5 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri & Deteksi Penyebabnya, 100% Works!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 11 Agustus 2022, 19:00
HP mati sendiri padahal baterai masih banyak? Tenang, berikut penyebab dan cara mengatasinya!

Pernah mengalami HP mati sendiri? Pastinya buat bad mood banget, apalagi jika kamu sedang bermain game ataupun menonton di aplikasi streaming film favoritmu.

Harus diakui, ada banyak faktor yang menyebabkan HP mati dan hidup sendiri, mulai dari perangkat overheat, baterai error, hingga kerusakan sistem karena root.

Jika tidak segera diatasi, smartphone kamu terancam akan rusak total dan tak bisa digunakan lagi. Tentunya kamu tidak mau membeli HP baru secara mendadak gara-gara rusak, bukan?

Itu sebabnya, kamu wajib membaca cara dan penyebab HP mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi yang sudah Jaka sajikan di bawah ini. Simak terus, ya!

1. Cara Mengatasi HP Mati Sendiri karena Overheat

Sumber foto: Merdeka - hp mati sendiri padahal baterai masih banyak

HP mati sendiri padahal baterai masih banyak? Bisa jadi HP kamu mengalami overheat, apalagi jika kamu merasa perangkatmu menjadi sangat panas. Biasanya hal ini terjadi karena chipset HP bekerja ekstra keras atau kamu sedang berada di ruangan bersuhu tinggi.

Dalam kasus ini, chipset yang kepanasan berpotensi menyebabkan seluruh komponen HP jadi rusak. Sistem bakal otomatis mematikan HP-mu untuk mencegah kerusakan komponen lebih lanjut.

ADVERTISEMENT

Maka dari itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP mu kepanasan. Tujuannya adalah mencegah HP tiba-tiba mati hidup sendiri.

Berikut panduan mengatasi HP mati sendiri karena overheat:

  1. Menurunkan kecerahan layar HP.
  2. Menonaktifkan Wifi, GPS, Bluetooth jika tidak dipakai.
  3. Tutup semua aplikasi yang terbuka secara bersamaan.
  4. Jangan gunakan HP saat sedang dicas.
  5. Gunakan HP di tempat yang teduh dan sejuk.
  6. Gunakan mode hemat daya

Untuk info lebih lengkap mengenai cara mengatasi HP overheat, silakan baca artikel Jaka berjudul "Penyebab dan Cara Mengatasi HP & Baterai Cepat Panas" atau klik banner di bawah ini.

Ini Penyebab Dan Cara Mengatasi HP & Baterai Cepat Panas | Ampuh!
Penyebab HP panas ternyata banyak banget. Berikut penjelasannya sekaligus cara mendinginkan HP yang cepat panas!
LIHAT ARTIKEL

2. Cara Mengatasi HP Mati Sendiri karena Status Baterai Error

Sumber foto: Merdeka - penyebab hp mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi

Status baterai error artinya adalah indikator baterai yang muncul di layar HP-mu tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Misalkan, baterai kamu tampak 80% padahal sisa baterai kamu hanya tinggal 2%. Hal ini membuat HP kamu sering mati sendiri meskipun nampaknya baterai kamu masih penuh.

Maka dari itu, Jaka sangat menganjurkan kamu untuk melakukan kalibrasi baterai secara manual untuk memperbaiki HP yang mati sendiri.

Berikut panduan cara mengalibrasi baterai HP error secara manual:

  1. Gunakan HP hingga mati.
  2. Hidupkan lagi HP kamu.
  3. Gunakan lagi HP mu hingga baterai menunjukkan angka 0%.
  4. Saat HP mati, isi daya hingga 100%.
  5. Hidupkan lagi HP kamu, gunakan hingga baterai mencapai 0%.
  6. Isi daya lagi hingga 100%.
  7. Buka Pengaturan > Pengaturan Perawatan Perangkat.
  8. Klik Baterai > Penggunaan Baterai.
  9. Selesai.

Sebenarnya, di Google Play Store tersedia cukup banyak aplikasi yang mengklaim mampu mengalibrasikan baterai Android jadi normal kembali. Namun, berdasarkan penelusuran Jaka, aplikasi-aplikasi tersebut tidak ada yang 100% aman dan akurat.

Maka dari itu, cara mengatasi HP mati sendiri selanjutnya adalah dengan membawanya ke service center terdekat. Dengan demikian, petugas akan langsung mengalibrasikannya dengan perangkat resmi dari pabrik. Dijamin aman, geng!

3. Cara Mengatasi HP Mati Sendiri karena Memori Penuh

Sumber foto: Suara Merdeka - cara perbaiki hp mati sendiri

Internal storage penuh menjadi salah satu penyebab HP mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi. Padahal, HP zaman sekarang sudah dibekali dengan memori internal jumbo.

Memang, kalau kamu masih pakai HP keluaran beberapa tahun lalu, mungkin saja memori internal kamu sudah kepenuhan sehingga bikin HP jadi lemot.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menghapus aplikasi ataupun file-file yang dirasa sudah tak diperlukan lagi. Jangan lupa, kamu harus menghapus file sampah alias cache yang "mengendap" di perangkatmu.

Sebagai informasi, cara termudah untuk menghapus junk files dan cache adalah dengan meng-install aplikasi cleaner seperti CCleaner. Aplikasi ini mampu menghapus file tidak penting yang membuat HP terasa berat.

Berikut panduan memakai CCleaner untuk menghapus cache HP:

  1. Buka aplikasi CCleaner.
  2. Tekan opsi Pembersihan Cepat.
  3. Pilih Selesaikan Pemersihan.
  4. Tunggu sampai proses pembersihan cache selesai.

Untuk info lebih lengkap mengenai cara mengatasi memori HP penuh, silakan baca artikel Jaka berjudul "Tips dan Cara Mengatasi Memori HP Penuh" atau klik banner di bawah ini.

12+ Tips Dan Cara Mengatasi Memori HP Penuh, Dijamin Ampuh!
Tidak bisa instal aplikasi karena memori HP penuh? Tenang geng, Jaka kasih cara mengatasi memori HP penuh secara tiba-tiba, cekidot!
LIHAT ARTIKEL

4. Cara Mengatasi HP Mati Sendiri karena Sistem Operasi Error

Sumber foto: Brilio.net - cara agar hp tidak mati sendiri

Salah satu penyebab HP mati sendiri, entah pada Xiaomi, Infinix, Samsung, dan sebagainya adalah error pada sistem operasi atau OS Android kamu. Sistem operasi yang tidak bekerja dengan baik bakal menimbulkan masalah seperti Force Stop dan lain-lain.

Sejatinya, semua HP bakal selalu memperbaiki sistem operasi serta sistem keamanan pada sistem operasinya. Misalkan kamu menggunakan Xiaomi, maka HP kamu bakal selalu menyajikan update MIUI secara berkala.

Meskipun begitu, ada kalanya HP kamu tidak menyediakan update sistem operasi secara berkala. Salah satunya alasannya adalah karena HP yang kamu gunakan adalah seri lama.

Berikut cara mengecek update sistem operasi HP:

  1. Buka Pengaturan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem.
  2. Cek apa ada notifikasi update OS atau tidak.
  3. Jika ada, tekan Update System.
  4. Tunggu hingga ponsel mulai update.
  5. HP akan restart otomatis dan sistem bisa digunakan kembali.

Kalau nggak ada notifikasi namun OS kamu masih ketinggalan, maka kamu bisa men-download sendiri firmware yang sesuai dengan HP kamu, lalu meng-update secara manual.

Kalau misalnya HP kamu ternyata nggak mendukung update sistem operasi terbaru, hal ini juga mengakibatkan sistem operasi crash. Kamu bisa me-rollback ROM kamu agar sesuai dengan spesifikasi HP.

5. Cara Mengatasi HP Mati Sendiri karena Root

Sumber foto: Brilio.net - penyebab hp mati sendiri dan cara mengatasinya

Rooting HP Android memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah kompabilitas untuk menggunakan aplikasi cheat game Android.

Sayangnya, rooting juga bisa menyebabkan kerusakan pada sistem operasi sehingga HP kamu jadi error, mulai dari sistem operasi yang error, keamanan yang mudah diretas, dan lain-lain.

HP yang di-root seringkali hang dan terasa lemot. Oleh karena itu, cara agar HP tidak mati sendiri dalam kasus ini adalah melakukan unroot perangkat dan mengembalikannya ke sistem semula sebelum di-root.

Salah satu aplikasi yang bisa dibuat unroot HP adalah SuperSU. Dijamin, HP mu akan berfungsi dengan normal lagi.

Berikut panduan cara menggunakan aplikasi SuperSU untuk unroot HP Android:

  1. Buka aplikasi SuperSU.
  2. Buka Settings > Unroot Penuh.
  3. Tunggu hingga HP restart otomatis.
  4. Selesai, sistem HP Android bakal kembali normal.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai penyebab HP mati sendiri dan cara mengatasinya. Kalau kamu mau gampang, sih, lebih baik ganti HP baru yang sudah dilengkapi spesifikasi terbaik. Sudah banyak, kok, HP keren yang harganya murah, seperti yang tertulis pada artikel Jaka berikut.

20 HP Android Murah Spek Dewa Terbaik & Terbaru 2022, Harga Mulai Rp1 Jutaan!
Cari HP murah dengan spesifikasi tinggi dan terbaru? Berikut rekomendasi HP Android murah dengan spek dewa terbaik, harga mulai di bawah Rp1 jutaan!
LIHAT ARTIKEL

Semoga artikel ini dapat membantu kamu, ya, geng. Jangan lupa juga untuk menuliskan komentarmu di kolom yang telah tersedia. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT

Download YoWhatsApp APK Terbaru 2022, Dapatkan Fitur Lengkap dan Menarik

12 HP Xiaomi RAM 4GB Murah Terbaik di 2020, Harga Mulai 1 Jutaan!

WhatsApp Diblokir Sementara atau Permanen? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Layar HP Sering Error ? Ini Cara Kalibrasi Layar Sentuh untuk Semua Android

Cara Membuat Animasi Bergerak Keren di HP Android, Bisa 2D atau 3D!

12 Game Jepang Teraneh yang Tidak Boleh Dimainkan Ketika Puasa, Bikin Emosi!

undefined
Kembali Keatas