Cara Menggunakan Telegram Terbaru 2021 | Untuk HP, PC, dan Web!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 13 Januari 2021, 08:00
Cara menggunakan Telegram mirip dengan aplikasi chatting umumnya. Hanya saja, ada kelebihan aplikasi Telegram yang gak dimiliki aplikasi chatting lain.

Cara menggunakan Telegram sebenarnya nggak sekadar untuk chatting saja. Tapi, masih banyak fitur lain yang bisa kamu manfaatkan saat menggunakan aplikasi ini.

Telegram adalah sebuah aplikasi chatting terpopuler yang sebenarnya penggunaannya mirip dengan WhatsApp, Line, dan lain-lain. Meskipun begitu, terdapat beberapa kelebihan aplikasi Telegram yang nggak dimiliki oleh aplikasi lain.

Aplikasi ini menggunakan basis Cloud sehingga pengiriman pesan bisa lebih cepat. Selain itu, Telegram juga terbilang ringan dan nggak makan banyak memori di HP, geng.

Meski dilabeli sebagai aplikasi chatting, nyatanya Telegram punya segudang fitur yang nggak hanya berfokus untuk mengirim pesan instan, loh!

Fitur Telegram unik dan keren banget. Mulai dari secret chat, channel, dan masih banyak lagi. Kalau kamu tertarik dan pengen tahu cara menggunakan Telegram, simak artikel berikut, yah!

Cara Menggunakan Telegram di HP

Selama ini, aplikasi chat membuat kita was-was karena data-data percakapan pribadi kita bisa di-hack dan disebarluaskan. Namun, tidak begitu dengan Telegram, geng.

Telegram menggunakan fitur enkripsi end-to-end yang bertujuan agar chat kamu lebih aman. Saking amannya, Telegram malah jadi aplikasi chatting favorit para koruptor dan teroris, geng.

ADVERTISEMENT

Belum lama ini, tersiar berita bahwa WhatsApp bakal memperbarui fitur privacy berpotensi membahayakan privasi kamu. Daripada ribet, mending install Telegram aja, geng.

Dalam artikel ini, Jaka akan kasih tahu kamu cara menggunakan aplikasi Telegram di HP dengan mudah. Check it out!

1. Download dan Install Telegram

Telegram for Android 7.1.3
Apps Social & Messaging Telegram LLC
DOWNLOAD

Atau melalui link berikut:

Download Telegram for Android versi Terbaru

2. Membuat Akun Telegram

Selanjutnyam, daftar dan buat akun Telegram. Caranya cukup mudah, kamu tinggal memasukkan nomor teleponmu saja.

3. Membuat Profil Telegram

Setelah kamu selesai mendaftar, kini saatnya kamu membuat profil Telegram-mu sendiri.

4. Menambah Kontak

Kalau kebetulan temanmu yang juga menggunakan Telegram nggak muncul di friend list, kamu bisa menambahkan kontak sendiri secara manual.

5. Memulai Percakapan

Kini saatnya kita masuk ke langkah memulai percakapan atau chat.

Langkah 6 - Membuat Grup

Setelah kamu paham menggunakan Telegram secara dasar, kini Jaka mau mengajarkan kamu cara membuat grup Telegram, geng.

7. Membuat Chat Rahasia

Terdapat fitur keren di Telegram di mana kamu bisa chatting sepuasnya tanpa perlu ketahuan. Meskipun begitu, jangan dipakai untuk selingkuh ya, geng!

Fitur Secret Chat merupakan sebuah fitur yang bakal menghapus history chat-mu setelah beberapa waktu. Selain itu, secret chat nggak bisa di-forward dan nggak memiliki jejak di server.

Caranya mudah banget, lho! Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini, ya!

8. Membuat Channel

Channel memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan banyak orang, hanya saja mereka tidak bisa menanggapi apa yang kita sampaikan dalam tempat tersebut.

Ibaratnya seperti siaran radio hanya saja dengan format teks. Bedanya dengan grup adalah channel memiliki sifat komunikasi 1 arah.

Channel bisa kamu manfaatkan untuk saling berbagi informasi dengan semua orang yang ada di dalamnya.

Selain membuat channel sendiri, ada juga cara join channel di Telegram melalui link yang dibagikan. Berikut adalah cara membuat channel:

Cara Menggunakan Telegram di Laptop / PC

Seperti yang Jaka bilang sebelumnya, Telegram nggak cuma bisa digunakan di HP saja, melainkan juga di PC, bahkan Web. Meskipun mirip dengan WhatsApp Web, tapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Karena berbasis Cloud, kamu nggak perlu online Telegram di HP untuk dapat menggunakan Telegram PC dan Telegram Web, geng.

Nah, sekarang Jaka mau ajarin kamu cara menggunakan Telegram di laptop maupun PC. Check it out!

1. Download Telegram for PC

Telegram for Desktop 2.4.3
Apps Social & Messaging Telegram LLC
DOWNLOAD

Atau melalui link berikut:

Download Telegram for PC

2. Buat Akun Telegram

Cara Menggunakan Telegram Tanpa Aplikasi (Telegram Web)

Kalau PC kamu nggak memiliki kapasitas memori lagi untuk meng-install Telegram, kamu bisa menggunakan Telegram Web sebagai alternatif. Kamu hanya membutuhkan aplikasi browser dan koneksi internet yang stabil.

BONUS: Cara Menggunakan Telegram untuk Nonton Film

Seperti yang Jaka bilang sebelumnya, selain cara menggunakan fitur unik Telegram, kamu juga bisa mencoba cara menggunakan Telegram nonton drakor dan film.

Menarik banget, kan? Dengan bermodal aplikasi chatting ini, kamu bisa nonton drama Korea terbaru yang sedang ongoing atau yang sudah selesai, geng.

Lalu, bagaimana cara pakai Telegram untuk nonton drakor dan film? Simak artikel berikut ini untuk tahu tutorial selengkapnya, ya!

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai cara menggunakan Telegram di HP, PC, maupun Web. Semoga artikel ini bikin kamu tertarik untuk menggunakan Telegram ya, geng!

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang tersedia.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

2 Cara Mengganti Font Instagram dengan Mudah| 100% Works!

4 Cara Edit Background Foto dengan Aplikasi atau Online | Bisa Buat Pas Foto!

3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi & Root, Sudah Coba?

Cara Ganti Background Foto di Photoshop, Cepat & Mudah!

Cara Mengganti Background PowerPoint di HP dan PC, Mudah!

Cara Mengganti Bahasa Default Menjadi Bahasa Indonesia di HP Android | Anti Ribet!

undefined
Kembali Keatas