4 Cara Kirim Aplikasi Lewat WA (WhatsApp), Bisa Kirim APK Game!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 15 November 2021, 16:30
Ini cara mengirim aplikasi lewat WA dengan mudah! Kamu bisa mengirim aplikasi size besar ke WhatsApp teman dengan mudah, lho!

Sudah tahu cara kirim aplikasi lewat WA? Panduan ini bisa jadi alternatif terbaik, khususnya buat kamu yang butuh banget mengirim file ke HP mu dengan cepat, geng.

Bukan cuma berfungsi untuk bertukar pesan, video call, telepon, atau kirim foto saja, aplikasi WhatsApp juga memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk mengirimkan aplikasi Android dengan format .APK.

Kalau kamu lagi cari cara kirim aplikasi jarak jauh, tips dari Jaka kali ini wajib banget kamu simak sampai selesai ya!

Daripada penasaran mau tahu bagaimana cara kirim aplikasi lewat WA (WhatsApp)? Yuk, langsung saja simak artikel Jaka selengkapnya berikut ini!

Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp (WA)

Dibekali oleh berbagai macam fitur dan fasilitas menarik, aplikasi WhatsApp memang sangat bermanfaat untuk mendukung kebutuhan penggunanya sehari-hari.

Bahkan, saking menariknya aplikasi satu ini, banyak juga pihak developer lain yang berusaha mengembangkan deretan aplikasi mod WhatsApp terbaik dengan mengunggulkan fitur-fitur yang nggak bisa ditemukan di aplikasi resminya.

Nah, buat kamu yang lagi cari cara kirim aplikasi lewat WA, kamu bisa ikuti beberapa cara yang Jaka sudah siapkan berikut ini.

ADVERTISEMENT

Bagaimana Cara Kirim Aplikasi lewat WA?

Ada banyak cara yang bisa kamu terapkan untuk mengirimkan aplikasi ke HP. Salah satunya yang akan kita bahas saat ini adalah bagaimana cara mengirim file APK lewat WA.

Namun sebelumnya, kalau kamu belum punya aplikasi WA, kamu bisa menginstalnya lewat tautan yang sudah Jaka cantumkan di bawah ini.

WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps Social & Messaging WhatsApp Inc.
DOWNLOAD

Kalau sudah kamu instal, silakan ikuti panduan di bawah ini. Selamat membaca!

1. ES File Explorer

Buat kamu yang punya HP dengan memori internal besar, nggak ada salahnya dong download aplikasi tambahan bernama ES File Explorer ini untuk mengirim aplikasi di WhatsApp?

Nggak hanya berfungsi untuk mengelola penggunaan memori internal saja, aplikasi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengirim aplikasi lewat WhatsApp dengan mudah.

Mengenai cara selengkapnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Sumber foto: JalanTikus (Ini merupakan salah satu langkah cara kirim aplikasi lewat WA menggunakan bantuan aplikasi ES File Explorer).

Nah, untuk cara menginstall aplikasi yang dikirim lewa WA, penerima hanya perlu membuka file aplikasi yang sudah diterima tadi kemudian pilih tombol 'Install' seperti berikut.

Dibandingkan dengan cara kirim aplikasi lewat email, cara kirim aplikasi lewat WA ini tergolong lebih praktis dan mudah, geng. Tertarik untuk mencoba?

2. ShareCloud

Kamu nggak bisa menggunakan cara kirim aplikasi lewat WA di atas? Tenang! Jaka bakal kasih cara alternatif lainnya untuk mengirim aplikasi di WhatsApp, geng.

Masih menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, tapi kali ini kamu menggunakan aplikasi bernama ShareCloud.

Mengenai cara selengkapnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini!

Tapi, meskipun kamu sudah berhasil mengirim aplikasi Android lewat WhatsApp, sayangnya sang penerima nggak bisa menginstall aplikasi tersebut, geng.

Nantinya setiap kali aplikasi diinstall maka akan muncul notifikasi seperti berikut ini.

Sumber foto: JalanTikus (Panduan mengirim aplikasi lewat WA menggunakan aplikasi ShareCloud memang berhasil dilakukan, tapi aplikasi nggak bisa di-install).

Tapi, tenang saja, geng! Soalnya Jak masih punya satu lagi alernatif cara kirim aplikasi lewat WA yang bisa kamu praktikan sendiri.

Mau tahu bagaimana caranya? Kamu bisa simak pembahasannya berikut ini!

Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Nggak mau repot menggunakan cara kirim aplikasi lewat Telegram karena harus install aplikasi tambahan? Kalau gitu, kamu juga bisa gunakan cara mengirim aplikasi lewat WA tanpa aplikasi tambahan, geng.

Mau tahu gimana caranya? Nih, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini!

Oh iya, di sini Jaka memberikan contoh cara kirim aplikasi lewat WA di HP Xiaomi ya. Jadi, kalau ada tampilan atau opsi menu yang nggak mirip dengan apa yang muncul di HP kamu, kamu cuma perlu cari yang menawarkan hal serupa saja, geng.

Sumber foto: JalanTikus (Di HP Xiaomi kamu bisa gunakan panduan mengirim aplikasi lewat WA tanpa aplikasi tambahan lho).

Nantinya, penerima hanya perlu menginstall aplikasi tersebut dengan cara seperti yang sudah Jaka jelaskan di dua cara sebelumnya.

Jika proses install berhasil, maka tampilannya akan seperti berikut ini.

Tuh, geng! Tanpa aplikasi tambahan, kamu pun sudah bisa menerapkan cara kirim aplikasi lewat WA. Keren banget, kan?

Selain itu, cara menginstall aplikasi yang dikirim lewat WA juga sangat mudah, nggak kalah gampang dengan ketika kamu mendownload-nya langsung dari Play Store.

Cara Kirim Aplikasi Lewat WA Web

Jika dari perangkat smartphone saja kamu sudah bisa menerapkan cara kirim aplikasi lewat WA langsung tanpa bantuan aplikasi tambahan, lalu mungkin nggak sih kirim aplikasi lewat WA Web?

Mungkin ada banyak dari kamu yang penasaran tentang hal ini ya, geng? Mengingat WhatsApp Web pun menawarkan fitur-fitur yang sangat mirip dengan aplikasi WA di Android ataupun iPhone.

Nah, membahas soal ini, ternyata cara kirim aplikasi lewat WA Web benar bisa kamu gunakan lho! Mau tahu bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkahnya.

Sumber foto: JalanTikus (Pilih ikon menu Document untuk cara kirim aplikasi lewat WA Web).

Jika pesan sudah terikirim dan dibaca oleh penerimanya, maka akan muncul ikon centang dua berwarna biru seperti berikut.

Gampang banget kan cara kirim aplikasi lewat WA Web? Hanya dengan beberapa klik saja, kamu pun sudah bisa berbagi aplikasi Android favorit dengan teman.

Tapi, agar prosesnya berjalan lancar, pastikan kalau koneksi internet yang kamu miliki di rumah cepat ya. Kalau belum cepat, kamu bisa membaca tips dan trik Jaka di bawah ini.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & PC | Auto Ngebut!
Cara mempercepat koneksi internet di PC atau laptop Windows dan HP Android (Telkomsel, Indosat, Smartfren, XL, Axis). Dijamin stabil dan anti lelet!
LIHAT ARTIKEL

Oh iya, proses install dari langkah-langkah cara kirim aplikasi lewat WA Web di atas juga dijamin berhasil lho. Mantap, kan?

BONUS: Bagaimana Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth?

Setelah kamu memahami cara mengirim file APK lewat WA, mungkin kamu bertanya-tanya, gimana sih cara mengirim aplikasi lewat bluetooth?

Tenang aja! Jaka sudah menyiapkan artikel tersendiri mengenai itu. Nantinya kamu bisa berkirim aplikasi ke teman-temanmu dengan gampang dan anti ribet.

Kamu bisa membaca artikel Jaka mengenai cara kirim aplikasi lewat Bluetooth yang sudah Jaka tautkan di bawah ini.

3 Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Mudah, Bisa Tanpa Aplikasi!
Cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth ternyata mudah loh & bisa tanpa aplikasi juga loh! Penasaran? Simak cara kirim aplikasi lewat Bluetooth di sini!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa cara mengirim aplikasi lewat WA baik menggunakan ataupun tanpa menggunakan aplikasi tambahan, geng.

Meskipun dalam hal mengirim aplikasi di WhatsApp semua cara di atas berhasil dilakukan, tapi saat proses menginstall-nya ada salah satu cara yang nggak bisa melakukan hal ini.

Jadi, kamu tinggal pilih cara mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

Download JTWhatsApp (JiMODs) Versi 9.11 Terbaru 2022, WhatsApp MOD Canggih!

Download GB WhatsApp (WA GB) APK v19.00 2022, Fitur Lengkap & Premium!

5 Aplikasi WhatsApp Transparan Terbaik, Bikin WA Makin Kece!

6 Cara Baca Pesan WhatsApp Tanpa Centang Biru Terlihat

5 Alasan Harus Uninstall WhatsApp di Tahun 2020, Menjadi Sumber Berita Hoax?

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!

undefined
Kembali Keatas