10 Aplikasi Pembersih RAM Android dan PC Terbaik, Anti Lag!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 28 May 2019, 04:00
HP kamu mendadak lemot? Mungkin kamu butuh aplikasi pembersih RAM yang bisa membuat enteng kinerja HP kamu, Cek rekomendasi aplikasinya di artikel ini!

HP dan PC kamu terasa lemot belakangan ini?

Selain disebabkan karena virus, mungkin masalah lemot ini bisa disebabkan oleh RAM yang penuh, geng. Karena, setiap kamu membuka aplikasi, maka sebagian ruang dalam RAM akan terpakai.

Hal ini juga dapat disebabkan karena banyaknya background app yang berjalan. Tapi kamu gak usah khawatir karena ada cara mudah untuk memberisihkannya.

Caranya dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM untuk HP dan PC. Apa saja aplikasinya? Yuk, simak selengkapnya!

10 Aplikasi Pembersih RAM Android dan PC Terbaik

RAM atau Random Access Memory merupakan sebuah bentuk penyimpanan data dan kode komputer yang sedang digunakan. Setiap RAM memiliki batas penyimpanan data.

Tentu kamu tak asing lagi dengan sebutan RAM ini ya, geng. Umumnya, semua perangkat komputer memiliki RAM yang bekerja untuk menyimpan data.

Termasuk HP dan komputer yang kamu gunakan sehari-hari. Saat perangkat kamu mengalami lag atau lemot saat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, itu berarti kapasitas RAM kamu penuh.

ADVERTISEMENT

Jika hal ini terjadi, kamu butuh membersihkan RAM sehingga dapat membersihkannya sehingga dapat beraktivitas di HP dan PC dengan lancar.

Salah satu cara termudah untuk membersihkan RAM adalah menggunakan aplikasi. Yuk, simak rekomendasinya berikut ini:

Aplikasi Pembersih RAM Android Terbaik

Nah, berikut ini rekomendasi aplikasi pembersih RAM yang ampuh untuk membuang 'file sampah' di Android kamu!

1. Nox Cleaner

Aplikasi pertama adalah Nox Cleaner, aplikasi ini memiliki banyak fitur berguna yang dapat kamu operasikan dengan mudah.

Selain membersihkan RAM, kamu bisa menghapus sampah cache dan data yang tidak terpakai hanya dengan sekali klik.

Ada juga dapat menjalankan game booster untuk pengalaman bermain game yang lebih lancar tanpa lag. Tak berhenti di situ, Nox Cleaner punya fitur battery saver juga. Nice!

Download aplikasi Nox Cleaner gratis di Google Play Store.

Detil Spesifikasi
Rating Rated for 3+
Review Ulasan 4.8 (655,695)
Ukuran Aplikasi 18 MB
Minimal Android 4.4 and up

2. CCleaner

Aplikasi selanjutnya adalah CCleaner. Selain mampu membersihkan RAM, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur untuk meningkatkan performa HP kamu.

Kamu dapat mengoptimalkan pengalaman bermain game, melawan virus, hingga menghapus data cache yang kurang berguna. Semua dapat kamu lakukan hanya dengan sekali klik.

CCleaner juga dapat kamu gunakan untuk memantau sistem HP seperti penggunaan CPU, jumlah RAM, dan memori internal yang digunakan. Mantap!

CCleaner for Android 1.18.69
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD
Detil Spesifikasi
Rating Rated for 3+
Review Ulasan 4.5 (1,191,417)
Ukuran Aplikasi 17 MB
Minimal Android bervariasi

3. Speed Booster

Nah, kalau Speed Booster ini cocok untuk kamu yang menggunakan HP kelas bawah. Karena aplikasi ini hanya menggunakan memori internal sebanyak 2MB saja.

Walau begitu, Speed Booster memiliki berbagai fitur andalan yang bisa membuat HP kamu menjadi cepat seperti baru. Tentunya dengan menggunakan RAM booster.

Selain itu juga ada fitur CPU Cooler, Junk File Cleaner, Battery Booster, dan masih banyak lagi. Speed Booster ini jadi aplikasi pembersih Android yang Jaka sarankan untuk kamu.

Download aplikasi Speed Booster gratis di Google Play Store.

Detil Spesifikasi
Rating Rated for 3+
Review Ulasan 4.7 (128,972)
Ukuran Aplikasi 5,4 MB
Minimal Android 4.0 and up

4. Clean Master

Aplikasi pembersih di smartphone Android lainnya adalah Clean Master. Dengan menggunakan aplikasi ini, HP kamu akan bersih dari cache, file sampah, dan sampah aplikasi yang sudah di-uninstall.

Ada banyak fitur yang dapat kamu gunakan dari aplikasi ini, salah satunya adalah History Eraser yang akan menolong kamu menghapus dan menghilangkan file residual dengan mudah.

Selain itu Clean Master juga memiliki fitur keamanan untuk WiFi yang dapat mengamankan HP dari WiFi umum yang tidak terpercaya. Yuk, coba aplikasinya!

Clean Master (Boost & AppLock)
Apps Cleaning & Tweaking Cheetah Mobile Inc
DOWNLOAD
Detil Spesifikasi
Rating Rated for 3+
Review Ulasan 4.7 (44,294,237)
Ukuran Aplikasi 20 MB
Minimal Android bervariasi

5. Phone Master

Aplikasi pembersih RAM Android terakhir adalah Phone Master, aplikasi ini adalah paket komplit untuk membantu HP kamu menjadi aman dan terbebas dari lag.

Kamu dapat menggunakan berbagai fitur seperti pengunci aplikasi untuk mengamankan aplikasi personal yang sensitif atau mengatur data internet agar pemakaianmu tidak melewati batas.

Sisanya fiturnya tentu membuat HP kamu menjadi lebih cepat dan terbebas dari data yang kurang digunakan.

Download aplikasi Phone Master gratis di Google Play Store.

Detil Spesifikasi
Rating Rated for 3+
Review Ulasan 4.7 (119,743)
Ukuran Aplikasi 9,7 MB
Minimal Android 4.4 and up

Aplikasi Pembersih RAM PC Terbaik

Kalau 5 aplikasi untuk membersihkan RAM sebelumnya untuk Android, maka 5 aplikasi berikut ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan RAM PC atau Laptop kamu.

1. Wise Cleaner

Untuk aplikasi pembersih RAM PC pertama adalah Wise Cleaner, aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk optimasi performa PC dengan menghapus memori yang tak terpakai.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat 'merapikan' memori sehingga komputer kamu dapat berjalan dengan lebih cepat tanpa ada lag ataupun error.

Unduh aplikasi resmi Wise Cleaner

Detil Spesifikasi Minimal
OS Windows XP
Processor Pentium 233
Memory 128 MB RAM
Storage 10 MB

2. Iolo System Mechanic

Selanjutnya adalah Iolo System Mechanic yang dapat kamu gunakan secara gratis untuk membersihkan RAM dan membuat sistem PC atau laptop menjadi lebih terstruktur.

Aplikasi ini mampu membersihkan data cache yang mengganggu proses CPU, sehingga PC kamu dapat melakukan berbagai aktivitas jadi lebih cepat.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membersihkan berbagai macam masalah seperti error, serta mengamankan PC dari virus.

Download aplikasi resmi Iolo System Mechanic.

Detil Spesifikasi Minimal
OS Windows 7
Memory 1 GB RAM
Storage 60 MB

3. IObit Advanced SystemCare

Nah, kalau IObit Advanced SystemCare ini memiliki desain antarmuka yang paling bagus di antara lainnya. Selain itu ada juga beragam fitur yang dimiliki.

Kamu dapat merapikan data pada HDD dan memperbaiki error pada sistem dengan satu kali klik. Selain itu juga IObit Advanced SystemCare akan berjalan secara real-time.

Membuat performa PC kamu terus terjaga setiap hari. Aplikasi ini tentu berbayar dan dapat kamu beli di situs resminya.

Download aplikasi resmi IObit Advanced SystemCare.

Detil Spesifikasi Minimal
OS Windows XP
Storage 300 MB

4. Piriform CCleaner

Selain digunakan pada HP, CCleaner juga tersedia dalam versi PC yang dapat membersihkan RAM dengan sekali klik saja, geng.

Kamu dapat mengembalikan file yang hilang, selama menggunakan aplikasi Piriform CCleaner. Tak hanya itu, ada juga fitur pengamanan privasi file dan browsing.

Download aplikasi resmi Piriform CCleaner.

Detil Spesifikasi Minimal
OS Windows 2003, 2008, dan 2012 Server
Memory -
Storage -

5. Razer Cortex: Game Booster

Kamu suka main game?

Kalau gitu, aplikasi pembersih RAM PC ini bisa jadi andalanmu. Apa lagi kalau bukan Razer Cortex: Game Booster. Aplikasi ini mampu mengoptimalkan kinerja CPU untuk gaming.

Selain itu juga ada fitur System Booster yang digunakan untuk menghapus data yang dianggap tidak penting dan cache dalam RAM yang tidak berguna juga akan diminimalisir.

Sehingga pengalaman bermain game kamu dapat berjalan lebih lancar.

Razer Cortex: Game Booster 2019
Apps System Tuning Razer Inc.
DOWNLOAD
Detil Spesifikasi Minimal
OS Windows 7
Processor 300 Mhz processor
Memory 256 MB RAM
Storage 250 MB

Akhir Kata

Itu dia 10 aplikasi pembersih RAM untuk Android dan PC yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kini kamu gak usah khawatir bagaimana cara mengosongkan RAM agar perangkat tidak lag.

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar RAM atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

Kembali Keatas