Cara Menginstal Aplikasi di Laptop Windows & macOS | Mudah dan Cepat!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 25 October 2021, 22:00
Cara menginstal aplikasi di laptop bisa kamu lakukan lewat beberapa metode. Simak cara instal aplikasi di laptop Windows dan macOS selengkapnya di sini!

Cara menginstal aplikasi di laptop Windows atau macOS pastinya jadi ilmu penting yang wajib kamu semua tahu nih, geng.

Soalnya, laptop dengan spesifikasi dewa sekalipun tentu nggak akan berarti kalau di dalamnya belum diinstal aplikasi yang ingin kamu pakai.

Buat seseorang yang sudah terbiasa mengoperasikan laptop di kegiatan sehari-harinya, menginstal aplikasi di laptop tentu bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan.

Sebaliknya, bagi orang awam mungkin hal ini akan menjadi sedikit susah dan membuat mereka ingin menyerah.

Eits, tapi tenang saja! Soalnya kali ini Jaka akan kasih tahu kamu cara menginstal aplikasi di laptop dengan mudah. Simak terus penjelasan selengkapnya berikut ini!

Cara Instal Aplikasi di Laptop Windows dan macOS

Meski bagi sebagian orang dianggap sebagai hal yang mudah untuk dilakukan, namun kenyataannya nggak sedikit juga orang yang belum tahu cara menginstal aplikasi di laptop.

Terlebih saat ini ada dua sistem operasi laptop yang paling populer digunakan yaitu Windows dan macOS buatan Apple.

ADVERTISEMENT

Nah, buat kamu yang mau instal aplikasi di laptop tapi nggak tahu caranya, berikut ini Jaka akan kasih tahu kamu langkah-langkah untuk melakukannya.

Cara Menginstal Aplikasi di Laptop Windows 10, 8, atau 7

Pertama, Jaka akan bahas dulu bagaimana cara menginstal aplikasi di laptop dengan OS Windows nih, geng.

Ada beberapa cara menginstal aplikasi di laptop Windows yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menginstal file .exe, lewat Microsoft Store, hingga menggunakan software emulator jika kamu ingin menginstall aplikasi Android di laptop.

1. Cara Instal Aplikasi di Laptop Lewat File .exe

Saat ini banyak sekali aplikasi atau software untuk laptop Windows yang beredar di internet dan bisa kamu download secara gratis, geng.

Bahkan, beberapa di antaranya menawarkan fitur-fitur premium layaknya aplikasi berbayar.

Biasanya aplikasi untuk laptop yang kamu download memiliki ekstensi file .exe. Nah, untuk menginstal aplikasi dengan ekstensi ini caranya sangat mudah, geng.

Note:

Di contoh kali ini Jaka akan menginstal sebuah aplikasi laptop untuk melakukan screenshot pada layar. Untuk menginstal aplikasi lainnya caranya nggak jauh berbeda kok, geng.

  1. Download aplikasi yang kamu inginkan
  2. Klik kanan pada file aplikasi yang sudah diunduh, kemudian pilih Open.
  1. Akan ada dialog persetujuan User Account Control (UAC) muncul, pilih OK.
  2. Pilih tombol Next hinga proses instalasi selesai.
  1. Tentukan lokasi instalasi, pemilihan bahasa, dan lain-lain sesuai kebutuhan aplikasi yang diinstal.
  1. Klik tombol Finish.

2. Cara Menginstal Aplikasi di Laptop Lewat Microsoft Store

Untuk kamu yang mencari alternatif cara mengintal aplikasi di laptop Windows 8 dan 10, OS satu ini juga menyediakan platform digital store bernama Microsoft Store untuk men-download aplikasi.

Microsoft Store sendiri layaknya Google Play untuk pengguna Android, geng. Jadi, ada banyak sekali aplikasi ataupun game yang bisa kamu download lewat layanan ini.

Cara untuk men-download dan menginstalnya pun nggak susah kok, kamu bisa ikuti langkah cara menginstal aplikasi di laptop lewat Microsoft Store yang Jaka kasih berikut ini.

  1. Buka Microsoft Store. Jika Windows milikmu Windows 10 kamu bisa mencarinya langsung lewat menu Search di bagian taskbar. Sementara di Windows 8, arahkan kursor ke pojok kanan atas atau bawah hingga muncul menu Search.
  1. Pilih program Microsoft Store-nya.
  1. Pilih aplikasi yang akan kamu download sekaligus instal di laptop.

  2. Pilih tombol Get. Proses download akan dimulai secara otomatis dan akan muncul di bagian atas.

  1. Klik tombol Launch saat proses download dan instal sudah selesai, pilih tombol Launch. Sekarang aplikasi sudah berhasil terinstal di laptop kamu, geng..

3. Cara Menginstal Aplikasi Android di Laptop Lewat Emulator

Nggak cuma aplikasi khusus untuk laptop saja, ternyata kamu juga bisa, lho, melakukan trik cara menginstal APK di laptop, geng.

Cara instal aplikasi Android di laptop membutuhkan bantuan emulator Android agar aplikasi tetap bisa dijalankan. Salah satu emulator terbaik saat ini adalah NOX Player Emulator.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstal NOX Player Emulator di laptop terlebih dahulu.

Kalau kamu nggak tahu caranya, kamu bisa baca artikel Jaka sebelumnya tentang cara menginstal NOX Player Emulator di sini.

Jika emulator sudah berhasil terpasang di laptop, kemudian kamu bisa mulai menginstal aplikasi Andorid. Kamu juga bisa bermain game seperti Mobile Legends di laptop dengan menggunakan emulator ini.

Buat kamu yang lebih nyaman bermain game di layar lega, cara menginstal aplikasi di laptop satu ini wajib banget dicoba deh!

Cara Menginstal Aplikasi di PC macOS

Berikutnya ada cara menginstal aplikasi di laptop macOS buat kamu pengguna laptop-laptop canggih buatan Apple nih.

Di sini ada dua cara pasang aplikasi di PC macOS yang bisa kamu coba. Pertama lewat App Store dan juga menggunakan file installer .dmg.

1. Cara Menginstal Aplikasi di Laptop macOS lewat App Store

Sama seperti Microsoft Store, Apple juga memiliki App Store yang memungkinkan penggunanya untuk men-download aplikasi secara resmi.

Cara menginstal aplikasi di laptop lewat App Store ini sebenarnya sama persis seperti ketika kamu membukanya dari HP iPhone. Tapi, untuk lebih jelasnya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka dan cari aplikasi di App Store.
  1. Klik tombol Get. Setelah itu, klik tombol Install untuk lanjut ke langkah cara pasang aplikasi di laptop selanjutnya. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  1. Login akun Apple ID. Jika sudah, aplikasi pun akan muncul di Launhpad.

2. Cara Instal Aplikasi di Laptop macOS lewat file. dmg

Selain dari App Store, kamu juga tentunya bisa mengunduh aplikasi dari suatu website di internet, geng. Nantinya file installer yang kamu download tersebut memiliki ekstensi .dmg atau yang berarti disk image.

Namun, cara menginstal aplikasi di laptop lewat file .dmg ini tentunya berbeda dengan ketika kamu download dari App Store, ya.

Sedikit lebih panjang, tapi nggak serumit ketika kamu menginstal Windows 10 dengan flashdisk tentunya. Daripada penasaran, mending langsung simak langkah-langkahnya berikut.

  1. Cari file installer.dmg yang sudah berhasil di-download. Setelah itu, klik 2x pada file tersebut untuk membukanya dan lanjut ke tahapan instal.
  1. Klik Agree di jendela End User License Agreement untuk dapat lanjut ke cara menginstal aplikasi di PC berikutnya. Tunggu hingga proses loading selesai.
  1. Klik dan drag aplikasi yang akan diinstal tersebut ke folder Application. Kemudian tunggu hingga prosesnya selesai.
  1. Langkah cara menginstal aplikasi di PC macOS pun sudah berhasil kamu lakukan, geng. Kamu bisa menemukan aplikasi tersebut di dalam folder Application seperti berikut.

Cara Download Aplikasi di Laptop Windows, macOS, atau Linux

Setelah mengetahui cara memasang beragam aplikasi atau software di perangkat laptop atau PC melalui tutorial yang Jaka berikan, kamu juga perlu tahu cara mengunduh software di laptop dan PC, geng.

Meski kelihatannya sederhana, terdapat beberapa perbedaan apabila kamu menggunakan perangkat dengan sistem operasi Windows dengan macOS atau bahkan Linux.

Lalu, bagaimana supaya kita dapat men-download aplikasi secara mudah dan cepat? Silakan cek artikel Jaka yang satu ini untuk tutorial komplitnya, geng:

5 Cara Download Aplikasi Di Laptop Dengan Aman Dan Mudah
Download aplikasi di laptop sebenarnya gampang banget dilakukan. Simak deh cara download aplikasi di laptop berikut ini dari Jaka. (Update 2022)
LIHAT ARTIKEL

BONUS: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows dan macOS

Terkadang ketika laptop sudah mulai terasa lemot, melakukan uninstall aplikasi menjadi salah satu jalan keluar yang dipilih oleh kebanyakan orang.

Buat kamu yang belum tahu cara uninstall aplikasi di laptop Windows dan macOS, berikut Jaka kasih langkah-langkahnya, geng. Simak, yuk!

1. Cara Uninstall Aplikasi di PC Windows

Untuk menginstal aplikasi di laptop Windows sebenarnya cukup mudah dan cepat.

Kamu nggak perlu menggunakan kode perintah CMD apapun karena bisa dilakukan dengan sangat praktis lewat langkah-langkah berikut.

  1. Buka Control Panel.
  2. Pilih opsi Uninstall Program di menu Program.
  1. Pilih aplikasi yang akan di-uninstall, klik kanan pada aplikasi tersebut, kemudian pilih Uninstall.

2. Cara Uninstall Aplikasi di PC macOS

Sedikit berbeda dari OS Windows, cara hapus aplikasi di laptop macOS bahkan lebih mudah lagi untuk kamu lakukan, geng.

Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah dari Jaka di bawah ini.

  1. Buka folder Application dan cari aplikasi yang ingin di-uninstall.
  1. Klik ikon Settings, pilih opsi Move to Trash untuk menghapusnya. Selesai!

Akhir Kata

Nah, itulah dia beberapa cara menginstal aplikasi di laptop Windows dan macOS yang bisa kamu coba, geng.

Kalau ada aplikasi yang ingin kamu hapus, kamu bisa ikuti cara uninstall aplikasi di laptop tadi.

Mudah banget, kan, caranya? Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel Jaka berikutnya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

20 Emulator Android Terbaik 2021 untuk PC & Laptop, Paling Ringan!

10 Anti Virus Terbaik untuk PC dan Laptop, Dijamin Gratis dan Bikin Bersih!

7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi | Bisa Normal Lagi!

10 Aplikasi Antivirus HP Android Terbaik 2022, Banyak Fitur Keamanan Canggih!

Kembali Keatas