Play Store Terhapus atau Hilang? Tenang, Ini Cara Gampang Download & Install-nya!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 11 Pebruari 2022, 15:15
Pemula pun bisa, begini cara download dan instal Play Store disajikan lengkap di sini. Lengkap dengan link biar gak ribet saat download Play Store.

Google Play Store menjadi tempat andalan buat para pengguna Android dalam mencari dan mendapatkan berbagai aplikasi atau game yang diinginkan, termasuk aplikasi Google terbaik buat WFH.

Sayangnya, ada beberapa kasus pada ponsel di mana Play Store sulit terpasang, hilang, atau tak sengaja terhapus. Alhasil, mau tidak mau kamu harus instal Play Store kembali.

Lantas, bagaimana cara instal Play Store untuk smartphone yang mengalami kasus-kasus tersebut? Tenang, simak ulasannya di artikel ini untuk mendapatkan jawabannya!

Cara Download Play Store Gratis di Android

Simak cara download Play Store yang tak bisa terpasang, hilang, atau terhapus tanpa sengaja. Cara instalnya kurang lebih sama seperti deretan aplikasi keren dan canggih yang ada di HP Android.

Berikut beberapa cara alternatif yang bisa kamu pilih untuk download Play Store.

1. Download Play Store Via Jalan Tikus

Buat kamu yang tidak punya Play Store di smartphone Androidnya, kamu bisa download Play Store langsung nih lewat website Jalan Tikus.

File yang Jaka upload ini dijamin udah aman banget dan dijamin aman dari malware atau virus apa pun di dalamnya karena sudah diuji sebelumnya.

ADVERTISEMENT

Format aplikasi Play Store ini juga APK loh, bukan file XAPK, jadi proses instalasinya jauh lebih mudah. Berikut cara download Play Store yang terhapus via JalanTikus:

  1. Download dan instal Play Store APK.
  2. Kalau sudah selesai, tap file APK.
  3. Selesai! Proses download dimulai secara otomatis.

Download Aplikasi Google Play Store di sini:

Google Play Store 21.9.47-16 [0] [PR] 331897675
Apps Downloader & Internet Google Inc.
DOWNLOAD

>>> Klik di sini untuk download Aplikasi Google Play Store <<<

Cara instal Play Store gratis yang pertama ini dijamin paling mudah dan simpel, jadi nggak perlu pake lama tinggal klik link di atas untuk langsung memulai proses download.

Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan baca artikel khusus Jaka yang berjudul Download APK Google Play Store Terbaru.

2. Download dan Install Play Store Via Aplikasi APK Pure

Cara yang satu ini adalah cara download Play Store alternatif, kalau-kalau cara yang pertama tidak bekerja. Sama dengan cara yang pertama, cara kedua ini pun bisa kamu nikmati secara gratis.

Cara instal Play Store alternatif ini butuh aplikasi tambahan yang berfungsi lewat link pihak ketiga.

Aplikasi ini juga sudah Jaka tes keamanannya dan juga merupakan sumber yang terpercaya buat download aplikasi Play Store.

Caranya memang agak sedikit lebih panjang dibandingkan dengan yang pertama dan berikut ini cara lengkapnya:

  1. Buka aplikasi APK Pure atau klik di sini.
  2. Ketik "Play Store" di kolom pencarian dan Enter.
  3. Klik tombol Download untuk memulai proses mengunduh Play Store.
  4. Kalau sudah selesai, instal melalui aplikasi ini atau secara manual lewat file explorer.

Gimana nih, geng? Gampang kan cara instal Play Store kedua yang Jaka bagiin kali ini? Selain Play Sotore, APK Pure menyediakan berbagai aplikasi menarik lainnya yang juga bisa kamu download secara gratis.

Berbeda dengan APK Pure yang terang-terangan menyediakan file APK pesaingnya, Google Play Store tidak menyediakan aplikasi APK Pure di halaman download mereka.

Kalau kamu memang tertarik untuk menggunakan aplikasi APK Pure ke depannya, kamu harus mendownloadnya secara manual lewat link yang sudah Jaka bagikan di atas.

Cara Install Play Store

Setelah download Play Store selesai dilakukan, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan terlebih dahulu jika ingin menginstal aplikasi ini secara manual.

Karena Play Store yang kamu mau instal berasal dari sumber lain, kamu harus memberikan izin tambahan dulu supaya bisa menginstal file APK yang sudah kamu download.

Sebelum melakukan instal Play Store gratis, jangan lupa aktifkan pilihan Unknown sources atau sumber tidak dikenal di pengaturan smartphone Android kamu. Caranya:

  1. Buka Settings.
  2. Scroll ke bawah pilih bagian Additional Settings.
  3. Pilih Privacy untuk memunculkan jendela pilihan baru.
  4. Setelah jendela baru tebuka, aktifkan pilihan Unknown sources.

Dengan ini kamu bisa dengan bebas untuk instal Play Store dan aplikasi atau game lainnya yang kamu download dari pihak ketiga.

Pastikan untuk hanya menginstal aplikasi yang sudah terjamin tingkat keamanannya, supaya handphone kamu bisa terlindung dari virus ataupun malware.

Catatan: Jangan lupa untuk menonaktifkan Unknown sources setelah menginstal Play Store.

Cara Update Play Store (Berkala)

Setelah berhasil untuk download aplikasi Play Store dan menginstalnya di handphone kamu tanpa masalah, kamu tentunya ingin selalu membuat aplikasi ini up to date.

Sebenarnya, proses update biasanya dilakukan secara otomatis, tetapi beberapa pengguna bisa mengalami masalah sehingga harus meng-update Play Store mereka secara manual.

Berikut ini cara update Play Store secara manual yang bisa kamu praktekkan. Cara ini juga berguna untuk kamu yang memiliki masalah pada Play Store dan ingin memperbarui ke versi terbaru. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Play Store.
  2. Tap foto profilmu yang ada di kanan atas.
  3. Pilih menu Settings.
  4. Klik menu About, cari pilihan Play Store version.
  5. Klik untuk mulai download versi terbaru dari Play Store.
  6. Jika versi yang kamu gunakan sudah yang paling baru, Play Store akan menampilkan notifikasi.

Ketika kamu menekan pilihan ini, aplikasi Play Store akan memberikan informasi apakah dia sudah mengadaptasi versi terbaru atau belum. Untuk info selengkapnya, silakan baca artikel Jaka berjudul Cara Update Google Play Store Versi Terbaru.

Cara Update Google Play Store Versi Terbaru | Gampang Banget!
Jangan diabaikan, Google Play Store juga harus diperbarui secara berkala! Simak cara update Google Play versi terbaru di sini.
LIHAT ARTIKEL

Jika sudah mengadaptasi versi terbaru, kamu tidak perlu melakukan apa-apa, tetapi jika Play Store kamu masih versi lama maka pilihan update akan muncul.

Klik pilihan update tersebut untuk menjalankan proses update secara otomatis. Tunggu beberapa saat, dan Play Store kamu akan otomatis berubah ke versi yang terbaru.

Akhir Kata

Itulah cara download Play Store gratis di Android yang tidak bisa terpasang, hilang, atau karena tak sengaja terhapus. Sangat mudah, bukan?

Kini kamu gak perlu panik dan bingung lagi untuk mencari dan menemukan jutaan aplikasi dan game favorit karena sudah memiliki Play Store.

Kalau kalian butuh aplikasi atau game lain dalam bentuk APK maupun file XAPK, kamu bisa langsung download via Jalan Tikus ya, geng.

Baca juga artikel seputar Google atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

8 Cara Download Video IG di Android & PC , Gampang Tanpa Ribet!

Cara Download Game PPSSPP ISO di PC & Android, Lengkap!

Cara Download Video di LINE via Android, iPhone, & PC | Bisa Tanpa Aplikasi!

2 Cara Mudah Download Video Instagram|100% Works

20+ Game Android Terbaik 2022 + Link Download, Gak Kalah Sama Game Konsol!

13 Aplikasi Keren Android yang Jarang Diketahui di 2021, Canggih Banget!

undefined
Kembali Keatas