menembus 1 miliar dollar atau sekitar 14 triliun rupiah.

Zootopia juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan bergensi seperti Best Animated feature di ajang Academy Awards dan Golden Globe Awards.

Zootopia juga berhasil mendapatkan rating 8.0 di IMDb, 97% skor kritikus, dan 92% skor penonton di Rotten Tomatoes.

5. The Little Mermaid (1989)

Sumber foto: comicbook.com

The Little Mermaid adalah salah film animasi Disney yang diadaptasi dari dongeng Denmark. Film ini diterbitkan pada tahun 1989 dan termasuk salah satu Disney Classic yang mesti kamu tonton.

Film ini bercerita tentang Ariel, seorang putri duyung yang ingin menjadi manusia. Untuk mewujudkan keinginannya itu Ariel menghadapi berbagai tantangan dan harus mengorbankan berbagai hal.

Original Sound Track film ini, Under the Sea, juga menjadi salah satu lagu disney yang paling ikonik dan memorable. Lagu Under the Sea ini ditulis oleh Alan Menken dan Howard Ashman dan dinyanyikan oleh Samuel E. Wright.

Film The Little Mermaid ini berhasil menjadi angin segar untuk Disney setelah berbagai kegagalan yang dialami Disney pada awal 70an. Film ini berhasil meraih penghasilan sebanyak 233 juta dolar atau sekitar 3,2 triliun rupiah.

The little mermaid mendapatkan rating 7.6 dari IMDb, 93% skor kritikus, dan 88% skor penonton dari Rotten Tomatoes.

4. Fantasia (1940)

Sumber foto: denofgeek.com

Fantasia merupakan salah satu film masterpiece yang diproduksi oleh Walt Disney. Film ini berhasil mengangkat kembali kepopuleran Mickey Mouse, ketika pada tahun itu kepopulerannya tengah menurun.

Film ini terdiri dari 8 segmen berbeda yang di set ke dalam berbagai set teatrikal. Set ini perlahan-lahan masuk ke dalam klimaks di adegan Night on Bald Mountain.

Walt Disney, pendiri dari perusahaan animasi Disney, langsung turun menjadi produser dari film ini. Film ini menerima berbagai pujian dan disebut sebagai salah satu karya terbaik yang pernah dibuat oleh Disney.

Fantasia mendapat rating 7.8 di IMDb, 94% skor kritikus, dan 83% skor penonton di Rotten Tomatoes.

3. Beauty and the Beast (1991)

Sumber foto: wallpapercave.com

Bercerita tentang Belle, wanita cantik, yang harus tinggal bersama the Beast untuk menggantikan ayahnya. Film Beauty and the Beast ini merupakan karya adaptasi penulis Perancis Jeanne-Marie Leprince de Beaumont.

Film animasi ini juga sukses menjadi film pertama yang memenangkan Best Motion Picture Musical or Comedy pada Golden Globe Award.

Beauty and the Beast juga berhasil meraih prestasi pada Academy Award sebagai film animasi pertama yang pernah dinominasikan ke dalam kategori Best Picture.

Dengan berbagai kesuksesannya, Film ini dirilis ulang pada tahun 2002 dalam versi IMAX dan juga menambahkan 5 menit adegan musikal yang disebut Human Again.

Beauty and the beast juga diadaptasi ke dalam versi live action, yang dibintangi oleh Emma Watson. Film adaptasinya ini pun mendapatkan review yang cukup baik.

Film Beauty and the Beast berhasil mendapatkan rating 8.0 di IMDb, 94% skor kritikus, dan 92% skor penonton di situs Rotten Tomatoes.

2. Aladdin (1992)

Sumber foto: nerdreactor.com

Mengadaptasi cerita dari timur tengah, Aladdin berhasil memikat banyak penikmat film lewat cerita, animasi, dan musiknya. Aladdin termasuk ke dalam salah satu Disney Classic yang wajib kamu tonton.

Aladdin berhasil memenangkan berbagai penghargaan yang membuktikan bahwa kualitas film ini emang di atas rata-rata. Aladdin berhasil meraih penghargaan pada kategori animasi dan musik menunjukkan kalau film ini memang bagus di berbagai aspek.

Aladdin berhasil memenangkan dua kategori Oscar pada kategori Best Music, Original Song dan Best Music, Original Score.

Aladin juga mampu meraih penghargaan di Golden Globe awards, Anie Awards, dan masih banyak lagi.

Original Soundtrack dari film ini, a Whole New World, menjadi salah satu lagu Disney yang paling terkenal.

Lagu ini berhasil memenangkan penghargaan di berbagai ajang, termasuk mendapatkan penghargaan Song of the Year di ajang Grammy.

Aladdin juga mendapatkan ulasan positif dari para kritikus dan penikmat film. Film ini mendapatkan rating 8.0 di IMDb, 95% skor kritikus, dan 92% skor penonton dari Rotten Tomatoes.

1. The Lion King (1994)

The Lion King bercerita tentang Simba, anak singa yang melarikan diri dari kawanannya setelah ayahnya dibunuh oleh paman kandungnya sendiri.

Simba kemudian bertemu dengan Timon dan Pumbaa yang akhirnya memberikan perspektif berbeda mengenai hidup.

Film ini di-remake dalam bentuk live action di tahun 2019 dan hebatnya, The Lion King 2019 menjadi film animasi dengan penghasilan terbanyak hingga saat ini mengalahkan Frozen (2013).

Film ini berhasil meraih penghargaan sebagai Best Animated Film di ajang Annie Awards dan juga beberapa penghargaan lainnya.

Lagu Can You Feel the Love Tonight juga berhasil mendapatkan penghargaan pada ajang Oscar dan Golden Globe Awards.

Film ini berhasil mendapatkan skor 8.5 di IMDb, 93% skor kritikus, dan 93% skor penonton di situs Rotten Tomatoes.

Akhir Kata

Banyak juga ya film animasi Disney yang bisa mendapatkan penghargaan bergengsi. Meskipun cuma film animasi, nggak bikin Disney buat ngegarapnya setengah hati.

Nah kalian setuju nggak nih, geng sama list ini? Menurut kalian film animasi Disney mana nih yang bisa masuk kategori film animasi terbaik?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT

Nonton Film Maleficent (2014) | Kisah Lain Sleeping Beauty

7 Anime Terbaik dari Studio Ghibli, Selevel Animasi Disney!

Nonton Film Coco (2017), Petualangan ke Dunia Kematian!

5 Game Wajib Bagi Pecinta Disney

Ilustrasi Karakter Disney yang Menyindir Kehidupan Modern

Begini Jadinya Jika Karakter Disney Jadi Putri Media Sosial, Suka yang Mana?

Kembali Keatas