Cara Agar WhatsApp Kamu Tidak Terhubung Dengan Facebook

Ditulis oleh Jaka - Senin, 25 Januari 2021, 15:30
WhatsApp berbagi data penggunanya termasuk nomor telepon ke Facebook. Bagaimana cara menghentikannya?

Sejak Facebook mengakuisisi WhatsApp di tahun 2014, sudah muncul berbagai spekulasi bahwa antara FB dan WA saling berbagi data pengguna pribadi.

Puncaknya adalah saat awal tahun 2021 kemarin, WA memperbaharui lagi kebijakannya. Biarpun mereka menampik bakal berbagi data dengan FB, namun imbasnya banyak yang uninstall aplikasi tersebut dan berpindah ke Telegram.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, Jaka punya tips dan trik cara menghentikan WhatsApp berbagi data dengan Facebook. Selamat membaca!

Alasan WA dan Facebook Berbagi Data

Layanan chatting populer multi-platform ini menyatakan bahwa mereka akan berbagi lebih banyak data pengguna WhatsApp, bahkan termasuk nomor telepon ke induk perusahaan, yakni Facebook.

Facebook beralasan, kebijakan baru ini akan bermanfaat untuk memerangi spam, membantu Facebook memunculkan iklan lebih relevan, dan rekomendasi teman yang lebih cocok.

Facebook pun juga menyatakan bahwa mereka tidak akan memberikan atau menjual nomor telepon kamu langsung ke pengiklan.

Selain itu, berkirim pesan di WhatsApp tetap sangat aman karena terenkripsi dan tidak bisa dibaca pihak mana pun, termasuk WhatsApp atau Facebook sendiri.

ADVERTISEMENT

Data Apa Saja yang Akan Diambil WA dan Facebook?

Dilansir FAQ WhatsApp Page, data yang akan dibagikan oleh WA dan Facebook adalah nomor telepon beserta waktu terakhir kamu online.

Untungnya, berkat sistem enkripsi rumit yang dibuat WA, Facebook nggak akan bisa melihat pesan yang kamu tulis. Sampai sini masih aman, kok!

Selain itu, Facebook juga hanya sebatas mengetahui aktivitas kamu saat menggunakan WA dalam skala terbatas saja.

Kalau misal kamu masih ragu, mending download saja aplikasi WhatsApp MOD APK yang sudah terjamin aman dan jauh punya banyak fitur dibanding versi aslinya. Kamu bisa melihat daftarnya lewat artikel Jaka berjudul WhatsApp MOD APK dengan Fitur Terbaik.

14 WhatsApp MOD APK Dengan Fitur Terbaik 2021, Anti Banned!
WhatsApp MOD APK bisa kamu pakai agar chatting-mu makin seru! Unduh WA MOD APK terbaru di sini yuk! Anti banned & ada template WA iOS!
LIHAT ARTIKEL

Apa Risiko Berbagi Data dengan WA dan FB?

Sampai saat ini baik WA dan FB menolak segala macam tuduhan yang menyatakan bahwa mereka sedang memperjual-belikan data pribadi pengguna.

Sebaliknya, mereka mengklaim berusaha memberi keamanan dan kenyamanan terbaik pada pengguna dengan membangun sistem keamanan yang lebih canggih.

Hanya saja, data nomor WhatsApp sangat bisa disalahgunakan untuk kepentingan jahat, mulai dari spam, scam, bahkan hingga ancaman-ancaman teror. Berbahaya banget nih!

Cara Menghentikan WhatsApp dan Facebook Berbagi Data

Untuk menghentikan sinkronisasi WhatsApp dengan Facebook saling berbagi data, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Berikut panduannya:

Jika dari awal kamu memilih untuk tidak setuju dengan kebijakan baru WhatsApp Facebook ini. Pilihan "Share my account info" ini tidak akan tersedia di pengaturan akun WhatsApp kamu.

Akhir Kata

Dengan langkah di atas, kamu telah berhasil menghentikan Facebook untuk mengambil data akun WhatsApp. Namun, apakah ini benar-benar mengganggu kamu?

Lagipula, kamu menggunakan layanan WhatsApp sepenuhnya gratis dan perubahan ini juga bersifat pilihan, artinya kamu bisa memilih untuk menolak atau menerimanya.

Bagaimana pendapat kamu mengenai kebijakan baru WhatsApp dan tujuan Facebook yang Jaka jelaskan di atas?

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT

Download YoWhatsApp APK Terbaru, Fitur Lengkap dan Anti Banned!

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!

17 Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp, Akurat & Ampuh!

13 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik & Terbaru Android, Gak Perlu Jago Desain!

Langsung Hapus! 7 Aplikasi yang Sempat Diwacanakan Haram di Indonesia

12 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2023, Bisa Dapat Jodoh Nggak, ya?

undefined
Kembali Keatas