14 Film Bencana Alam Terbaik & Terbaru 2022, Serem Tapi Bikin Auto Tobat!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 19 April 2022, 22:15
Lagi bingung mau nonton film apa lagi? Nih, Jaka kasih rekomendasi film bencana alam terbaik 2022 yang bakalan bikin kamu auto tobat!

Film bencana alam memang terlihat sangat mengerikan. Namun, film dengan tema seperti ini lah yang dapat menjadi pengingat kita mengenai kematian dan dosa.

Karena nggak bisa dipungkiri, kenikmatan duniawi cukup mampu membuat sebagian orang lupa akan dosa apalagi keinginan untuk bertaubat.

Makanya, menonton film tentang bencana alam yang menampilkan banyak adegan menakutkan terkadang memang diperlukan nih, geng. Siapa tahu bakal jadi lebih dekat dengan Tuhan, ya gak?

Tertarik untuk menontonnya? Berikut Jaka punya daftar rekomendasi film tentang bencana alam terbaik dan terbaru 2022 yang bisa kamu pertimbangkan.

1. "Sinkhole" (2021)

Film Korea populer yang tayang perdana pada 11 Agustus 2021 ini mengisahkan tentang perjuangan banyak orang untuk bertahan hidup dari bencana.

Meski begitu, film arahan sutradara Kim Ji Hoon ini tetap menawarkan unsur komedi yang cukup kental, lho. Jadi selain menengangkan, tapi juga menghibur.

Cerita dalam film ini sendiri berkisar tentang bencana yang tidak disangka-sangka akibat hujan deras semalaman penuh.

ADVERTISEMENT

Hujan tersebut kemudian menciptakan lubang pembuangan yang sangat besar. Hanya dalam waktu semenit, lubang itu menelan seluruh bagian rumah beserta orang-orang di dalamnya.

Nonton Film Sinkhole (2021) Sub Indo | Film Korea Lucu Tentang Bencana Lubang Besar
Silakan nonton film Sinkhole (2021) sub Indo, film Korea lucu tentang bencana lubang besar. Menegangkan tapi juga seru, geng.
LIHAT ARTIKEL
Detail Keterangan
Genre Comedy, drama
Rilis 11 Agustus 2021
Durasi 1 jam 57 menit
Sutradara Kim Ji-hoon
Produksi The Tower Pictures
Pemain Cha Seung-won, Kim Sung-kyun, Lee Kwang-soo, Kim Hye-jun

2. "Ashfall" (2019)

Masih dari Korea, film berjudul Ashfall ini berkisah bencana yang mengguncang semenanjung Korea secara tak terduga. Gunung tertinggi di Korea, yakni Baekdu tiba-tiba meletus dan menyemburkan abu ke atmosfer.

Untuk mencegah bencana selanjutnya, direncanakan sebuah operasi yang didasarkan atas teori yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun untuk mempelajari gunung Baekdu.

Nonton Film Ashfall (2019), Meletusnya Gunung Tertinggi Di Semenanjung Korea
Bosen dengan film-film romantis Korea Selatan? Yuk, nonton film Ashfall subtitle Indonesia (2019) yang dipenuhi oleh aksi serta tragedi yang mengerikan!
LIHAT ARTIKEL
Detail Keterangan
Tayang 28 December 2019
Durasi 2 jam 10 menit
Sutradara Byung-seo Kim, Hae-jun Lee
Cast Byung-Hun Lee, Jung-woo Ha, Hye-jin Jeon
Genre Action, Drama

3. "Hafalan Shalat Delisa" (2011)

Pertama, ada film tentang tsunai berjudul "Hafalan Shalat Delisa" yang diangkat dari novel best-seller karya Tere Liye dengan judul yang sama.

Film ini mengangkat tema Tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2004 silam. Seorang anak bernama Delisa harus kehilangan keluarganya karena tragedi tersebut.

Delisa selamat walaupun harus kehilangan kakinya. Sembari menunggu pertemuan dengan ayahnya, ia diselamatkan oleh tentara Amerika Serikat yang menjadi relawan.

Detail Keterangan
Durasi 1 jam 42 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 22 Desember 2011
Sutradara Soni Gaokasak
Pemain Chantiq Schagerl, Reza Rahadian, Nirina Zubir

4. "Pandora" (2017)

Selanjutnya ada film bencana alam Korea berjudul "Pandora". Bencana alam yang terjadi di film ini adalah gempa bumi yang membuat kerusakan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

Film asli Korea ini berpusat pada karakter utama bernama Jae-Hyok, seorang karyawan yang bekerja di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklik tersebut.

Ketika bencana terjadi, seluruh karyawan dan penduduk sekitar diperintahkan untuk segera mengungsi. Nahas, pintu otomatis di kantornya rusak dan ia pun terjebak di sana.

Detail Keterangan
Durasi 2 jam 16 menit
Genre Action, Drama
Tanggal Rilis 17 Maret 2017
Sutradara Jong-woo Park
Pemain Do-bin Baek, Seung-Hoon Choi, Bae Gang-Yoo

5. "The Perfect Storm" (2000)

Film "The Perfect Storm" merupakan film yang diangkat dari kisah nyata, loh. Film ini menceritakan tentang sekelompok nelayan yang sedang berburu ikan.

Di hari tersebut, mereka berhasil mendapatkan ikan dalam jumlah yang melimpah setelah menjelajah ke daerah yang lebih jauh. Sayang, tiba-tiba mesin es di kapal mereka mati.

Hal tersebut akan membuat ikan tangkapan mereka membusuk. Mereka harus segera bergegas kembali ke pelabuhan walaupun harus menembus badai besar yang berbahaya.

Detail Keterangan
Durasi 2 jam 10 menit
Genre Action, Adventure, Drama
Tanggal Rilis 28 Juli 2000
Sutradara Wolfgang Petersen
Pemain George Clooney, Mark Wahlberg, John C. Reilly

6. "Twister" (1996)

Film yang satu ini cukup jadul karena rilis tahun 1996. Sesuai dengan judulnya, "Twister" merupakan film yang menceritakan bencana alam berupa tornado atau angin puting beliung.

Banyak momen drastis yang akan kamu saksikan di film ini, terutama karena terjangan tornado yang dahsyat. Apalagi, karakter utamanya justru memburu tornado tersebut untuk menguji alatnya.

Film ini mendapatkan nominasi sebagai Best Visual Effects dan Best Sound Mixing dalam ajang Academy Award.

Detail Keterangan
Durasi 1 jam 53 menit
Genre Action, Adventure, Thriller
Tanggal Rilis 26 Juli 1996
Sutradara Jan de Bont
Pemain Helen Hunt, Bill Paxton, Cary Elwes

7. "The Impossible" (2013)

Mau melihat film pertama pemeran Spider-Man Tom Holland ketika ia masih terlihat unyu? Coba deh kamu tonton film "The Impossible" yang satu ini.

Film ini sendiri bercerita tentang bencana tsunami dahsyat yang terjadi pada tahun 2004. Sebuah keluarga yang sedang berlibur harus porak poranda akibat bencana tersebut.

Apalagi, akting Naomi Watts yang berperan sebagai ibu dari Tom terlihat sangat meyakinkan hingga ia mendapatkan nominasi Oscar atas aktingnya.

Detail Keterangan
Durasi 1 jam 54 menit
Genre Drama, History, Thriller
Tanggal Rilis 1 Januari 2013
Sutradara J.A. Bayona
Pemain Naomi Watts, Ewan McGregor, Tom Holland

8. "San Andreas" (2015)

Dibintangi oleh Dwayne Johnson alias The Rock yang memerankan karakter bernama Ray, film "San Andreas" berpusat pada gempa bumi yang disebabkan sebuah patahan San Andreas.

Akibatnya, daerah Los Angeles dan San Francisco terkena dampaknya dan menjadi luluh lantak. Beberapa orang terjebak di daerah bencana, termasuk mantan istri dan anak dari Ray.

Lantas, Ray pun memiliki misi untuk menyelamatkan mereka dengan menggunakan helikopter. Apakah ia akan berhasil?

Nonton Film San Andreas (2015) | Aksi The Rock Selamatkan Keluarganya!
Mau nonton film bertemakan bencana alam yang bakal bikin kamu tegang? Coba deh kamu nonton film San Andreas yang satu ini!
LIHAT ARTIKEL
Detail Keterangan
Durasi 1 jam 54 menit
Genre Action, Adventure, Drama
Tanggal Rilis 28 Mei 2015
Sutradara Brad Peyton
Pemain Dwayne Johnson, Carla Gugino, Alexandra Daddario

9. "2012" (2009)

Ketika dirilis, film ini menimbulkan kontroversi luar biasa karena memprediksi kiamat yang di film tersebut akan terjadi dalam waktu dekat.

Ramalan tentang kiamat itu diambil dari kalender suku Inca yang berakhir di tahun 2012. Sebelum ramalannya terbukti salah, Hollywood tentu memanfaatkannya untuk membuat film.

Sutradara Roland Emmerich memiliki portfolio menggarap film bencana alam yang cukup panjang, sehingga banyak adegan-adegan bencana alam di film sebelumnya muncul di film ini.

Detail Keterangan
Durasi 2 jam 38 menit
Genre Action, Adventure, Sci-Fi
Tanggal Rilis 13 November 2009
Sutradara Roland Emmerich
Pemain John Cusack, Thandie Newton, Chiwetel Ejiofor

10. "This Is the End" (2013)

Di antara film-film lain yang ada di daftar ini, hanya film "This is the End" adalah satu-satunya film bencana alam yang dipadukan dengan genre komedi.

Ceritanya, ada sekelompok remaja yang sedang berpesta di sebuah rumah. Tiba-tiba, banyak sekali bencana alam yang terjadi seperti gempa bumi dan tanah anjlok.

Mereka terjebak dan terisolasi di rumah tersebut. Mereka harus melakukan berbagai cara agar bisa bertahan hidup hingga bala bantuan datang menjemput mereka.

Detail Keterangan
Durasi 1 jam 47 menit
Genre Comedy, Fantasy
Tanggal Rilis 28 Juni 2013
Sutradara Evan Goldberg, Seth Rogen
Pemain James Franco, Jonah Hill, Seth Rogen

11. "Armageddon" (1998)

Selanjutnya ada film "Armageddon" yang dibintangi oleh aktor terkenal Bruce Willis. Film ini rilis pada tahun 1998, tapi masih sering ditonton karena jalan ceritanya yang menarik.

Film ini juga termasuk ke dalam kategori film sci-fi karena bercerita tentang jatuhnya beberapa meteor yang menghantam kota New York.

Setelah ditelisik, ternyata meteor-meteor tersebut berasal dari sebuah asteroid raksasa yang akan menghantam Bumi dalam waktu dekat.

NASA pun berupaya agar asteroid tersebut tidak sampai ke Bumi, atau umat manusia akan punah selamanya.

Detail Keterangan
Durasi 2 jam 31 menit
Genre Action, Adventure, Sci-Fi
Tanggal Rilis 7 Agustus 1998
Sutradara Michael Bay
Pemain Bruce Willis, Billy Bob Thornton, Ben Affleck

12. "The Day After Tomorrow" (2004)

Bagaimana jika Bumi kembali masuk ke dalam zaman es seperti di film animasi "Ice Age"? Itulah inti cerita dari film "The Day After Tomorrow" yang satu ini.

Perubahan cuaca ekstrim terjadi dalam waktu singkat memicu perubahan iklim secara global. Suhu Bumi turun drastis dan semua tempat menjadi tertutup salju.

Film ini membawa pesan akan bahaya pemanasan global yang sedang menjadi ancaman nyata untuk planet kita tercinta.

Detail Keterangan
Durasi 2 jam 4 menit
Genre Action, Adventure, Sci-Fi
Tanggal Rilis 27 Mei 2004
Sutradara Roland Emmerich
Pemain Dennis Quaid, Jake Gyllenhaal, Emmy Rossum

13. "Into The Storm" (2014)

Into The Storm adalah film yang mengangkat tema tentang bencana angina tornado, geng. Film garapan Warner Bros ini terbilang sukses dalam menyuguhkan situasi bencana alam dengan efek yang memukau, lho.

Tak hanya soal bencana badai besar saja, film ini menjadi menarik karena berkisah tentang hubungan orang tua dan anaknya saat diuji oleh situasi darurat yang mengancam keselamatan mereka.

Detail Keterangan
Durasi 1 jam 29 menit
Genre Action, Adventure, Drama
Tanggal Rilis 8 Agustus 2014
Sutradara Steven Quale
Pemain Richard Armitage, Sarah Wayne Callies, Matt Walsh

14. "The Wave" (2015)

Film The Wave berhasil menunjukkan kepada kita bahwa alam adalah sesuatu yang sulit diprediksi dengan akurat.

Dalam film ini, kamu akan disuguhkan dengan kejadian tsunami yang disebabkan oleh longsoran dari Gunung Akneset, geng.

Tapi kamu jangan salah, film ini diangkat dari kejadian nyata saat bencana tsunami setinggi 80 meter yang melanda Norwegia pada 1934 silam, lho.

Detail Keterangan
Durasi 1 jam 45 menit
Genre Action, Thriller, Drama
Tanggal Rilis 28 Agustus 2015
Sutradara Roar Uthaug
Pemain Kristoffer Joner, Ane Dahl Torp, Jonas Hoff

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa rekomendasi film bencana alam terbaik yang bisa Jaka berikan untuk kamu, geng. Sayangnya, untuk pilihan film bencana alam terbaru 2022, Jaka masih belum menemukannya nih.

Tapi yang jelas, film-film di atas bisa bikan kamu segera memutuskan untuk bertobat, lho! Pasalnya, bencana alam memang bisa datang kapan saja dan tanpa kita duga sama sekali.

Jadi, film-film tersebut memang bisa menjadi pengingat yang baik untuk kita bahwa kematian dan bencana bisa menghampiri kapan saja tanpa mengirimkan pemberitahuan terlebih dahulu, geng.

Oleh karena itu, mumpung sekarang kita masih punya waktu, yuk berbuat lebih banyak kebaikan untuk Bumi kita tercinta!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT

9 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Game | No. 3 Bikin Anak '90-an Nostalgia!

25 Anime Movie Terbaik dan Terbaru 2021, Dari yang Punya Plot Unik Sampai Mengharukan!

25 Film Action Terbaru dan Terbaik 2022, Penuh Aksi Menegangkan!

57 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Update 2022)

41 Film Action Terbaik & Terbaru 2022, Seru dan Menegangkan!

13 Rekomendasi Film Barat Terbaru dan Terbaik 2022, Semuanya Wajib Ditonton!

undefined
Kembali Keatas