Cara Video Call WhatsApp di Laptop dengan Mudah, Bisa Tanpa Emulator?

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 02 November 2020, 13:00
Cara video call WhatsApp di laptop tanpa emulator ternyata bisa kamu lakukan lho! Simak cara WhatsApp Web video call tanpa emulator di sini ⬇️!

Cara video call WhatsApp di laptop tanpa emulator pasti jadi salah satu hal yang kamu cari di masa pandemi seperti ini. Di mana segala aktivitas kerjaan atau sekolah banyak dilakukan via video call. Tapi memangnya bisa?

WhatsApp sebagai aplikasi chatting terpopuler memang memiliki beragam fungsi, bukan cuma sekadar berkirim pesan teks saja.

Kamu bisa mengirim file, gambar, video, membuat status, hingga melakukan panggilan suara dan video, lho. Mungkin di antara kamu ada yang bertanya, selain di HP bisa nggak sih video call WA di laptop?

Untuk menjawab pertanyaan kamu ini, berikut Jaka ulas cara video call WhatsApp di laptop dan PC yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis, geng.

Problem: Memang Bisa Cara Video Call WhatsApp di Laptop Tanpa Emulator?

Selain bisa diakses di HP, WhatsApp juga memiliki fitur khusus untuk bisa digunakan secara langsung di PC atau laptop, bernama WhatsApp Web atau WA Web yang banyak orang kenal.

Sumber foto: whatsapp.com (Banyak orang bertanya, apa bisa video call di WA Web? Yuk, temukan faktanya di sini!)

Jaka pun sudah pernah membahas cara menggunakan WA Web, lho. Banyak keuntungan WA Web yang bisa kamu rasakan, terlebih buat kamu yang punya lebih banyak aktivitas di depan laptop.

Misalnya mengirim pesan lebih cepat pakai keyboard laptop yang meminimalisir typo, bisa diakses di browser tanpa aplikasi tambahan, dan lainnya.

ADVERTISEMENT

Walaupun begitu ada pula beberapa kekurangan WA Web, salah satunya adalah WhatsApp Web belum mendukung fitur panggilan suara atau video biarpun laptop kamu sudah dibenamkan web cam dan microphone, geng.

Tetapi, WhatsApp Web memungkinkan kamu melakukan panggilan video call via Messenger Rooms, fitur baru yang dihadirkan WhatsApp untuk mengalahkan kompetitor seperti Zoom dan Google Meet.

Jadi terjawab sudah ya, permasalahan mengenai cara video call WhatsApp di laptop tanpa emulator alias menggunakan fitur WhatsApp Web (WA Web).

Terus bagaimana, sih, cara menggunakan fitur Messenger Rooms di WA Web ini? Temukan jawabannya di pembahasan selanjutnya di bawah ini!

Cara Video Call WhatsApp di Laptop Tanpa & dengan Emulator

Jika selama ini kamu lebih memilih menggunakan aplikasi video call lain untuk berkomunikasi karena menganggap WhatsApp Web nggak bisa melakukannya, maka kali ini kamu akan mendapatkan jawaban sekaligus langkahnya, geng.

Nggak tanggung-tanggung, di sini Jaka juga akan memberikan dua cara video call di laptop sekaligus; Pertama cara video call di WhatsApp Web tanpa emulator, dan yang kedua menggunakan emulator.

Cara Video Call WhatsApp di Laptop Tanpa Emulator (Via Messenger Rooms)

Buat kamu yang malas mendownload dan install aplikasi tambahan di laptop agar bisa video call dari WhatsApp Web, maka metode yang satu ini Jaka dedikasikan khusus buat kamu.

Daripada penasaran, yuk, simak langkah-langkah selengkapnya berikut ini!

1. Buat Room baru

2. Login akun

3. Buat Room video call

4. Copy dan bagikan link

Sudah selesai deh! Nah, untuk teman kamu yang ingin bergabung dalam Room video call, caranya tinggal klik saja link yang sudah kamu kirimkan tersebut, geng.

Gampang banget, kan, cara melakukan WhatsApp Web video call tanpa emulator di atas? Ya, meskipun pada kenyataannya kamu tetap saja nggak bisa benar-benar melakukan video call langsung dari platform WA Web itu sendiri.

Tapi, untuk alternatif saat Zoom sedang error, cara video call WhatsApp Web di laptop tanpa aplikasi di atas layak kok buat kamu coba.

Cara Video Call WhatsApp di Laptop dengan Emulator

Hingga kini satu-satunya cara mengaktifkan video call WhatsApp di laptop yang terbukti berhasil adalah menggunakan emulator Android.

Dari sekian banyak emulator Android ringan yang Jaka pergunakan, emulator Nox jadi yang paling direkomendasikan untuk dijadikan aplikasi video call WhatsApp di laptop.

Sumber foto: noxofficial.com (Nox banyak dijadikan sebagai alternatif aplikasi video call WhatsApp di laptop. Bagaimanakah caranya?)

Terlebih emulator ini juga cocok buat nge-game, jadi bisa sekalian buat kamu yang mau main game PUBG Mobile di PC nih! Hehehe...

Daripada berlama-lama, berikut adalah cara video call WhatsApp di PC dan laptop yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Yuk, simak langkah-langkahnya!

1. Pasang Nox dan WhatsApp di Laptop

Nox APP Player 6.6.0.5
Apps Emulator BigNox
DOWNLOAD
WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps Social & Messaging WhatsApp Inc.
DOWNLOAD

2. Buka Aplikasi WhatsApp di Nox

3. Login WhatsApp

4. Login WhatsApp Nox Berhasil

5. Mulai Melakukan Video Call WhatsApp

6. Konfirmasi Video Call WhatsApp

7. Berhasil!

Video: Cara Membuat Sticker WhatsApp Sendiri, Lebih Asyik dan Keren!

Akhir Kata

Nah, begitulah cara video call WhatsApp di laptop yang benar-benar kamu bisa coba dengan mudah dan praktis, geng.

Walaupun belum bisa langsung video call dari WA Web, Jaka harap ke depannya layanan video dan voice call segera hadir di fitur ini ya! Aminn...

Silakan juga bagikan dan berikan komentar pada artikel ini untuk terus mendapatkan update terbaru dari JalanTikus. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

Download GB WhatsApp APK v2.23.3.77 Update 2023, Premium & No Ads!

25+ WhatsApp MOD APK Terbaik 2024, Banyak Fitur Menarik & Anti Banned!

20+ Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp, Akurat & Ampuh!

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop & HP, Chatting Makin Mudah Anti Ribet!

4 Cara Kirim Aplikasi Lewat WA (WhatsApp), Bisa Kirim APK Game!

Kumpulan Cara Mengatasi WhatsApp Error dengan Mudah, 100% Works!

Kembali Keatas